Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Android Layar Blank Hitam dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Android Layar Blank Hitam
Cara Mengatasi Android Layar Blank Hitam

CahDeso.id - Sebelumnya sudah dibahas cara mengatasi android blank putih, dan sekarang lanjut ke cara mengatasi android blank hitam beserta hal yang bisa menyebabkan kondisi tersebut. Kondisi layar HP blank hitam ini sendiri memang tidak jarang dialami oleh pengguna. Ketika hal tersebut terjadi, tentunya pengguna tidak bisa lagi mengoperasikan HP seperti biasa. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab utamanya, namun yang terpenting di sini bagaimana cara mengatasi layar blank hitam di HP android tersebut.

Ada beberapa kondisi yang dialami pengguna pada HP android yang tiba-tiba blank hitam. Kondisi pertama HP layar hitam tapi mesin tetap menyala, di mana ini cukup sering dialami pengguna. Selain itu, ada pula kondisi layar HP hitam dan mesin mati. Serta ada pula layar HP hitam dan muncul logo saja atau halaman fastboot mode.

Apa pun kondisinya, yang harus dilakukan adalah mengatasi masalah layar ngeblank hitam tersebut. Sangat mudah sebenarnya untuk mengatasi masalah ini, hanya saja sebagian besar pengguna memang belum memahaminya. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai cara mengatasi layar HP hitam tapi nyala dan mati bisa kalian simak.

Penyebab Layar HP Android Blank Hitam Paling Umum

Penyebab Android Layar Blank Hitam
Penyebab Android Layar Blank Hitam

Seperti yang dijelaskan di atas, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan layar HP tiba-tiba hitam tersebut. Penyebab ini sendiri bisa dari kesalahan pengguna, sistem android error, atau hal yang lainnya. Adapun beberapa penyebab layar blank hitam pada HP android semua tipe selengkapnya, sebagai berikut:

1. HP Android Overheat

Penyebab yang paling sering membuat HP android error, khususnya layar mati tapi mesin nyala yakni karena overheat. Overheat merupakan kondisi di mana suhu panas pada HP sangat tinggi sehingga ini menyebabkan komponen android tidak bekerja dengan baik, baik itu komponen hardware maupun software. 

Overheat sendiri bisa terjadi ketika pengguna menjalankan banyak aplikasi dan game berat secara bersamaan. Hal ini menyebabkan HP harus bekerja ekstra, dan yang terjadi suhu panas pada HP meningkat drastis bahkan melebihi batas wajar.

Selain itu, bisa juga karena pengguna memainkan HP sambil mencharging. Arus listrik yang masuk dan keluar secara bersamaan akhirnya menyebabkan suhu panas yang berlebih pada HP. Bahkan kondisi lebih parahnya hal ini bisa menjadikan baterai meledak.

2. HP Android Terjatuh

HP yang mengalami layar HP blank hitam tapi hidup juga bisa terjadi ketika HP tidak sengaja terjatuh. Saat terjatuh menyebabkan getaran dahsyat pada komponen HP, dan hal ini bisa membuatnya error pada layar. Bisa juga karena kabel fleksibel layar terputus atau geser sedikit sehingga menyebabkan layar tiba-tiba blank hitam.

3. HP Android Terkena Air

Baik itu hanya sekedar kecipratan atau justru terjatuh ke dalam kubangan air, hal ini juga bisa menyebabkan layar HP menjadi hitam meskipun tetap hidup. Akan tetapi, pada kondisi terparahnya HP akan langsung mati dan tidak mau dihidupkan lagi ketika HP kemasukan air.

4. Sistem Android Error atau Crash

Penyebab HP black screen tapi mesin nyala lainnya yakni dikarenakan terjadinya error atau bugs pada sistem android. Ini masalah software, biasanya cara untuk mengatasinya lebih gampang dibandingkan kerusakan pada komponen hardware. 

Umumnya layar HP mati dan hitam tapi mesin hidup dikarenakan error sistem ini lebih besar kemungkinannya untuk diperbaiki. Jadi, jangan terburu-buru untuk menjual atau membawanya ke tukang servis HP.

5. Banyak Aplikasi yang Berjalan

Ini ada hubungannya dengan penyebab nomor 1 di atas, di mana menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan di HP bisa menyebabkan HP error. Banyak aplikasi yang berjalan tentu akan memberatkan kinerja prosesor sebagai otak dari HP. 

Prosesor sebagai pengolah aktivitas pada HP akhirnya macet dan salah satunya menyebabkan layar mati atau hang. Hal ini akan lebih sering terjadi jika yang kamu jalankan adalah game online yang berat. 

6. Sistem Android Gagal Loading

Untuk penyebab satu ini berbeda dengan crash pada sistem android, di mana gagal loading biasa terjadi saat HP pertama kali dinyalakan. Loading saat pertama kali menyalakan HP seperti ini biasa disebut dengan proses booting. Saat proses booting tersebut sistem akan menyiapkan data, mungkin saja ada langkah yang terlewat saat proses tersebut sehingga membuat layar menjadi hitam.

Hal ini juga bisa terjadi jika kamu sering menginstal aplikasi atau game dari luar Google Playstore. Di dalam aplikasi mungkin tersemat virus dan malware sehingga merusak sistem dan komponen HP. Atau bisa juga file aplikasi tersebut terdapat corrupt atau file rusak.

7. Versi OS Android yang Tidak Kompatibel

Setiap brand rajin melakukan update terbaru pada Sistem Operasi Android modifikasinya. Misalnya Samsung dengan One UI-nya, Xiaomi dengan MIUI-nya, OPPO dan Realme dengan ColorOS-nya, hingga VIVO dengan Funtouch OS-nya. Update versi OS Android ini bertujuan untuk semakin memaksimalkan kinerja dan fungsi HP.

Mungkin saat ini di HP androidmu masih menggunakan OS Android versi lama, sehingga terdapat banyak bug di dalamnya. Salah satunya menyebabkan layar HP blank hitam atau mati tetapi mesin masih hidup.

8. LCD HP Bermasalah

Lebih lanjut lagi HP blank screen seperti ini terjadi akibat adanya kerusakan pada komponen display HP. Baik itu kerusakan pada LCD, kabel fleksibel LCD, konektor kabel LCD dan lain sebagainya. Yang pasti ini hal ini masih berkaitan dengan komponen display pada HP android tersebut.

9. Baterai HP Bermasalah

Dan penyebab layar HP blank hitam yang terakhir yakni karena adanya masalah error pada baterai HP. Mungkin itu baterai HP kembung, baterai bocor, atau kondisi yang lainnya yang menyebabkan ia tidak mampu mengalirkan daya listrik secara maksimal ke komponen HP, termasuk layar LCD.

Cara Mengatasi Android Layar Blank Hitam Tapi Nyala

Cara Mengatasi Layar HP Blank Hitam
Cara Mengatasi Layar HP Blank Hitam

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki masalah layar hitam pada HP tetapi mesin masih nyala. Cukup mudah untuk melakukannya, bahkan kamu yang masih awam pun tidak akan kesulitan menerapkan cara ini. Adapun cara mengatasi android layar blank hitam tapi nyala selengkapnya, sebagai berikut:

1. Matikan HP dan Diamkan Beberapa Saat

Cara yang pertama bisa kamu coba lakukan yakni dengan mematikan atau menonaktifkan HP android. Caranya cukup mudah, kamu lepas saja baterai yang ada pada HP untuk mematikan HP tersebut secara paksa. Cara ini tentu bisa dilakukan jika HP androidmu mengusung baterai jenis removable atau bisa dilepas.

Sementara jika HP-mu dibekali dengan baterai tanam atau non-removable, maka cara untuk mematikan HP tersebut yakni dengan menekan tombol Power agak lama. Tekan dan tahan tombol Power selama beberapa detik sampai mesin HP mati. 

Selain itu, kamu lepas juga beberapa komponen eksternalnya, seperti baterai, SIM Card dan juga SD Card. Diamkan HP selama beberapa waktu, antara 1 hingga 3 jam. Jika sudah, pasang kembali komponen eksternal tadi dan nyalakan HP seperti biasa. Biasanya HP akan normal lagi setelah menerapkan cara ini.

2. Menghapus File Cache Sistem di Android

File cache biasanya berfungsi untuk mempercepat performa HP saat menjalankan aplikasi atau game. Namun, file cache yang menumpuk juga bisa menyebabkan kegagalan sistem. Salah satu dampaknya HP menjadi blank hitam padahal nyala.

Melakukan restart HP tidak cukup untuk menghapus semua file cache yang tersimpan di memori internal. Kamu perlu melakukan penghapusan melalui menu Recovery Mode. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  1. Pertama kamu pastikan HP sudah mati 100%. Sekarang hidupkan HP dengan cara tekan dan tahan tombol Power + Volume Up beberapa saat sampai muncul tampilan logo brand di layar.
  2. Nantinya kamu akan dibawa ke halaman Recovery Mode. Pada halaman tersebut kamu pilih Wipe Cache atau Clear Cache. Gunakan tombol Volume untuk menavigasi pilihan dan tombol Power untuk eksekusi pilihan
  3. Pilih Yes, untuk mengonfirmasi penghapusan cache. 
  4. Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai. Jika sudah, selanjutnya kamu pilih Reboot System Now.
  5. Secara otomatis HP akan merestart dan menyala normal seperti biasa.

Catatan:
Di beberapa tipe HP android ada yang menggunakan tombol Power + Volume Down untuk masuk ke Recovery Mode. Sementara untuk HP versi lama ada yang menggunakan kombinasi tombol Power + Volume + Home.

3. Melakukan Factory Reset atau Hard Reset HP Android

Sudah melakukan cara di atas, akan tetapi HP tetap layar hitam? Kalau begitu kamu bisa melakukan cara yang ketiga ini. Kamu perlu melakukan factory reset atau hard reset, di mana cara ini akan mengembalikan HP ke setelan awal pabrik. Semua data di memori internal akan dihapus secara permanen.

Untuk langkah-langkah melakukan hard reset di HP android tersebut, yakni:

  1. Pastikan HP sudah mati. Jika belum, kamu tekan tombol Power agar lama hingga HP benar-benar mati. 
  2. Jika sudah, sekarang tekan dan tahan tombol Power + Volume Up selama beberapa saat hingga muncul tampilan di layar. Di beberapa tipe HP ada yang menggunakan kombinasi tombol Power + Volume Down, tinggal kamu sesuaikan dengan tipe HP androidmu.
  3. Nantinya akan tampil menu Recovery Mode di layar. Pada beberapa tipe HP ada yang masuk ke Android Fastboot Mode, dan perlu memilih Recovery Mode secara manual.
  4. Pada halaman Recovery Mode tersebut, kamu pilih opsi Wipe Data/Factory Reset. Gunakan tombol Volume Up/Down untuk menavigasi pilihan dan tombol Power untuk eksekusi pilihan
  5. Konfirmasi factory reset dengan pilih Yes, Wipe All Data
  6. Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai. Kemudian kamu pilih Reboot System Now
  7. HP akan merestart dan biasanya akan membutuhkan waktu beberapa menit. Tunggu saja sampai HP menyala kembali.
  8. Selesai.

Catatan:
Tidak hanya bisa mengatasi HP blank hitam, cara ini juga bisa kamu terapkan untuk mengatasi android blank putih, android bootloop atau stuk di logo, HP restart / mati sendiri, hingga android system error.

4. Flashing Ulang HP Android

Cara yang lainnya bisa kamu lakukan untuk mengatasi HP blank hitam yakni dengan melakukan flashing atau memperbarui firmware/stock ROM HP. Cara satu ini diklaim ampuh untuk mengatasi berbagai masalah error berat pada HP, termasuk HP layar hitam. 

Untuk melakukan flashing HP android sendiri bisa dilakukan dengan PC atau tanpa PC. Jika HP masih bisa nyala tapi layar hitam, cara flashing HP android tanpa PC bisa dipilih. Sementara jika HP tidak bisa dinyalakan sama sekali, maka flashing menggunakan PC atau laptop bisa dijadikan pilihan. Di sini saya contohkan cara flash HP Samsung semua tipe menggunakan Odin, yakni:

  1. Pertama kamu siapkan beberapa alat dan bahan untuk flashing HP Samsung, seperti software Odin (Flash Tool), USB driver HP Samsung, PC, kabel USB, dan firmware Samsung sesuai tipenya.
  2. Jika sudah disiapkan semuanya, sekarang kamu instal software Odin dan USB driver HP Samsung di PC atau laptop. Kemudian jalankan aplikasi Odin tersebut.
  3. Pada HP Samsung, kamu matikan HP tersebut. Kemudian tekan dan tahan tombol Power + Volume Down selama beberapa detik hingga HP masuk ke Mode Download. Beberapa tipe HP Samsung ada yang menggunakan kombinasi tombol Power + Volume Up + Volume Down.
  4. Setelah itu, kamu sambungkan HP ke PC atau laptop menggunakan kabel data atau kabel USB. Pastikan kamu menggunakan kabel data ORI bawaan dari HP Samsung tersebut.
  5. Beralih ke software Odin, sekarang kamu tekan tombol PDA pada halaman aplikasi tersebut. Kemudian cari dan pilih file firmware HP Samsung yang sudah kamu siapkan sebelumnya. 
  6. Untuk memulai proses flashing, kamu klik tombol Start.
  7. Tunggu proses pemasangan firmware hingga selesai. Jika sudah, kamu lepaskan kabel data dan hidupkan HP seperti biasa.
  8. Selesai.

Untuk cara flashing HP dari merek lainnya hampir sama konsepnya dengan yang dijelaskan di atas. Hanya saja software flash tool yang digunakan berbeda. Software Odin hanya bisa digunakan untuk HP Samsung. Saya juga pernah membahas cara flash VIVO di situs ini, kamu bisa membacanya. 

5. Periksa Komponen LCD

Dan cara yang terakhir adalah dengan memeriksa komponen pada LCD HP. Untuk langkah ini kamu perlu melakukan pembongkaran HP untuk mengetahui kondisi dari LCD tersebut. Mungkin saja kabel fleksibel yang menjadi penghubung layar LCD ke komponen HP bermasalah, sehingga tidak bisa menampilkan gambar seperti biasanya. 

Atau bisa juga LCD HP tersebutlah yang mengalami kerusakan komponen. Mungkin karena terjatuh, terkena air atau faktor yang lainnya. Solusinya kamu perlu mengganti layar atau kabel fleksibelnya tersebut agar HP bisa menyala normal lagi.

Itulah tadi beberapa penyebab dan cara mengatasi android layar blank hitam yang paling ampuh dan work 100% bisa coba kamu terapkan. Agar saya lebih semangat lagi menulis konten, silahkan kamu share artikel ini ke akun media sosial pribadimu. Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

2 komentar untuk " Cara Mengatasi Android Layar Blank Hitam dan Penyebabnya"

  1. wah bagus nih artikel, lumayan buat nambah wawasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih gan, dishare ya biar bisa membantu yang lain juga :)

      Hapus
Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-