Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mengatasi HP Infinix Mentok di Logo / Bootloop dan Penyebabnya


Cara Memperbaiki HP Infinix Mentok di Logo
Cara Memperbaiki HP Infinix Mentok di Logo

CahDeso.id - HP Infinix mentok di logo XOS atau bootloop? Masalah HP Infinix stuck atau berhenti di logo brand seperti ini memang tidak jarang dialami oleh pengguna. Penyebabnya pun bermacam-macam, bisa karena aktivitas rooting HP, oprek sistem android, pemasangan aplikasi MOD, mengganti custom ROM, dan lain sebagainya. Apapun penyebabnya, yang terpenting adalah bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. 

Meskipun terbilang mudah, namun banyak pengguna yang belum tahu cara untuk mengatasi smartphone Infinix bootloop atau mentok di logo brand tersebut. Sehingga kebanyakan dari mereka membawa HP ke tukang servis, dan ini tentunya akan membutuhkan biaya. Sekarang kamu bisa mengatasi masalah tersebut sendiri tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. Berikut ini cara mudah memperbaiki HP Infinix berhenti di logo atau bootloop bisa coba diterapkan. 

Penyebab HP Infinix Bootloop atau Stuck di Logo XOS

Sebelum lanjut ke cara untuk mengatasi bootloop di HP Infinix, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebabnya. Hal ini penting untuk diketahui agar nantinya kamu bisa lebih mudah saat melakukan perbaikan dan sekaligus pencegahan. Adapun beberapa penyebab HP Infinix mentok di logo XOS selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Rooting HP Android. Melakukan root pada Infinix bisa menyebab sistem keamanannya rentan terhadap virus dan malware. Tidak jarang hal ini menyebabkan sistem android error, termasuk mengalami bootloop atau kegagalan booting. 
  2. Penggunaan Custom ROM. Mengganti firmware bawaan Infinix dengan custom ROM memang bisa membuat tampilan antarmuka HP lebih keren dan variatif. Akan tetapi, terkadang custom ROM tidak cocok dengan HP sehingga membuatnya error dan tidak bisa masuk ke layar menu utama alias stuck di logo XOS.
  3. Pemulihan System Backup. Melakukan reset Infinix, mungkin Anda membackup file sistem sebelumnya dan memulihkan setelah proses reset. Bisa jadi pada HP masih tersimpan dalvik cache yang belum terhapus sempurna, dan saat pemulihan data hal ini menyebabkan duplicate atau penumpukan file lama dengan file baru. Karena masalah ini akhirnya membuat HP mengalami bootloop.
  4. Pemasangan Aplikasi MOD. Menggunakan aplikasi dan game yang sudah dimodifikasi biasanya memang memiliki daya tarik tersendiri. Akan tetapi, perlu hati-hati dalam penggunaannya. Karena bisa jadi aplikasi MOD tersebut membuat sistem android error, termasuk mengalami bootloop.
  5. Kesalahan Mengatur Permission. Baik disengaja atau tidak, kamu telah mengatur permission di perangkat HP Infinix pada file sistemnya. Namun, pengaturannya tersebut tidak benar, maka hal ini dapat menjadi penyebab HP Infinix mentok di logo brand saja.
  6. Pengeditan Script pada Folder Sistem. Masalah lainnya yang sering terjadi pada Infinix yakni karena pengguna telah melakukan pengubahan atau pengeditan pada isi script di dalam folder atau file sistem. Hal ini akan menyebabkan kegagalan pembacaan saat proses booting, sehingga HP tidak dapat masuk ke layar menu utama. 
  7. Overclock HP Infinix. Overclock pada HP Infinix biasanya dilakukan untuk menaikkan kapasitas dari processor, dengan tujuan agar performa HP menjadi lebih cepat dan lancar. Hanya saja, overclock yang terlalu memaksa akan membuat sistem android tidak bisa menyeimbangkannya sehingga membuat sistem menjadi error.

Cara Mengatasi HP Infinix Mentok di Logo XOS (Bootloop)

Cara Mengatasi HP Infinix Bootloop Semua Tipe
Cara Mengatasi HP Infinix Bootloop Semua Tipe

Masalah Bootloop atau stuck di logo XOS ini memang bisa terjadi di semua tipe HP Infinix, mulai dari Infinix Note Series, Infinix Hot Series, Infinix Smart Series, Infinix Zero Series, hingga Infinix S Series. Yang pasti cara untuk mengatasi masalah mentok di logo tersebut tetap sama. Adapun beberapa cara mengatasi HP Infinix mentok di logo XOS selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mematikan HP Selama Beberapa Saat

Cara yang paling mudah untuk memperbaiki Infinix mentok di logo yakni dengan mematikan HP dan mengistirahatkannya. Kamu juga perlu melepas beberapa komponen eksternal yang terpasang di dalamnya, seperti kartu SIM, kartu SD, dan juga baterainya. Khusus untuk HP Infinix yang dibekali dengan baterai tanam, kamu tidak perlu melepasnya. 

Kemudian diamkan HP selama kurang lebih 1 hingga 3 jam. Kamu bisa menaruh HP di area terbuka, yakni area yang tidak lembap dan juga tidak terpapar sinar matahari langsung. Jika sudah, selanjutnya kamu pasang kembali komponen eksternal tadi dan hidupkan HP Infinix seperti biasa. 

2. Melakukan Factory Reset HP Infinix

Cara yang kedua untuk mengatasi HP Infnix bootloop atau stuck logo yakni dengan melakukan factory reset. Cara ini diklaim sangat ampuh untuk mengatasi masalah tersebut, bahkan juga beberapa masalah error sistem android lainnya. Ada dua cara untuk melakukan factory reset Infinix, yakni melalui Recovery Mode dan menggunakan CWM atau TWRP Recovery. 

Namun, lebih mudah melakukan hard reset Infinix tersebut melalui Recovery Mode. Untuk cara melakukannya sendiri, yakni:

Factory Reset HP Infinix
Factory Reset HP Infinix
  1. Pertama kamu matikan HP Infinix yang mengalami bootloop dengan cara menekan tombol Power selama beberapa detik. Sebelumnya pastikan sisa daya baterai HP Infinix tidak kurang dari 50% atau lebih besar.
  2. Sekarang hidupkan lagi HP dengan Tekan dan Tahan tombol Power + Volume Atas selama beberapa detik. Kemudian kamu lepaskan tekanan pada tombol Power saja saat muncul tampilan di layar. 
  3. Lepas juga tekanan pada tombol Volume Atas, lalu tekan lagi tombol Power saat tampil logo XOS.
  4. Nantinya di layar akan ditampilkan halaman Recovery Mode
  5. Selanjutnya kamu arahkan ke opsi Wipe Data / Factory Reset menggunakan tombol Volume. Kemudian tekan tombol Power untuk memilihnya
  6. Konfirmasi wipe data dengan pilih Yes, Wipe Data All. Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.
  7. Kemudian kamu arahkan ke opsi Reboot System Now, lalu tekan tombol Power
  8. HP Infinix akan langsung melakukan restart dan setelah proses booting HP akan masuk ke layar menu utama.
  9. Selesai.

Perlu kamu ketahui, melakukan factory reset HP Infinix ini akan menghapus semua data yang tersimpan di memori internal. Selain itu, pengaturan di HP juga akan dikembalikan ke pengaturan awal pabrik sehingga HP akan tampak seperti baru.

Baca Juga: Cara Mengatasi HP Vivo Bootloop dan Penyebabnya

3. Lakukan Flash Ulang HP Infinix

Jika cara di atas masih belum berhasil memperbaiki HP Infinix bootloop, maka cara yang terakhir ini bisa dijadikan alternatif. Kamu perlu melakukan flashing ulang HP Infinix, yakni mengganti firmwarenya dengan firmware bawaan atau ORI. Untuk melakukan cara ini kamu perlu menyiapkan beberapa bahan dan alat flashing, di antaranya:

Catatan:
Password untuk membuka file-nya bisa menggunakan dadroidrd.com.

Setelah menyiapkan beberapa bahan di atas, sekarang lanjut ke cara flash HP Infinix semua tipe. Berikut ini langkah-langkahnya, yakni:

Flash Ulang HP Infinix
Flash Ulang HP Infinix
  1. Pertama kamu install dulu driver yang sudah disebutkan di atas di perangkat PC atau laptop. 
  2. Kemudian lakukan ekstrak pada file firmware dan Infinix FlashToolnya. 
  3. Sekarang Anda jalankan software Infinix FlashTool di perangkat PC atau laptop. Tidak perlu menginstall, karena software ini berbentuk software protable. 
  4. Pada jendela Infinix FlashTool, kamu klik menu Browser. Kemudian cari dan pilih file firmware Infinix yang sudah disiapkan tadi. 
  5. Jika sudah, selanjutnya kamu klik tombol Start.
  6. Sekarang matikan HP Infinix yang ingin diflash ulang. Kemudian hubungkan HP tersebut ke PC menggunakan kabel data dalam keadaan HP mati. 
  7. PC atau laptop akan langsung mendeteksi HP Infinix, dan selanjutnya akan melakukan proses flashing. Tunggu saja prosesnya sampai complete atau selesai.
  8. Jika sudah, sekarang cabut kabel USB dari HP dan hidupkan HP Infinix seperti biasa.
  9. Selesai.

Cara di atas khusus dilakukan pada HP Infinix yang mendukung prosesor MediaTek. Jika HP Infinix milikmu didukung dengan prosesor Qualomm Snapdragon, maka bisa menggunakan software QFlash Tool atau QFIL sebagai flash toolnya.

Mudah bukan cara mengatasi HP Infinix mentok di logo brand atau bootloop di atas? Kamu bisa melakukannya sendiri tanpa perlu membawa HP ke service center yang tentunya akan membutuhkan biaya. Jangan lupa share artikel ini ke akun media sosialmu agar saya lebih semangat lagi memberikan informasi menarik dan bermanfaat lainnya. Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk "3 Cara Mengatasi HP Infinix Mentok di Logo / Bootloop dan Penyebabnya"