Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Postingan Blog Sudah Terindex Google atau Belum

Cara Cek Postingan Blog Sudah Terindex Google atau Belum
Cara Cek Postingan Blog Sudah Terindex Google atau Belum

CahDeso.id - Saat memposting artikel baru di blog, kita suka penasaran apakah artikel tersebut sudah terindex oleh Google atau belum. Sebenarnya mudah untuk mengetahui artikel di blog sudah diindex oleh Google atau belum, bahkan tidak butuh waktu lama. Ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan untuk mengetahuinya. Tidak perlu tools tambahan, cukup cek langsung artikel terindex di halaman pencarian Google atau Search Enggine Google. 

Seperti yang kita tahu, artikel yang baru di posting di blog atau website umumnya butuh beberapa waktu untuk mulai dirayap oleh Google. Perayapan atau crawl ini sendiri tergantung dari Google, jadi kita tidak tahu pasti kapan artikel tersebut akan diindex dan dikirim ke sitemap. Daripada semakin penasaran, berikut ini cara cek artikel blog sudah terindex Google atau belum yang mudah dan cepat. 

Cara Cek Postingan Blog Sudah Terindex Google atau Belum

Ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk mengecek apakah artikel sudah muncul di pencarian Google atau belum. Kamu bisa mencoba cara tersebut satu per satu untuk lebih meyakinkan hasil yang didapat. Adapun cara cek postingan blog sudah terindex Google atau belum selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mengetik Judul Artikel dan URL Blog

Cara yang pertama untuk mengetahui apakah artikel baru sudah ada di Google search atau belum yakni dengan mengetik judul artikel dan diikuti URL blog. Cara ini diklaim yang paling mudah dan akurat untuk mengetahui index artikel yang baru diposting. Kamu bisa melakukannya beberapa meni atau jam setelah artikel baru diposting di blog. Untuk formatnya sendiri, seperti di bawah ini.

“judul artikel” urlblog.com

Jangan lupa untuk memberi tanda petik di awal dan di akhir judul artikel. Ini tujuannya agar pencarian artikel bisa lebih akurat dan tidak terganggu oleh artikel dari blog lain. Digambar saya contohkan untuk mencari artikel dengan judul “Ide Menu Angkringan Murah yang Unik dan Kekinian”. Artikel tersebut baru saya upload di blog CadDeso.id ini.

Mengetik Judul Artikel dan URL Blog
Mengetik Judul Artikel dan URL Blog

Pada hasil di atas, artikel baru tersebut tidak muncul di halaman pencarian Google. Itu artinya artikel memang belum terindex dan masih butuh beberapa waktu agar dicrawl oleh robot Google. 

2. Mengetik URL Artikel Baru di Google Search

Cara yang kedua untuk memudahkan kamu mengetahui apa artikel baru sudah terindex oleh Google atau belum, yakni dengan memanfaatkan URL-nya. Kamu bisa copy URL artikel baru yang ingin dicek index-nya tersebut, kemudian cari di halaman Google Search. Sebagai contohnya, kamu lihat gambar di bawah ini.

Mengetik URL Artikel Baru di Google Search
Mengetik URL Artikel Baru di Google Search

Pada gambar di atas saya mencoba memasukkan URL artikel dengan judul “Cara Daftar Paket Internet Telkomsel 20GB Harga Rp 6000 Terbaru 2021”. Saya copy URL-nya dan masukkan di halaman pencarian Google. Terlihat artikel sudah muncul di bagian paling atas pencarian Google. Itu artinya artikel tersebut sudah diindex oleh Google.

3. Memanfaatkan Google Search Console Tools

Cara lain yang juga diklaim sangat akurat untuk mengetahui halaman artikel sudah terindex Google atau belum yakni dengan melalui Google Search Console. Ada pula yang menyebutnya dengan Google Webmaster Tools. Layanan dari Google tersebut punya banyak fitur menarik, sebagian besar untuk menganalisa performa blog atau website. 

Namun, untuk menerapkan cara ini kamu perlu mendaftarkan dulu blog-mu ke Google Webmaster Tools atau Google Search Console Tools tersebut. Kalau masih belum tahu, kamu bisa baca tutorialnya di artikel ini >> Cara Menambahkan Website ke Google Webmaster Tools Baru

Jika sudah, selanjutnya langsung kamu lakukan pengecekan artikel apa sudah terindex atau belum. Langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Pertama kamu kunjungi halaman Google Search Console.
  • Pastikan kamu sudah login menggunakan akun Google yang digunakan untuk mendaftarkan blog tadi. 
  • Sekarang kamu Copy atau Salin URL artikel yang ingin dicek indexnya di halaman pencarian Google. 
  • Kemudian Paste link tersebut pada kolom bagian atas di Google Search Console. Lalu tekan tombol Enter
Memanfaatkan Google Search Console Tools
  • Proses pengecekan membutuhkan beberapa waktu, tuggu sampai prosesnya selesai. 
  • Nantinya hasil akan ditampilkan di halaman tersebut.

Saya contohkan untuk mengecek artikel “Cara Hapus Game Instan di Game Launcher Samsung”. Hasilnya artikel tersebut sudah berhasil diindex oleh Google dan dikirim ke sitemap juga. Untuk tampilan yang menunjukkan artikel sudah terindex Google, seperti gambar di bawah ini.

Memanfaatkan Google Search Console Tools
Melalui Google Search Console Tools

4. Mengetik Alamat Blog Utama

Untuk trik yang terakhir ini sebenarnya tidak se-akurat ketiga cara di atas. Pasalnya, hasil yang ditampilkan tidak terlalu spesifik sehingga kamu perlu usaha lebih untuk mencari halaman artikel yang ingin dicek index-nya. Untuk caranya sendiri, kamu bisa menggunakan format di bawah ini.

Site:urlblog.com

Contoh >> site:cahdeso.id

Kamu tinggal ketik dengan format di atas di halaman pencarian Google. Hasilnya nanti akan menampilkan semua halaman blog yang sudah terindex oleh Google. Seperti yang dijelaskan tadi, hasilnya tidak spesifikasi. Kamu perlu scroll-scroll untuk menemukan artikel yang dicari indexnya. 

Mengetik Alamat Blog Utama
Mengetik Alamat Blog Utama

Catatan:
Saya lebih merekomendasikan untuk menggunakan salah satu dari cara nomor 1-3 di atas. Cara nomor 4 sebenarnya juga bisa, tetapi akan lebih ribet mencari index artikelnya karena semua halaman yang dimunculkan.

Itulah tadi beberapa cara cek postingan blog sudah terindex Google atau belum yang paling mudah, cepat dan akurat. Dukung terus situs CahDeso.id agar semakin berkembang dengan cara share informasi ini ke akun media sosial pribadimu. Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

1 komentar untuk " Cara Cek Postingan Blog Sudah Terindex Google atau Belum"

  1. terima kasih artikelnya sangat lengkap dan membantu blogger baru seperti saya yg sedang mengembangkan blog untuk alat promosi marketing rumah bandung

    BalasHapus
Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-