Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar Kontributor Shutterstock, Hanya 5 Menit!

Cara Daftar Kontributor Shutterstock
Cara Daftar Kontributor Shutterstock
CahDeso.id - Menjadi kontributor Shutterstock menjadi salah satu cara menghasilkan uang dari shutterstock yang paling mudah. Tidak hanya itu, uang yang bisa didapatkan sangat menggiurkan. Salah satu teman saya yang juga merupakan pemain vector di shutterstock sudah bisa menghasilkan setidaknya $350 dollar per bulan hanya dari 1 akunnya. Ia memang punya beberapa akun, di mana setiap akun punya aliran atau tema konten berbeda, di antaranya shutterstock khusus foto atau gambar, vector, ilustrasi, dan juga icon. Untuk konten video dan musik masih belum menguasai katanya.

Namun, sebelum lebih jauh mengenal peluang bisnis di shutterstock, perlu kamu tahu terlebih dahulu bagaimana cara daftar jadi kontributor di shutterstock. Kalau dulu mungkin agak ribet, tetapi sejak tahun 2019 ini pihak shutterstock sudah lebih mempermudah pendaftaran kontributor shutterstock. Untuk lebih jelasnya mengenai cara daftar kontributor shutterstock bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Daftar Kontributor Shutterstock Tanpa Paspor

Menjadi contributor shutterstock bisa dibilang susah-susah gampang. Butuh ketekunan dan konsistensi agar kamu bisa menghasilkan uang dari shutterstock dengan mudah dan cepat. Belum sampai di situ, beberapa orang mungkin sempat menyerah tatkala ingin mendaftar menjadi kontributor di shutterstock. Alasannya adalah karena sistem pendaftarannya yang ribet dan membutuhkan paspor.

Tetapi itu dulu, sekarang daftar menjadi kontributor shutterstock tanpa paspor sudah bisa dilakukan. Bahkan kita juga tidak perlu susah payah membuat vector sebagai syarat awal akun diapprove oleh pihak shutterstock. Cukup menggunakan gambar biasa dari hasil jepretan kamera DSLR ataupun kamera HP android. Berikut ini langkah-langkah daftar kontributor shutterstock tanpa paspor, yakni:

Langkah 1. Membuat akun Contributor Shutterstock dengan e-mail

  • Langkah pertama kamu kunjungi situs contributor shutterstock melalui LINK INI.
  • Nantinya kamu akan dibawa ke halaman utama situs. Sekarang kamu klik tombol Sign up yang ada di pojok kanan atas. Atau bisa juga dengan klik tombol Get started
Gambar 1 Membuat akun Contributor Shutterstock
Gambar 1 Membuat akun Contributor Shutterstock
  • Pada halaman berikutnya, kamu akan diminta memasukkan nama lengkap, nama tampilan, alamat email, dan juga password. Isi kolom sesuai instruksi yang tersedia. Kalai sudah klik Next
Gambar 2 Membuat akun Contributor Shutterstock
Gambar 2 Membuat akun Contributor Shutterstock
  • Selanjutnya kamu akan diminta untuk mengecek kotak masuk di email yang kamu gunakan untuk mendaftar tadi. 

Langkah 2. Verifikasi email dan mengisi alamat lengkap

  • Langkah selanjutnya kamu buka email, maka akan ada kotak masuk baru dari shutterstock. 
  • Buka pesan dari shutterstock tersebut, kemudian klik link tautan yang bertuliskan “Please click here to verify your email”. 
Gambar 3 Verifikasi Alamat Email
Gambar 3 Verifikasi Alamat Email
  • Nantinya kamu akan dibawa ke halaman verifikasi email. Jika memang email kamu memenuhi syarat, maka pada layar akan tampil tulisan yang menyatakan email kamu sudah berhasil diverifikasi. 
Gambar 4 Verifikasi Alamat Email
Gambar 4 Verifikasi Alamat Email
  • Selanjunya kamu isi alamat lengkap pada kolom yang sudah disediakan. Mulai dari kenegaraan, alamat detail rumah (nomor rumah, jalan/gang, RT/RW, desa dan kecamatan), kabupaten atau kota, kode pos, province, dan juga nomor telepon. 
  • Jika sudah diisi semua, selanjutnya klik Next. Jangan lupa beri centang pada tulisan “My residential and mailing……”.
Gambar 5 Verifikasi Alamat Email
Gambar 5 Verifikasi Alamat Email
  • Selamat, sekarang kamu sudah berhasil membuat akun kontributor shutterstock. Lengkapi profil akun kontributor shutterstock kamu, seperti foto profil atau elemen lainnya.

Langkah 3. Uploud gambar, vector, ilustrasi atau konten Lainnya

Sampai di sini sebenarnya kamu sudah berhasil mendaftar akun kontributor shutterstock. Tidak memerlukan paspor atau syarat lain, akun kontributor shutterstock secara otomatis sudah diapprove oleh pihak shutterstock. Sekarang waktunya untuk mulai menjual karyamu, bisa foto/gambar, vector, ilustrasi, video ataupun musik. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pada halaman dashboard contributor shutterstock, sekarang kamu klik tombol Uploud Image yang ada di tampilan kiri atas layar. 
Gambar 6 Uploud Image
Gambar 6 Uploud Image
  • Akan muncul keterangan yang berisikan syarat dan ketentuan konten yang ingin kamu uploud. Untuk konten foto dan ilustrasi diharuskan memiliki ukuran 4 megapixel. Sementara untuk konten video harus diuploud menggunakan FTP. Dan untuk vector diwajibkan file EPS-nya sudah compatible dengan illustrator versi 8 dan versi 10. 
  • Kali ini saya akan mengambil contoh menguploud file foto atau gambar. Pasalnya konten jenis ini dianggap lebih mudah mengambil dan diapprove-nya. Kamu bisa menggunakan kamera DSLR/Mirrorless atau dengan kamera smartphone. Klik Got It! untuk melanjutkan. 
Gambar 7 Uploud Image
Gambar 7 Uploud Image
  • Pada halaman uploud, kamu klik tombol Select multiple files atau bisa juga dengan cara drag and drop
  • Tunggu proses uploud hingga selesai, kemudian klik tombol Next
Gambar 8 Uploud Image
Gambar 8 Uploud Image
  • Selanjutnya kamu perlu mengisi beberapa keterangan untuk foto/gambar. Pertama centang gambar yang ingin diisi keterangannya. Di samping kanan layar isi tipe gambar, pemakaian, deskripsi, kategori, jenis konten dan juga keywordnya. Kalau sudah, klik Submit
Gambar 9 Uploud Image
Gambar 9 Uploud Image

Gambar 10 Uploud Image
Gambar 10 Uploud Image
  • Selesai, gambar sudah berhasil diuploud. Kamu hanya perlu menunggu apakah foto atau gambar tersebut diterima oleh shutterstock atau justru ditolak. Biasa pihak shutterstock akan mengkonfirmasi dalam waktu maksimal 1x24 jam.
Gambar 11 Uploud Image
Gambar 11 Uploud Image

Tips Mengisi Keyword Tertarget Agar Banyak yang Download

Salah satu strategi agar konten (foto/gambar, vector, video, ilustrasi, musik) banyak yang beli di shutterstock adalah dengan memaksimalkan penggunaan keyword. Memilih keyword yang tepat akan semakin memperbesar peluang konten kamu didownload oleh orang. Akan tetapi, jangan lupa juga untuk mengisi deskripsi dengan kalimat yang tepat pula. Masukkan beberapa keyword penting pada deskripsi agar lebih maksimal.

Adapun trik memaksimalkan keyword konten agar lebih banyak yang download, sebagai berikut:
  • Sebelum kamu mengisi bagian keyword pada konten yang akan disubmit, kunjungi terlebih dahulu situs MyKeyworder
  • Pada kolom pencarian, kamu ketikkan kata sesuai konten yang ingin kamu submit. Misalnya saja di sini saya ingin menguploud foto danau, maka ketik kata danau. 
  • Setelah itu tinggal klik tombol Find Keywords yang ada di bawahnya. 
  • Akan muncul beberapa keyword yang masih berhubungan dengan danau. Pilih keyword dengan cara memberi tanda centang, maksimal 50 keyword. Jika sudah langsung klik tombol Export Selected Keywords. 
  • Pada halaman berikutnya, kamu tinggal copy semua keyword dengan cara klik tombol Copy to Clipboard
  • Dan terakhir paste di bagian kolom keyword pada konten yang ingin diuploud. 

Trik Mengatasi Gagal Verifikasi Akun Kontributor Shutterstock

Dikarenakan banyak yang komen, bahkan mengirim email ke saya tentang gagal verifikasi email saat daftar akun kontributor SS, maka sekarang saya sudah buat tutorial lanjutan. Di artikel baru ini saya menjelaskan lebih detail cara untuk mengatasi tidak bisa verifikasi Shutterstock Contributor tersebut.

Selain membahas cara untuk mengatasinya, juga beberapa penyebab dari gagal verifikasi akun Kontributor Shutterstock. Dengan demikian kamu bisa dengan mudah membuat akun baru tanpa harus mengalami kegagalan lagi. Informasi selengkapnya bisa kamu baca di sini >> Trik Mengatasi Gagal Verifikasi Akun Shutterstock Contributor

Video Cara Daftar Akun Contributor Shutterstock Tanpa KTP (bisa buat ternak akun)

 

Bagaimana? Mudah bukan cara daftar kontributor shutterstock lewat HP android atau PC di atas? Rajinlah menguploud konten shutterstock agar semakin memperbesar peluang kamu mendapatkan uang banyak dari shutterstock. Jangan lupa kunjugi terus situs CahDeso.id agar kamu semakin banyak tahu.
Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

46 komentar untuk "Cara Daftar Kontributor Shutterstock, Hanya 5 Menit!"

  1. cara menghubungkan ke akun paypalnya bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pergi ke halaman ini gan

      https://submit.shutterstock.com/account/settings?language=en

      Di bagian Payout Information, Payout Method pilih Paypal dan di bawahnya isi dengan email paypal terdaftar.

      Shutterstock akan membayar secara otomatis jika saldo di akun sudah mencapai min. $35

      Hapus
    2. Untuk cara membuat akun Paypal bisa dibaca di sini ya >> https://www.cahdeso.id/2020/07/cara-membuat-akun-paypal.html

      Hapus
    3. Alhamdulillah
      Trimakasih dgn panduan cong wafi .saya kayaknya udah berhasil registrasi d shutterstoks .


      Tinggal selanjutnya pengen menghubungkan shutterstok dengan paypall

      Hapus
    4. Alhamdulillah
      Trimakasih dgn panduan cong wafi .saya kayaknya udah berhasil registrasi d shutterstoks .


      Tinggal selanjutnya pengen menghubungkan shutterstok dengan paypall

      Hapus
    5. Alhamdulillah kalau begitu gan, terima kasih kembali sudah menjadi pengunjung setia CahDeso.id

      untuk cara menghubungkan shutterstock ke PayPal bisa dibaca di sini gan. > https://www.cahdeso.id/2020/07/menghubungkan-shutterstock-dengan-paypal.html

      Hapus
  2. Terimakasih banyak kak informasinya sangat membantu bagi kami yg msh pemula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama gan, semoga secepatnya bisa gajian dari shutterstock :)

      Hapus
  3. makasih banyak ya mas. infonya berguna sekali

    BalasHapus
  4. Kalau namanya cuma satu kata gimana min?gak ada nama belakang..
    Jadi gak bisa lanjut,selalu warna merah.,di suruh isi nama depan nama belakang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba diulang namanya gan,

      misalnya "suparno", berarti tulis aja "Suparno Suparno"

      Hapus
  5. Kenapa waktu saya daftar gk ada arahan verifikasi email ya ? Kok langsung dihalaman log in..trz udah masukin data benar ee diulang lg suruh masukin lg trz ky gtu berulang ulang knp ya ? Sy cb daftar pke email baru sm kjadiannnya gtu gk ada verifikasi emal 🤦🏼‍♂️

    BalasHapus
    Balasan
    1. terkadang email verifikasi tidak selalu masuknya di inbox utama gan,

      coba cek di bagian Sosial, Promosi atau Update. Biasanya masuk di salah satu menu itu

      https://prnt.sc/uri6qz

      Hapus
    2. Udah aq cek di social ma update tp gk ada bro ? Di spam jg gk ada baik yahoo apa gmail. Gmn ya kok bsa gini ??

      Hapus
    3. Coba buatnya di perangkat lain gan,

      Hapus
  6. Kemarin saya Uda daftar dan kemudian saya hapus di akun Shutterstock bagaimana cara ingin kembali bisa masuk dengan nama yg sama dan email yg sama kyak kemarin ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahu saya sudah tidak bisa gan, Harus pake email lain kalau mau daftar akun kontributor shutterstock baru

      Hapus
  7. saya ko g bs daftar y. ap hrs pke laptop atau pc.
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih mudah pake laptop atau PC via browser gan

      Semoga membantu

      Hapus
  8. Balasan
    1. Boleh mas,

      Kirim email aja dulu, nanti saya lampirkan di situ nomor WA-nya

      Hapus
  9. Haloo...mas.
    Kalau pakai android susah ya daftarnya?karena saya coba berkali-kali tp trouble loading data terus mas.pdhl sinyal full

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan,, memang lebih recommended pake PC atau laptop,

      Hapus
  10. Boleh minta emailnya kak cong wafi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klik di akun ini gan, nanti bisa dilihat di profil blogger saya, sudah tertera email-nya

      Hapus
  11. terimakasih atas tulisannya. lanjutkan semangat berbagi ilmu mas. mau nanya mas, kalau foto lama misalnya ukurannya vga terus di resize jadi 4 mp boleh gak di aplod ke Shutterstock?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap, pasti selalu semangat kalo buat share pengetahuan mas,

      sebaiknya jangan mas, biasanya akan blur atau terdapat noise di foto.. Shutterstock menolak foto yang tidak fokus atau terdapat noise

      Hapus
  12. Bang saya kan udah berhasil daftar di android Terus saya ganti browsernya ke dekstop site agar lebih mudah tapi malah kembali disuruh isiin alamat tapi setelah saya klik next tiba tiba webnya error dan saya login pun tidak bisa
    Di sananya bertuliskan a"has been disabled"
    Saya harus gimana ya gan thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah daftarnya sudah benar-benar berhasil gan?
      sampai diverifikasi email?

      belum dikatakan berhasil 100% kalau email yang didaftarkan belum diverifikasi

      Hapus
  13. Daftar shutterstock malah di disabled langsung itu kenapa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. melanggar aturan dan kebijakan dari shutterstock mungkin mas,

      mereka mulai ketat sekarang ini,

      Hapus
    2. Maksudnya melanggar aturan gimana mas. Kasus saya juga begini email saya disable

      Hapus
    3. misal punya lebih dari 2 akun yang diakses di satu perangkat, data bukan data pribadi, dll gan

      Hapus
    4. gan, kok saya gak bisa masuk loh, katanya akun saya gak di verifikasi ...

      Hapus
  14. cara mengatasi "akun anda telah dinonaktifkan/disable" gimana ya gan?
    sudah sukses verifikasi email, tapi malah dinonaktifkan.
    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada cara lain gan, itu kebijakan dr shutterstock karena mungkin akun tersebut melanggar ketentuan dan kebijakan yang berlaku.

      solusinya harus buat akun baru lagi

      Hapus
  15. Bang, punya saya juga ga bisa, mesti pakai akun apapun verifikasinya gak berhasil. Kira kira syarat email agar bisa diverifikasi itu gimana bang?

    BalasHapus
  16. data diri harus sesuai mas,
    coba daftar email di laptop lain dan langsung daftar contributor shutterstock dari situ

    BalasHapus
  17. boleh minta no wa nya om?
    saya tidak bisa regist..

    We could not verify your account

    Something went wrong when verifying your account. For assistance, please contact support.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga gitu Om... kenapa yah? kok susah sekarang ?

      Hapus
  18. kak punya aku kok nggak bisa terdaftar sih

    BalasHapus
  19. apakah sebelumnya sudah pernah punya akun contributor shutterstock? kemungkinkan itu kedetect. sepertinya aturan sekarang satu pengguna tidak boleh punya akun ganda,

    kalo memang belum bisa diverifikasi, coba daftarnya di perangkat laptop lain dan gunakan data sesuai yang ada di ktp, emailnya buat baru yang tidak akan hubungannya dengan email sebelumnya yang tertolak

    terima kasih, semoga membantu

    BalasHapus
  20. Kalau misalnya data paypal dengan data shutterstock beda gimana ya mas? soalnya paypal pinjem punya saudara. kalau begitu apa bisa ya? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya rasa diperbolehkan nama paypal beda, karena itu cuma untuk metode pembayaran saja nanti

      Hapus
  21. mantappp, terima kasih juga sudah berkunjung,
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    . Gak bisa bahasa enggres :D

    BalasHapus
Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-