Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Foto Kolase Tanpa Aplikasi di HP Android

Cara Membuat Foto Kolase Tanpa Aplikasi
Cara Membuat Foto Kolase Tanpa Aplikasi

CahDeso.id - Masih banyak yang belum tahu cara membuat kolase foto di HP android tanpa aplikasi tambahan. Kebanyakan dari pengguna tahunya membuat foto kolase dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga, seperti PicsArt, Photoshop, atau yang lain sebagainya. Padahal tidak sulit lho bikin photo collage atau kolase foto tersebut di smartphone android tanpa aplikasi, bahkan untuk semua brand. Mulai dari di HP Samsung, VIVO, OPPO, Asus, Lenovo, Xiaomi, Realme dan brand lainnya. 

Foto kolase sendiri masih menjadi tren hingga sekarang ini, khususnya di kalangan pecinta media sosial. Foto kolase yang dibuat punya kesan yang keren dan aesthetic banget, sering kali mendatangkan banyak like dan komen saat diupload di medsos. Ingin tahu cara membuat foto kolase tanpa aplikasi di android tersebut? Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Cara Membuat Foto Kolase Tanpa Aplikasi di HP Android

Saat ini sudah ada banyak sekali aplikasi edit foto yang menyediakan fitur untuk membuat foto kolase di HP android. Bahkan ada pula aplikasi kolase 100 foto yang cukup populer digunakan. Akan tetapi, tentu masih cukup merepotkan jika harus menginstall aplikasi tambahan di HP android. Apalagi jika ruang memori di HP sudah hampir penuh, menginstall aplikasi baru pasti akan membuatnya semakin penuh. 

Tidak perlu khawatir, kamu masih bisa kok mengedit kolase foto unik dan aesthetic tanpa harus mengintall aplikasi tambahan. Kamu hanya perlu memanfaatkan fitur foto kolase yang disediakan di HP android. Adapun cara membuat foto kolase tanpa aplikasi di android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Membuat Foto Kolase Via Google Foto

Kamu mungkin belum tahu bahwasannya Google juga menyediakan layanan khusus untuk urusan mengedit foto, termasuk foto kolase. Layanan edit foto Google yang dimaksud tersebut dihadirkan di Google Photos atau Google Foto. Ini tentunya bisa dijadikan alternatif bagi kalian yang ingin membuat foto kolase gratis dari HP android. 

Mengenai cara untuk membuat photo collage melalui Google Photos selengkapnya, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Google Foto yang biasanya sudah terinstall secara default di HP android semua merek. 
  • Pada halama utama Google Foto, kamu masuk ke menu Galeri yang ada di bagian pojok kanan bawah. 
  • Di atas tampilan ada 4 opsi untuk mengelola foto, kamu klik saja pada opsi Utilitas
  • Pada halaman Utilitas, kamu pilih opsi Kolase.
Membuat Foto Kolase Via Google Foto
Gambar 1 Membuat Foto Kolase Via Google Foto
  • Sekarang kamu diminta untuk memilih foto mana saja yang ingin dibuat kolase foto. Pilih dengan cara memberi tanda centang pada masing-masing foto pilihan. Memilih foto tidak boleh lebih dari 9 foto
  • Jika sudah dipilih semua, selanjutnya kamu klik tombol Buat yang ada di bagian pojok kanan atas. 
Membuat Foto Kolase Via Google Foto
Gambar 2 Membuat Foto Kolase Via Google Foto
  • Tunggu beberapa saat, maka foto kolase sudah berhasil dibuat. Kolase foto akan secara otomatis tersimpan dan kamu bisa langsung membagikannya ke platform lain dengan cara klik ikon Share
  • Selesai.

Jika memang masih kurang puas dengan foto kolase yang dibuat secara otomatis tadi, kamu masih bisa kok mengeditnya agar lebih bagus. Mulai memangkas atau memotong bagian foto, memberi filter, mengatur kecerahan dan tampilan, serta memberi teks di foto kolase. Menarik sekali bukan?

Cara ini memungkinkan untuk kamu terapkan baik secara online ataupun offline. Untuk mengedit foto kolase secara online di Google Foto, kamu bisa mencari refrensi foto lain yang serupa dengan foto kolase yang dibuat. Untuk hasil edit foto kolasenya sendiri akan langsung tersimpan di menu Galeri HP, tepatnya di folder Google Photos. 

Catatan:
Cara membuat foto kolase lewat Google Foto ini bisa diterapkan di semua merek dan tipe HP. Baik itu HP keluaran terbaru hingga HP lawas, semua bisa melakukannya dan tanpa harus install aplikasi tambahan. 

2. Membuat Foto Kolase Lewat Galeri Foto di Android

Selain melalui Google Photos, kamu juga memungkinkan untuk membikin foto kolase melalui Galeri. Semua HP berbasis android pasti sudah dibekali menu Galeri yang merupakan menu untuk mengakses koleksi foto dan video. 

Meski demikian, tidak banyak pengguna yang tahu kalau di menu Galeri ternyata sudah dibekali pula fitur untuk membuat foto kolase. Bahkan di sana juga tersedia contoh foto kolase yang dibuat secara otomatis oleh sistem dan disarankan untuk pengguna. Mengenai langkah-langkah edit foto kolase melalui menu Galeri selengkapnya, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Galeri di HP android. 
  • Sekarang masuk ke menu Gambar, maka di sana akan ditampilkan koleksi foto yang ada di HP androidmu. 
  • Selanjutnya klik ikon tiga titik vertikal yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan. Kemudian klik pada opsi Buat Kolase.
  • Sekarang kamu pilih foto mana saja yang ingin dibuat dalam 1 bingkai foto alias foto kolase. Pilihlah foto minimal 2 dan maksimal 6 foto dengan cara memberi tanda Centang.
  • Jika sudah selesai memilih, selanjutnya kamu klik opsi Buat Kolase yang ada di bawah tampilan.
Membuat Foto Kolase Lewat Galeri
Gambar 1 Membuat Foto Kolase Lewat Galeri
  • Secara otomatis foto kolase akan langsung dibuat. Di sini kamu bisa mengedit foto kolase terlebih dahulu jika ada yang kurang pas. Mulai dari memilih bentuk atau style bingkai foto, mengatur rasio 1:1 atau 9:16, memilih warna bingkai, dan juga mengatur sudut bingkai apakah ingin dibuat melengkung atau bentuk siku. 
  • Kamu juga bisa mengatur posisi foto dengan cara memilih dan menggesernya sesuai keinginan. Atau juga mengedit foto tersebut dengan klik pada foto, lalu pilih ikon Pensil. 
  • Jika semuanya sudah dirasa pas, sekarang kamu klik tombol Simpan yang ada di pojok kanan atas. 
Membuat Foto Kolase Lewat Galeri
Gambar 2 Membuat Foto Kolase Lewat Galeri
  • Secara otomatis foto kolase yang sudah dibuat tadi akan tersimpan di menu Galeri HP, tepatnya di Album Kolase.
  • Selesai.

Fitur untuk membuat kolase di Galeri ini bisa kamu temukan di hampir semua merek dan OS android. Saya sendiri menerapkan cara di atas di HP Samsung dengan dukungan OS Android 10. Tidak hanya di OS Android 10, di OS Android v9.0 Pie juga sudah tersedia fitur tersebut.

3. Membuat Kolase Foto Online Gratis di Website

Jika kamu mencari cara bikin kolase foto online tanpa aplikasi dan gratis, cara satu ini bisa dijadikan pilihan. Cara edit foto online Google ini terbilang cukup mudah dan lebih bervariasi pilihan bingkainya. Salah satu website yang menyediakan layanan foto kolase gratis yakni Fotoram.id. 

Adapun langkah-langkah untuk membuat foto kolase secara online melalui situs Fotoram.io selengkapnya, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu browser di HP android. 
  • Kemudian kunjungi situs Fotoram.io melalui LINK INI.
  • Pada halaman utama situs, kamu klik pada menu Membuat Kolase
  • Sekarang kamu pilih frame atau bingkai kolase yang ingin digunakan. 
  • Kemudian klik ikon + (plus) untuk menambahkan foto ke dalam kolase. Lakukan langkah yang sama sampai semua posisi terisi oleh foto. 
Membuat Kolase Foto Online Gratis
Gambar 1 Membuat Kolase Foto Online Gratis
  • Di sini kamu juga bisa mengatur backround untuk bingkai foto kolase. Caranya klik ikon tiga garis yang ada di pojok kiri bawah, kemudian klik Latar Belakang dan pilih background sesuai keinginan. 
  • Selain itu, teks juga bisa kamu tambahkan ke kolase foto. Caranya klik ikon tiga garis seperti tadi, lalu pilih Teks
  • ClipArt pun juga memungkinkan untuk ditambahkan agar foto kolase semakin unik. Caranya tetap sama, klik ikon tiga garis di pojok kiri bawah lalu pilih ClipArt
Membuat Kolase Foto Online Gratis
Gambar 2 Membuat Kolase Foto Online Gratis
  • Jika sudah selesai semuanya, sekarang kamu bisa klik tombol Unduh untuk menyimpan foto kolase ke menu Galeri. Atau bisa juga klik tombol Bagikan untuk membagikan hasil edit foto kolase tersebut ke Twitter
  • Selesai.

Cara di atas bisa kamu jadikan pilihan jika ingin membuat photo collage online tanpa menggunakan aplikasi tambahan di HP android. Mudah dan kamu juga memungkinkan untuk menghasilkan foto kolase aesthetic dan keren.

Tonton Cara Membuat Foto Kolase di HP Melalui Youtube

Itulah tadi cara membuat foto kolase tanpa aplikasi di smartphone android yang bisa coba kamu terapkan sendiri. Share artikel ini ke akun medsos pribadimu dengan cara klik salah satu opsi Share di bawah artikel ini. Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk " Cara Membuat Foto Kolase Tanpa Aplikasi di HP Android"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-