Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghasilkan Uang dari Shutterstock bagi Pemula

Cara Menghasilkan Uang dari Shutterstock
Cara Menghasilkan Uang dari Shutterstock
CahDeso.id - Pernah dengan nama shutterstock? Mungkin sebagian dari kalian sudah tidak asing dengan situs penyedia foto, vector, ilustrasi, video dan music terbesar di dunia ini. Shutterstock sudah menjadi tempat favorit bagi banyak orang di seluruh dunia, karena memang sifatnya yang global. Situs shutterstock sendiri sudah mendukung lebih dari 20 bahasa dan 19 mata uang di dunia. Pelanggannya sudah sangat banyak, karena bergerak di lebih dari 150 negara di dunia.

Selain punya banyak pelanggan, partner dari shutterstock juga sangat banyak, baik dalam bentuk perusahaan ataupun perorangan. Dari shutterstock juga memungkinkan kamu mendapatkan uang, bahkan bisa lebih dari $1000 USD per bulan. Setidaknya ada 2 cara menghasilkan uang dari Shutterstock, di mana semua orang bisa melakukannya. Termasuk juga bagi kalian yang bisa dibilang pemula dalam dunia foto, video, vector, ilustrasi dan musik. Daripada semakin penasaran, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Cara Menghasilkan Uang dari Shutterstock, Bisa Auto Kaya!


Tidak sulit untuk bisa menghasilkan uang dari Shutterstock sekarang ini. Apalagi bagi kamu yang hobinya tidak jauh dari fotografi, menggambar ataupun mendesain. Dari hobi tersebut kamu bisa menghasilkan banyak uang, bahkan dalam waktu yang cukup singkat. Adapun cara mendapatkan uang dari Shutterstock, antara lain:

Menjadi Kontributor di Shutterstock yang Menguntungkan 


Inilah salah satu cara hasilkan uang dari Shutterstock yang paling banyak dilakukan orang dari seluruh dunia. Menjadi konributor di Shutterstock membuka peluang bagi kamu untuk bisa mendapatkan gaji bulanan. Tidak seperti kerja di kantoran, hasil yang bisa kamu dapatkan dari menjadi contributor shutterstock bisa lebih besar. Ini juga tergantung seberapa lihai kamu dalam menciptakan konten menarik serta strategi mempromosikannya.

Untuk menjadi kontributor shutterstock, kamu perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Tidak sulit untuk cara daftar kontributor shutterstock, kamu tinggal langsung menuju ke situs resminya. Kembali ke kontributor di shutterstock, setidaknya ada 4 jenis konten yang bisa kamu buat dan jual di shutterstock. Keempat jenis konten tersebut antara lain, foto, footage clips, vector dan ilustrasi. Untuk penjelasan lebih terperinci lihat di bawah ini:

1. Kontributor foto shutterstock


Kontributor foto shutterstock
Contoh foto yang sold di shutterstock

Inilah salah satu cara menghasilkan uang dari shutterstock yang bisa dibilang paling mudah. Khususnya untuk kamu yang hobi fotografi, menjadi kontributor foto di shutterstock memungkinkan kamu menghasilkan pundi-pundi dollar yang deras. Cukup kamu kumpulkan foto sebanyak mungkin, kemudia diuploud di shutterstock contributor.

Foto yang diuploud bisa bertema apa saja, baik itu lanskap alam, hewan, tumbuhan, objek micro dan lain sebagainya. Hanya saja, foto yang diuploud tidak boleh mengandung unsur merek atau brand. Mengambil foto tidak harus menggunakan kamera DSLR atau mirrorless, menggunakan kamera HP pun juga bisa asalkan memenuhi syarat foto shutterstock yang berlaku.

Selain itu, di dalam foto tidak boleh terdapat orang. Jika pun ingin memasukkan orang ke dalam foto yang diambil, maka saat uploud harus menyertakan data diri si model atau orang tersebut. Atau jika ingin lebih mudah, maka bisa memilih opsi editorial saat uploud foto. Adapun beberapa syarat lain untuk foto yang bisa diterima shutterstock, di antarnya:

  • Foto harus dari hasil jepretan sendiri. 
  • Ukuran foto minimal HD, lebih bagus lagi kualitasnya full HD. 
  • Kapasitas foto minimal 1MB, lebih besar juga semakin gampang di-approve. 
  • Bisa memilih foto Potrait atau Landscap. 
  • Foto harus fokus ke objek dan tidak boleh terdapat noise (khusus foto objek). 
  • Jika terdapat beberapa foto yang mirip, maka hanya 1 foto saja yang diapprove oleh pihak shutterstock. 

2. Kontributor vector shutterstck


Kontributor vector shutterstck
Contoh vektor yang sold di shutterstock
Selain foto atau gambar, kamu yang mahir dalam hal mendesain bisa juga menguploud hasil karyamu di shutterstock. Di sini kamu bisa menjadi kontributor vector di shutterstock, di mana persyaratannya juga tidak begitu sulit. Ada banyak jenis desain vector yang bisa diuploud di shutterstock, mulai dari logo, banner, tulisan unik, background foto atau gambar, kartu ucapan, hingga kumpulan icon.

Untuk membuat vector kamu bisa memanfaatkan software gratis maupun berbayar, misalnya CorelDraw atau Adobe Illustrator. Namun, yang paling banyak digunakan oleh para pemain vector shutterstock adalah Ai atau Adobe Illustrator. Penggunaannya yang lebih mudah menjadi alasan banyak orang yang menyukai software desain dari Adobe ini.

Khusus untuk kamu yang ingin lebih mudah membuat desain vector di HP android, bisa menggunakan aplikasi khusus. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah Infinite Design. Aplikasi ini memungkinkan kamu membuat design dengan sangat mudah, mulai dari desain karakter, karikatur, logo, gambar ilustrasi dan lain sebagainya. Hasil desain di Infinite Design nanti bisa kamu eksport dan dijadikan bentuk vector menggunakan Adobe Illustrator. Dalam hal ini juga ada beberapa syarat vector shutterstock yang harus dipenuhi supaya diapprove, antara lain:

  • Harus dalam format vector.
  • Desain tidak pecah dan ukurannya juga besar. 
  • Bukan hasil menjiplak desain orang lain alias konten unik.
  • Ukurannya minimal 1MB lebih. 

3. Kontributor ilustrator shutterstock


Kontributor ilustrator shutterstock
Penampakan desain yang diappeove
Jika kamu suka membuat gambar ilustrasi, maka bisa mencoba menjadi kontributor illustrator di shutterstock. Sebenarnya ini hampir sama dengan kontributor vector di atas. Hanya saja konsep desainnya lebih fokus pada sebuah ilustrasi yang mendalam dari gambar tersebut.

Gambar ilustrasi yang diuploud bisa bertema alam, ilustrasi karakter, dan yang lain sebagainya. Yang terpenting di sini gambar ilustrasi yang kamu buat harus unik dan menarik. Bukan dari hasil jiplak atau plagiat dari desain orang lain.

4. Kontributor footage clips shutterstock

Kalau sebelumnya seputar foto dan gambar, kali ini dikhususkan untuk kalian yang suka membuat video. Ya, footage clips bisa dikatakan juga dengan konten video unik yang juga merupakan hasil buatan sendiri. Membuat video bisa menggunakan kamera atau juga dengan menggunakan software pembuat video tertentu.

Yang pasti, video yang bisa diuploud harus milik sendiri dan tidak sama dengan milik orang lain. Keunikan video menjadi poin utama agar nantinya bisa diterima oleh pihak shutterstock. Selain konten, audio dari video juga harus original (tidak menambahkan musik milik orang lain). Meski  terbilang lebih rumit, namun hasil dari satu kali download video lebih besar dibandingkan foto dan vector.

5. Kontributor musik shutterstock

Dan yang terakhir adalah menjadi kontributor konten musik di shutterstock. Sama seperti sebelumnya, musik yang diuploud harus unik dan merupakan hasil karya sendiri. Bagi orang yang tidak terlalu suka musik, mungkin agak susah menciptakan instrument musik sendiri.

Beda dengan orang yang memang punya jiwa musik, akan terasa sangat mudah untuk melakukan hal tersebut. Jadi, jika kamu memang punya keahlian mengenai musik, tidak ada salahnya untuk mencoba menjual musik hasil karyamu tersebut di platform shutterstock.

Mengikuti Program Affiliate dari Shutterstock


Dalam tujuan menjaga hubungan baik dengan para pelanggan, shutterstock mencoba memberikan peluang lain yang memungkinkan pelanggan mendapatkan hasil tambahan. Salah satunya adalah menghadirkan program affiliasi yang tentunya cukup menggiurkan bagi mereka yang mahir dalam hal marketing. Program affiliasi dari shutterstock ini juga tidak kalah menarik dibanding menjadi kontributor di shutterstock. Bahkan bisa dibilang mengikuti program affiliasi shutterstock lebih mudah daripada harus membuat konten di kontributor shutterstock. Daftar program affiliate shutterstock DI SINI.

Adapun beberapa ketentuan apabila kamu mengikuti program affiliate shutterstock, antara lain:

  • Jika kamu berhasil menjual foto/gambar, footage, vector atau music kepada pelanggan baru, maka kamu akan mendapatkan hasil 20% dari total penjualan. 
  • Pembayaran akan diterima setelah mencapai rentang waktu 30 hari setelah klik pertama. 
  • Pembayaran bulanan akan diterima secara otomatis melalui PayPal atau e-transfer. 
  • Kamu bisa berinteraksi langsung dengan manajer afilias In-house guna untuk mengoptimalkan serta meningkatkan kinerja dan komisi afiliasi. 

Untuk kamu yang punya situs pribadi, bisa juga memanfaatkannya untuk program afiliasi shutterstock ini. Beberapa alat dan bahan pendukung promosi sudah dipersiapkan oleh pihak shutterstock, mulai dari shutterstock API, widget afiliasi shutterstock, dan juga berbagai ukuran spanduk atau banner yang bisa kamu pasang di situs pribadi.

Agar semakin menarik minat calon pembeli, kamu juga memanfaatkan kode kupon eksklusif untuk para calon pelanggan. Dengan begitu kamu bisa lebih mudah menarik hati mereka.

Itulah tadi beberapa cara menghasilkan uang dari shutterstock yang juga bisa dilakukan hanya melalui genggaman HP android. Jika memang kamu punya hobi fotografi atau desain grafis, manfaatkan hobi tersebut untuk mendapatkan uang dari shutterstock. Jangan lupa kunjungi terus situs CahDeso.id agar kalian lebih banyak tahu.
Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

6 komentar untuk "Cara Menghasilkan Uang dari Shutterstock bagi Pemula"

  1. mantap riviewnya.. mampir jg om ke shuterstock versi indonesia, siapa tahu bisa kerja sama
    https://lapakfoto.com/

    BalasHapus
  2. http://www.shutterstock.com/g/Bima+Pungkas+Krida?rid=273147766

    BalasHapus
  3. caranya upload konten nay di shutterstock gmn ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca di sini gan untuk cara upload content di Shutterstocknya

      https://www.cahdeso.id/2020/08/cara-upload-vector-di-shutterstock.html

      Hapus
  4. makasih gan infonya baru daftar nich semoga membantu bagi pemula seperti kami

    BalasHapus