Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi eFootball 2023 Mobile Lag di HP Android

CahDeso.id - Tidak akan seru jika game eFootball 2023 nge-lag atau patah-patah saat dimainkan di HP android. Lag pada game Efootball 2023 ini disebabkan oleh banyak faktor, yang terpenting di sini adalah bagaimana cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sayangnya masih banyak player yang belum tahu cara mengatasi eFootball 2023 Mobile lag atau patah-patah saat dimainkan tersebut. 

Tidak perlu bingung, pasalnya pada artikel kali ini akan saya bahas secara tuntas bagaimana cara memperbaiki masalah game eFootball PES 2023 Mobile nge-lag ini. Tidak hanya itu, akan dijabarkan pula apa saja yang menjadi penyebab utama dari permasalahan game patah-patah tersebut. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mengatasi eFootball 2023 Mobile Lag
Cara Mengatasi eFootball 2023 Mobile Lag di HP
Daftar Isi

Penyebab Game eFootball™ 2023 Mobile Lag di Android

Seperti yang disinggung di atas, ada banyak faktor yang menjadi penyebab eFootball™ 2023 Mobile lag atau delay saat dimainkan di HP android. Mengetahui penyebabnya ini tentunya akan mempermudah kita dalam hal mengatasinya, serta dapat mencegah risiko yang sama terulang kembali. Adapun beberapa penyebab game eFootball 2023 PES Mobile lag selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Spesifikasi HP tidak memadai untuk memainkan game eFootball™ 2023 Mobile. 
  2. Settingan grafis game eFootball™ 2023 Mobile terlalu tinggi, sehingga perangkat HP android tidak mampu menjalankannya.
  3. Banyak file sampah atau cache yang tersimpan di RAM dan memori internal HP.
  4. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, sehingga ini akan memakan banyak ruang penyimpanan serta membuat prosesor bekerja lebih keras.
  5. HP mengalami overheat atau suhu panas yang sangat tinggi sehingga membuat performanya menurun.

Dari beberapa penyebab di atas bisa kamu lakukan identifikasi pada game dan perangkat HP milikmu. Jika ada salah satu yang cocok, berarti kamu bisa melakukan perbaikan sesuai dengan penyebabnya tersebut.

Cara Mengatasi eFootball 2023 Mobile Lag di HP Android

Sekarang lanjut ke cara untuk mengatasi eFootball 2023 Mobile lag atau delay di HP android. Tidak sulit kok cara untuk mengatasinya, bahkan bagi kamu yang masih pemula pun bisa menerapkannya. Adapun cara mudah mengatasi game eFootball™ 2023 Mobile nge-lag atau patah-patah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart HP Android

Cara mudah untuk mengatasi masalah lag pada game eFootball™ 2023 Mobile yakni dengan melakukan Restart atau Mulai Ulang. Cara ini diklaim sangat ampuh untuk mengatasi permasalahan lag pada game tersebut. Bahkan game eFootball™ 2023 Mobile macet atau hang juga bisa diatasi dengan cara Restart HP ini.

Saat dilakukan restart, data cache yang tersimpan di RAM akan dihapus secara permanen. Cara ini juga akan menghentikan semua aplikasi yang berjalan di latar belakang. Di mana keduanya ini sama-sama menjadi penyebab game sering nge-lag, khususnya pada game eFootball™ 2023 Mobile.

2. Menghapus File Cache Game eFootball™ 2023 Mobile

Jika setelah dilakukan restart, game eFootball™ 2023 Mobile tetap mengalami lag, maka bisa lanjut melakukan cara ini. Kamu perlu menghapus file cache yang tersimpan di dalam game, di mana file ini memang sering menyebabkan game mengalami error. Untuk langkah-langkah menghapusnya, yakni:

  1. Buka menu Pengaturan di HP Android. 
  2. Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  3. Cari dan pilih game eFootball™ 2023 Mobile
  4. Kemudian klik pada opsi Penyimpanan.
  5. Selanjutnya klik pada tombol Hapus Cache atau Hapus Memori.
  6. Selesai.

Setelah dihapus cachenya, sekarang kamu lakukan restart lagi HP android. Kemudian ketika HP menyala kembali, maka kamu bisa mencoba memainkan eFootball™ 2023 Mobile lagi.

3. Menghapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Terlalu banyak aplikasi dan game yang diinstall di perangkat smartphone android, tentunya ini akan memakan banyak ruang memori internal. Selain itu, beberapa aplikasi yang sering berjalan di latar belakang, ini juga akan memakan ruang RAM sehingga membuat HP sering macet atau hang. 

Banyaknya aplikasi berjalan di latar belakang juga akan membuat performa HP menurun, khususnya saat menjalankan game. Untuk itu, sebaiknya lakukan uninstall atau pencopotan pada aplikasi dan game yang tidak dibutuhkan. Cara untuk melakukan uninstall aplikasi dan game di HP android tersebut, yakni:

  1. Tekan dan tahan pada ikon aplikasi atau game yang ingin diuninstall.
  2. Nantinya akan muncul beberapa opsi di atas ikon, kemudian kamu klik opsi Rincian / ikon i.
  3. Akan ditampilkan halaman Info Aplikasi, selanjutnya kamu klik tombol Uninstall / Hapus Instalasi / Bongkar Aplikasi.
  4. Kemudian lakukan konfirmasi penghapusan aplikasi atau game. Lakukan cara yang sama untuk menghapus aplikasi dan game lainnya.
  5. Selesai.

4. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara lainnya yang bisa kamu coba untuk mengatasi game eFootball™ 2023 Mobile lag yakni dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi yang dimaksud di sini yakni aplikasi yang punya fungsi untuk membersihkan file sampah dan file yang tersembunyi di memori HP. Cara ini akan membuat kinerja HP menjadi lebih cepat dan resposive dibandingkan sebelumnya.

Selain aplikasi cleaner, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi pendingin HP yang biasanya juga punya fungsi yang sama. Beberapa rekomendasi aplikasi untuk membersihkan memori dan pendingin HP selengkapnya, sebagai berikut:

  1. CCleaner
  2. Avast Cleanup
  3. AVG Cleaner
  4. OneBooster
  5. Pendingin CPU

5. Menurunkan Kualitas Grafis Game eFootball™ 2023 Mobile

Jika sudah melakukan beberapa cara di atas, namun game eFootball™ 2023 Mobile tetap mengalami lag atau patah-patah saat dimainin, maka cara terakhir ini bisa kamu lakukan. Bisa jadi game eFootball™ 2023 Mobile patah-patah disebabkan karena settingan grafis game yang tidak cocok dengan kemampuan atau spesifikasi HP. 

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu perlu menurunkan kualitas grafis game ke tingkat standar atau paling rendah. Untuk cara melakukannya sendiri, yakni:

Cara 1. Atur Grafis Game Langsung dari Halaman Awal Game

  • Langkah yang pertama kamu buka game eFootball™ 2023 Mobile di perangkat smartphone.
  • Pada halaman awal game (gambar L. Messi, Neymar JR, Bruno Fernandes, T.A. Arnold, dan T. Kubo), kamu klik ikon Bulat dengan Tiga Garis dan Titik diujungnya yang ada di pojok kanan bawah tampilan. 
Mengatasi eFootball 2023 Mobile Lag
Gambar 1 Mengatasi eFootball 2023 Mobile Lag
  • Akan ditampilkan beberapa opsi di sana, selanjutnya kamu klik pada menu Grafis.
Mengatasi eFootball 2023 Mobile Lag
Gambar 2 Mengatasi eFootball 2023 Mobile Lag
  • Sekarang kamu mulai atur grafis game agar sesuai dengan kemampuan dan spesifikasi HP. Klik pada opsi Grafis, lalu pilih kualitasnya sesuai keinginan. Baik itu pilih kualitas Tinggi, Standar, Rendah atau Terenda (Memprioritaskan Main), lalu klik tombol Selesai.
Mengatasi eFootball 2023 Mobile Lag
Gambar 3 Mengatasi eFootball 2023 Mobile Lag
  • Selanjutnya klik Laju Bingkai atau Frame Rate, kamudian atur ke nilai fps sesuai keinginan. Baik itu 60fps, 30fps, 20fps, atau 15fps. Lalu klik tombol Selesai untuk menyimpan.
Mengatasi eFootball 2023 Mobile Lag
Gambar 4 Mengatasi eFootball 2023 Mobile Lag
  • Jika sudah, klik tombol Kembali lalu tap layar untuk masuk ke dalam game.
  • Selesai.

Cara 2. Mengatur Grafis Game Lewat Pengaturan

  • Pertama kamu buka game eFootball™ 2023 Mobile di perangkat smartphone.
  • Masuk ke dalam halaman utama game dengan tap layar awal yang muncul di game.
  • Pada tampilan utama game, kamu klik menu navigasi Ekstra
  • Kemudian klik pada opsi Pengaturan Game.
Mengatasi eFootball 2023 Mobile Patah-patah
Gambar 1 Mengatasi eFootball 2023 Mobile Patah-patah
  • Lanjutkan dengan klik opsi Grafis.
Mengatasi eFootball 2023 Mobile Patah-patah
Gambar 2 Mengatasi eFootball 2023 Mobile Patah-patah
  • Klik sekali lagi opsi Grafis, lalu pilih kualitas grafis sesuai keinginan. Kemudian klik tombol Selesai untuk menyimpan.
Mengatasi eFootball 2023 Mobile Patah-patah
Gambar 3 Mengatasi eFootball 2023 Mobile Patah-patah
  • Selanjutnya klik opsi Laju Bingkai, lalu pilih nilai fpsnya sesuai keinginan dan klik Selesai untuk menyimpan.
Mengatasi eFootball 2023 Mobile Patah-patah
Gambar 4 Mengatasi eFootball 2023 Mobile Patah-patah
  • Klik tombol Kembali dan sekarang kamu bisa coba memainkan game seperti biasa.
  • Selesai.

Tips:
Untuk HP android dengan dukungan RAM 3GB / 2GB, disarankan untuk memilih kualitas grafis Rendah dengan frame rate atau laju bingkai 60fps. Pengaturan ini sudah sangat nyaman dan anti-lag.

Sementara untuk kamu yang lebih memprioritaskan permainan dibandingkan grafis game, maka bisa mengatur kualitas grafisnya ke tingkat Terendah. Ini akan membuat game eFootball™ 2023 Mobile sangat ringan dimainkan bahkan di HP dengan spek rendah.

Jika sudah mengatur kualitas grafis game eFootball™ 2023 Mobile ke tingkat terendah namun masih tetap terjadi lag, satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah ganti HP. Kamu bisa menukar atau membeli HP baru dengan spesifikasi yang lebih tinggi, disarankan memilih HP yang khusus untuk aktivitas gaming.

Itulah tadi cara mengatasi eFootball 2023 Mobile Lag atau patah-patah di HP android beserta penyebabnya. Share informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar saya lebih semangat lagi menulis artikel. Jika berminat kamu bisa mengirim donasi untuk situs CahDeso.id melalui PayPal hambamuizun@gmail.com. Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi eFootball 2023 Mobile Lag di HP Android"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-