Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi CODE: C_EARTH_0012_JEMR-0010 PES Mobile

Cara Mengatasi CODE: C_EARTH_0012_JEMR-0010 PES Mobile
Cara Mengatasi CODE: C_EARTH_0012_JEMR-0010 PES Mobile

CahDeso.id - CODE: C_EARTH_0012_JEMR-0010 PES Mobile - Tidak bisa masuk / login akun PES Mobile dan muncul pesan kesalahan C_EARTH_0012_JEMR-0010? Kamu berada di artikel yang tepat, karena saya akan membahas cara mengatasi masalah pesan kesalahan di PES Mobile KONAMI tersebut. Hal ini saya alami beberapa waktu lalu di perangkat Samsung lama dan memang sudah agak lama tidak digunakan untuk bermain game PES Mobile.

Awalnya saya bingung untuk memperbaiki masalah tidak bisa login akun PES Mobile tersebut. Akan tetapi, akhirnya saya menemukan cara ampuh untuk mengatasinya dan ini sudah saya praktekkan di HP android saya. Lantas, bagaimana cara menatasi munculnya CODE: C_EARTH_0012_JEMR-0010 di eFootball PES 2021 Mobile tersebut? Berikut ini penjelasan lengkapnya!

Tentang Pesan Error C_EARTH_0012_JEMR-0010 di eFootball PES 2021 Mobile

Sebelum lanjut, akan saya bahas sedikit mengenai masalah error tidak bisa login akun eFootball PES Mobile tersebut. Awalnya saya mencoba mengoprek HP android untuk keperluan lain. Dan saat HP tersebut saya gunakan untuk membuka game eFoobatll PES 2021 Mobile (sebentar lagi sudah update ke versi PES 2022 Mobile), akun PES milik saya tidak dapat ditemukan.

Awalnya game PES Mobile bisa masuk ke halaman awal game yang ada gambar Messi, Ronaldo, Rashford dan Gnabry. Tetapi saat saya klik untuk masuk ke game, di layar muncul pesan error yang bertuliskan “Tindakan tidak dapat diselesaikan karena kesalahan. Silakan coba lagi. CODE: C_EARTH_0012_JEMR-0010”. Pesan error tersebut terus muncul meski sudah saya coba berkali-kali untuk masuk ke akun PES Mobile.

Sudah banyak cara yang saya lakukan untuk mengatasi masalah error ini, namun semuanya nihil. Pesan error saat login akun eFootball PES Mobile tetap muncul. Mulai dari melakukan restart HP, mengganti jaringan ke wifi, menghapus file cache dan data eFootball PES Mobile, Mengupdate ke versi PES Mobile terbaru, hinggadmelakukan uninstall game PES Mobile.

Namun, saya akhirnya menemukan cara terampuh untuk mengatasi masalah tersebut dan ini sangat mudah untuk diterapkan. Mau tahu cara mengatasi CODE: C_EARTH_0012_JEMR-0010 saat login ke akun eFootball PES Mobile tersebut? Lanjutkan membacanya ya!

Cara Mengatasi CODE: C_EARTH_0012_JEMR-0010 PES Mobile

Cara sangat simpel dan mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya ternyata sangat ampuh mengatasi pesan erro CODE: C_EARTH_0012_JEMR-0010 di game PES Mobile. Cara yang dimaksud tersebut yakni dengan mengubah settingan Tanggal dan Waktu di HP menjadi otomatis

Memangnya ada hubungannya settingan Tanggal dan Waktu di HP android dengan game eFootball PES Mobile? Tentu ada. Ini karena game eFootball PES Mobile merupakan game berbasis online, yang mana pengguna akan terhubung dengan server pusat secara real-time. Dan ini akan berkenaan dengan settingan Tanggal dan Waktu di HP agar HP bisa terhubung ke server KONAMI yang ada di Jepang. 

Mungkin sebagian dari kalian masih belum tahu bagaimana cara setting Tanggal dan Waktu di HP android ke mode otomatis. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu terapkan, yakni:

Tidak Bisa Login Akun PES Mobile
Tidak Bisa Login Akun PES Mobile

  1. Langkah yang pertama kamu buka menu Pengaturan di HP android.
  2. Kemudian masuk ke opsi Manajemen Umum
  3. Selanjutnya klik pada opsi Tanggal dan Waktu
  4. Tinggal Aktifkan fitur Tanggal dan Waktu Otomatis di sana dengan menggeser tombol slidernya ke arah kanan. 
  5. Jangan lupa untuk untuk mengaktifkan format 24 jam dengan geser tombol slider yang ada di sebelahnya.
  6. Jika sudah, sekarang coba buka lagi game eFootball PES 2021 Mobile atau PES 2022 Mobile di HP tersebut. Pesan kesalahan CODE: C_EARTH_0012_JEMR-0010 tadi tidak akan muncul lagi dan kamu bisa masuk ke akun PES Mobile milikmu.
  7. Selesai.

Catatan:
Cara di atas saya terapkan di HP Samsung dengan OS Android 11. Untuk HP merek dan tipe lainnya kemungkinan tidak berbeda jauh, intinya kamu aktifkan fitur Tanggal dan Waktu Otomatis di HP tersebut.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Akun eFootball PES Mobile Lainnya

Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Akun eFootball PES Mobile
Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Akun eFootball PES Mobile

Kali ini berbeda masalahnya dengan yang sudah dijelaskan di atas. Masalah tidak bisa masuk ke akun PES Mobile ini tidak disertai munculnya pesan kesalahan CODE: C_EARTH_0012_JEMR-0010, melainkan masalah error lainnya. Beberapa masalah game eFootball PES Mobile error tidak bisa login atau masuk tersebut, di antaranya:

  • Game PES Mobile keluar sendiri secara terus-menerus saat dijalankan.
  • Game PES Mobile tidak bisa dibuka sama sekali, sehingga login akun pun tidak bisa. 
  • Tidak bisa masuk akun PES Mobile dan muncul pesan “Tidak dapat login. CODE: C_NAJM_0030_CQNB-0005
  • Game PES Mobile membuat HP restart sendiri.

Dari beberapa masalah error pada game PES Mobile di atas, ada beberapa cara atau metode yang bisa kamu terapkan. Dan cara ini diklaim sangat ampuh untuk mengatasi beberapa masalah error tidak bisa login akun PES Mobile di atas. Beberapa cara tersebut, di antaranya:

1. Restart HP Android

Mungkin masalah error diakibatkan RAM pada HP yang sudah penuh dengan file cache atau sampah. Akhirnya hal ini membuat HP tidak bisa menjalankan program baru, dalam hal ini game PES Mobile. Merestart HP android akan cukup ampuh mengatasi game PES Mobile yang tidak bisa dibuka atau dijalankan tersebut.

2. Memeriksa Koneksi Internet di HP

Game PES Mobile merupakan game berbasis online yang tentunya membutuhkan koneksi internet. Jika HP tidak terhubung ke internet atau sudah terhubung namun koneksinya erro dan tidak stabil, tentu saja hal ini akan membuat game PES Mobile tidak bisa dijalankan. 

Pastikan koneksi internet di HP androidmu dalam keadaan normal dan stabil. Jika tidak, kamu bisa mencoba menghubungkan HP ke jaringan Wifi yang ada. 

3. Menghapus Cache dan Data Game PES Mobile

Jika cara di atas masih belum ampuh mengatasi tidak bisa masuk akun PES Mobile, cara ketiga ini bisa dijadikan alternatif. Kamu bisa menghapus file cache dan file data game yang memang bisa menjadi penyebab utama game error, misalnya saja karena data corrupt. 

Untuk menghapus file cache dan data game PES Mobile tersebut, yakni:

  • Buka menu Pengaturan atau Settings di HP.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi
  • Cari dan klik pada game eFootball PES Mobile
  • Klik tombol Paksa Berhenti atau Force Close.
  • Klik pada tombol Hapus Cache atau Hapus Memori.
  • Terakhir klik tombol Hapus Data.
  • Jika sudah, kamu jalankan lagi game PES Mobile. Biasanya masalah error tadi akan teratasi dengan mudah.

4. Uninstall Game PES Mobile

Cara lainnya yakni dengan menghapus atau uninstall game eFootball PES Mobile yang error tersebut. Cara ini diklaim sangat ampuh untuk mengatasi berbagai masalah error pada game, khususnya masalah tidak bisa masuk akun pribadi. 

Caranya dengan tekan dan tahan ikon game PES Mobile, kemudian klik Uninstall atau Hapus Instalasi. Jika sudah, lakukan restart HP androidmu. Kemudian install lagi game PES Mobile tersebut melalui Google Playstore. Cara ini juga bisa diterapkan bagi kamu yang menggunakan game PES Mobile MOD atau install melalui APK. 

5. Update HP ke Versi OS Android Terbaru

Masalah ini juga berkenaan dengan versi OS Android yang kamu gunakan di HP. Bisa saja OS Android yang digunakan mengalami error, terdapat bug, terserang virus dan malware atau yang lainnya. Sehingga ini mengganggu fungsi HP dalam menjalankan aplikasi dan game.

Cek dan lakukan update OS Android ke versi terbaru menggunakan cara ini, yakni:

  • Buka menu Pengaturan atau Settings di HP. 
  • Masuk ke opsi Update Perangkat Lunak.
  • Klik pada Unduh dan Install.
  • Selanjutnya lakukan pembaruan pada OS Android di HP.

6. Reset HP Android

Penyebab tidak bisa login akun PES Mobile di android lainnya yang cukup sering dialami yakni karena sistem android yang error. Biasanya masalah error ini tidak hanya dialami saat membuka game PES Mobile saja, melainkan juga pada aplikasi lainnya di android. 

Melakukan reset atau Factory reset akan memperbarui sistem android di HP sehingga semua masalah error akan teratasi. Untuk cara melakukan factory reset HP android tersebut, yakni:

  • Matikan HP android seperti biasa. Pastikan baterainya tersisa minimal 60% untuk mencegah HP kehabisan baterai saat proses reset.
  • Sekarang hidupkan HP dengan cara Tekan dan Tahan tombol Power + Volume Atas (beberapa tipe HP menggunakan Volume Bawa) selama beberapa detik hingga HP bergetar dan muncul tampilan di layar.
  • Nantinya kamu akan dibawa ke halaman Recovery Mode. Kamu bisa menggunakan Volume Atas/Bawah untuk menavigasi pilihan dan tombol Power untuk memilih pilihan
  • Kamu pilih opsi Wipe Data / Factory Reset. Kemudian konfirmasi dengan pilih Yes, Wipe All Data.
  • Tunggu beberapa saat, kemudian pilih Reboot System Now.
  • Tinggal menunggu sampai HP menyala kembali, biasanya membutuhkan waktu agak lama. 

7. Lakukan Flash HP

Dan cara yang terakhir yakni dengan melakukan flashing HP android yang bisa kamu lakukan tanpa bantuan PC atau menggunakan PC. Jika menggunakan PC, kamu butuh software FlashTool untuk mempermudah proses flash HP tersebut. 

Pada proses flashing HP android, pastikan kamu menggunakan firmware ORI yang sesuai dengan tipe HP androidmu. Jangan gunakan custom ROM yang hanya akan membuat sistem android error. Bagi kamu pengguna HP VIVO, ini cara flashing HP VIVO tanpa PC yang bisa kamu baca.

Bagaimana? Mudah bukan cara mengatasi tidak bisa login akun eFootball PES Mobile di atas? Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi saat mendapati masalah tidak dapat masuk ke akun PES Mobile android. Agar saya lebih semangat lagi membagikan informasi menarik, silakan bagikan postingan di situs CahDeso.id ini ke akun media sosial pribadimu. Salam dan Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

1 komentar untuk "Cara Mengatasi CODE: C_EARTH_0012_JEMR-0010 PES Mobile"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-