Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah Formasi Tim di eFootball 2023 Mobile (PES Mobile)

CahDeso.id - Berbeda dengan versi PES Mobile sebelumnya, sekarang pemain memungkinkan untuk mengganti formasi tim di eFootball PES 2023 Mobile. Adanya fitur ini kita tidak perlu membeli banyak manajer atau pelatih. Cukup menyesuaikan gaya permainan dari pelatih dengan kemahiranmu dalam bermain game PES KONAMI. Untuk formasi atau strateginya bisa diubah sesuai keinginan.

Meski begitu, tetap saja masing-masing pelatih atau manager punya formasi pakem yang sering digunakannya. Misalnya saja pelatih Liverpool, Jurgen Klopp yang memiliki formasi pakem 4-3-3 yang menjadi andalannya. Di eFootball 2023 Mobile formasi pelatih menjadi lebih fleksibel dan bisa ditentukan sendiri oleh pemain sesuai kebutuhan dan kondisi tim. Informasi selengkapnya mengenai cara mengubah formasi tim di game eFootball 2023 Mobile bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mengubah Formasi Tim di eFootball 2022 Mobile (PES Mobile)
Cara Mengganti Formasi Tim di eFootball PES 2023 Mobile

Cara Mengubah Formasi Tim di eFootball 2023 Mobile (PES Mobile)

Untuk mengubah formasi tim kesebelasan di eFootball 2023 Mobile bisa dibilang sangat mudah. Bahkan kamu yang masih awam pun tidak akan kesulitan menerapkan cara ini. Tutorialnya semakin mudah dipahami karena di sini saya menambahkan gambar juga. Adapun cara mengubah strategi tim di eFootball 2023 Mobile selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu buka game eFootball™ 2023 seperti biasa di HP. 
  • Pada tampilan awal game (gambar Messi), kamu klik ikon Bulat di kiri tampilan.
Cara Mengganti Formasi eFootball 2022 Mobile
Gambar 1 Cara Mengganti Formasi eFootball 2023 Mobile
  • Tunggu sampai halaman utama game ditampilkan. 
  • Sekarang kamu masuk ke menu eFootball™ World, kamu masuk ke opsi Taktik Permainan. Maka akan ditampilkan formasi tim kesebelasanmu dan sekaligus pemain cadangan yang tersedia. 
Cara Mengganti Formasi eFootball 2022 Mobile
Gambar 2 Cara Mengganti Formasi eFootball 2023 Mobile
  • Untuk mengubah formasi tim, kamu klik ikon Manajer atau Pelatih yang ada di atas Logo Tim. Di sana akan ditampilkan informasi mengenai Manajer tersebut.
Cara Mengganti Formasi eFootball 2022 Mobile
Gambar 3 Cara Mengganti Formasi eFootball 2023 Mobile
  • Selanjutnya klik pada opsi Ubah Formasi yang ada di sebelah kanan foto manajer.
Cara Mengganti Formasi eFootball 2022 Mobile
Gambar 4 Cara Mengganti Formasi eFootball 2023 Mobile
  • Sekarang kamu pilih salah satu formasi yang ingin digunakan. Untuk mode Default merupakan formasi pakem dari manajer tersebut di dunia nyata. 
Cara Mengganti Formasi eFootball 2022 Mobile
Gambar 5 Cara Mengganti Formasi eFootball 2023 Mobile
  • Jika sudah memilih, secara otomtis formasi baru akan diterapkan dalam tim. Klik Tanda X untuk keluar dari halaman pengaturan manajer.
Cara Mengganti Formasi eFootball 2022 Mobile
Gambar 6 Cara Mengganti Formasi eFootball 2023 Mobile
  • Selanjutnya tinggal kamu atur posisi pemain dan pemain yang ingin digunakan dalam kesebelasan beserta pemain cadangannya.
  • Selesai.

Dengan demikian kamu sudah berhasil mengubah formasi tim di game eFootball™ 2023 Mobile. Dan sekarang bisa memulai permainan, baik itu melawan Ai maupun pemain lain lewat laga online.

Macam-macam Formasi Tim di eFootball™ 2023 Mobile

Perlu kamu ada beberapa pilihan formasi tim yang disediakan di dalam game eFootball™ 2023 Mobile dan bisa kamu gunakan. Beberapa jenis formasi tim yang dimaksud, di antaranya:

  • Formasi 4-4-2
  • Formasi 4-3-3
  • Formasi 4-3-2-1
  • Formasi 4-3-1-2
  • Formasi 4-2-3-1
  • Formasi 4-2-1-3
  • Formasi 4-1-4-1
  • Formasi 4-1-2-3
  • Formasi 3-4-3
  • Formasi 3-2-4-1
  • Formasi 3-2-3-2
  • Formasi 3-1-4-2
  • Formasi 5-3-2
  • Formasi 5-2-2-1
  • Formasi 5-2-1-2

Dari beberapa pilihan formasi tim di atas, beberapa menjadi formasi pakem dari pelatih hebat di dunia. Misalnya saja Pep Guardiola yang mengandalkan formasi pake 4-3-3, di mana formasi tersebut cukup fleksibel dan bisa berubah formasinya sesuai kebutuhan tim dan strategi yang diterapkan.

Manakah Formasi Tim Terbaik di Game eFootball™ 2023 Mobile?

Berbicara mengenai formasi tim paling gacor di game eFootball™ 2023 Mobile, sebenarnya ini ditentukan oleh skill pemain. Karena percuma menggunakan formasi terbaik jika skill pemain pas-pasan alias kurang faham sepak bola. Kamu harus tahu kapan harus menyerang dan kapan harus bertahan, serta tahu betul posisi setiap pemain dalam tim agar lebih mudah membangun serangan dan bertahan.

Tidak hanya itu saja, pemilihan pemain dalam setiap pos dalam formasi tim juga sangat penting untuk diperhatikan. Pastikan pemain yang dipilih memiliki kemampuan skill yang sesuai dengan kebutuhan tim dan formasi yang digunakan. Misalnya jika mengandalkan taktik permainan tiki-taka ala Barca, pastikan kamu memilih pemain yang punya skill akurasi umpan yang akurat dan penguasaan bola yang baik.

Jadi, intinya tidak ada formasi terbaik dalam game eFootball™ 2023 PES Mobile. Itu semua tergantung komposisi pemain yang dipilih, tipe kartu pemain, gaya permainan, serta skill player dalam memainkan bola (kecepatan, ketepatan, dan keluwesan).

Saya sebagai penulis lebih suka menggunakan formasi 4-3-2-1. Dalam formasi ini saya menggunakan 4 bek, di mana di waktu tertentu fullback kanan maupun kiri akan ikut menyerang dengan memberikan umpan silang akuratnya. Satu center bek harus punya kekuatan dalam berduel dan satunya lagi punya kecepatan. Sementara salah satu fullback harus punya kecepatan dan umpan yang akurat.

Sementara untuk penguasaan tengah lapangan, saya menggunakan 3 pemain dengan 1 pemain menjadi gelandang bertahan (DMF) dan 2 pemain sebagai gelandang tengah (CMF). Gelandang bertahan tugasnya sesekali ikut membangun serangan dan sekaligus membantu pertahanan tim. Sementara gelandang tengah yang punya peran penting dalam membangun serangan dan mengatur ritme permainan.

Sedangkan untuk 2 gelandang serang digunakan dalam formasi ini. Tugas dari gelandang serang ikut dalam membangun serangan, sekaligus membantu striker atau penyerang tunggal dalam mencetak gol. Skill yang harus dimiliki adalah penguasaan bola, lari cepat dan menusuk, umpan rendah dan lambung akurat, dan naluri mencetak gol tinggi.

Dan untuk posisi striker atau penyerang merupakan penyerang tunggal yang harus punya naluri mencetak gol tinggi. Baik itu mencetak gol dengan sundulan, akurasi tendangan, keseimbangan tubuh dan penguasaan bola yang baik.

Demikian cara mengubah formasi tim di eFootball™ 2023 Mobile dan formasi terbaik di PES Mobile 2023. Agar saya lebih semangat lagi dalam membuat konten artikel, kamu share artikel ini ke akun media sosial pribadimu. Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk "Cara Mengubah Formasi Tim di eFootball 2023 Mobile (PES Mobile)"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-