Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshot Samsung Galaxy M11 Tanpa Aplikasi

Cara Screen Capture Samsung M11 - Screenshot atau tangkapan layar di Samsung Galaxy M11 cukup penting untuk dilakukan. Dan tujuan pengambilan screenshot tersebut bervariasi bagi setiap pengguna, mungkin untuk menyimpan informasi, membuat tutorial, atau tujuan yang lainnya. Nyatanya, meskipun mudah namun masih banyak pengguna yang belum tahu bagaimana cara melakukan screenshot di seri kembaran dari Samsung Galaxy A11 ini. 

Cara Screenshot Samsung Galaxy M11
Cara Screenshot Samsung Galaxy M11
Umumnya disetiap seri HP Samsung sudah dibekali dengan fitur untuk pengambilan screen capture atau screenshot tersebut. Termasuk juga di seri Samsung Galaxy M11, ada fitur khusus di dalamnya yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan gambar layar. Apakah kamu juga salah satu pengguna yang belum tahu cara screenshot di Samsung Galaxy M11? Tidak perlu khawatir, karena di bawah ini sudah saya rangkumkan bagaimana langkah-langkahnya.

Cara Screenshot Samsung Galaxy M11 Tanpa Aplikasi, Work 100%


Meskipun masih baru, namun sudah ada banyak situs yang mulai membahas bagaimana cara screenshot di HP Samsung M11. Kebanyakan dari situs tersebut membuat review yang tidak sesuai kenyataan. Misalnya saja ada yang membahas kalau Samsung Galaxy M11 bisa melakukan screenshot dengan mengusapkan 3 jari dari atas hingga bawah layar. Nyatanya, Samsung tidak membekali fitur tersebut di seri Samsung M11 ini. 

Selain itu, ada yang membahas juga melakukan screenshot di Samsung dengan menggunakan fitur gesture dan gerakan. Dari fitur tersebut kita bisa mengambil screenshot Samsung M11 dengan swipe telapak tangan dari kanan hingga kiri layar. Saya perjelas lagi, fitur screenshot dengan gesture dan gerakan tersebut tidak disematkan di Samsung Galaxy M11. 

Memang fitur screenshot dengan swipe telapak tangan dan usap 3 jari ini disematkan di seri Samsung pendahulunya, yakni Samsung Galaxy M21. Sayangnya, Samsung tidak berminat untuk menyematkan fitur ini di Samsung Galaxy M11 ataupun Samsung Galaxy A11. 

Pada artikel ini saya akan membahas fitur screenshot sesungguhnya yang ada di Samsung Galaxy M11 tersebut. Di sini kamu tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan untuk mengambil gambar layar tersebut. Adapun langkah-langkah screenshot Samsung Galaxy M11 tanpa aplikasi tambahan selengkapnya, sebagai berikut:

1. Screenshot Samsung M11 dengan Kombinasi Tombol


Cara yang pertama untuk mengambil screenshot di Samsung M11 yakni dengan menggunakan kombinasi tombol. Di sini kamu bisa menggunakan kombinasi tombol Power + Volume Bawah untuk mulai mengambil tangkapan layarnya. Mengenai langkah-langkahnya sendiri, yakni: 

  • Langkah yang pertama kamu tentukan halaman di layar Samsung M11 yang ingin discreenshot. 
  • Kemudian, langsung kamu tekan tombol Power + Volume Bawah selama beberapa detik hingga layar berkedip dan HP bergetar
  • Lepaskan tekanan pada kedua tombol jika hal tersebut sudah terjadi. 

Screenshot Samsung M11 dengan Kombinasi Tombol
Screenshot Samsung M11 dengan Kombinasi Tombol
  • Secara otomatis gambar tangkapan layar akan ditampilkan di notifikasi bar
  • Swipe layar dari atas ke bawah untuk menampilkan notifikasi bar. Kemudian klik ikon arah panah bawah yang ada di notif bar screenshot. 
  • Maka akan muncul beberapa opsi di bawahnya, yakni opsi Bagikan, Edit dan Hapus. Kamu bisa memilih salah satu opsi tersebut jika memang diperlukan. Jika ingin langsung menyimpannya, maka bisa mengabaikan notifikasi tersebut. 

Catatan: Cara screenshot dengan kombinasi tombol ini adalah yang paling mudah dan simple. Dan Umumnya memang sudah disediakan di seri HP Samsung dari yang jadul hingga terbaru.

2. Screenshot Samsung M11 Melalui Menu Asisten


Apakah kamu mencari cara screenshot Samsung Galaxy M11 tanpa kombinasi tombol fisik? Kalau begitu kamu bisa mencoba cara yang kedua ini. Di sini kamu tidak perlu menggunakan kombinasi tombol fisik di Samsung M11 ini. 

Sebagai gantinya kamu bisa menggunakan Menu Asisten yang disediakan di dalamnya. Fitur ini sebenarnya tidak hanya menyediakan fitur screenshot saja, melainkan juga fitur lainnya. Mengenai langkah-langkah untuk screenshot Samsung M11 melalui Menu Asisten selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu aktifkan terlebih dahulu Menu Asisten di Samsung Galaxy M11. Pasalnya, menu tersebut tidak diaktifkan secara default sehingga perlu langkah manual. 
  • Untuk mengaktifkannya yakni dengan masuk ke menu Pengaturan >> pilih Aksesibilitas >> pilih Interaksi dan Kecekatan >> dan geser slider di Menu Asisten ke kanan

Screenshot Samsung M11 Melalui Menu Asisten
Gambar 1 Screenshot Samsung M11 Melalui Menu Asisten
  • Jika sudah diaktifkan, nantinya ikon Menu Asisten melayang akan muncul di layar. Kamu bisa pindah ikon Menu Asisten melayang tersebut sesuka hati. 
  • Selanjutnya kamu tentukan tampilan layar yang ingin kamu ambil screenshotnya. Baik itu tampilan di layar utama maupun tampilan di aplikasi tertentu. 
  • Jika sudah, selanjutnya klik pada ikon Menu Asisten melayang tadi. Akan muncul beberapa tombol dengan fungsinya masing-masing. Di sini kamu bisa menekan tombol Screenshot atau Gambar Layar

Screenshot Samsung M11 Melalui Menu Asisten
Gambar 2 Screenshot Samsung M11 Melalui Menu Asisten
  • Nantinya layar akan berkedip, dan secara otomatis screenshot sudah berhasil dilakukan. 

Setelah screenshot sudah selesai diambil, ada beberapa pilihan yang bisa kamu pilih yakni Share, menghapus, mengedit atau menyimpannya ke Galeri. Kamu bebas memilih opsi yang mana sesuai keinginanmu. 

3. Screenshot Panjang Samsung Galaxy M11


Banyak yang bertanya apakah ada cara screenshot panjang di Samsung Galaxy M11 tanpa aplikasi? Jawabannya tentu ada. Samsung sangat mengerti apa yang sedang dibutuhkan oleh para peminat setianya, khususnya dalam urusan pengambilan screen capture. 

Samsung sudah menghadirkan fitur screen capture panjang di Samsung Galaxy M11 tersebut. Jadi, kamu tidak perlu lagi menginstall aplikasi sceenshot panjang lagi jika menggunakan HP seri Samsung ini. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu tentukan tampilan layar yang ingin discreenshot. 
  • Setelah itu, lakukan screenshot biasa seperti cara di atas. Kamu bisa menggunakan cara yang mana saja, baik itu cara nomor 1 ataupun nomor 2. 
  • Kalau sudah, nantinya akan muncul notifikasi screenshot di bagian bawah layar. Penampakannya seperti gambar di bawah ini. 

Screenshot Panjang Samsung Galaxy M11
Gambar 1 Screenshot Panjang Samsung Galaxy M11
  • Kemudian langsung buru-buru kamu tekan ikon arah panah ke bawah. Lakukan tap sekali untuk panjang screenshot sedang. Dan jika ingin screenshot layar panjang satu halaman penuh, maka bisa tap ikon tersebut beberapa kali.

Screenshot Panjang Samsung Galaxy M11
Gambar 2 Screenshot Panjang Samsung Galaxy M11
  • Dan secara otomatis screenshot panjang tersebut ke menu Galeri HP. 

Catatan: Cara screenshot panjang seperti ini tidak hanya bisa dilakukan di layar utama HP saja, melainkan juga bisa di halaman web ataupun aplikasi lain. 

Itulah tadi cara screenshot Samsung Galaxy M11 tanpa aplikasi tambahan yang paling mudah dan cepat. Dukung perkembangan situs CahDeso dengan cara share informasinya ke media sosial pribadimu. Salam dari Anak Desa!
Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

3 komentar untuk "Cara Screenshot Samsung Galaxy M11 Tanpa Aplikasi"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti ujung2nya yang keluar menu Daya Mati, Mulai Lagi, & Mode Darurat, tombol Volume juga masih sangat normal
      Coba bang infonya kenapa

      Hapus
    2. Tekan tombol power dan volume bawah bersamaan gan, Klik dengan cepat dan jangan ditahan. kayak klik biasa gitu tanpa ditahan2 nekannya

      Hapus
Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-