Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mengembalikan Getar HP Samsung yang Hilang

CahDeso.id - Banyak orang yang mencari cara mengembalikan getar HP Samsung yang hilang. Namun, tidak jarang dari mereka gagal menemukan cara ampuh untuk mengembalikan Mode Getar hilang di HP Samsung tersebut. Tidak perlu bingung, karena pada artikel kali ini akan saya jelaskan cara terbaik dan ampuh untuk mengatasi permasalahan Mode Getar HP Samsung tersebut.

Cara Mengembalikan Getar HP Samsung yang Hilang
Cara Mengembalikan Getar HP Samsung yang Hilang

Mode Getar di HP Samsung secara default akan langsung aktif, meskipun pengguna tetap bisa melakukan kontrol penuh untuk mode tersebut. Getar pada HP Samsung ini biasanya digunakan untuk notifikasi, baik itu notifikasi chat, SMS, panggilan masuk dan lain sebagainya. Namun, terkadang beberapa pengguna kurang suka dengan mode getar untuk notifikasi tertentu di HP Samsung miliknya.

Sebagian pengguna lagi lebih suka menggunakan Mode Getar ketika ada notifikasi yang masuk di HP androidnya. Akan tetapi, hal ini akan menjadi masalah jika Mode Getar Samsung tersebut tidak berfungsi sebagaimana biasanya. Berikut ini adalah beberapa cara mudah mengatasi Mode Getar di HP Samsung yang hilang paling ampuh bisa kalian simak dan terapkan.

Penyebab Mode Getar di HP Samsung Hilang

Mode getar yang tidak berfungsi di HP Samsung bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Mengetahui penyebabnya tersebut tentunya akan memudahkan kita untuk memperbaiki masalah pada Mode Getar di Samsung tersebut. Adapun beberapa penyebab getar di HP Samsung hilang selengkapnya, sebagai berikut:

  • Mode Getar Nonaktif. Mungkin saja kamu sebelumnya telah menonaktifkan Mode Getar di HP Samsung, sehingga membuatnya seakan tidak berfungsi alias hilang.
  • Getar Saat Disentuh Dinonaktifkan. Mungkin yang kamu maksud adalah getar pada HP Samsung ketika kita menyentuh layar, misalnya saat mengetik di keyboard. Mode getar ini bisa dinonaktifkan dan diaktifkan, bisa saja saat ini kamu telah mematikan mode tersebut.
  • Bug atau Error pada Sistem Android. Sistem android bisa saja mengalami error diakibatkan oleh bug. Ini dapat berdampak pada beberapa fungsi HP, termasuk pada Mode Getarnya.
  • Aktivitas Rooting HP Android. Melakukan rooting pada HP android memang dapat berdampak error pada beberapa fungsi HP, termasuk pada Mode Getarnya ini.
  • Komponen Hardware yang Rusak. Mode getar yang tidak berfungsi di HP Samsung juga bisa disebabkan oleh komponen hardwarenya yang mengalami kerusakan.

Mengetahui beberapa penyebab di atas, selain bisa membantu memudahkan kita dalam mengatasi masalah Mode Getar, juga dapat dijadikan langkah pencegahan agar masalah yang sama tidak dialami lagi.

Cara Mengembalikan Getar HP Samsung yang Hilang

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan lagi getar HP Samsung yang hilang atau tidak berfungsi ini. Yang pasti beberapa cara yang diberikan ini sangat mudah diterapkan bahkan bagi kamu yang masih awam.

Adapun cara mengembalikan getar HP Samsung yang hilang paling mudah dan ampuh selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart HP Samsung

Lakukan Restart HP Samsung
Lakukan Restart HP Samsung

Cara pertama bisa kamu lakukan untuk mengatasi Mode Getar hilang di HP Samsung adalah dengan Restart atau Mulai Ulang HP Samsung. Caranya cukup dengan tekan dan tahan tombol Power / Daya hingga muncul beberapa opsi di layar. Selanjutnya pilih menu Restart atau Mulai Ulang.

Tunggu hingga HP Samsung menyala kembali dan masuk ke halaman menu utama. Sekarang kamu coba ulang Mode Getar HP, apakah sudah normal kembali? Selain dapat mengatasi Mode Getaran hilang, cara ini juga akan mempercepat performa kinerja HP Samsung milikmu.

2. Menggunakan Kode Rahasia Samsung

Cara yang kedua ini kita akan menggunakan kode rahasia untuk mengatasi Mode Getar HP Samsung yang hilang atau tidak berfungsi. Kode rahasia ini memang biasanya digunakan untuk mengecek fungsi HP, mulai dari fungsi layar, bunyi atau suara, sensitivitas, hingga getaran HP.

Untuk langkah-langkah mengecek Mode Getar HP Samsung apakah masih berfungsi atau tidak dengan kode rahasia, yakni:

Menggunakan Kode Rahasia Samsung
Menggunakan Kode Rahasia Samsung
  1. Buka menu Panggilan atau Telepon di HP Samsung.
  2. Kemudian masuk ke tab Keypad, lalu ketik kode rahasia *#0*# 
  3. Nantinya akan ditampilkan halaman yang berisi beberapa menu di sana. Selanjutnya kamu pilih menu Getaran atau Vibration.
  4. Jika saat ditekan HP bergetar, maka dapat dipastikan fungsi getar di HP masih normal. Namun, jika tidak bergetar sama sekali, berarti fungsi getar di HP memang sudah error atau rusak.
  5. Selesai.

Lebih lanjut, kamu bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini untuk memastikan fungsi Mode Getar di HP masih bisa dikembalikan atau justru tidak sama sekali.

3. Cek Pengaturan Mode Getar di HP Samsung

Jika yang kamu maksud adalah getar hilang pada salah satu atau beberapa fungsi HP, misalnya saat ada SMS/chat masuk, panggilan masuk, getar keyboard atau sebagainya. Kemungkinan ini dikarenakan kamu telah menonaktifkan Mode Getar untuk salah satu atau beberapa fungsi tersebut. Untuk mengeceknya bisa dilihat di menu Pengaturan HP Samsung, berikut langkah-langkahnya:

Cek Pengaturan Mode Getar di HP Samsung
Cek Pengaturan Mode Getar di HP Samsung
  1. Pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings di HP Samsung.
  2. Kemudian masuk ke opsi Suara dan Getar.
  3. Di sini kamu bisa mengatur HP ke Mode Suara & Getar, Getar Saja atau Hening. Untuk Mode Hening biasanya akan menghilangkan fungsi getaran di HP. Jadi, kamu bisa memilih satu di antara dua mode yang tersedia, yakni Suara dan Getar Saja.
  4. Untuk pengaturan lanjutan, kamu gulir ke bawah dan masuk ke opsi Suara Sistem/Kontrol Getaran.
  5. Pada bagian Getar, kamu bisa mengatur fungsi mana yang ingin diaktifkan Mode Getarnya dengan cara menggeser tombol slider yang ada di sebelah kanan opsi.
  6. Sekarang simpan pengaturan getar tersebut.
  7. Selesai.

Misalnya saja getar yang hilang saat kita menyentuh tombol di keyboard, berarti yang perlu diaktifkan Mode Getarannya pada opsi Keyboard Samsung. Untuk fungsi lainnya bisa kalian atur sendiri sesuai kebutuhan.

4. Lakukan Unroot HP Samsung

Jika sebelumnya kamu telah melakukan rooting HP Samsung dan berdampak pada Mode Getar yang hilang, maka jalan terbaik untuk mengatasinya yakni dengan unroot. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi rooting yang sebelumnya digunakan, kemudian pilih menu Unroot yang ada di dalamnya.

Jika memang di dalam aplikasi root HP android tidak disediakan fitur Unroot, maka alternatifnya bisa melakukan Uninstall atau penghapusan pada aplikasi tersebut. Lebih efektif lagi dengan menggunakan aplikasi Unroot yang disediakan di Google Play Store, misalnya saha SuperSU. Setelah dilakukan unroot biasanya HP akan normal kembali, termasuk Mode Getarnya akan muncul lagi.

5. Reset Ulang HP Samsung

Cara mengembalikan getar HP Samsung yang hilang selanjutnya yakni dengan melakukan reset ke setelan awal pabrik. Cara ini akan menghapus semua file yang tersimpan di memori internal HP android. Karena itulah, sebaiknya kamu lakukan backup data penting terlebih dahulu sebelum melakukannya.

Terdapat 2 cara mudah untuk melakukan reset HP Samsung, yakni reset melalui menu Pengaturan dan lewat Recovery Mode. Di sini akan dijelaskan cara reset HP Samsung melalui menu Pengaturan atau Settings, yakni:

Reset Ulang HP Samsung
Reset Ulang HP Samsung
  1. Buka menu Pengaturan atau Settings di HP Samsung.
  2. Kemudian masuk ke opsi Manajemen Umum
  3. Selanjutnya masuk ke opsi Reset.
  4. Dan pilih Reset Data Pabrik lalu konfirmasi penghapusan data HP dengan klik tombol Reset.
  5. Selesai.

Mungkin butuh beberapa waktu untuk menyelesaikan proses reset HP Samsung, tergantung banyaknya file yang tersimpan di dalamnya. Umumnya proses reset data pabrik di HP Samsung ini memakan waktu sekitar 10-15 menit.

6. Membawa HP ke Service Center

Dan jika memang belum bisa mengembalikan getar HP Samsung yang hilang walau sudah menerapkan beberapa trik di atas, solusi terakhir yang membawanya ke service center. Baik itu, service center resmi Samsung maupun bukan, mereka akan jauh lebih mengerti mengenai masalah ini.

HP Samsung akan diperbaiki semua partnya untuk memastikan semua berfungsi dengan baik, termasuk Mode Getar yang dimilikinya.

Itulah tadi beberapa cara mengembalikan getar HP Samsung yang hilang paling ampun dan mudah bisa kalian terapkan sendiri. Bagikan artikel ini ke akun media sosial pribadimu agar saya lebih semangat lagi membuat konten artikel menarik lainnya. Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk "6 Cara Mengembalikan Getar HP Samsung yang Hilang"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-