Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyembunyikan Aplikasi Tanpa Aplikasi di HP Android

Cara Menyembunyikan Aplikasi Tanpa Aplikasi di HP
Menyembunyikan Aplikasi Tanpa Aplikasi di HP

CahDeso.id - Banyak yang penasaran dengan cara sembunyikan aplikasi di HP android tanpa aplikasi tambahan. Nyatanya tidak banyak yang tahu mengenai cara tersebut. Alhasil, seabagian besar dari mereka harus rela menginstall aplikasi pihak ketiga agar bisa hidden atau menyembunyikan aplikasi android. Cara ini tentunya tidak cocok diterapkan di HP yang berspesifikasi standar. Khususnya HP dengan kapasitas memori kecil, pasti membuat memorinya cepat penuh. 

Tidak perlu bingung, karena ada lho cara hidden aplikasi android tanpa aplikasi tambahan sama sekali. Bahkan cara ini bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan semua jenis aplikasi yang terinstall di HP androidmu. Jadi, tidak perlu lagi menginstall aplikasi tambahan untuk sekedar menghilangkan ikon aplikasi terinstall dari layar menu HP android. Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Cara Menyembunyikan Aplikasi Tanpa Aplikasi di HP Android

Untuk menyembunyikan aplikasi di smartphone android sebenarnya sangat mudah. Kita bisa memanfaatkan aplikasi hidden App atau tool untuk menyembunyikan aplikasi. Akan tetapi, hal ini tentu akan merepotkan bagi beberapa pengguna. Terlebih lagi dengan adanya aplikasi tambahan akan membuat memori cepat penuh. 

Khusus untuk kamu yang sedang mencari cara menyembunyikan aplikasi tanpa aplikasi di android, di bawah ini sudah saya rangkumkan informasinya. Berikut cara hidden apliaksi tanpa aplikasi di HP android selengkapnya, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka hidupkan HP androidmu.
Sembunyikan Aplikasi Tanpa Aplikasi
Gambar 1 Sembunyikan Aplikasi Tanpa Aplikasi
  • Pada layar depan HP, kamu tekan area kosong mana saja di layar HP selama beberapa detik. Pastikan pada layar mengecil dan muncul beberapa opsi dibawahnya, seperti opsi ganti Tema, Wallpaper, tambah Widget, dan juga Pengaturan Layar Depan
  • Untuk melanjutkan, kamu pilih opsi Pengaturan Layar Depan atau Home Screen Settings yang ada di bagian pojok kanan bawah tampilan. 
  • Nantinya kamu akan dibawa ke jendela pengaturan layar depan HP. Scroll ke bawah, kemudian klik pada opsi Sembunyikan Aplikasi atau Hidden App
  • Muncul jendela baru dengan menampilkan list aplikasi yang terinstall di perangkat HP androidmu. 
  • Sekarang kamu cari aplikasi yang ingin disembunyikan dari layar depan dan layar menu HP. Kalau sudah ketemu, selanjutnya kamu beri tanda Centang di bagian pojok kiri atas setiap aplikasi yang ingin disembunyikan. Tidak hanya aplikasi yang diinstall manual, aplikasi bawaan juga memungkinkan untuk kamu sembunyikan dari layar menu HP. Misalnya di sini saya akan menyembunyikan aplikasi Facebook Lite.
  • Kalau sudah, selanjutnya kamu klik tombol Selesai yang ada di bagian bawah layar. 
Sembunyikan Aplikasi Tanpa Aplikasi
Gambar 2 Sembunyikan Aplikasi Tanpa Aplikasi
  • Sekarang keluar dari menu Pengaturan Layar Depan tersebut dan lihat hasilnya. Aplikasi yang dipilih tadi sudah menghilang dari layar depan dan layar menu aplikasi.
  • Selesai.

Catatan:
Cara di atas saya praktekkan di HP Samsung dengan OS Android 10 terbaru. Tetapi, cara ini ternyata juga work di HP Samsung dengan OS Android 9.  Kemungkinan versi OS di bawahnya cara tersebut juga work.

Di atas merupakan cara menyemnunyikan aplikasi tanpa aplikasi di Samsung Mobile. Untuk HP dengan merk lainnya, seperti OPPO, Realme, Vivo, Huawei, hingga Xiaomi bisa disesuaikan sendiri. Pasalnya, hampir semua brand sudah menyediakan fitur hidden aplikasi ini di dalamnya. jadi, kamu tidak perlu lagi menginstall aplikasi pihak ketiga untuk menyembunyikan aplikasi terinstall di HP android. 

HP Samsung memang menjadi salah satu smartphone yang punya banyak fitur canggih di dalamnya. Selain fitur sembunyikan aplikasi, ada pula fitur screenshot tanpa aplikasi, screenshot panjang, keamanan canggih dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara Mengakses Aplikasi yang Disembunyikan Tanpa Memunculkan Ikonnya

Kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana cara untuk membuka aplikasi yang sudah disembunyikan tersebut. Secara gampangnya kamu bisa memunculkan dulu aplikasi tersebut di layar menu HP, kemudian jalankan seperti biasa. 

Akan tetapi, adakah cara lain untuk membuka aplikasi tersembunyi tanpa harus memunculkannya dulu di layar menu HP?  Tentu ada. Pastinya sangat merepotkan juga jika harus bolak-balik menyembunyikan dan memunculkan aplikasi dari layar menu HP. Berikut cara simpel mengakses aplikasi yang disembunyikan di HP android, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu masuk ke menu Pengaturan atau Settings di HP androidmu. 
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi
  • Sekarang cari aplikasi yang sudah disembunyikan dari layar depan dan layar menu HP tadi. 
  • Klik saja langsung pada aplikasi tersebut. Kemudian klik tombol Buka yang ada di bagian pojok kiri bawah tampilan. 
Membuka Aplikasi yang Disembunyikan
Gambar 1 Membuka Aplikasi yang Disembunyikan
  • Secara otomatis aplikasi akan ditampilkan seperti biasa dan kamu bisa langsung menggunakannya. 
  • Selesai.

Catatan:
Cara di atas merupakan lanjutan dari cara sembunyikan aplikasi di Samsung di atas. Jadi, kamu tidak perlu lagi susah payah memunculkan ikon aplikasi tersembunyi dulu untuk mengaksesnya. 

Syarat dan Ketentuan untuk Menyembunyikan Aplikasi Tanpa Aplikasi

Kemungkinan tidak semua pengguna HP android bisa menerapkan cara di atas. Pasalnya, setiap brand dan tipe HP pastinya punya dukungan fitur yang berbeda-beda. Dan cara di atas saya lakukan di HP Samsung keluaran terbaru dengan dukungan Sistem Operasi Android 10. Adapun syarat dan ketentuan untuk menerapkan cara hidden app di Samsung di atas, yakni: 

  • Merupakan HP android dari brand Samsung, minimal yang sudah didukung dengan OS Android v9.0 Pie ke atas. Untuk HP dari merk lain bisa disesuaikan sendiri fitur hidden bawaannya.
  • Tidak perlu aplikasi tambahan, karena ini merupakan fitur bawaan dari Samsung Mobile.
  • Tidak perlu akses root, sehingga lebih mudah diterapkan.
  • Semua aplikasi bisa disembunyikan dengan mudah, termasuk aplikasi bawaan android atau bloatware. 

Itulah tadi cara menyembunyikan aplikasi tanpa aplikasi tambahan di smartphone android, khususnya HP Samsung. Share artikel ini ke akun media sosial pribadimu untuk mendukung situs CahDeso.id agar semakin semangat memberikan informasi menarik lainnya. Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk " Cara Menyembunyikan Aplikasi Tanpa Aplikasi di HP Android"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-