Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Screenshot HP Lenovo Semua Seri atau Tipe

Cara Screenshot HP Lenovo
Cara Screenshot HP Lenovo

Cara Screenshot HP Lenovo - Apakah kamu sedang mencari cara screen capture atau tangkapan layar di HP Lenovo? Jika benar, berarti kamu sudah berada di tempat yang tepat. Pasalnya, pada artikel kali ini saya memang akan membahas cara melakukan tangkapan layar di HP Lenovo tersebut. Meskipun terbilang mudah, tetapi ternyata memang masih banyak pengguna yang belum tahu cara tersebut. Khususnya mereka pengguna awam, melakukan screenshot di Lenovo mungkin masih asing di telinga mereka. 

Sebenarnya untuk melakukan screenshot atau tangkapan layar di smartphone Lenovo hampir sama dengan HP brand lainnya. Hanya saja, mungkin ada beberapa metode yang tidak bisa dilakukan di HP Lenovo. Adapun cara screenshot HP Lenovo semua tipe selengkapnya, bisa kalian simak di bawah ini. 

Cara Screenshot HP Lenovo Tanpa Aplikasi Tambahan


Cara Screenshot HP Lenovo Tanpa Aplikasi Tambahan
Cara Screenshot HP Lenovo Tanpa Aplikasi Tambahan

Sama seperti di HP brand lainnya, untuk melakukan tangkapan layar di HP Lenovo bisa dilakukan dengan beberapa metode. Ada salah satu metode pengambilan screenshot atau screen capture di Lenovo yang tidak mengharuskan kamu menginstall aplikasi tambahan. Sebagai gantinya, di sini kamu bisa menggunakan tombol fisik yang terdapat di HP Lenovo. 

Cuku dengan menekan tombol fisik di HP Lenovo tersebut, maka screenshot sudah berhasil diambil. Hasil screenshot akan secara otomatis tersimpan di menu Galeri HP Lenovo. Adapun langkah-langkah screenshot HP Lenovo tanpa aplikasi tambahan selengkapnya, yakni: 

  • Langkah yang pertama kamu tentukan area atau halaman layar yang ingin discreenshot. 
  • Setelah itu, kamu tekan dan tahan tombol Power + Volume Down secara bersamaan selama beberapa waktu. 
  • Lepaskan tekanan pada kedua tombol jika sudah terdengar suara shutter (seperti saat memotret dengan kamera) dan layar berkedip. 
  • Hasil screenshot biasanya akan langsung ditampilkan di bagian Notifikasi bar.
  • Selesai. 

Mungkin hanya cara ini saja untuk melakukan screenshot di HP Lenovo tanpa harus install aplikasi tambahan. Langkah-langkahnya memang sangat sederhana dan praktis, sehingga memungkinkan dilakukan dengan mudah oleh pengguna awam sekalipun. 

Untuk cara screenshot lain di Lenovo tanpa aplikasi tambahan belum tersedia. Mungkin pada HP Lenovo keluaran terbaru nantinya, Lenovo bakal menghadirkan fitur khusus untuk screenshot tersebut. Misalnya saja screenshot dengan 3 jari dan swipe telapak tangan di layar seperti di Samsung, screenshot usap layar seperti di Vivo atau Oppo, atau juga fitur screenshot di layar menu. Kita tunggu saja kelanjutannya!

Cara Screenshot HP Lenovo Tanpa Menyentuh Tombol Power dan Volume


Cara Screenshot HP Lenovo Tanpa Aplikasi Tambahan
Cara Screenshot HP Lenovo Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara menangkap layar Lenovo dengan kombinasi tombol memang terbilang mudah dan praktis. Tetapi, nyatanya cara tersebut masih mempunyai kekurangan yang fatal jika terus-menerus dilakukan. Salah satu risikonya yakni membuat tombol cepat rusak atau tidak berfungsi.

Tombol fisik Lenovo yang terlalu sering dipencet, lama kelamaan akan membuatnya lecet. Dan lebih parahnya lagi bisa menyebabkan tombol Power dan Volume tersebut rusak atau tidak berfungsi normal. Cukup merepotkan tentunya jika kondisi ini sudah terlanjur kamu alami. 

Untuk meminimalisir risiko kerusakan tombol fisik HP tersebut, sebaiknya kamu gunakan cara lain dalam penangkapan layar HP. Salah satunya yakni dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Adapun beberapa rekomendasi aplikasi screenshot untuk HP Lenovo terbaik yang bisa dijadikan pilihan, antara lain:


Cara mengambil screenshot di HP Lenovo seperti ini memungkinkan untuk kamu terapkan di semua tipe Lenovo. Mulai dari HP Lenovo keluaran lama hingga keluaran terbaru sekarang ini. 

Adapun tipe HP Lenovo yang memungkinkan support untuk menggunakan aplikasi tangkapan layar di atas, antara lain Lenovo A1000, lenovo A1010, Lenovo A6000, Lenovo A6010, Lenovo A2010, Lenovo A6600 Plus, Lenovo A7000, Lenovo A7700, Lenovo A5, Lenovo A536, Lenovo A319, Lenovo B, Lenovo K3, Lenovo K4, Lenovo K5, Lenovo Vibe K6, Lenovo K6 Power, Lenovo Vibe K6 Note, Lenovo Vibe C, Lenovo Vibe A, Lenovo C, Lenovo C2, Lenovo C2 Power, Lenovo K5 Pro, Lenovo K9, Lenovo K10, Lenovo K4 Note, Lenovo K5 Note, Lenovo K8 Plus, Lenovo K8 Note, lenovo Vibe C, Lenovo P2, Lenovo ZUK Z2, Lenovo Yoga Tab, Lenovo Tab3, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Cara Screenshot Chat WhatsApp Panjang di Lenovo


Cara Screenshot HP Lenovo Tanpa Aplikasi Tambahan
Cara Screenshot HP Lenovo Tanpa Aplikasi Tambahan

Screenshot tidak hanya bisa dilakukan pada satu tampilan layar saja, melainkan juga bisa melakukannya secara memanjang satu halaman. Screenshot panjang seperti ini ternyata juga bisa kamu lakukan di HP Lenovo. Caranya sangat mudah, tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya. 

Di sini kamu juga masih membutuhkan aplikasi tambahan untuk melakukan screenshot panjang di HP Lenovo tersebut. Screenshot panjang ini sendiri bisa diterapkan di tampilan layar mana pun, baik itu isi chat WhatsApp, SMS, ataupun halaman website. Mengenai langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu install aplikasi LongShot di HP Lenovo.
  • Jika sudah, langsung jalankan aplikasi tersebut. 
  • Pada tampilan awal aplikasi, kamu klik tombol Shutter dan berikan izin akses pada aplikasi LongShot. 
  • Setelah masuk ke halaman utama aplikasi, selanjutnya kamu klik tombol Start Now
  • Sekarang kamu buka aplikasi WhatsApp dan buka obrolan yang ingin discreenshot. 
  • Tentukan awal screenhot, lalu klik Start.
  • Gulir layar ke bawah hingga batas halaman chat yang ingin discreenshot. Jika dirasa sudah pas, sekarang kamu klik tombol Done
  • Secara otomatis hasil screenshot panjang akan langsung tersimpan di menu Galeri HP. 

Cara Melihat Hasil Screenshot di HP Lenovo

Cara Melihat Hasil Screenshot di HP Lenovo
Cara Melihat Hasil Screenshot di HP Lenovo

Bagi pengguna awam mungkin masih belum tahu bagaimana cara mengecek hasil tangkapan layar yang sudah dilakukan. Karena biasanya hasil screenshot akan secara otomatis tersimpan di memori internal HP. Untuk langkah-langkah melihat hasil screenshot tersebut, sebagai berikut: 

  • Pada layar menu HP, kamu buka menu Galeri
  • Pada halaman Galeri tersebut kamu masuk ke folder Screenshot atau Tangkapan Layar
  • Semua hasil screenshot biasanya akan langsung tersimpan di lokasi tersebut. 
  • Selesai. 

Sangat mudah bukan cara screenshot HP Lenovo semua tipe di atas? Tinggal kamu pilih salah satu cara screenshot yang kamu anggap paling mudah. Jangan lupa juga share artikel ini ke akun media sosialmu ya?
Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk "3 Cara Screenshot HP Lenovo Semua Seri atau Tipe"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-