Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshot HP Android Semua Tipe

Cara Screenshot HP
Cara Screenshot HP
Cara Screenshot HP - Screenshot atau yang juga dikenal juga dengan sebutan tangkapan layar merupakan aktivitas yang banyak dibutuhkan. Mengambil gambar layar seperti ini biasanya sering dilakukan oleh pengguna android khusus untuk keperluan tertentu. Mulai dari untuk menyimpan informasi penting saat browsing atau chattingan, keperluan membuat tutorial, dan lain sebagainya. Yang pasti, cara menangkap layar di HP android sangat mudah dilakukan, bahkan bagi pemula sekalipun. 

Untuk melakukan tangkapan layar di HP android tidaklah sulit, dan ada beberapa metode yang bisa dipilih dan lakukan. Bisa dengan menggunakan tombol fisik, fitur bawaan HP, dan melalui aplikasi pihak ketiga. Metode screenshot atau tangkapan layar tersebut sama mudahnya untuk dilakukan. Terserah kamu ingin menggunakan cara yang mana dan dianggap paling mudah. Informasi selengkapnya mengenai cara screenshot HP android semua tipe bisa kalian simak di bawah ini. 

Cara Screenshot HP Android Semua Tipe


Kebutuhan screenshot memang sering dilakukan oleh para pengguna HP android khususnya. Dan cara screenshot HP android ini sendiri mungkin berbeda-beda untuk setiap tipe HP. Jangankan HP android beda brand, HP dari satu brand dengan tipe berbeda saja terkadang memiliki cara screenshot layar yang berbeda-beda. Mengenai hal ini para vendor sebenarnya sudah memberi kemudahan bagi pengguna dengan menghadirkan fitur screenshot khusus.

Fitur tangkapan layar atau screenshot biasanya tersedia di bagian menu bar. Namun, tidak jarang pula beberapa tipe HP belum dibekali dengan fitur tersebut. Tenang saja, kamu masih bisa menggunakan alternatif lain untuk mengambil gambar layar alias screenshot tersebut. Adapun cara tangkapan layar di HP android selengkapnya, sebagai berikut: 

1. Screenshot dengan Menggunakan Fitur Bawaan


Cara melakukan tangkapan layar HP android yang pertama yakni dengan menggunakan fitur bawaan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, beberapa tipe HP android sudah dibekali dengan fitur screenshot bawaan. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengambil gambar layar dengan mudah dan efisien. Beberapa mode tambahan biasanya juga disediakan untuk memaksimalkan aktivitas screenshot layar. 

Mode tambahan yang biasanya disematkan dalam fitur screenshot yakni, screenshot cepat, screenshot panjang, rekam layar, screenshot dengan gesture dan lain sebagainya. Berikut ini penjelasan lebih detail mengenai mode tambahan tersebut. 

  • Screenshot cepat


Ini merupakan mode dasar pada fitur screenshot bawaan HP android. biasanya mode ini digunakan untuk melakukan tangkapan layar dengan cepat. Cara menggunakannya cukup mudah, yakni dengan menentukan area yang ingin di-screenshot lalu tekan tombol Screenshot yang ada di menu bar. Secara otomatis gambar layar yang sudah ditangkap akan tersimpan di menu Galeri HP. 

  • Screenshot panjang


Sesuai namanya, mode ini bisa kamu pilih jika ingin melakukan tangkapan layar pada halaman yang panjang. Misalnya saja seperti screenshot halaman web secara penuh dari atas hingga bawah halaman. Cara penggunaannya hampir sama dengan yang di atas. Cukup tentukan arena atau halaman yang ingin di screenshot, lalu tekan tombol Screenshot Panjang. 

  • Screenshot dengan gesture


Sebenarnya mode satu ini merupakan pengembangan dari mode Screenshot cepat. Hanya saja cara pengambilan gambar layarnya yang agak berbeda, yakni dengan memanfaatkan sensor gestur HP. Misalnya saja pada HP Samsung, kamu memungkinkan melakukan screenshot layar dengan memposisikan telapak tangan di depan layar, kemudian menggesernya ke sisi layar. Atau juga pada beberapa brand lain bisa melakukan screenshot dengan menempelkan tiga jari tangan di atas layar dan usap ke bawah. 

  • Rekam Layar


Selain bisa melakukan screenshot, fitur bawaan HP biasanya juga menyediakan mode untuk merekam layar. Mode ini sangat pas digunakan bagi kamu yang ingin membuat video turorial di HP android.

2. Screenshot dengan Kombinasi Tombol Fisik


Sebelum hadirnya fitur screenshot bawaan, dulunya cara menangkap layar hanya bisa dilakukan dengan menggunakan kombinasi tombol. Cara satu ini bisa dilakukan di semua tipe HP, baik itu HP dari brand Samsung, Xiaomi, Vivo, Lenovo, Huawei Oppo, Realme, dan lain sebagainya. Bahkan HP keluaran terbaru yang sudah disediakan fitur screenshot bawaan, juga masih memungkinkan bisa menggunakan screenshot dengan kombinasi tombol ini. 

Untuk mengambil tangkapan layar dengan kombinasi tombol mungkin berbeda-beda untuk setiap perangkat HP android. Beberapa cara screenshot smartphone android dengan kombinasi tombol selengkapnya, sebagai berikut: 

  • Tentukan area layar yang ingin discreenshot. Kemudian tekan dan tahan tombol Home + tombol Power secara bersamaan hingga layar berkedip, bergetar atau terdengar suara “Cekrek” seperti saat mengambil foto kamera.
  • Cara kedua yakni dengan menentukan area layar yang ingin discreenshot. Kemudian tekan dan tahan tombol Power + tombol Volume (Up/Down) secara bersamaan. Lepaskan tekanan jika layar sudah berkedip, bergetar atau bunyi suara “Cekrek”.

3. Screenshot dengan Bantuan Aplikasi Pihak Ketiga


Dan cara terakhir untuk melakukan screenshot HP android yakni dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak sekali pilihan aplikasi screenshot HP android yang disediakan di Google Play Store. Hampir semua aplikasi disediakan secara gratis, dan ada pula yang berbayar. 

Untuk melakukan tangkapan layar dengan aplikasi tambahan bisa dilakukan dengan mudah. Cukup menginstall aplikasi screenshot untuk android dan aktifkan fitur tangkapan layarnya. Beberapa aplikasi biasa dibekali dengan fitur lengkap, mulai dari screenshot cepat, screenshot panjang, screenshot area tertentu, rekam layar, fitur share dan lain sebagainya. Adapun beberapa rekomendasi aplikasi untuk screenshot HP android, yakni:


Bagaimana? Mudah bukan cara screenshot layar di HP android semua tipe di atas? Kamu bisa memilih salah satu dari ketiga cara di atas sesuai keinginan atau yang dianggap paling mudah. Jangan lupa share artikel ini ke media sosial pribadimu agar saya bisa lebih giat lagi dalam memberikan informasi.

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk "Cara Screenshot HP Android Semua Tipe"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-