Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Android Advan Mati Total, Pasti Berhasil!

Cara Mengatasi Android Advan Mati Total
Cara Mengatasi Android Advan Mati Total
CahDeso.id - Meskipun sekarang ini pasar smartphone dikuasai oleh brand-brand ternama seperti Samsung, Xiaomi, dan Oppo, bukan berarti HP Advan tidak punya peminat sama sekali. Masih banyak masyarakat di Indonesia khususnya yang memilih HP android dari Advan. Salah satu alasannya adalah harga HP Advan yang cukup murah dibandingkan HP dari brand lain. Meski begitu, tidak jarang juga HP dari Advan mengalami beberapa masalah. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah HP Advan mati total alias matot. Apakah ada cara mengatasi android Advan mati total ini? Jawabannya tentu ada. 

Tidak banyak pengguna yang tahu bagaimana cara mengatasi HP Advan mati total seperti ini. Kebanyakan dari mereka akan langsung membawanya ke service center atau langsung menjualnya. Sebelum ke tempat tukang servis HP atau menjualnya, sebaiknya lakukan beberapa cara memperbaiki HP android Advan mati total di bawah ini terlebih dahulu. Cekidot!

Cara Mengatasi Android Advan Mati Total yang Ampuh


Yang namanya perangkat elektronik pasti ada saja masalah yang bisa dialami, salah satunya masalah matot alias mati total. Hal ini tidak hanya bisa terjadi terhadap HP android Advan saja, melainkan bisa juga pada HP android dari brand lain sekelas Samsung sekalipun. HP Advan android mati total sendiri bisa disebabkan oleh banyak faktor, misalnya:

  • Rooting HP Advan. Melakukan rooting HP android Advan bisa menjadi salah satu penyebab HP Advan mati total. Seperti yang kita tahu, HP yang di-root akan membuatnya rentan terserang virus sehingga membuatnya mengalami banyak masalah. 
  • Mengganti ROM bawaan. Mengganti ROM bawaan Advan dengan ROM Custom juga bisa menyebabkan HP mati total. Mungkin karena ROM custom yang digunakan tidak cocok dengan perangkat Android Advan atau karena kesalahan dalam langkah-langkahnya. 
  • Terserang virus. HP Advan yang tidak dilindungi Antivirus bisa saja diserang virus atau malware. Ada beberapa jenis malware dan virus yang bisa merusak komponen dalam HP sehingga membuatnya mengalami masalah mati total. Apalagi kamu sering mengakses situs-situs terblokir dengan menggunakan VPN, hal ini semakin memperbesar risiko HP terserang virus atau malware berbahaya.
  • Menginstall aplikasi dan game dari luar Google Play Store. Hampir sama seperti penyebab sebelumnya, aplikasi dan game yang didapat dari luar Play Store kemungkinkan mengandung virus atau malware berbahaya. Bisa juga aplikasi dan game tersebut mengalami corrupt sehingga menyebabkan HP Advan matot. 
  • Baterai jebol. HP Advan tidak bisa dihidupkan bisa juga disebabkan oleh baterai yang jebol alias rusak. Dikarenakan baterai tidak bisa menyuplai daya ke komponen HP sehingga membuatnya tidak bisa dihidupkan. 

Cara Mengatasi HP Advan Mati Total
Cara Mengatasi HP Advan Mati Total
Setelah mengetahui beberapa penyebab android Advan mati total di atas, sekarang lanjut ke cara mengatasi masalah tersebut. Adapun cara mengatasi android Advan mati total tersebut, antara lain:

1. Komponen utama HP dilepas dan didiamkan


Cara mengatasi HP android Advan mati total yang pertama adalah dengan melepas semua komponen utama HP. Komponen utama yang dimaksut, seperti baterai, kartuSD, dan juga SIM Card. Khusus untuk baterai, pastikan HP Advan-mu mengusung baterai removable alias baterai lepas. Jika ternyata HP Advan-mu mengusung baterai non-removable atau baterai tanam, kamu juga perlu membongkarnya agar tidak ada daya yang masuk ke komponen HP.

Setelah dilepas semua, selanjutnya kamu tinggal mendiamkan HP dengan kondisi tersebut selama kurang lebih 1 jam. Jika dirasa sudah, cobalah pasang kembali semua komponen HP yang dilepas tadi. Biasanya HP android Advan yang mulanya mati total akan hidup kembali.

2. Membiarkan HP selama 1 hingga 2 hari


Cara satu ini sebenarnya hampir sama dengan cara di atas, hanya saja yang membedakan adalah durasinya. Kalau cara di atas kamu perlu mendiamkan HP Advan selama 30 menit hingga 1 jam, cara satu ini justru mengharuskan HP tidak disentuh selama 1 hingga 2 hari.

Sama seperti cara di atas, pastikan komponen HP tidak mendapatkan suplay daya listrik dengan cara melepas semua komponen utama, seperti baterai, kartuSD dan SIM card. Kemudian diamkan di tempat yang aman dengan suhu sedang selama kurang lebih 1 hingga 2 hari. Setelah itu, coba pasang kembali semua komponen lalu charge dengan menggunakan charger original. Setelah itu, cobalah hidupkan kembali HP Advan tersebut.

3. Memanfaatkan Perangkat Laptop atau PC


Jika cara di atas belum cukup ampuh menghidupkan android Advan yang mati total, cara satu ini bisa dilakukan. Memanfaatkan perangkat PC atau laptop untuk nantinya dihubungkan dengan HP Advan yang mengalami masalah mati total. Untuk cara mengatasi android Advan matot alias mati total dengan PC atau laptop, sebagai berikut:

  • Jika HP sudah didiamkan selama 1 jam, 1 hari atau bahkan 2 hari tetapi tetap saja masalah matot tidak teratasi, kamu perlu melakukan cara ini. 
  • Hubungkan HP Advan matot dengan PC atau laptop menggunakan kabel data original. 
  • Sekarang tekan tombol Power + Volume Up + Volume Down selama kurang lebih 30 detik hingga 3 menit. Lepaskan tekanan pada ketiga tombol tersebut jika sudah terdengar bunyi beep pada perangkat PC atau laptop.
  • Perlu diingat, saat menghubungkan HP Advan dengan PC atau laptop pastikan semua komponen dasar dalam keadaan terlepas (baterai, kartu SIM, dan kartuSD). 
  • Jika sudah terdengar suara beep, selanjutnya lepaskan kabel USB atau kabel data dari HP. Kemudian pasang kembali komponen yang dilepas tadi, dan cobalah hidupkan HP Advan. 
  • Jika memang HP android Advan berhasil hidup, sebaiknya langsung lakukan flashing HP

Selain cara tersebut, kamu juga bisa melakukan reset HP Advan agar lebih maksimal dalam perbaikannya. Pastikan HP sudah bisa masuk ke menu Recovery Mode agar bisa melakukan cara ini. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah pertama lepaskan semua komponen utama HP seperti baterai, SIM card, dan kartu memori. Kemudian diamkan HP Advan matot selama kurang lebih 24 jam
  • Selanjutnya pasang kembali komponen yang sudah dilepaskan tadi. Inilah yang membedakan cara ini dengan yang di atas. 
  • Setelah itu, hubungkan HP Advan dengan perangkat PC atau laptop menggunakan kabel USB atau kabel data ORI.
  • Tekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan selama beberapa detik (beberapa tipe Advan ada yang menggunakan Volume Up). Lepaskan tekanan pada kedua tombol jika HP bergetar atau tampil sesuatu di layar
  • Selanjutnya pilih opsi Wipe data / Factory Reset lalu pilih Yes – Delete All User Data. Kamu bisa menggunakan tombol Volume untuk navigasi dan tombol Power untuk eksekusi pilihan. 
  • Tunggu proses reset sampai selesai, kemudian pilih opsi Reboot System Now
  • Nantinya HP Advan akan melakukan restart, tunggu sampai HP hidup kembali. Biasanya akan membutuhkan waktu beberapa menit untuk HP menampilkan layar utama. 

Itulah tadi beberapa cara mengatasi android Advan mati total yang terbukti ampuh bisa kamu terapkan. Jika memang segala cara di atas sudah dilakukan namun HP tetap saja tidak hidup, maka kamu bisa membawanya ke tukang servis HP. Mereka punya alat-alat khusus untuk bisa memperbaiki masalah yang terjadi pada HP android Advan yang mati total tersebut.
Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

4 komentar untuk "Cara Mengatasi Android Advan Mati Total, Pasti Berhasil!"

  1. beneran bisa a kak...? saya mulai coba deh tutorialnya
    kamsahamnida..

    BalasHapus
  2. Hp saya Vivo y66
    Tombol volume off saya rusak..pas saya coba pake volume up gk bisa:(
    Trs saya coba copot batrenya juga gk bisa...
    Hp malah bergetar Mulu beberapa kali.dan susah mau nyala..awalnya oke" aja..pas saya nyoba teken tombol volume up sama powernya berkali" malah ngeblank..lalu hp nya gk bisa idup kalo gk di cas:(
    Nah ini sudah mau dua HR saya coba..tapi ttep ga bisa:( apa hp saya sudah rusak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah coba difactory reset gan?
      kalo masih tidak bisa, bisa coba lakukan flash, baca di sini >> https://www.cahdeso.id/2020/12/cara-flash-hp-vivo-tanpa-pc.html

      Hapus
Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-