Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Screenshot HP Advan Semua Tipe atau Seri

Cara Screenshot HP Advan
Cara Screenshot HP Advan
Cara Screenshot HP Advan - Melakukan tangkapan layar atau screen capture di HP Advan sebenarnya sangat mudah. Hanya saja, memang tidak semua pengguna tahu mengenai cara tersebut. Khususnya mereka yang masih awam, pasti akan kebingungan ketika ingin melakukan tangkapan layar di HP Advan tersebut. Jika sudah seperti ini, mau tidak mau ia harus melakukan hal yang merepotkan untuk sekedar menyimpan gambar layar. Baik dengan menulisnya secara manual jika bentuknya informasi atau bisa juga dengan memotret menggunakan kamera HP lain. 

Sama seperti HP brand lainnya, mengambil screenshot di smartphone Advan bisa dilakukan dengan beberapa cara atau metode. Kamu bisa menggunakan salah satu cara tersebut yang dianggap paling mudah. Berikut ini cara screenshot HP Advan semua seri yang bisa kamu terapkan. 

Cara Screenshot HP Advan Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Screenshot HP Advan Tanpa Aplikasi Tambahan
Cara Screenshot HP Advan Tanpa Aplikasi Tambahan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, melakukan screenshot HP Advan memungkinkan untuk dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya bisa dilakukan dengan menggunakan kombinasi tombol fisik pada HP Advan. Selain itu, bisa juga dengan memanfaatkan tombol Recent Apps selama beberapa detik hingga screenshot berhasil diambil. 

Dengan cara ini kamu tidak perlu lagi menginstall aplikasi pihak ketiga untuk sekedar screenshot. Mengenai cara mengambil tangkapan layar di HP Advan tanpa aplikasi tambahan selengkapnya, sebagai berikut: 

1. Screenshot HP Advan dengan Kombinasi Tombol Fisik


Cara yang pertama untuk mengambil tangkapan layar di HP Advan yakni dengan menggunakan kombinasi tombol fisik. Ini merupakan cara klasik dan paling sederhana yang bisa diterapkan di semua seri HP Advan. Baik itu HP Advan keluaran lama / jadul hingga HP Advan terbaru. 

Adapun langkah-langkah mengambil tangkapan layar di HP Advan dengan kombinasi tombol fisik, sebagai berikut: 

  • Langkah yang pertama kamu tentukan area atau halaman layar yang ingin discreenshot. 
  • Jika sudah, sekarang kamu tekan dan tahan tombol Power + Volume Down secara bersamaan selama beberapa detik. 
  • Lepaskan tekanan pada tombol jika sudah terdengar suara shutter (seperti saat memotret dengan kamera) dan layar berkedip
  • Nantinya hasil screenshot akan ditampilkan di bagian Notifikasi Bar
  • Kamu bisa menghapusnya secara langsung dari opsi tersebut jika memang tidak cocok. Kamu juga bisa membuka preview hasil screenshot dari opsi ini. 
  • Selesai. 

2. Screenshot HP Advan dengan Tombol Recent App atau Menu


Cara satu ini bisa dijadikan alternatif jika kamu tidak ingin menggunakan cara di atas. Mungkin karena salah satu tombol (tombol power dan volume down) yang bermasalah atau karena alasan lainnya. Namun, cara ini sayangnya hanya bisa dilakukan pada beberapa tipe HP Advan saja. 

Untuk melakukan screenshot dengan tombol Recent Apps atau tombol Menu, kamu perlu mengaktifkan fiturnya terlebih dahulu. Mengenai langkah-langkah Menangkap layar HP Advan dengan tombol Recent Apps atau tombol Menu, sebagai berikut: 

  • Langkah yang pertama kamu perlu mengaktifkan fitur screenshotnya terlebih dahulu.
  • Caranya dengan masuk ke menu Pengaturan di HP Advan. 
  • Selanjutnya kamu cari dan pilih opsi Panjang Tindakan Tekan
  • Lalu kamu klik pada opsi Penangkapan Layar. Di sini kamu bisa mengaktifkan fiturnya tersebut. 
  • Jika sudah, sekarang kamu tentukan area atau halaman layar yang ingin discreenshot. 
  • Untuk mulai melakukan tangkapan layar, kamu tekan tombol Recent Apps atau tombol Menu di sebelah tombol Home selama beberapa saat. Lepaskan tekanan pada tombol tersebut jika sudah terdapat notifikasi screenshot sudah berhasil dilakukan. 
  • Secara otomatis hasil screenshot akan tersimpan di menu Galeri HP.
  • Selesai. 

Mungkin hanya ada dua cara di atas untuk melakukan screenshot di HP Advan tanpa install aplikasi tambahan. Beberapa pengguna bilang cara screenshot di Android Advan bisa dilakukan dengan mengusapkan 3 jari alias menggunakan fitur gesture dan gerakan. Nyatanya, cara tersebut belum dihadirkan di HP Advan seri mana pun hingga saat ini. Mungkin fitur ini bakal dihadirkan Advan pada produk smartphone keluaran terbarunya di masa mendatang. Kita tunggu saja!

Cara Screenshot HP Advan Tanpa Menyentuh Tombol Power dan Volume

Cara Screenshot HP Advan Tanpa Menyentuh Tombol Power dan Volume
Cara Screenshot HP Advan Tanpa Menyentuh Tombol Power dan Volume

Screenshot dengan menekan kombinasi tombol Power dan Volume Down memang cukup mudah dan praktis. Namun, nyatanya cara tersebut juga punya beberapa kekurangan. Salah satunya memperbesar risiko tombol rusak atau tidak berfungsi. Karena itulah, untuk menghindari risiko tersebut sebaiknya menggunakan cara lain untuk pengambilan screenshot. 

Salah satu caranya yakni dengan screenshot menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak pilihan aplikasi screenshot yang bisa kamu install dan gunakan. Semua aplikasi tersebut bisa diinstall secara gratis melalui Google Play Store. Beberapa rekomendasi aplikasi tangkapan layar untuk HP Advan, antara lain:


Cara screenshot Advan dengan aplikasi tambahan ini memungkinkan untuk kamu lakukan di semua smartphone Advan. Mulai dari HP Advan i5C, Advan i5E, Advan i5C Duo, Advan G1, Advan G2, Advan G2 Pro, Advan G3 Pro, Advan S4, Advan S40, Advan S50, Advan S50K, Advan S5e, Advan S50 Prime, Advan S6 Plus, Advan i6C, Hingga Advan NASA. 

Tidak hanya smartphone saja, melainkan juga bisa dilakukan di perangkat tablet Advan. 

Cara Screenshot Panjang di HP Advan (Halaman Website atau Chat WhatsApp)

Cara Screenshot Panjang Chat WhatsApp di HP Advan
Cara Screenshot Panjang Chat WhatsApp di HP Advan

Apakah kamu ingin melakukan screenshot isi chat WhatsApp atau SMS secara memanjang? Atau mungkin ingin menangkap layar panjang pada satu halaman website? Jika benar, maka cara satu ini bisa kamu jadikan alternatif terbaik. Caranya juga terbilang mudah dan praktis, memungkinkan dilakukan di semua tipe HP Advan. 

Di sini kamu juga masih memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan tangkapan layar panjang tersebut. Salah satu aplikasi untuk screenshot panjang chat WA atau satu halaman website bisa kamu gunakan yakni Scroll Capture. Untuk cara penggunaannya, sebagai berikut: 

  • Langkah pertama kamu install aplikasi Scroll Capture tersebut di HP Advan. 
  • Selanjutnya kamu jalankan aplikasi tersebut.
  • Kemudian kamu tinggal mengaktifkan screenshot panjang di aplikasi tersebut.
  • Sekarang buka isi chat WhatsApp atau halaman website yang ingin discreenshot.
  • Selanjutnya klik Capture untuk memulai mengambil screenshot panjang. 
  • Gulir ke bawah sampai batas yang ingin kamu screenshot. 
  • Sekarang kamu sudah berhasil melalukan screenshot panjang di Advan.
  • Selesai.

Mudah bukan cara screenshot HP Advan semua tipe di atas? Tinggal kamu pilih salah satu metode screenshot yang dianggap paling gampang dan peraktis. Share artikel ini ke akun media sosialmu ya?
Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk "4 Cara Screenshot HP Advan Semua Tipe atau Seri"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-