Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Ikon Headset di HP Infinix Semua Tipe

CahDeso.id - Cara menghilangkan ikon headset di HP Infinix sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah, bahkan bagi kalian yang masih awam sekali pun. Menghilangkan tanda headset atau earphone di Infinix tersebut bisa dengan beberapa cara, yang pastinya bisa disesuaikan dengan penyebab kondisi tersebut.

Cara Menghilangkan Ikon Headset di HP Infinix Semua Tipe
Cara Menghilangkan Ikon Headset di HP Infinix Semua Tipe

Meskipun tidak memberikan dampak apa pun terhadap performa HP, akan tetapi tanda headset yang tidak bisa hilang di HP Infinix ini mengganggu kenyamanan pengguna. Ikon headset tidak mau hilang di HP Infinix memang bisa saja terjadi, dan ini sering dialami pada semua tipe HP Infinix. Baik itu, HP Infinix keluaran lama maupun keluaran terbaru. 

Tanda headset terus muncul meskipun konektor kabel earphone sudah dilepas dari perangkat HP Infinix tersebut. Atau untuk kamu yang menggunakan headset bluetooth, ketika headset sudah dimatikan dan diputus sambungannya, akan tetapi ikon headset masih tetap ada layaknya perangkat tetap terhubung. Informasi selengkapnya mengenai cara mengatasi mode headset tidak mau hilang di HP Infinix semua tipe bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Menghilangkan Ikon Headset di HP Infinix Semua Tipe

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab ikon headset tidak mau hilang di HP Infinix. Penting untuk mengetahui penyebabnya ini agar kita lebih mudah dalam melakukan perbaikan atau pengatasian. Adapun beberapa faktor yang menyebabkan mode headset tidak bisa hilang di HP Infinix selengkapnya, sebagai berikut:

  • Bug pada sistem operasi di HP Infinix.
  • Sistem pada HP Infinix tidak bisa merespon headset / earphone yang sudah dilepas.
  • Port earphone / headset di HP Infinix yang kotor dan terdapat benda lain yang menyumbatnya.
  • Komponen fisik pada HP Infinix yang bermasalah.

Mengetahui beberapa faktor di atas tentunya kita bisa lebih mudah untuk mengatasi masalah mode earphone tidak bisa dihilangkan di HP Infinix tersebut. Ini bukan hanya berlaku untuk masalah error pada ikon earphone saja, melainkan juga error lainnya, seperti HP Infinix mentok di logo saja.

Adapun cara menghilangkan ikon headset di HP Infinix semua tipe selengkapnya, sebagai berikut: 

1. Restart HP Infinix

Restart HP Infinix
Restart HP Infinix
Cara untuk menghilangkan tanda earphone di HP Infinix yang tidak mau hilang yang pertama yakni dengan melakukan Restart atau Mulai Ulang. Caranya tekan dan tahan tombol Power pada HP Infinix, kemudian pilih opsi Restart.

Saat HP Infinix sudah menyala kembali, biasa mode headset yang terus muncul seperti sebelumnya, sekarang sudah hilang. Selain itu, performa HP juga akan terasa lebih cepat dan responsive setelah dilakukan restart tersebut.

2. Pasang dan Lepas Ulang Perangkat Headset

Pasang dan Lepas Ulang Perangkat Headset
Pasang dan Lepas Ulang Perangkat Headset
Khusus untuk kamu yang menggunakan headset / earphone dengan sambungan kabel, cobalah untuk memasangkan kembali perangkat tersebut ke port earphone yang ada di HP Infinix. Pastikan headset atau earphone terhubung, kemudian lepas kembali perangkat tersebut. Biasanya setelah dilepas konektor earphone-nya, ikon headset yang ada di atas latar HP Infinix akan hilang dengan sendirinya.

Sementara untuk kamu yang menggunakan headset bluetooth, cara menghilangkah ikon headset yang tidak mau hilang ini bisa dengan mematikan fitur Bluetooth di HP Infinix. Jika masih tetap, cobalah untuk melakukan reset bluetooth dan menghapus semua daftar perangkat yang pernah terhubung dengannya, termasuk perangkat headset. Dengan begitu ikon headset akan segera hilang di HP Infinix.

3. Bersihkan Lubang Port Headset atau Earphone di HP Infinix

Bersihkan Lubang Port Headset atau Earphone di HP Infinix
Bersihkan Lubang Port Headset atau Earphone di HP Infinix
Bisa jadi pada port atau lubang headset di HP Infinix terdapat debu atau kotoran lain yang menyumbat. Hal ini membuat sistem mendeteksi dan mengira headset tetap dihubungkan ke perangkat HP tersebut. Alhasil mode headset atau ikon headset akan tetap dimunculkan dan tidak mau hilang meskipun konektor headset sudah dilepas atau diputus.

Untuk mengatasinya, kamu perlu membersihkan lubang port headset di HP Infinix tersebut menggunakan tusuk gigi atau benda semacamnya. Kalau perlu kamu bisa membongkar casing belakang HP untuk membersihkan port headset secara lebih maksimal.

4. Lakukan Hard Reset HP Infinix

Setidaknya ada 2 cara untuk melakukan factory reset atau reset data pabrik pada HP Infinix, yakni lewat Pengaturan dan Recovery Mode. Perlu diketahui, melakukan hard reset ini akan menghapus semua file yang tersimpan di memori internal HP. Sehingga jika kamu menyimpan file penting di memori internal tersebut, sebaiknya lakukan pencadangan atau memindahkannya terlebih dahulu ke penyimpanan lain.

Adapun langkah-langkah untuk melakukan hard reset HP Infinix melalui menu Pengaturan, yakni:

  1. Buka menu Pengaturan atau Settings di HP Infinix. 
  2. Kemudian gulir ke bawah lalu pilih opsi Sistem atau System.
  3. Selanjutnya pilih Opsi Reset atau Reset Option
    Cara Hard Reset HP Infinix Melalui Pengaturan Sistem
    Gambar 1 Cara Hard Reset HP Infinix Melalui Pengaturan Sistem
    .Kemudian pilih Hapus Semua Data (Factory Reset) atau Erase All Data (Factory Reset).
    Cara Hard Reset HP Infinix Melalui Pengaturan Sistem
    Gambar 2 Cara Hard Reset HP Infinix Melalui Pengaturan Sistem
  4. Lalu konfirmasi dengan klik tombol Hapus Semua Data atau Erase All Data yang ada di bawah tampilan.
    Cara Hard Reset HP Infinix Melalui Pengaturan Sistem
    Gambar 3 Cara Hard Reset HP Infinix Melalui Pengaturan Sistem
  5. Tunggu proses reset sampai selesai dan HP menyala kembali. 
  6. Selesai.

Sementara untuk langkah-langkah melakukan hard reset HP Infinix melalui Recovery Mode, yakni:

  1. Matikan daya HP Infinix dengan cara tekan dan tahan tombol Daya lalu pilih Matikan.
  2. Sekarang tekan dan tahan kombinasi tombol Daya + Volume Atas secara bersamaan selama beberapa detik. 
  3. Saat muncul Logo Infinix, kamu lepas tekanan pada tombol Daya saja. Kemudian setelah masuk ke halaman XOS “No Command”, kamu lepas juga tekanan pada tombol Volume Atas.
    Cara Hard Reset HP Infinix Melalui Recovery Mode
    Gambar 1 Cara Hard Reset HP Infinix Melalui Recovery Mode
  4. Selanjutnya tekan dan tahan lagi kombinasi tombol Daya + Volume Atas selama beberapa detik hingga masuk ke Mode Pemulihan atau Recovery Mode.
  5. Pada halaman Recovery Mode, kamu arahkan pilihan ke Wipe Data / Factory Reset menggunakan tombol Volume lalu pilih dengan menekan tombol Daya.
  6. Konfirmasi reset dengan pilih opsi Factory Data Reset. Tunggu sampai proses reset selesai dan kembali ke halaman awal Recovery Mode.
    Cara Hard Reset HP Infinix Melalui Recovery Mode
    Gambar 2 Cara Hard Reset HP Infinix Melalui Recovery Mode
  7. Selanjutnya pilih Reboot System Now dan HP akan melakukan restart dengan sendirinya.
  8. Selesai.

Setelah restart HP Infinix akan melakukan booting pertama kali setelah reset yang akan memakan waktu sekitar 5-15 menit. Cara di atas saya terapkan di HP Infinix Hot 9, sementara untuk HP Infinix seri lain tidak jauh berbeda dengan cara di atas.

Itulah tadi beberapa cara menghilangkan ikon headset di HP Infinix yang tidak mau hilang bisa kalian terapkan. Bantu saya mengembangkan situs CahDeso.id dengan cara membagikan postingan ini ke akun media sosial pribadimu. Terima kasih dan Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Ikon Headset di HP Infinix Semua Tipe"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-