Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mengatasi Realme Tidak Ada Jaringan dan Penyebabnya

CahDeso.id – Jaringan tidak muncul di HP Realme memang tidak jarang dialami oleh pengguna. Realme tidak ada jaringan seperti ini tentunya akan sangat menganggu kenyamanan pengguna saat mengoperasikan smartphone tersebut. Pasalnya, sinyal yang tidak muncul ini akan membuat HP tidak bisa digunakan untuk berbagai hal. Mulai dari menelpon, mengirim SMS, bahkan mengakses internet, meskipun pengguna masih bisa menghubungkan HP ke jaringan wifi.

Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab HP Realme tidak ada jaringan atau sinyal tidak muncul seperti ini. Mengetahui penyebabnya tersebut sangat penting agar kita bisa lebih mudah melakukan perbaikan. Adapun cara memperbaiki Realme tidak ada jaringan atau sinyal tersebut, bisa kalian simak pada ulasan di bawah ini. 

Cara Mengatasi Realme Tidak Ada Jaringan
Cara Mengatasi Realme Tidak Ada Jaringan

Penyebab HP Realme Tidak Ada Jaringan yang Paling Umum

HP Realme yang jaringannya tidak muncul biasanya ditandai dengan logo sinyal yang terdapat tanda silang atau tanda seru. Pada kondisi seperti ini tentunya HP tidak bisa mendeteksi jaringan provider yang digunakannya, baik itu Telkomsel, Indosat Ooredoo, Axis, XL, 3, Smartfren atau yang lainnya. 

Sebelum lanjut ke cara untuk mengatasinya, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebab jaringan tidak muncul di Realme tersebut. Beberapa penyebab yang dimaksud, di antaranya:

Penyebab Realme Tidak Ada Jaringan
Penyebab Realme Tidak Ada Jaringan

1. Sedang Terjadi Gangguan pada Jaringan Provider

Penyebab yang pertama kenapa jaringan tidak muncul di HP Realme yakni karena terjadinya gangguan pada jaringan provider yang kamu gunakan. Gangguan pada jaringan operator seperti ini bisa terjadi karena beberapa hal, baik itu karena cuaca buruk (hujan lebat, angin dan petir), pemeliharaan jaringan, kerusakan server, dan masalah yang lainnya. 

Yang pasti hal ini tidak ada kaitannya dengan pengguna atau perangkat HP Realme. Melainkan masalah ada pada jaringan dari provider yang kamu gunakan tersebut. 

2. HP Mengalami Overheat

Masalah lainnya yang menyebabkan sinyal error di Realme yakni karena suhu panas pada HP yang terlalu tinggi, sehingga mengalami overheat. Hal ini tidak hanya akan berpengaruh pada kualitas jaringannya, melainkan seluruh aktivitas pada HP. Tidak jarang juga pada kondisi ini HP sering hang atau bahkan layar HP blank putih.

Ada beberapa hal yang membuat HP mengalami overheat, seperti mengoperasikan HP dalam jangka waktu lama, mengoperasikan HP sambil dicas, menjalankan aplikasi atau game berat, dan lain sebagainya.

3. Terlalu Banyak File Sampah yang Tersimpan

Mengoperasikan HP dalam jangka waktu lama tidak hanya akan menyebabkan overheat, melainkan juga membuat penumpukan file sampah. Apalagi jika kamu jarang bahkan tidak pernah mematikan HP Realme tersebut. 

File sampah yang menumpuk dan membuat RAM penuh, tidak jarang membuat HP mengalami error. Bahkan ini juga berpengaruh pada kondisi jaringan di HP Realme, sehingga membuatnya tidak muncul atau tidak dapat mendeteksi sinyal provider.

4. Bug pada Sistem Android

Baik karena ulah pengguna atau error pada sistem itu sendiri, hal ini dapat menyebabkan masalah jaringan pada Realme yang tidak dapat mendeteksi. Akhirnya hal ini membuat jaringan di HP Realme silang alias tidak muncul. 

Bisa karena aktivitas rooting HP Realme, penggunaan custom ROM, mengedit file sistem, virus dan malware, data corrupt, atau yang lain sebagainya.

5. Kartu SIM Kotor atau Rusak

Penyebab lainnya yang paling sering terjadi yakni SIM card yang kotor karena debu atau benda asing lainnya. Khususnya kotoran yang menempel pada bagian kuningan dari kartu SIM. Hal ini akan membuat Realme tidak dapat mendeteksi kartu SIM tersebut sehingga membuat jaringannya tidak muncul.

Atau bisa juga karena adanya kerusakan pada kartu SIM tersebut, baik itu patah, kuningan mengelupas, kuningan tergores atau yang lainnya. Jelas saja hal ini akan menyebabkan jaringan atau sinyal tidak muncul di Realme.

6. Port Kartu SIM Kotor atau Rusak

Selain kartu SIM, slot yang menjadi tempat memasangkan kartu SIM di HP juga bisa menjadi penyebab lain Realme tidak muncul sinyalnya. Bisa saja pada slot atau port kartu SIM di Realme tersebut terdapat debu atau kotoran. Hal ini akan menghalangi fungsi dari HP saat ingin membaca kartu SIM yang dipasang. 

Atau bisa juga karena bagian jarum yang terdapat di port kartu SIM bengkok atau bahkan patah. Serta juga sambungan port ke motherboard HP bermasalah atau terputus sehingga membuatnya tidak berfungsi. 

7. Komponen Sinyal Realme Bermasalah

Dan penyebab Realme tidak muncul jaringan yang terakhir yakni karena masalah kerusakan pada komponen hardware yang berfungsi untuk menangkap sinyal. Memang hal ini jarang terjadi, namun tidak menutup kemungkinan akan terjadi pada HP Realme. 

Cara Mengatasi Realme Tidak Ada Jaringan

Jaringan Tidak Muncul di Realme
Jaringan Tidak Muncul di Realme

Setelah mengetahui beberapa penyebab di atas, sekarang lanjut ke cara untuk mengatasi Realme tidak ada sinyal tersebut. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan dan bisa disesuaikan dengan penyebabnya. Adapun cara ampuh dan mudah mengatasi Realme tidak ada jaringan provider selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart HP Realme

Cara yang pertama dan paling mudah untuk mengatasi HP Realme tidak ada jaringan yakni dengan melakukan restart atau mulai ulang. Melakukan restart HP akan membantu mengatasi berbagai error ringan pada HP akibat bug atau error system, termasuk juga masalah jaringan yang tidak muncul. 

Caranya cukup dengan menekan tombol Power di HP Realme selama beberapa saat, kemudian pilih opsi Restart atau Mulai Ulang yang muncul pada layar. Saat HP menyala kembali, ia akan langsung mendeteksi jaringan provider yang digunakan. Nantinya jaringan provider akan langsung muncul di HP Realme.

2. Mengaktifkan Mode Pesawat

AirPlane Mode atau Mode Pesawat sejatinya merupakan fitur yang difungsikan untuk mengamankan HP ketika akan dibawa saat naik pesawat. Namun, ternyata fitur satu ini juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah sinyal tidak muncul di HP Realme. Mengaktifkan Mode Pesawat akan mematikan jaringan di HP, baik data seluler maupun sambungan wifi. 

Setelah Mode Pesawat sudah diaktifkan melalui status bar, selanjutnya kamu matikan lagi mode tersebut. Dengan cara ini jaringan di HP Realme akan direstart dan mendeteksi ulang sinyal provider. Dan biasanya masalah jaringan yang tidak ditemukan di Realme akan langsung teratasi.

3. Mematikan HP dan Mengistirahatkannya Beberapa Waktu

Selain cara di atas, kamu juga bisa mematikan HP Realme dan mendiamkannya selama beberapa waktu agar masalah error jaringan bisa teratasi. Cukup Anda matikan saja HP Realme dengan menekan tombol Power selama beberapa detik, lalu pilih opsi Matikan Daya. 

Selanjutnya kamu lepaskan kartu SIM yang terpasang pada HP Realme tersebut. Sekarang kamu perlu mendiamkan HP selama beberapa waktu hingga suhu panasnya kembali normal. Kamu bisa menaruh HP Realme di area terbuka yang tidak lembap dan tidak pula terkena sinar matahari langsung. Mendiamkannya bisa 1 jam hingga 3 jam, sesuai kondisi HP. Jika sudah, kamu bisa menghidupkan kembali HP Realme dan menggunakannya seperti biasa.

4. Periksa Kartu SIM yang Digunakan

Jika masih tetap tidak bisa muncul jaringannya di Realme, maka Anda bisa mengecek kartu SIM yang digunakan. Bisa saja kartu SIM tersebut kotor, terdapat debu yang menempel, ada goresan atau bagian kuningan kartu SIM ada yang terkelupas. Hal ini tentunya akan membuat kartu SIM tidak bisa terbaca atau terdeteksi di HP Realme sehingga menyebab jaringannya tidak muncul.

Keluarkan kartu SIM dari slot di HP Realme, kemudian cek pada bagian kuningannya. Jika hanya kotor atau terdapat goresan, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan karet penghapus pensil. Gosok-gosokkan karet penghapus pensil ini ke bagian kuningan kartu SIM yang terdapat kotoran, debu atau goresan. Jika sudah, kamu pasang lagi kartu SIM ke slot yang tersebut. Biasanya kartu SIM akan langsung terbaca dan muncul sinyalnya.

Namun, jika yang terjadi adalah bagian kuningan kartu SIM ada yang mengelupas atau patah, solusinya yakni harus ganti kartu SIM. Kemudian pasang kartu SIM lain ke port yang tersedia di HP Realme. 

5. Periksa Slot Kartu SIM di HP Realme

Selain pada SIM card, error atau keruskan juga bisa terjadi pada port kartu SIM yang ada di HP. Bisa jadi karena terdapat debu atau kotoran yang menumpuk di dalamnya, jarum di slot ada yang patah atau bengkok, atau bahkan slot kartu SIM sudah rusak dan tidak berfungsi lagi. 

Jika hanya karena terdapat banyak debu dan kotoran di slot kartu SIM, kamu bisa membersihkannya dengan tusuk gigi, cotton bud, atau dengan vacuum cleaner mini. Tetapi jika ternya kerusakan ada pada fisik slot kartu SIM tersebut, maka tidak ada cara lain selain membongkar HP dan membetulkannya. Jika memang tidak bisa, maka kamu perlu mengganti komponen port kartu SIM tersebut.

6. Lakukan Update Sistem Android ke Versi Terbaru

Penggunaan versi OS Android lama di Realme juga bisa menjadi penyebab lain hilangnya jaringan yang ada di dalamnya. Ini bisa terjadi karena OS Android versi lawas sering terdapat bug dan masalah error. Dan dengan update ke versi terbaru, biasanya masalah bug tersebut akan teratasi.

Untuk melakukan update OS Android (Realme UI) di HP Realme terbilang sangat mudah, yakni:

  1. Pertama kamu buka menu Pengturan di HP Realme.
  2. Kemudian scroll ke bawah dan masuk ke opsi Pembaruan Perangkat Lunak.
  3. Jika memang tersedia versi OS Android terbaru untuk perangkat tersebut, kamu tinggal melakukan pengunduhan dan pemasangan
  4. Biasanya setelah update OS Android ke versi terbaru, masalah error pada jaringan Realme seperti tadi tidak akan terjadi lagi. 
  5. Selesai.

7. Lakukan Factory Reset HP Realme

Cara satu ini bisa diterapkan jika kerusakan sistem sudah terlalu parah. Kamu perlu mengembalikan HP Realme ke pengaturan awal pabrik untuk memperbaiki semua masalah error yang berhubungan dengan perangkat lunaknya tersebut. Ada dua metode yang bisa diterapkan untuk melakukan factory reset HP Realme, yakni lewat Pengaturan dan melalui Recovery Mode. 

Di sini saya contohkan cara hard reset HP Realme melalui menu Pengaturan atau Settings. Berikut ini langkah-langkahnya, yakni:

  1. Pertama kamu buka menu Pengaturan di HP Realme.
  2. Kemudian masuk ke opsi Pengaturan Tambahan.
  3. Lanjut dengan klik pada opsi Cadangkan dan Reset.
  4. Kemudian pilih opsi Reset ke Setelan Pabrik.
  5. Dan terakhir klik pada opsi Hapus Semua Data
  6. Konfirmasi untuk menyetujui reset HP Realme. 
  7. Selesai.

Kamu tinggal menunggu proses reset Realme sampai selesai dan HP menyala kembali, serta menampilkan layar menu utama. 

Catatan:
Melakukan Factory Reset Realme akan menghapus semua data yang tersimpan di memori internal. Jika memang terdapat data penting di dalamnya, kamu perlu melakukan backup atau pencadangan data terlebih dahulu.

Warning! Jangan Terlalu Sering Lepas-Pasang Kartu SIM

Mungkin karena suatu alasan sehingga beberapa dari kita sering gonta-ganti kartu SIM atau kartu provider di HP android. Padahal aktivitas satu ini dapat memberikan dampak negatif pada perangkat HP tersebut, termasuk pada HP Realme.

Hal yang paling sering ditemukan adalah port kartu SIM di HP Realme yang tidak dapat membaca kartu SIM yang dipasang. Jika sudah seperti ini tentunya HP tidak dapat lagi dipasang kartu SIM dan hasilnya HP tidak dapat terhubung ke jaringan provider. Kecuali kita menghubungkan HP Realme ke jaringan wifi agar bisa terhubung ke internet. 

Itulah tadi beberapa penyebab dan cara mengatasi Realme tidak ada jaringan yang mudah dan ampuh bisa kamu terapkan. Jangan lupa bagikan artikel di CahDeso.id ke akun media sosial pribadimu, agar saya lebih semangat lagi memberikan informasi menarik. Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk "7 Cara Mengatasi Realme Tidak Ada Jaringan dan Penyebabnya"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-