Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Aplikasi TikTok Terus Berhenti di HP Android

CahDeso.id - Aplikasi TikTok Terus Berhenti sering kali dialami oleh para pengguna HP Android, baik itu pengguna HP Samsung, Realme, Redmi, Xiaomi, Poco, VIVO, Huawei, OPPO dan merek HP lainnya. Masalah seperti ini tentunya akan membuat pengguna tidak lagi bisa berselancar di TikTok. Kita tahu, TikTok menjadi salah satu platform berbagi video pendek yang paling populer saat ini. Di dalamnya ada banyak sekali video menarik yang bisa dijadikan tontonan saat tidak ada kerjaan.

Cara Mengatasi Aplikasi TikTok Terus Berhenti di HP Android
Cara Mengatasi Aplikasi TikTok Terus Berhenti di HP Android

Aplikasi TikTok telah berhenti seperti biasanya aplikasi akan langsung keluar sendiri. Ketika dicoba untuk dibuka lagi, tetap saja muncul notifikasi “TikTok Terus Berhenti” dan aplikasi keluar sendiri. Sudah coba merestart HP android, namun tetap saja masalah aplikasi TikTok error tersebut masih dialami. Dan tidak jarang para pengguna awam menyangka kalau HP miliknya telah rusak dan harus ganti perangkat HP baru.

Aplikasi TikTok yang sering force close dengan pesan terus berhenti seperti ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Apa pun penyebabnya, yang pasti kita bisa dapat mengatasi masalah error pada TikTok tersebut sendiri. Tidak perlu membawa HP ke tukang service, cukup menerapkan trik yang akan saya bahas di bawah ini.

Cara Mengatasi Aplikasi TikTok Terus Berhenti di HP Android

Sebelum lanjut ke pembahasan cara mengatasi aplikasi TikTok terus berhenti sendiri secara tiba-tiba, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja faktor yang menyebabkannya. Mengetahui penyebabnya ini tentunya akan memudahkan kita dalam melakukan perbaikan. Adapun beberapa penyebab aplikasi TikTok error tidak bisa dibuka dan terus berhenti tersebut, di antaranya:

  1. RAM penuh sehingga membuatnya tidak dapat menyimpan file baru dari aplikasi yang baru dijalankan, dalam hal ini aplikasi TikTok.
  2. Bug pada sistem operasi android yang membuat error pada beberapa aplikasi, termasuk aplikasi TikTok.
  3. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang HP android.
  4. Ruang penyimpanan internal yang hampir atau bahkan penuh. Salah satunya karena banyak aplikasi yang diinstall di HP.
  5. Versi aplikasi TikTok yang sudah tidak kompatibel dengan spesifikasi HP android.
  6. File cache aplikasi TikTok yang menumpuk dan menyebabkan error pada aplikasi.
  7. File data corrupt pada aplikasi TikTok.

Sudah paham apa saja faktor yang menyebabkan aplikasi TikTok error tidak berjalan di HP android. Sekarang lanjut ke cara untuk mengatasi masalah error pada aplikasi TikTok di perangkat android tersebut. Cara mengatasinya sangat mudah, bahkan bagi kamu yang masih awam pun tidak akan kesulitan untuk menerapkannya. 

Adapun cara mengatasi aplikasi TikTok terus berhenti di HP android yang ampuh selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart HP Android

Lakukan Restart HP Android
Lakukan Restart HP Android
Untuk mengatasi aplikasi TikTok error selalu keluar sendiri yang pertama yakni dengan melakukan Restart atau Mulai Ulang. Cara ini akan menghapus file cache atau sampah yang tersimpan di RAM secara permanen. Dengan demikian masalah error pada aplikasi TikTok akan teratasi.

Selain itu, melakukan restart juga diklaim dapat mengatasi masalah error ringan lainnya di HP android. Serta juga membuat performa HP lebih cepat dan responsive dibandingkan sebelumnya.

2. Menghentikan Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Beberapa jenis aplikasi memaksakan diri untuk berjalan sendiri, namun di latar belakang. Misalnya saja aplikasi WhatsApp yang terus berjalan di latar belakang meskipun tidak sedang digunakan. Selain itu, jenis aplikasi lainnya juga demikian sehingga memberatkan kinerja HP.

Untuk mengatasinya kamu perlu menghentikan aplikasi yang berjalan di background tersebut. Ada 2 cara yang bisa dilakukan, yakni cara manual dan otomatis. Untuk cara manual, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

Menghentikan Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang
Menghentikan Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

  1. Cari aplikasi yang ingin dihentikan paksa agar tidak berjalan di latar belakang.
  2. Kemudian tekan dan tahan pada ikon aplikasi tersebut.
  3. Selanjutnya pilih opsi Info Aplikasi.
  4. Pada halaman info aplikasi tersebut, kamu pilih opsi Paksa Berhenti atau Force Close.
  5. Lakukan cara yang sama untuk menghentikan aplikasi lainnya.
  6. Selesai.

Sementara untuk cara otomatis, kita bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa didownload melalui Google Play Store. Salah satu aplikasi terbaik untuk menghentikan aplikasi berjalan di latar belakang HP yakni bernama Greenify.

3. Memperluas Ruang Kosong di Memori Internal

Memperluas Ruang Kosong di Memori Internal
Memperluas Ruang Kosong di Memori Internal
Memori internal HP yang penuh biasanya berdampak pada performanya yang melambat. Bahkan saat dipaksakan untuk menjalankan aplikasi berat, biasanya HP tidak akan mampu dan aplikasi akan dikeluarkan secara otomatis oleh sistem. Hal serupa bisa terjadi saat kamu menjalankan aplikasi TikTok di HP dengan memori yang penuh.

Untuk cara mengatasi masalah error pada TikTok tersebut, kamu pastikan ruang kosong memori internal lebih luas. Caranya bisa dengan memindahkan file media ke memori eksternal, menghapus file yang tidak penting, atau juga melakukan uninstall aplikasi yang tidak diperlukan.

4. Hapus Cache dan Data Aplikasi TikTok

File cache aplikasi TikTok yang menumpuk juga dapat menyebabkan error sehingga aplikasi terus keluar sendiri. Selain itu, file data corrupt pada aplikasi TikTok juga menjadi penyebab lain yang semakin memperparah kondisi error tersebut. Untuk mengatasinya kamu perlu melakukan penghapusan, baik pada file cache maupun data aplikasi TikTok.

Berikut langkah-langkah untuk menghapus file cache dan data aplikasi TikTok di HP android, yakni:

  1. Buka menu Pengaturan di HP android. 
  2. Gulir ke bawah lalu pilih opsi Manajemen Aplikasi
  3. Lanjutkan dengan pilih Daftar Aplikasi.
  4. Sekarang cari dan pilih aplikasi TikTok.
    Hapus Cache dan Data Aplikasi TikTok
    Gambar 1 Hapus Cache dan Data Aplikasi TikTok
  5. Kemudian klik pada opsi Penggunaan Penyimpanan
  6. Lanjutkan dengan klik tombol Hapus Cache.
  7. Lalu klik juga tombol Hapus Data dan konfirmasi penghapusan.
    Hapus Cache dan Data Aplikasi TikTok
    Gambar 2 Hapus Cache dan Data Aplikasi TikTok
  8. Selesai.

Selanjutnya kamu bisa membuka lagi aplikasi TikTok di HP android dan login ulang ke akun TikTok milikmu. 

5. Uninstall dan Install Ulang Aplikasi TikTok

Uninstall dan Install Ulang Aplikasi TikTok
Uninstall dan Install Ulang Aplikasi TikTok
Bisa jadi aplikasi TikTok terus berhenti di HP android ini dikarenakan error pada file sistemnya. Untuk mengatasinya kamu bisa melakukan uninstall pada aplikasi TikTok tersebut.

Caranya tekan dan tahan ikon aplikasi TikTok, kemudian pilih Hapus Instalasi atau Uninstall. Jika sudah, selanjutnya kamu install ulang aplikasi TikTok melalui Google Play Store. Biasanya masalah error seperti sebelumnya tidak akan terjadi lagi pada aplikasi TikTok tersebut.

Jika masih tetap muncul notifikasi Aplikasi TikTok Telah Berhenti, maka cobalah untuk menginstall aplikasi TikTok versi lama. Kemungkinan HP androidmu tidak support dengan versi TikTok baru. Aplikasi TikTok versi lama bisa kamu download melalui APKPure.

6. Update Sistem Operasi ke Versi Terbaru

Update Sistem Operasi ke Versi Terbaru
Update Sistem Operasi ke Versi Terbaru
Masih ada hubungannya dengan kompatibilitas aplikasi TikTok dengan HP android. Kali ini kamu perlu memperbarui OS Android di HP ke versi terbaru agar tetap support dengan versi aplikasi TikTok update terbaru.

Pada HP android biasanya terdapat notifikasi jika tersedia versi OS Android baru yang diberikan. Untuk mengeceknya bisa melalui menu Pengaturan >> Pembaruan Perangkat Lunak >> Update.

7. Reset Data Pabrik HP Android

Dan cara terakhir untuk mengatasi aplikasi TikTok terus berhenti dan keluar tiba-tiba di HP android, yakni dengan melakukan hard reset atau factory reset. Cara ini akan menghapus semua file yang tersimpan di memori internal, sehingga kamu perlu melakukan backup data jika memang terdapat data penting di dalamnya. 

Untuk langkah-langkah melakukan reset data pabrik di HP android tersebut, yakni:

  1. Buka menu Pengaturan di HP android.
  2. Kemudian masuk ke opsi Pengaturan Tambahan
  3. Gulir ke bawah lalu pilih opsi Cadangkan dan Reset.
  4. Lanjutkan dengan pilih opsi Reset ke Setelan Pabrik.
    Reset Data Pabrik HP Android
    Reset Data Pabrik HP Android
  5. Lalu pilih Hapus Semua Data dan konfirmasi penghapusan.
  6. Tunggu sampai proses reset selesai, biasanya membutuhkan waktu sekitar 5-15 menit.
  7. Selesai.

Itulah tadi beberapa tips dan cara mengatasi aplikasi TikTok terus berhenti di HP android yang mudah dan ampuh bisa kalian terapkan sendiri. Bantu saya mengembangkan situs CahDeso.id ini dengan cara membagikan postingan ini ke akun media sosial pribadimu. Terima kasih dan Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Aplikasi TikTok Terus Berhenti di HP Android"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-