Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Aplikasi TikTok Error Hanya Berhenti di Logo Saja

CahDeso.id - Aplikasi TikTok error hanya berhenti di logo saja dan tidak bisa masuk ke halaman FYP memang bisa dialami pada HP apa saja, khususnya di HP android. Masalah seperti ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, baik yang disadari maupun tidak disadari oleh pengguna. Pada kondisi ini aplikasi TikTok tidak bisa dibuka sama sekali, padahal kuota internet masih banyak dan jaringan internet di HP stabil. Saat digunakan untuk menjalankan aplikasi berbasis online lain ternyata normal semua.

TikTok Error Hanya Berhenti di Logo Saja
Cara Mengatasi Aplikasi TikTok Error Hanya Berhenti di Logo Saja

Kejadian ini dialami oleh saya sendiri, yang mana aplikasi TikTok saat dibuka tiba-tiba berhenti ditampilan logo saja. Pada kondisi tersebut HP tidak mengalami hang atau macet, saya tetap bisa mengakses aplikasi atau menu lain di dalam HP. Melainkan error hanya terjadi pada aplikasi TikTok saja yang tidak dapat diakses dan tidak bisa masuk ke halaman FYP atau video TikTok. Awalnya saya merasa panik karena baru pertama kali mendapati masalah semacam ini. Sebagai informasi, error pada TikTok ini terjadi pada HP Realme C3 milik saya sendiri.

Meskipun tidak begitu sering mengakses TikTok, akan tetapi hal semacam ini cukup menganggu. TikTok bisa dijadikan sebagai hiburan saat bosan tidak ada kegiatan yang harus dilakukan. Selain itu, di TikTok biasanya kita juga dapat menemukan berbagai inspirasi tentang berbagai hal. Baik itu, inspirasi untuk memulai bisnis atau usaha, inspirasi kehidupan dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Cara Mengatasi Aplikasi TikTok Error Hanya Berhenti di Logo Saja

Aplikasi TikTok error di HP android yang tidak bisa dibuka melainkan hanya stuck di logo TikTok, hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Penting untuk mengetahui faktor tersebut agar kita lebih mudah melakukan perbaikan. Beberapa faktor yang menjadi penyebab aplikasi TikTok error hanya berhenti di logo saja tersebut, di antaranya:

  • Koneksi internet yang tidak stabil atau bahkan tidak terhubung sama sekali.
  • File cache yang menumpuk sehingga memenuhi ruang di RAM.
  • Memori internal yang hampir penuh, bahkan tidak ada ruang kosong yang tersedia di dalamnya.
  • File cache aplikasi TikTok yang menumpuk.
  • Data corrupt pada aplikasi TikTok.
  • Spesifikasi HP yang tidak memadai untuk mengakses TikTok.

Dari beberapa penyebab di atas, mana yang paling memungkinkan dialami pada HP androidmu? Sesuaikan penyebab di atas dengan kondisi di HP milikmu agar lebih mudah mengatasi aplikasi TikTok error hari ini tersebut.

Adapun beberapa cara mengatasi aplikasi TikTok error hanya berhenti di logo TikTok saja selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart HP Android

Lakukan Restart HP Android
Lakukan Restart HP Android
Cara pertama harus kamu lakukan ketika mendapati aplikasi TikTok tidak bisa dibuka sama sekali adalah dengan Restart atau Mulai Ulang. Cara ini memang diklaim ampuh untuk mengatasi berbagai masalah error pada HP android, termasuk error pada aplikasi TikTok.

Melakukan restart HP akan menghapus semua file sampah yang tersimpan di RAM, sehingga HP dapat menjalankan aplikasi lain kembali. Sebelumnya ruang RAM yang penuh tidak dapat memproses aplikasi baru, termasuk aplikasi TikTok yang ingin dibuka. Sekarang dengan ruang RAM yang kosong, kamu sudah bisa membuka aplikasi TikTok.

2. Periksa Koneksi Internet di HP

Periksa Koneksi Internet di HP
Periksa Koneksi Internet di HP
Dikarenakan TikTok merupakan aplikasi berbasis online, sehingga mengaksesnya membutuhkan koneksi internet yang lancar dan stabil. Jika kondisinya jaringan internet di HP bermasalah, tentunya akan mengganggu kenyamanan saat membuka TikTok. Aplikasi tersebut tidak dapat berjalan, melainkan hanya loading saja bahkan stuck di logo TikTok.

Untuk mengatasinya kamu perlu mengaktifkan Mode Pesawat di HP android. Kemudian tunggu beberapa saat, lalu nonaktifkan lagi Mode Pesawat tersebut. Selanjutnya hidupkan data seluler di HP dan buka lagi TikTok. Biasanya masalah error pada TikTok sudah teratasi dan kamu bisa berselancar di TikTok lagi. 

3. Hapus Cache Aplikasi TikTok

Cara ini bisa dilakukan bagi kamu yang bertanya-tanya “Kenapa aplikasi TikTok error padahal jaringan bagus atau lancar?”. Bahkan saat digunakan untuk mengakses aplikasi lain, seperti Youtube normal-normal saja dan video dapat diputar. Kemungkinan hal ini disebabkan karena file cache aplikasi yang menumpuk dan menyebabkan error pada aplikasi TikTok.

Solusinya kamu perlu menghapus file cache aplikasi TikTok tersebut. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukannya, yakni:

  1. Buka menu Pengaturan di HP androidmu.
  2. Gulir ke bawah lalu masuk ke opsi Manajemen Aplikasi.
  3. Kemudian pilih opsi Daftar Aplikasi.
  4. Sekarang kamu cari dan pilih aplikasi TikTok yang ada di daftar tersebut.
    Hapus Cache Aplikasi TikTok
    Gambar 1 Hapus Cache Aplikasi TikTok
  5. Lanjutkan dengan pilih opsi Pengunaan Penyimpanan.
  6. Lalu klik Hapus Cache.
    Hapus Cache Aplikasi TikTok
    Gambar 2 Hapus Cache Aplikasi TikTok
  7. Selesai.

Setelah dihapus cache aplikasi, selanjutnya kamu lakukan restart lagi pada HP tersebut. Jika sudah, sekarang coba jalankan lagi aplikasi TikTok. Biasanya masalah error seperti sebelumnya tidak akan terjadi lagi.

4. Menghapus Data Aplikasi TikTok

Menghapus cache aplikasi mungkin kurang ampuh mengatasi TikTok error di beberapa tipe HP lain. Untuk itu, kamu perlu lanjut melakukan penghapusan data aplikasi TikTok tersebut. Kemungkinan masalah error ini disebabkan karena adanya data corrupted pada aplikasi, sehingga perlu diperbarui datanya. 

Untuk langkah-langkah menghapus data aplikasi TikTok tersebut, yakni:

  1. Buka menu Pengaturan di HP androidmu.
  2. Kemudian masuk ke opsi Manajemen Aplikasi
  3. Lanjutkan dengan pilih opsi Daftar Aplikasi.
  4. Kemudian cari dan pilih aplikasi TikTok yang ada di daftar tersebut.
    Menghapus Data Aplikasi TikTok
    Gambar 1 Menghapus Data Aplikasi TikTok
  5. Pada halaman informasi aplikasi TikTok, kamu klik menu Paksa Berhenti. Lalu konfirmasi dengan klik Paksa Berhenti lagi.
  6. Kemudian pilih opsi Penggunaan Penyimpanan.
  7. Lanjutkan dengan pilih Hapus Data dan konfirmasi penghapusan dengan pilih Hapus.
    Menghapus Data Aplikasi TikTok
    Gambar 2 Menghapus Data Aplikasi TikTok
  8. Selesai.

Sama seperti cara sebelumnya, kamu perlu melakukan restart HP terlebih dahulu sebelum mencoba menjalankan kembali aplikasi TikTok yang error hanya berhenti di logo saja tersebut.

5. Update Aplikasi TikTok ke Versi Terbaru

Update Aplikasi TikTok ke Versi Terbaru
Update Aplikasi TikTok ke Versi Terbaru
Pada aplikasi TikTok versi lama biasanya ditemukan banyak bug dan error di dalamnya. Kemungkinan masalah error pada aplikasi TikTok di HP-mu tersebut dikarenakan kamu masih menggunakan aplikasi TikTok lama. 

Sebagai solusinya, kamu perlu melakukan update versi aplikasi TikTok ke terbaru. Mengupdatenya bisa melalui Google Play Store, kamu cukup cari aplikasi TikTok melalui menu Pencarian dan klik Update atau Perbarui pada halaman aplikasinya.

6. Hapus dan Pasang Ulang Aplikasi TikTok

Hapus dan Pasang Ulang Aplikasi TikTok
Hapus dan Pasang Ulang Aplikasi TikTok
Kamu yang juga bertanya “kenapa TikTok tidak bisa dibuka padahal kuota masih ada?”cara ini bisa dilakukan untuk mengatasinya. Kemungkinan hal ini terjadi karena sistem pada aplikasi TikTok bermasalah. Sehingga perlu dihapus dari perangkat HP android, kemudian dilakukan pemasangan ulang.

Caranya kamu uninstall aplikasi TikTok dari HP androidmu terlebih dahulu, dengan tekan dan tahan pada ikon aplikasi TikTok lalu pilih Hapus Instalasi atau Uninstall. Kemudian lakukan restart HP terlebih dahulu. Setelah HP menyala, kamu download dan install ulang aplikasi TikTok melalui Google Play Store.

7. Menggunakan Aplikasi TikTok Lite

Menggunakan Aplikasi TikTok Lite
Menggunakan Aplikasi TikTok Lite
Dan cara mengatasi aplikasi TikTok error hanya mentok di logo TikTok saja yang terakhir yakni dengan menggunakan aplikasi TikTok Lite. Bisa jadi spesifikasi HP milikmu sudah tidak kompatibel dengan aplikasi TikTok terbaru. Hal ini membuat HP tidak mampu menjalankan aplikasi TikTok tersebut sehingga hanya berhenti di logo TikTok saja.

Solusinya yakni dengan menggunakan aplikasi TikTok Lite yang ukurannya terbilang lebih kecil. TikTok Lite hadir dengan tampilan yang lebih disederhanakan tanpa mengurangi kenyamanan pengguna saat mengakses TikTok. Aplikasi TikTok Lite sendiri didesain lebih ringan agar tetap support dijalankan di HP dengan spesifikasi rendah atau standar. Kamu bisa mengunduh dan menginstall aplikasi TikTok Lite tersebut melalui Google Play Store.

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Aplikasi TikTok Error Hanya Berhenti di Logo Saja"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-