Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Download Firmware Realme C2 ORI dan Pemasangannya

CahDeso.id - Melakukan flash Realme C2 mengharuskan kita mendownload dulu stock ROM atau firmware Realme C2 Original-nya. Akan tetapi, masih banyak pengguna yang belum tahu tempat atau link download Realme firmware original atau resminya dari Realme C2 tersebut. Tidak perlu bingung lagi, karena pada artikel kali ini kami akan menyediakan link unduh firmware seri Realme C2 terbaru dan terupdate saat ini. File firmware-nya ini kami dapatkan sumbernya dari situs resmi Realme Official sehingga tidak perlu diragukan lagi keamanannya.

Firmware Realme C2
Firmware Realme C2

Pada artikel ini juga akan kami jelaskan cara memasang firmware Realme C2 yang mudah beserta gambarnya. Caranya ini sangat mudah diterapkan, bahkan bagi kalian yang masih awam. Cara pasang firmware atau stock ROM ORI Realme ini dikenal juga dengan sebutan flashing atau flash Realme.

Melakukan flash HP Realme bisa dibilang cukup mudah, bahkan langkah-langkahnya tidak begitu rumit. Kamu yang masih awam pun tidak akan kesulitan untuk menerapkan cara ini, meskipun ini baru pertama kali kamu lakukan. Namun, kita di sini perlu perangkat tambahan untuk melakukan flashing HP Realme C2 khususnya, yakni PC / laptop dan Realme Flash Tool. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Download Firmware Realme C2 ORI yang Legal / Resmi

Download Firmware Realme C2 ORI
Download Firmware Realme C2 ORI

Bagi kalian yang suka mengoprek HP android, mungkin sudah paham betul dengan aktivitas flash. Cara ini akan mengganti firmware atau ROM bawaan di HP android, kemudian memasang firmware atau ROM baru. Stock ROM baru yang dipasang ini bisa yang Original atau Custom ROM. 

Custom ROM biasanya dilakukan oleh pengguna yang bosan dengan tampilan antarmuka bawaan dari HP android. Misalnya saja, menggunakan Custom ROM iPhone untuk HP android, yang mana cara ini akan membuat tampilan antarmuka HP android mirip seperti iPhone. Ini hanya sekedar mirip, namun tidak memodifikasi fitur yang tersedia di dalam HP.

Memasang ROM baru di HP Realme C2 khususnya, file firmware atau ROM yang digunakan harus sesuai dengan seri HP tersebut. Jika tidak, maka akan membuat HP tidak kompatibel sehingga menyebabkan error bahkan gagal saat pemasangan. Disarankan untuk mengunduh dan memasang firmware bawaan atau resmi dari Official Realme agar lebih aman digunakan.

Berikut ini detail dan link download firmware Realme C2 ORI atau resmi bawaan dari Realme Official bisa kamu klik dan mulai pengunduhannya:

  • Versi OS: ColorOS 6.0
  • Versi Firmware: RMX1941EX_11.A.34
  • Tanggal Rilis: 18 Mei 2021
  • Ukuran File: 2,05 GB
  • Nomor: 3BA18118B845A88E9BF039E54A4DC8FB
  • Link Download File Firmware Realme C2 Terbaru: Klik Di Sini

Cara download file stock ROM Realme C2 resmi cukup dengan klik tombol di atas, maka secara otomatis file akan terdownload di perangkat yang kamu gunakan. Selanjutnya tinggal lakukan install firmware Realme C2 di perangkat HP milikmu.

Cara Pasang Firmware Realme C2 Lengkap (Flash Realme C2)

Sekarang lanjut ke cara untuk menginstall firmware Realme C2 yang sudah didownload tadi. Terdapat 2 cara yang bisa dilakukan untuk cara update firmware Realme C2 ini, yakni menggunakan PC/laptop dan tanpa PC/laptop. Kedua cara tersebut sama mudahnya untuk dilakukan, kamu tinggal memilih cara mana yang ingin diterapkan.

Adapun cara install firmware Realme C2 dengan dan tanpa PC/laptop selengkapnya, sebagai berikut:

1. Flash Realme C2 Tanpa PC/Laptop dengan MicroSD

Cara pertama ini kita akan memanfaatkan memori yang tersedia di dalam HP Realme. Baik itu, menggunakan memori internal maupun memori eksternal / kartu SD. Akan tetapi lebih efektif menggunakan kartu SD, karena nanti memori internal HP Realme C2 akan diformat agar lebih maksimal. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

1. Langkah pertama pindahkan file firmware Realme C2 yang sudah didownload tadi ke dalam memori eksternal atau microSD. Taruh file firmware tersebut di luar direktori root (diluar folder). 

2. Jika sudah, sekarang pasang microSD yang berisi file tersebut ke slot kartu SD di HP Realme C2. Selain itu, pastikan HP Realme C2 milikmu memiliki daya baterai di atas 50% untuk mencegah proses flashing terhenti di tengah jalan.

3. Sekarang matikan HP Realme C2 dengan menekan dan tahan tombol Power, lalu pilih Matikan Daya.

4. Selanjutnya hidupkan lagi HP Realme C2 dengan cara tekan dan tahan kombinasi tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan selama beberapa detik. 

5. Lepas tekanan pada kedua tombol jika sudah muncul logo brand, dan tunggu HP masuk ke Recovery Mode atau Mode Pemulihan.

6. Pilih Bahasa sesuai keinginan, misalnya saja English.

Flash Realme C2 Tanpa PC/Laptop dengan MicroSD
Gambar 1 Flash Realme C2 Tanpa PC/Laptop dengan MicroSD

7. Pada halaman Recovery Mode, kamu lakukan factory reset HP Realme terlebih dahulu. Caranya pilih menu Wipe Data >> Wipe Data & Cache >> Yes, Wipe All Data.

8. Jika sudah, selanjutnya pilih menu Install From Storage Device.

Flash Realme C2 Tanpa PC/Laptop dengan MicroSD
Gambar 2 Flash Realme C2 Tanpa PC/Laptop dengan MicroSD
9. Selanjutnya pilih opsi From SD Card, dan pilih file firmware Realme C2 yang sudah disimpan di microSD tadi.

Flash Realme C2 Tanpa PC/Laptop dengan MicroSD
Gambar 3 Flash Realme C2 Tanpa PC/Laptop dengan MicroSD

10. Akan muncul kotak notifikasi bertulis “Installation package, this operation can not be undone”. Lanjutkan dengan pilih OK dan proses flashing akan berjalan, tunggu sampai muncul notifikasi “Installation Succesfully” dan pilih OK.

Flash Realme C2 Tanpa PC/Laptop dengan MicroSD
Gambar 4 Flash Realme C2 Tanpa PC/Laptop dengan MicroSD

11. Selanjutnya klik menu Reboot untuk merestart HP Realme C2, mungkin akan butuh waktu agak lama hingga masuk ke menu booting.

Flash Realme C2 Tanpa PC/Laptop dengan MicroSD
Gambar 5 Flash Realme C2 Tanpa PC/Laptop dengan MicroSD

12. Selesai.

Proses flashing Realme C2 ini memakan waktu sekitar 20-30 menit, bisa lebih tergantung besar file firmware yang dipasang. Jadi, pastikan sisa daya baterai HP masih banyak agar proses tidak terhenti disebabkan karena daya baterai HP.

2. Flash Realme C2 dengan Bantuan PC/Laptop

Untuk cara yang kedua ini bisa kamu lakukan jika HP Realme C2 tidak bisa dioperasikan sebagaimana biasanya. Misalnya saja, HP Realme C2 mentok di logo, hang atau freeze, atau bahkan Realme C2 mati total. Untuk cara ini kamu perlu menyiapkan beberapa alat tambahan, di antaranya:

Untuk melakukan cara ini HP Realme harus di Unlock Bootloader terlebih dahulu. Namun, untuk HP Realme terbaru biasanya sudah bisa diflash tanpa unlock bootloader tersebut. Untuk langkah-langkah melakukan flash Realme dengan Realme Flash Tool tersebut, yakni:

1. Langkah pertama install USB Driver Realme C2 di perangkat PC Windows yang kamu gunakan.

2. Setelah itu, jalankan Realme Flash Tool yang sudah didownload tadi.

3. Pada HP Realme, kamu masuk ke Mode Fastboot. Caranya tekan dan tahan tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan selama beberapa detik hingga muncul logo brand.

4. Lepas tekanan pada kedua tombol tersebut dan HP Realme akan masuk ke Mode Fastboot.

5. Sekarang hubungkan HP Realme C2 tadi ke PC atau laptop menggunakan kabel USB. Pastikan HP sudah terdeteksi oleh PC atau laptop yang kamu gunakan. 

Flash Realme C2 dengan Bantuan PC/Laptop
Flash Realme C2 dengan Bantuan PC/Laptop

6. Beralih ke perangkat PC atau laptop, pada tampilan Realme Flash Tool kamu pilih Loading Device, maka akan muncul HP Realme C2 yang terhubung di sana.

7. Selanjutnya pada Realme Flash Tool kamu klik menu Browse, lalu cari dan pilih file firmware Realme C2 yang sudah disiapkan sebelumnya. Pastikan kamu telah mengekstrak file firmware tersebut sebelumnya.

8. Jika sudah dipilih file firmwarenya, sekarang klik tombol Flash. Proses flashing akan dimulai dan tunggu sampai selesai.

9. Kalau sudah selesai, sekarang cabut sambungan kabel USB dari HP dan hidupkan HP Realme seperti biasa. Proses booting mungkin akan memerlukan waktu cukup lama, tunggu saja sampai HP menyala kembali.

10. Selesai.

Selain menggunakan Realme Flash Tool, kamu juga bisa menggunakan software lain, misalnya saja SP Flash Tool.

Itulah tadi cara download firmware Realme C2 ORI terbaru dan terupdate dari official resmi beserta cara pemasangannya. Bantu membagikan artikel ini ke akun media sosialmu agar saya lebih semangat lagi membuat artikel menarik dan bermanfaat lainnya. Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk "Cara Download Firmware Realme C2 ORI dan Pemasangannya"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-