Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Garansi Realme Indonesia Resmi [Cukup 2 Langkah]

CahDeso.id - Sebelum mengajukan atau klaim garansi HP Realme, kamu perlu cek garansi Realme terlebih dahulu untuk mengetahui apakah masih berlaku atau sudah hangus. Sama seperti brand HP android lainnya, Realme juga menerapkan batas waktu pengajuan garansi untuk perangkat smartphone-nya. Ini berlaku untuk semua seri HP Realme, baik itu Realme lama maupun yang terbaru dirilis.

Cek Garansi Realme
Cek Garansi Realme

Setiap pembelian HP Realme akan diberikan masa garansi yang bisa diklaim dengan mudah oleh setiap pembeli. Klaim garansi HP Realme menjadi lebih mudah karena sudah tersebar banyak service center resmi di berbagai daerah di Indonesia. Pengguna dapat mengajukan garansi apabila terjadi kerusakan pada HP Realme miliknya. Namun, dengan catatan pengguna telah memenuhi syarat dan ketentuan garansi Realme Indonesia yang berlaku.

Untuk perangkat HP Realme yang rusaknya diakibatkan oleh tindakan pengguna yang tidak tertera di syarat dan ketentuan garansi, kemungkinan permintaan garansi akan ditolak. Disamping itu, masa garansi harus masih berlaku pada HP Realme, di mana masa garansi ini terhitung setelah HP Realme diaktifkan. Mengenai informasi cara mengetahui masa garansi HP Realme resmi Indonesia selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Cek Garansi Realme Indonesia Resmi Terupdate

Untuk mengetahui garansi HP Realme masuk berlaku atau tidak, setidaknya terdapat 2 metode yang bisa dilakukan. Kedua metode yang dimaksud yakni dengan mengecek secara online via website resmi Realme dan melalui call center Realme. Kamu bisa memilih sendiri cara mana yang dianggap lebih mudah dan akurat untuk dilakukan.

Adapun cara mudah cek garansi Realme resmi Indonesia yang mudah dan terbaru selengkapnya, sebagai berikut:

1. Cek Masa Berlaku Garansi Realme Secara Online Lewat Website

Cara yang pertama untuk mengetahui masa garansi HP Realme semua tipe masih berlaku atau sudah hangus yakni melalui website resmi Realme. Cara ini bisa kalian terapkan melalui HP secara langsung maupun di perangkat PC atau laptop. Tentunya pengecekannya ini perlu sambungan internet agar dapat mengakses website yang disediakan.

Mengenai langkah-langkah mengecek garansi HP Realme melalui website online resmi tersebut, yakni:

Langkah 1. Menyiapkan IMEI HP Realme

Pada tahap pertama kamu perlu menyiapkan IMEI dari HP Realme yang ingin kamu cek masa garansinya. IMEI ini sendiri merupakan serangkaian nomor unik yang menjadi identitas dari HP, di mana IMEI dari masing-masing HP akan berbeda satu sama lain. Terdapat beberapa cara untuk mengetahui IMEI di HP Realme semua tipe, yakni:

1. Cek IMEI Realme pada kotak bungkus HP / dosbuk, biasanya disertai barcode batang khusus.

Cek IMEI Realme pada kotak HP
Cek IMEI Realme pada kotak HP

2. Cek IMEI Realme pada stiker yang ada di bagian belakang bodi HP Realme yang disertai barcode batang. 

Cek IMEI Realme pada stiker belakang bodi HP
Cek IMEI Realme pada stiker belakang bodi HP

3. Cek IMEI Realme lewat menu Pengaturan, yakni Pengaturan / Settings >> Tentang Ponsel / About Phone >> Status >> IMEI Slot SIM1 atau IMEI Slot SIM2.

Cek IMEI Realme lewat menu Pengaturan
Cek IMEI Realme lewat menu Pengaturan

4. Cek IMEI Realme dengan kode dial up, caranya buka menu Panggilan / Telepon >> ketik kode *#06# maka akan muncul IMEI HP tersebut.

Cek IMEI Realme dengan kode dial up
Cek IMEI Realme dengan kode dial up

Selain menggunakan IMEI HP, alternatif lainnya yang bisa digunakan untuk pengecekan masa garansi HP Realme ini yakni dengan SN HP Realme. Kamu bisa menemukan SN Realme ini pada stiker di bagian belakang bodi HP atau stiker pada kartu garansi yang ada dalam dus kotak HP.

Langkah 2. Cek Masa Garansi di Website Resmi Realme

Kamu bisa melakukan cara ini di perangkat HP maupun PC/laptop dan perangkat harus terhubung ke jaringan internet. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

1. Buka browser di HP maupun komputer yang kamu gunakan.

2. Kemudian kunjungi halaman Status Garansi Realme Indonesia melalui LINK INI.

3. Pada halaman website tersebut, kamu masukkan salah satu IMEI Realme atau SN Realme tadi.

4. Jika sudah, selanjutnya klik tombol Cek.

Cek Masa Garansi di Website Resmi Realme
Gambar 1 Cek Masa Garansi di Website Resmi Realme

5. Tunggu beberapa saat sampai sistem selesai melakukan pemeriksaan.

6. Kemudian lewati langkah verifikasi keamanan dengan menempatkan bulatan ke posisi yang pas. Jika berhasil nantinya akan ditampilkan informasi mengenai Estimasi Tanggal Berakhir Garansi HP Realme milikmu. 

Cek Masa Garansi di Website Resmi Realme
Gambar 2 Cek Masa Garansi di Website Resmi Realme

7. Selesai.

Cukup dengan 2 langkah di atas kamu sudah bisa mengetahui masa garansi HP Realme apakah masih berlaku atau sudah hangus. Di halaman website tersebut juga akan ditampilkan informasi Model Produk, Warna dan Gambar HP Realme.

2. Cek Masa Berlaku Garansi Realme Secara Offline Lewat Call Center

Cek Masa Berlaku Garansi Realme Secara Offline Lewat Call Center
Cek Masa Berlaku Garansi Realme Secara Offline Lewat Call Center
Selain cara di atas, ada alternatif lainnya yang bisa dilakukan untuk cek garansi Realme masih berlaku atau tidak, yakni dengan menghubungi nomo call center Realme. Nomor call center resmi Realme yang bisa dihubungi tersebut yakni (021)3002 0666. Kamu bisa menghubunginya melalui ponsel maupun telepon rumah.

Call center Realme ini bisa dihubungi mulai dari Senin hingga Minggu dari pukul 09.00 – 18.00 WIB. Biaya panggilan mungkin berlaku dan tarifnya menyesuaikan dengan provider yang kamu gunakan.

Berapa Lama Masa Garansi HP Realme yang Diberikan? 

Masih banyak pengguna yang masih bingung dengan masa garansi yang diberikan pada HP Realme. Berbeda dengan produk lainnya, Realme memberikan masa garansi untuk perangkat smartphone-nya ini secara terpisah untuk masing-masing komponen. Namun, umumnya masa garansi HP Realme yang diberikan yakni selama 12 bulan atau 1 tahun terhitung setelah HP diaktifkan.

Untuk ketentuan komponen HP yang diberikan garansi oleh pihak Realme ini berbeda-beda, simak informasi berikut ini:

  • Handset: Masa garansi 12 bulan
  • Charger (adaptor): Masa garansi 6 bulan
  • Kabel USB: Masa garansi 6 bulan
  • Baterai (Built-in): Masa garansi 6 bulan

Kebijakan Garansi Ponsel Realme (Syarat dan Ketentuan)

Terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku untuk garansi ponsel Realme semua seri atau tipe. Syarat dan ketentuannya ini tertera pada informasi kebijakan garansi yang disediakan di situs resmi Realme. Adapun beberapa kebijakan garansi untuk ponsel Realme yang berlaku tersebut, antara lain:

  1. Garansi HP Realme hanya berlaku untuk perangkat ponsel yang dibeli di Indonesia. Tidak berlaku untuk garansi internasional.
  2. Masa garansi perangkat HP Realme berlaku sejak tanggal aktivasi ponsel atau tanggal faktur, dipilih mana yang lebih awal dilakukan.
  3. Aksesoris HP Realme yang diterima tidak termasuk dalam garansi.
  4. Menyertakan kelengkapan produk yang ingin diajukan garansi, mulai dari kotak asli HP, faktur atau nota pembelian, dan kartu garansi.
  5. Kerusakan suku cadang atau komponen pada Realme akan diganti dengan komponen original dari Realme.
  6. HP Realme yang sudah diroot, dioprek, bahkan dibongkar (sendiri atau pihak ketiga), maka tidak berlaku garansi.
  7. Masa berlaku garansi masih aktif, pengajuan akan ditolak jika sudah melewati masa garansi.
  8. Ponsel yang secara tidak wajar tidak akan menerima garansi, seperti HP terjatuh, tertekan, ataupun terkena air.
  9. Stiker garansi yang sudah hilang atau diubah, maka tidak berhak menerima garansi perbaikan Realme.
  10. Garansi yang diberikan oleh Realme tidak mencakup keausan alami, seperti kabel, konektor, dll. Tidak pula termasuk garansi untuk penggunaan aksesoris non-resmi Realme, kerusakan karena aktivitas pengguna, kerusakan karena bencana alam, hingga penggunaan dalam kondisi ekstrim.
  11. Ponsel Realme yang dibeli di luar negeri tidak akan menerima garansi di Indonesia.

Pastikan kamu sudah paham dengan beberapa kebijakan garansi Realme yang berlaku di atas agar proses klaim garansi bisa berjalan lancar.

Itulah tadi cara cek garansi Realme masih aktif atau tidak yang paling mudah bisa kamu terapkan. Bantu membagikan informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar saya lebih semangat lagi menulis artikel menarik dan bermanfaat lainnya. Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk "Cara Cek Garansi Realme Indonesia Resmi [Cukup 2 Langkah]"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-