Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatifkan dan Menonaktifkan Opsi Pengembang di Realme

CahDeso.id - Mengaktifkan dan menonaktifkan Developer Option di HP Realme sebenarnya sangat mudah dikakukan. Hanya saja, memang belum semua pengguna mengetahui cara ini, khususnya mereka yang masih awam. Sebenarnya bukan masalah besar jika kita membiarkan Developer Option atau Opsi Pengambang di Realme tetap aktif atau tidak diaktifkan sama sekali. 

Opsi Pengembang atau Developer Option ini hanya akan berguna bagi pengguna tingkat lanjut atau expert. Kebanyakan fiturnya tersebut fungsinya untuk aktivitas tidak biasa, seperti pengaturan USB Debugging, stay awake, scale animation dan lain sebagainya. Mengenai cara untuk memunculkan dan menyembunyikan Opsi Pengembang di Realme tersebut bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mengatifkan dan Menonaktifkan Opsi Pengembang di Realme
Cara Mengatifkan dan Menonaktifkan Opsi Pengembang di Realme

Apa Itu Opsi Pengembang dan Apa Fungsinya?

Opsi Pengembang atau Developer Option merupakan salah satu fitur tersembunyi di HP android yang umumnya hanya diakses oleh para pengembang saja. Kamu yang suka oprek android pastinya sudah tidak asing lagi dengan fitur satu ini. 

Secara default Opsi Pengembang ini letaknya tersembunyi di HP android, termasuk di HP Realme semua tipe. Untuk mengaksesnya, kita perlu mengaktifkannya terlebih dahulu dengan cara khusus. Selain itu, kita juga memungkinkan untuk menonaktifkan opsi pengembang tersebut sehingga nanti fitur ini akan kembali disembunyikan. 

Sementara untuk fungsi Opsi Pengembang atau Developer Option ini yakni untuk mengakses fitur lanjutan yang disediakan di HP android. Kebanyakan pengguna tidak memerlukan fitur lanjutan ini untuk penggunaan harian. Namun, untuk memaksimalkan fungsi dari HP android, rasanya Opsi Pengembang ini sangat dibutuhkan.

Misalnya saja untuk urusan transfer file, kita bisa mengaktifkan USB Debugging di Opsi Pengembang. Atau juga membuat HP tidak mudah lag saat main game, maka kita bisa mengatur scale animation melalui Opsi Pengembang ini. Dan tentunya masih ada banyak fitur menarik lainnya yang bisa diakses melalui halaman Opsi Pengembang ini.

Cara Mengatifkan Opsi Pengembang di Realme Semua Tipe

Setelah tahu apa itu Developer Option dan fungsinya, sekarang lanjut ke cara untuk mengaktifkan atau memunculkan Opsi Pengembang di HP Realme. Caranya sangat mudah, di sini kita bisa melakukannya melalui halaman Pengaturan atau Settings.

Mengatifkan Developer Option di Realme C3
Mengatifkan Developer Option di Realme C3

  1. Langkah yang pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings di HP Realme.
  2. Kemudian gulir ke bawah, lalu masuk ke opsi Tentang Ponsel atau About Phone.
  3. Di sana akan ditampilkan beberapa informasi spesifikasi dan perangkat lunak yang digunakan. Selanjutnya klik pada opsi Versi Pita Dasar & Kernel.
  4. Lalu klik pada Nomor Kompilasi sebanyak 5 sampai 7 kali. Nantinya akan muncul halaman yang meminta kamu untuk mengonfirmasi kunci pola atau sandi. 
  5. Jika berhasil nantinya Opsi Pengembang akan langsung aktif, ditandai dengan munculnya tulisan “Anda kini di mode pengembang”. 
  6. Selesai.

Sekarang kamu sudah berhasil mengaktifkan Mode Pengembang atau Opsi Pengembang di HP Realme. Selanjutnya tinggal langsung mengakses halaman Opsi Pengembang tersebut untuk menikmati berbagai fitur di dalamnya. 

Lantas, bagaimana cara mengakses Opsi Pengembang di Realme? Berikut langkah-langkahnya:

Cara Mengakses Opsi Pengembang di Realme
Cara Mengakses Opsi Pengembang di Realme

  1. Buka menu Pengaturan di HP Realme. 
  2. Kemudian masuk ke opsi Pengaturan Tambahan
  3. Lalu gulir ke bawah, dan klik pada opsi Opsi Developer
  4. Ini adalah halaman Opsi Pengembang atau Developer Option.
  5. Selesai.

Catatan:
Cara di atas saya terapkan di HP Realme C3 dengan dukungan versi OS Androi 10 terbaru.

Cara Menonaktifkan Opsi Pengembang di Realme Semua Tipe

Sementara untuk cara menyembunyikan Opsi Pengembang di Realme yang sudah diaktifkan sebelumnya, kamu bisa melihat langkah-langkah di bawah ini. 

Cara Menonaktifkan Opsi Pengembang di Realme
Cara Menonaktifkan Opsi Pengembang di Realme
  1. Langkah yang pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings di HP Realme. 
  2. Kemudian gulir ke bawah, lalu masuk ke opsi Pengaturan Tambahan atau Additional Settings.
  3. Gulir lagi ke bawah, lalu klik pada Opsi Developer atau Opsi Pengembang
  4. Untuk mematikan Opsi Pengembang tersebut, kamu geser tombol slider yang ada di sebelah kanannya hingga warnanya berubah menjadi abu-abu. Klik Kembali, maka Opsi Pengembang akan langsung disembunyikan lagi yang berarti opsi tersebut sudah dinonaktifkan.
  5. Selesai. 

Itulah tadi cara mengaktifkan dan menonaktifkan Opsi Pengembang di Realme semua tipe yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk "Cara Mengatifkan dan Menonaktifkan Opsi Pengembang di Realme"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-