Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengetahui Cara Menghubungkan Domain Dengan Server Hosting

CahDeso.ID - Mengetahui Cara Menghubungkan Domain Dengan Server Hosting - Anda memerlukan server nama untuk menghubungkan nama domain dengan server hosting web. Penamaan name server bisa berbeda-beda di setiap layanan, tergantung konfigurasi yang digunakan. Sistem niagahoster akan secara otomatis mengirimkan detail name server melalui email beberapa saat setelah akun hosting anda aktif. Berikan penjelasan detail cara menghubungkan domain dengan server hosting.

Cara Menghubungkan Domain Dengan Server Hosting
Cara Menghubungkan Domain Dengan Server Hosting

Cara Menghubungkan Domain Dengan Server Hosting

Menghubungkan domain ke server hosting bersifat teknis. Tapi percayalah, ini cukup mudah dilakukan. Secara garis besar langkah-langkahnya hanya terbagi menjadi dua, yaitu:

  • Mengubah dns (domain name server) pada domain agar mengarah ke web hosting.
  • Menyiapkan hosting menjadi 'rumah' untuk domain anda.

Simak selengkapnya berikut ini:

Mencari Tahu Nameserver Hosting Web

Sebelum mengarahkan nama domain, langkah pertama adalah sudah mengetahui nameserver yang digunakan oleh web hosting tersebut. Cara termudah untuk mendapatkan informasi ini ada di email yang dikirim hosting saat pertama kali mendaftar. Cara mudah kedua untuk menemukan server nama adalah dengan mengakses area klien dari hosting web. 

Pada pengaturan hosting misalnya, anda dapat melihat nama domain pada bagian area klien kemudian produk & layanan saya kemudian detail produk. Jika anda kesulitan menemukannya, anda juga bisa meminta bantuan layanan hosting untuk mendapatkan informasi. Simpan dan catat dulu data nameserver ini. Anda harus menyalinnya di konfigurasi dns nanti.

Mengubah DNS Atau Name Server Pada Domain 

Setelah anda memiliki domain, anda dapat masuk ke situs web penyedia nama domain untuk melihat informasi domain anda. Di sini anda akan menemukan alat untuk mengatur atau mengubah server nama domain anda. Untuk contoh ini menggunakan penyedia domain name.com. Tujuan dari langkah yaitu untuk memberi tahu domain supaya mengarah pada layanan web hosting yang di gunakan. 

Sederhananya, mengubah dns atau name server (ns) dari domain sehingga ketika orang mengakses domain tersebut dapat mengakses data informasi di server hosting. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka bagian domain saya atau pengelola domain.
  2. Pilih domain yang ingin anda ubah pengaturan server nama. Anda dapat langsung mengklik nama domain atau mencentang kotak nama domain, lalu ketuk kelola.
  3. Di menu domain, cari sub menu nameservers, dan klik 'manage nameservers'
  4. Edit nameserver dan perbarui sesuai dengan nama server di penyedia layanan hosting
  5. Pilih perbarui atau simpan.

Konfigurasi Hosting Untuk Domain Kedua Pada Website 

Jika domain yang anda setting adalah domain kedua, alias bukan domain utama, maka diperlukan konfigurasi tambahan pada layanan web hosting. Addon domain ini sendiri artinya adalah domain baru yang ditambahkan ke hosting dan memiliki uniform resource locator (url) yang berbeda dengan domain utama. 

Konsep addon domain sendiri adalah menghadirkan beberapa domain atau website dalam satu akun web hosting yang sama. Penggunaan resource (space dan bandwidth) dari domain addon akan dibagi dengan domain utama. Berikut langkah selanjutnya jika anda mengarahkan domain addon anda ke hosting :

  1. Login ke cpanel web hosting dengan akun anda.
  2. Setelah berhasil login, cari sub menu addon domain di bawah menu domain, atau ctrl+f dan ketik addon domain
  3. Isikan nama domain yang akan anda sambungkan ke hosting, dan untuk document root bisa diisi dengan /public_html/newdomain. Peringatan, jangan hanya mengisi /public_html, karena ini akan menimpa data domain utama anda.
  4. Setelah semua field diisi, ketuk tambah domain.
  5. Setelah berhasil menambahkan domain addon, anda akan melihat domain ini di daftar addon domain.
  6. Selesai.

Persyaratan Menghubungkan Domain Ke Hosting

Sebelum memulai langkah-langkahnya, terdapat beberapa hal yang harus di ketahui sekaligus perhatikan terlebih dahulu. Ini adalah, yaitu:

Sudah Memiliki Nama Domain

Pastikan nama domain anda sudah siap. Biasanya orang berburu artikel tentang cara menghubungkan domain dan hosting setelah selesai membeli domain. Tujuannya tentu saja untuk menghubungkan keduanya agar website bisa hidup.

Sudah Memiliki Akun Web Hosting

Web hosting adalah tempat dimana semua file dan data website disimpan, dapat diakses dan dikelola melalui jaringan internet. File dan data situs web ini meliputi skrip, aplikasi, basis data, gambar, email, dan video. Hosting nantinya akan menampung file website yang akan diakses melalui nama domain tadi. 

Tentu saja, anda harus memastikan bahwa anda telah melakukan konfigurasi yang benar agar keduanya dapat terhubung. Kami menggunakan hosting dengan sistem sewa yaitu membayar ke perusahaan penyedia hosting. 

Demikian ulasan tentang Mengetahui Cara Menghubungkan Domain Dengan Server Hosting, semoga bermanfaat.

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk "Mengetahui Cara Menghubungkan Domain Dengan Server Hosting"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-