Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshot HP Samsung Tanpa Tekan Tombol dan Aplikasi

Cara Screenshot HP Samsung Tanpa Tekan Tombol dan Aplikasi
 Cara Screenshot HP Samsung Tanpa Tekan Tombol dan Aplikasi

CahDeso.id - Mengambil tangkapan layar di HP Samsung mengharuskan kita menekan tombol fisik tertentu, yakni tekan tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan. Sementara di HP Samsung keluaran lama yang memiliki tombol Home fisik, pengambilan screenshot bisa dengan menekan tombol Power dan Home secara bersamaan. Namun, terkadang cara ini konvensional ini bisa berdampak pada umur tombol HP, baik tombol Power, Home maupun Volume. 

Selain cara tersebut, mengambil screenshot di HP Samsung juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi screenshot mula-mula diinstall di perangkat HP Samsung, baru kemudian bisa diaktifkan dan lakukan screenshot. Hampir sama dengan cara screenshot dengan tombol, menginstall aplikasi tambahan terkadang memberikan beberapa dampak negatif pada HP Samsung. Misalnya saja HP terserang virus, ruang memori internal cepat penuh dan beberapa dampak lainnya. 

Beruntungnya Samsung sangat mengerti apa yang dibutuhkan oleh para pengguna setianya. Di tahun ini Samsung meluncurkan fitur screenshot baru, di mana pengambilan tangkapan layar tersebut tidak memerlukan aplikasi tambahan ataupun menekan kombinasi tombol. Fitur ini sudah bisa dinikmati di hampir semua smartphone keluaran terbaru dari Samsung, misalnya saja seri Galaxy M Series dan A Series. 

Ini tentunya menjadi jawaban bagi para pengguna setia Samsung yang sering mengeluh soal cara screenshot di HP Samsung yang terbilang ribet. Samsung menghadirkan fitur screenshot yang bisa digunakan secara langsung oleh pengguna. Lantas, bagaimana cara screenshot HP Samsung tanpa menekan tombol dan tanpa aplikasi tambahan tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Tentang Fitur Screenshot Baru di HP Samsung

Ceritanya saya dapat notifikasi ada update OneUI terbaru dari Samsung yang berfokus pada perubahan tampilan dan tambahan fitur baru. Saya pengguna HP Samsung Galaxy M11, dan notifikasi update terbaru tersebut yakni peningkatan versi ke OS Android 11 terbaru. Alhasil saya coba download OS Android terbarunya dan diinstall.

Setelah instalasi selesai, saya mendapati tampilan OneUI yang lebih smooth, fresh dan nyaman dipandang mata. Tampilan sudah, lanjut saya memeriksa fitur baru yang dihadirkan One UI  Core versi 3.1 tersebut. Barulah saya menemukan adanya tampilan aneh di sebelah kanan tepian layar. Dicoba geser ke kiri, maka muncullah sebuah tampilan yang berisi beberapa menu dan aplikasi. 

Setelah saya telusuri ternyata ini adalah Panel Edge yang merupakan pintasan cepat untuk mengakses menu dan aplikasi yang ada di ponsel Samsung. Di Panel Edge tersebut pengguna memungkinkan untuk mengatur apa saja yang ingin ditampilkan di panel, baik itu menu, fitur ataupun aplikasi. 

Nah, yang menarik adalah di fitur terbaru ini saya menemukan fitur screenshot dari Samsung yang unik sekaligus memudahkan saya dalam pengambilan tangkapan layar. Ada tiga jenis screenshot yang disediakan di sana, di antaranya:

  1. Screenshot Persegi Panjang: Menu ini berguna untuk mengambil screenshot dengan tampilan persegi ataupun persegi panjang (kotak). 
  2. Screenshot Oval: Inilah inovasi baru dari Samsung yakni screenshot dengan bentuk bundar atau oval. Merupakan hal unik di mana screenshot yang diambil bentuknya oval. 
  3. Screenshot Animasi: Sementara menu yang ketiga ini adalah menu untuk mengambil screenshot dengan hasil gambar yang bisa bergerak. Kamu yang mencari cara membuat foto bergerak tanpa aplikasi di Samsung, fitur ini juga bisa dijadikan pilihan. Hasil screenshotnya bukan dalam format Image, melainkan format GIF.

Fitur inilah yang menjadi pembahasan utama dalam artikel ini, yakni screenshot HP Samsung tanpa aplikasi tambahan dan tanpa menekan tombol fisik di HP. 

Cara Menampilkan Menu Screenshot di Panel Edge


Terkadang setelah melakukan update ke versi One UI Core 3.1 atau Android 11, Panel Edge ini tidak secara otomatis aktif. Alhasil kamu juga tidak akan menemukan menu Screenshot terbaru yang dihadirkan oleh Samsung tersebut. Karena itulah, lakukan dulu pengaktifan Panel Edge dan masukkan menu screenshot pada panel tersebut. 

Adapun langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur Panel Edge di HP Samsung selengkapnya, sebagai berikut:

Cara Menampilkan Menu Screenshot di Panel Edge
Cara Menampilkan Menu Screenshot di Panel Edge
  1. Langkah yang pertama kamu buka menu Pengaturan di HP Samsung. 
  2. Kemudian masuk ke opsi Tampilan.
  3. Scroll ke bawah sampai kamu menemukan opsi Panel Edge.
  4. Untuk mengaktifkannya, kamu tinggal geser tombol slider yang ada di sebelah kanan Panel Edge hingga berwarna biru (aktif)
  5. Untuk mengatur menu yang ingin ditampilkan di Panel Edge, kamu klik pada opsi Panel Edge tersebut.
  6. Kemudian klik pada opsi Panel, dan tinggal kamu pilih menu mana saja yang ingin ditampilkan. Untuk menu screenshot, kamu aktifkan pada opsi Pilih Cerdas.
  7. Selesai.

Cara Screenshot HP Samsung Tanpa Memencet Tombol dan Aplikasi Tambahan

Fitur Panel Edge sudah diaktifkan dan menu screenshot juga sudah ditampilkan di sana. Lantas, bagaimana cara menggunakan fitur screenshot Samsung terbaru tersebut? Mudah saja, bahkan kamu yang masih pemula pun tidak akan kesulitan menggunakannya. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

Metode 1 - Screenshot Bentuk Persegi

Screenshot Bentuk Persegi
Screenshot Bentuk Persegi
  1. Langkah yang pertama kamu tentukan dulu tampilan yang ingin discreenshot atau diambil gambar layarnya. 
  2. Jika sudah, sekarang usap Gagang Panel Edge yang ada di tepian layar. Kalau Gagang tersebut berada di sisi kanan layar, maka mengusapnya ke sebelah kiri, begitu juga sebaliknya.
  3. Nantinya akan ditampilkan menu screenshot (Pilihan Cerdas). Kemudian lanjut dengan klik menu Prsegi pjg.
  4. Sekarang kamu tentukan luas area mana saja pada layar yang ingin di screenshot. Kamu juga bisa mengambil seluruh area layar dengan menarik setiap sudut dari kotak screenshot tersebut. 
  5. Jika dirasa sudah pas, selanjutnya klik tombol Selesai.
  6. Preview hasil screenshot akan ditampilkan di layar. Untuk menyimpannya ke Galeri, maka kamu klik tombol Download (arah panah ke bawah).
  7. Secara otomatis gambar screenshot tadi akan langsung disimpan di menu Galeri HP.
  8. Selesai.

Metode 2 - Screenshot Bentuk Oval

Screenshot Bentuk Oval
Screenshot Bentuk Oval
  1. Caranya hampir sama, mula-mula kamu tentukan tampilan layar yang ingin discreenshot. 
  2. Selanjutnya usap Gagang Panel Edge, lalu pilih menu screenshot Oval.
  3. Atur luas bidang atau area yang ingin discreenshot dengan bentuk oval.
  4. Jika sudah, selanjutnya kamu klik tombol Selesai.
  5. Preview hasil screenshot oval akan ditampilkan di layar. Untuk menyimpan kamu klik tombol Download atau arah panah ke bawah.
  6. Selesai.

Metode 3 - Screenshot GIF (gambar bergerak)

Screenshot GIF (gambar bergerak)
Screenshot GIF (gambar bergerak)

  1. Pertama kamu tentukan tampilan bergerak yang ingin discreenshot. Bisa juga memutar cuplikan video atau tampilan bergerak lainnya.
  2. Jika sudah, selanjutnya geser atau usap Gagang Panel Edge yang ada di tepian layar.
  3. Lalu klik pada menu Animasi.
  4. Sekarang tentukan area mana saja pada layar yang ingin discreenshot menjadi bentuk GIF atau gambar bergerak.
  5. Sebelum mulai merekam, kamu bisa tentukan kualitas rekaman layar dengan klik pada opsi dropdown Kualitas, kemudian pilih kualitas sesuai keinginan. Bisa pilih Kualitas Standar ataupun Kualitas Tinggi.
  6. Jika dirasa sudah pas, selanjutnya kamu klik tombol Rekam.
  7. Rekaman layar akan dimulai, klik tombol Stop jika ingin menyudahi rekaman.
  8. Untuk menyimpan hasil screenshot animasi tersebut, kamu klik tombol Download atau arah panah ke bawah yang ada di bagian kanan bawah layar.
  9. Selesai.

Pertanyaan Seputar Fitur Screenshot di Samsung Terbaru

1. Apakah fitur Panel Edge dan Screenshot tersebut bisa digunakan di semua tipe HP Samsung?

Jawab: Fitur Panel Edge ini hadir untuk Android 11 atau One UI versi 3.0 ke atas. Jika HP Samsung milikmu belum update ke versi OS terbaru tersebut, maka tidak akan menemukan fitur ini.

2. Sudah Update ke OS Android 11, apakah cara screenshot konvensional masih work di Samsung?

Jawab: Cara lama screenshot Samsung masih bisa digunakan, baik itu screenshot dengan memencet tombol ataupun menggunakan aplikasi pihak ketiga.

3. Tipe HP Samsung apa saja yang support fitur Panel Edge dan Screenshot tersebut?

Jawab: Fitur Panel Edge dan Screenshot ini hanya bisa dinikmati di semua tipe HP Samsung yang sudah mendapatkan update ke OS Android 11 atau Versi One UI 3.0 ke atas. Baik itu keluarga Samsung Galaxy A Series, Galaxy M Series, Galaxy S Series, dan lain sebagainya.

4. Apakah hasil screenshot bisa langsung dibagikan ke Media Sosial atau aplikasi lainnya?

Jawab: Bisa. Saat preview hasil screenshot ditampilkan, kamu bisa klik tombol Bagikan (ikon seperti segitiga dengan titik diujungnya) lalu tinggal pilih ingin dibagikan ke mana. Baik itu WhatsApp, Bluetooth atau aplikasi lainnya.

Itulah tadi cara screenshot HP Samsung tanpa tekan tombol fisik dan tanpa aplikasi tambahan bisa coba kamu terapkan sendiri. Agar saya lebih semangat lagi dalam membuat konten-konten menarik dan bermanfaat, silakan share artikel di situs CahDeso.id ini ke akun media sosial pribadimu.

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk " Cara Screenshot HP Samsung Tanpa Tekan Tombol dan Aplikasi"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-