Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cuma 1 Menit! Begini Cara Mengisi Form Tax W-8BEN Shutterstock

Cara Mengisi Form Tax W-8BEN Shutterstock
Cara Mengisi Form Tax W-8BEN Shutterstock

CahDeso.id - Mengisi Form Tax W-8BEN Shutterstock atau banyak yang menyebutnya Formulir pajak Shutterstock merupakan hal penting bagi kontributor Shutterstock. Pasalnya ini merupakan salah satu syarat mencairkan uang di Shutterstock bagi kontributor. Tidak hanya berlaku di situs Shutterstock saja, tax form ini ternyata juga berlaku untuk situs microstock lainnya. Sayangnya, masih banyak kontributor yang belum tahu cara cepat mengisi form tax W-8BEN di shutterstock tersebut.

Tapi tenang saja, karena pada artikel kali ini sudah saya rangkumkan bagaimana cara pengisian formulir pajak Shutterstock. Caranya sangat mudah kok, bahkan tidak butuh waktu lama. Kamu yang masih pemula pun pasti bisa menerapkannya. Oh iya, cara yang saya tulis ini sesuai dengan pengalaman, jadi pasti bakal berhasil. Berikut cara isi formulir pajak di situs Shutterstock selengkapnya.

Cara Mengisi Form Tax W-8BEN Shutterstock Terbaru 2021

Kebetulan akun yang saya jadikan contoh ini merupakan akun Shutterstock baru dan belum pernah gajian. Saya teringat dulu saat masih pemula di Shutterstock, sempat bingung untuk mengisi tax center yang ada di sana. Jadi, dibuatlah artikel ini untuk memudahkan para pemain shutterstock pemula yang baru pertama kali mau gajian dari Shutterstock. 

Daripada berlama-lama lagi, berikut ini langkah-langkah untuk mengisi formulir pajak W-8BEN di akun Contributo Shutterstock selengkapnya, yakni:

Cara Mengisi Formulir Pajak W-8 Shutterstock
Gambar 1 Cara Mengisi Formulir Pajak W-8 Shutterstock

  • Langkah yang pertama kamu kunjungi situs Contributor Shutterstock, kemudian login atau masuk ke akunmu.
  • Pada halaman dasboard akun Shutterstock, selanjutnya kamu pergi ke halaman Tax Center dengan cara klik link Tax Center yang ada di notification.
  • Atau bisa juga dengan klik menu Earning, kemudian klik pada opsi Tax Center.
Cara Mengisi Formulir Pajak W-8 Shutterstock
Gambar 2 Cara Mengisi Formulir Pajak W-8 Shutterstock
  • Nanti kamu akan dibawa ke halaman Tax Center. Di sana kamu diminta untuk memilih domisili dan juga jenis akun Shutterstock milikmu. Jika kamu bukan dari negara U.S, maka pilih “No” pada opsi “For U.S. tax purposes, are you U.S. person?”.
  • Sementara pada opsi “Are you contributing to Shutterstock as an individual or bussiness?”, kamu bisa pilih “Individual” jika akun tersebut sepenuhnya milik kamu atau pilih “Bussines” jika ternyata akun milik perusahaan atau kerjasama. Kalau sudah dipilih semua, sekarang klik tombol Submit.
Cara Mengisi Formulir Pajak W-8 Shutterstock
Gambar 3 Cara Mengisi Formulir Pajak W-8 Shutterstock
  • Sekarang waktunya untuk mengisi formulir pajak W-8BEN-nya. Pada bagian Part 1: Identification of beneficial owner (informasi mengenai Kontributor), berikut pengisiannya.

  1. Nama (otomatis terisi)
  2. Negara (pilih Indonesia)
  3. Alamat Lengkap (otomatis terisi) dan P.O Box bisa pilih “No”
  4. Alamat Surat (otomatis terisi)
  5. U.S. Taxpayer identification number (kosongi saja)
  6. Foreign tax identification number / nomor NPWP (boleh diisi, boleh juga tidak)
  7. Reference Number (kosongi saja)
  8. Tanggal lahir dengan urutan bulan/tanggal/tahun. Misal 1 Februari 1997 maka formatnya menjadi 02/01/1997

  • Sementara untuk bagian Part 2: Claim of Tax Treaty Benefits (tentang klaim manfaat perjanjian pajak), kamu tinggal pilih Negara di opsi nomor 9. Misalnya pilih Indonesia, maka opsi nomor 10 akan secara otomatis terisi.
  • Dan terakhir pada bagian Part 3: Certification, di mana bagian ini berisi informasi tentang keabsahan data perpajakan.
  • Jika semua data sudah diisi, selanjutnya klik tombol Review and Sign. 
Cara Mengisi Formulir Pajak W-8 Shutterstock
Gambar 4 Cara Mengisi Formulir Pajak W-8 Shutterstock
  • Pada halaman berikutnya akan ditampilkan pratinjau formulir Tax W-8BEN yang bisa kalian cek terlebih dahulu. Seandainya ada yang salah, maka nanti bisa diedit lagi. Namun, jika dirasa sudah benar semua sekarang kamu masukkan Nama di kolom yang tersedia dan klik tombol Submit.
  • Sekarang formulir pajak Shutterstock sudah berhasil kamu isi dan siap mencairkan dana dari Shutterstock. 

Catatan:
Mengisi Tax Form di Shutterstock perlu dilakukan untuk mencegah pemotongan pajak sebesat 30%. Namun, jika sudah mengisi form Tax W-8BEN maka pemotongan pajaknya hanya sebesar 10% saja.

Mengapa Harus Mengisi Form Tax W-8BEN di Shutterstock?

Banyak yang bertanya kenapa kita sebagai pemain Microstock, khususnya Shutterstock perlu mengisi Formulir Pajak. Jawabannya sebenarnya simpel, dan jika kamu tahu pasti merasa pengisian form Tax ini sangat wajib dilakukan. 

FYI, Shutterstock merupakan perusahaan berbasis microstock yang berasal dari Amerika Serikat atau US. Dan dalam hal ini Indonesia dan Amerika Serikat sudah sepakat dengan adanya potongan pajak sebesar 10% untuk soal gambar. Dan aturan ini sudah ditulis secara jelas di halaman Informasi Perjanjian Pajak

Dijelaskan Shutterstock berhak memberi potongan pajak kepada para penggunanya sesuai perjanjian pajak yang tertulis. Untuk kita pemain Shutterstock asal Indonesia, akan mendapatkan potongan pajak sebesar 10% jika sudah mengisi Form Tax W-8BEN. Baik itu dengan mengisi nomor NPWP ataupun tidak, sama saja potongannya 10% dari total gaji yang didapat.

Perlu kamu tahu juga, pemotongan pajak ini hanya berlaku untuk karya kita yang didownload oleh orang US saja. Semisal saat gajian ternyata tidak ada orang US yang mendownload karya kita, maka pemotongan pajak tidak akan berlaku alias gaji sepenuhnya bisa kamu terima tanpa potongan.

Sementara jika kamu tidak mengisi Form Tax W-8BEN di Shutterstock, maka potongan pajaknya akan lebih besar lagi yakni sebesar 30% dari total gaji. Dan pemotongan pajak ini berlaku untuk karya yang didownload oleh orang US ataupun bukan orang US.

Sekarang kamu paham bukan kenapa sangat penting untuk mengisi formulir pajak W-8BEN tersebut? Jadi, mulai sekarang kamu perlu melengkapi formulir pajak di Shutterstock agar potongan pajaknya hanya sebesar 10% saja.

Mengatur Metode Pembayaran di Akun Shutterstock

Selain mengisi formulir pajak W-8BEN, di akun kontributor Shutterstock juga perlu kamu memilih metode pembayarannya. Jika tidak, maka saldo yang terkumpul di akun Shutterstock tidak akan bisa kamu cairkan. Selain mengatur metode pembayarannya, kamu juga perlu mengatur jumlah minimal saldo yang bisa dicairkan. Jika saldo sudah mencapai angka minimal tersebut, maka secara otomatis pihak shutterstock akan langsung menggaji kamu sesuai jumlah yang tersedia.

Untuk mengatur metode pembayaran dan saldo minimal pencairan di Shutterstock ini bisa melalui menu Profil >> Account Settings >> atur di bagian Payout Information. Setidaknya ada 3 pilihan metode pembayaran di Shutterstock yang bisa kamu pilih, yakni:

Mengatur Metode Pembayaran di Akun Shutterstock
Mengatur Metode Pembayaran di Akun Shutterstock

  1. Metode PayPal
  2. Metode Payoneer
  3. Metode Skrill

Dulu ada juga pilihan metode pembayaran menggunakan Check yang nantinya bisa diambil di Kantor Pos. Namun, tampaknya sekarang metode tersebut sudah dihapus dan disisakan hanya 3 metode di atas saja.

Dari ketiga metode pembayaran Shutterstock tersebut yang paling mudah dan banyak dipilih adalah metode PayPal. Alasannya membuat akun PayPal bisa kamu lakukan secara gratis dan mudah. Dan uang yang masuk ke akun PayPal bisa langsung kamu cairkan ke rekening Bank lokal yang ada di Indonesia.

Jika kamu tertarik untuk memilih metode pembayaran menggunakan PayPal di Shutterstock, maka bisa baca artikel ini >> Cara Menghubungkan Akun Shutterstock ke PayPal Agar Bisa Gajian

Itulah tadi cara mengisi form tax W-8BEN Shutterstock yang cepat dan praktis bisa coba kamu terapkan sendiri. Biar saya lebih semangat lagi menulis artikel menarik dan informatif, silahkan kalian share artikel di situs CahDeso.id ini ke akun media sosial pribadimu. Terima kasih dan Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

6 komentar untuk "Cuma 1 Menit! Begini Cara Mengisi Form Tax W-8BEN Shutterstock"

  1. tanggal sudah saya isi dengan benar tetapi masih tidak bisa terbacanya format salah.......
    mohon bantuannya gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai garis miring gan tanpa spasi, untuk urutannya sendiri bulan/tanggal/tahun

      jangan sampai terbalik ngisinya

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. apa form tax pajak itu sekali diisi saja, kedepannya langsung terima gaji? atau setiap bulan selalu update? thanks.

    BalasHapus
  4. untuk penerimaan gaji biasanya ditanggal belasan asalkan sudah mencapai minimum pembayaran yang ditentukan, defaultnya $35

    BalasHapus
Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-