Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Factory Reset HP Jarak Jauh untuk Semua Merek

CahDeso.id - Melakukan factory reset atau hard reset HP android biasanya dilakukan untuk mengembalikannya ke setelan awal pabrik. HP android yang direset ini akan dihapus semua data yang tersimpan di dalam memori internalnya. Bukan hanya data saja, melainkan semua pengaturan yang ada di dalamnya akan dikembalikan ke settingan default. Dengan demikian HP Samsung akan kembali seperti baru pertama kali membelinya.

Cara Factory Reset HP Jarak Jauh
Cara Factory Reset HP Jarak Jauh

Factory reset HP Samsung bisa dilakukan dengan 2 cara atau metode, yakni reset melalui Pengaturan dan reset via Recovery Mode. Untuk reset dari Pengaturan bisa dilakukan jika HP masih dapat diakses atau digunakan. Sementara untuk HP Samsung yang tidak bisa menyala, Samsung mentok di logo, restart sendiri atau bahkan mati total, maka reset lewat Mode Recovery bisa dipilih.

Tahukah kamu, ternyata ada lho cara reset data HP android satu lagi yang bisa dilakukan, yakni melakukan reset HP android dari jarak jauh. Cara ini bisa digunakan jika kamu kehilangan HP android, baik karena terjatuh, dicuri atau tertinggal di suatu tempat. Melakukan factory reset ini akan melindungi isi HP agar tidak bisa diakses dan disalahgunakan oleh orang lain. Informasi mengenai cara factory reset HP jarak jauh selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Factory Reset HP Samsung Jarak Jauh yang Mudah

Kejadian di masa mendatang tidak ada yang tahu, bisa jadi kita akan mengalami kehilangan barang berharga yang dimiliki, misalnya saja HP android. Ketika HP android yang kita miliki hilang, yang terpikir pertama kali adalah data yang ada di dalamnya. Tidak jarang menyimpan data penting di dalam HP-nya, dan sangat berbahaya jika sampai diakses oleh orang lain.

Nah, pada kondisi ini kalian bisa melakukan factory reset atau hard reset pada HP yang hilang tersebut. Cara ini akan memberikan hasil yang sama seperti kamu melakukan factory reset langsung di dalam HP dengan metode konvensional. Semua data di dalam memori HP akan terhapus permanen, serta pengaturannya dikembalikan ke mode default.

Melakukan reset data HP android dari jarak jauh, setidaknya ada 3 metode yang bisa kamu terapkan. Adapun cara factory reset HP jarak jauh yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Factory Reset HP Lewat Google Find My Device

Cara yang pertama untuk bisa melakukan penghapusan data di HP yang hilang dari jarak jauh yakni dengan menggunakan layanan Google Find My Device. Ini merupakan layanan yang diberikan oleh Google untuk melacak kebedaraan perangkat HP android yang kamu miliki.

Nantinya Google akan menampilkan sebuah peta dalam bentuk Maps dan menunjukkan posisi atau keberadaan dari HP yang kamu miliki. Selain itu, fungsi lain dari layanan Temukan Perangkat Saya dari Google ini juga bisa untuk melakukan reset data. Fitur tersebut akan menghapus semua data yang tersimpan di memori internal HP.

Terdapat 2 metode yang bisa digunakan untuk melakukan reset data HP hilang dari jarak jauh menggunakan Find My Phone ini, di antaranya:

Metode 1. Reset HP Jarak Jauh Lewat Aplikasi Google Find My Device

Reset HP Jarak Jauh Lewat Aplikasi Google Find My Device
Reset HP Jarak Jauh Lewat Aplikasi Google Find My Device

  1. Langkah yang pertama kamu download dan install aplikasi Google Find My Device atau Google Temukan Perangkat Saya di HP android lain.
  2. Jika sudah, sekarang kamu jalankan aplikasi tersebut.
  3. Selanjutnya kamu perlu login menggunakan akun Google yang sama dengan yang digunakan di HP yang hilang.
  4. Jika sudah berhasil masuk, nantinya aplikasi akan melakukan pencarian perangkat. Kalau sudah ketemu, nantinya akan ditampilkan tipe HP beserta lokasinya saat ini. 
  5. Pastikan perangkat yang ditemukan sesuai tipenya dengan tipe HP yang hilang dan ingin direset dari jarak jauh.
  6. Untuk melakukan reset data HP, kamu pilih menu HAPUS PERANGKAT. Kemudian konfirmasi dengan klik HAPUS.
  7. Selesai.

Catatan:
Cara ini membutuhkan HP android lain yang digunakan untuk mengakses dan mereset perangkat HP dari jarak jauh.

Metode 2. Reset HP Jarak Jauh Lewat Google Find My Device di Browser

Reset HP Jarak Jauh Lewat Google Find My Device di Browser
Reset HP Jarak Jauh Lewat Google Find My Device di Browser
  1. Langkah pertama kamu buka menu browser di HP atau komputer.
  2. Kemudian kunjungi halaman situs Google Find My Device atau Google Temukan Perangkat Saya.
  3. Selanjutnya kamu masuk atau login menggunakan akun Google yang sama dengan yang digunakan di HP yang ingin direset dari jarak jauh.
  4. Jika sudah berhasil masuk, nantinya situs akan melakukan scanning dan menampilkan data HP terhubung ke akun Google yang digunakan tersebut.
  5. Perhatikan Nama dan Tipe HP yang ditemukan, pastikan itu memang HP target yang ingin direset datanya.
  6. Untuk melakukan reset, kamu klik menu HAPUS PERANGKAT lalu konfirmasi dengan klik HAPUS dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  7. Selesai.

Catatan:
Cara ini akan membutuhkan perangkat tambahan untuk mengakses dan mereset HP jarak jauh, yakni HP Android lain atau PC/laptop.

2. Factory Reset HP Jarak Jauh dengan IMEI

Factory Reset HP Jarak Jauh dengan IMEI
Factory Reset HP Jarak Jauh dengan IMEI

Sementara untuk cara yang kedua ini bisa dilakukan jika kamu tahu IMEI yang dimiliki oleh HP yang ingin direset datanya. IMEI sendiri biasanya tertera di kotak HP (dosbuk) yang terdiri dari beberapa digit angka unik. Untuk HP dengan dukungan dual SIM, maka IMEI-nya ini ada 2 yakni IMEI SIM1 dan IMEI SIM2.

Sayangnya, untuk menerapkan cara ini kita bisa melakukannya sendiri. Melainkan membutuhkan bantuan pihak lain agar dapat melalukan pemblokiran sekaligus mereset data di dalam HP.

Dalam hal ini kita bisa meminta bantuan pihak Operator Seluler untuk melalukan pemblokiran dan reset HP android dari jarak jauh. Untuk melakukannya mereka menggunakan mesin CEIR yang merupakan sistem khusus yang dapat difungsikan untuk mendeteksi HP BM atau ilegal, sekaligus dapat melakukan pemblokiran.

Dengan cara ini HP androidmu yang hilang tidak akan bisa diakses data di dalamnya oleh orang yang mencuri atau menemukan HP tersebut. Sayangnya, kapasitas mesin CEIR masih sedikit dan belum tersebar merata di Indonesia.

3. Factory Reset HP Samsung Jarak Jauh

Untuk cara factory reset HP jarak jauh yang terakhir ini mirip cara kerjanya dengan cara pertama di atas. Namun, cara ini hanya bisa diterapkan hanya untuk menghapus semua data HP Samsung dari jarak jauh. Selain itu, syarat lainnya kamu harus sudah membuat dan mengaktifkan Samsung Account di HP Samsung yang ingin direset dari jarak jauh tersebut. Pastikan kamu masih ingat detail login Samsung Account ini agar dapat melakukan kontrol jarak jauh.

Adapun langkah-langkah mereset data HP Samsung dari jarak jauh dengan Samsung Find My Mobile selengkapnya, sebagai berikut:

Factory Reset HP Samsung Jarak Jauh
Factory Reset HP Samsung Jarak Jauh
  1. Langkah pertama kamu buka browser di HP lain atau PC/laptop.
  2. Kemudian kunjungi halaman Samsung Find My Mobile atau SmartThings Find Samsung.
  3. Pada halaman situs tersebut, kamu login menggunakan akun Samsung Account yang sama dengan yang digunakan di HP Samsung yang ingin direset dari jarak jauh. 
  4. Diasumsikan kamu sudah berhasil masuk ke akun Samsung. Nantinya situs akan melakukan scanning dan menemukan perangkat HP Samsung milikmu.
  5. Pilih tipe HP Samsung yang ditemukan dan ingin kamu reset datanya. Kemudian pilih menu Erase Data yang ada di pop up menu.
  6. Kemudian konfirmasi penghapusan data HP Samsung, maka proses reset akan berjalan.
  7. Selesai.

Cara ini mengharuskan kamu login ke Akun Samsung yang sama dengan yang digunakan di HP Samsung yang akan kamu reset datanya tersebut.

Itulah tadi cara factory reset HP android jarak jauh untuk semua merek HP yang mudah bisa kamu terapkan sendiri. Jika berkenan mohon bantuannya untuk membagikan artikel ini ke akun media sosial pribadi kalian agar saya tetap semangat menulis artikel menarik lainnya. Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk "3 Cara Factory Reset HP Jarak Jauh untuk Semua Merek"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-