Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghubungkan Shutterstock dengan Paypal Agar Bisa PO

Menghubungkan Shutterstock dengan Paypal - Meskipun merupakan cara dasar, namun masih banyak yang belum tahu cara hubungkan akun Paypal ke Shutterstock. Kebanyakan dari mereka merupakan pemain awam yang memang masih baru di dunia microstock. Tidak heran, saya pun waktu pertama kali main Shutterstock juga sempat kebingungan. Untungnya ada teman yang membimbing saya mengenai bisnis di Shutterstock. 

Menghubungkan Shutterstock dengan Paypal
Menghubungkan Shutterstock dengan Paypal

Menghubungkan akun Paypal ke Shutterstock ditujukan untuk memudahkan proses pencairan dana nantinya. Shutterstock menerapkan konsep Pay Out atau yang sering disingkat PO untuk cara pembayarannya. Jadi, uang akan ditransfer ke dompet atau rekening pengguna ketika saldo sudah mencapai atau melebihi nilai minimum PO. Salah satu metode pembayaran tersebut melalui akun Paypal. Agar uang segera ditransfer, kamu perlu menghubungkan Paypal ke akun Shutterstock terlebih dahulu. 

Di sini kamu perlu membuat akun Paypal pribadi melalui situs Paypal.com. Isi data diri yang sesuai hingga Paypal siap digunakan untuk mendapatkan pembayaran dari Shutterstock. Setelah berhasil membuat akun Paypal, sekarang kamu bisa hubungkan kedua akun tersebut. Berikut ini cara menghubungkan akun Shutterstock dengan Paypal selengkapnya bisa kamu coba terapkan. 

Cara Menghubungkan Shutterstock dengan Paypal Paling Mudah


Sebelum lanjut ke pembahasan cara menghubungkan Paypal ke Shutterstock, sebaiknya kamu ketahui dulu mengenai metode pembayaran di Shutterstock. Menarik uang dollar dari Shutterstock setidaknya bisa dilakukan dengan 4 metode, diantaranya: 

  • Metode Check
  • Metode Payoneer
  • Metode Paypal
  • Metode Skrill

Dari keempat cara penarikan dollar dari akun Shutterstock tersebut, metode Paypal bisa dibilang yang paling mudah. Karena itulah, kebanyakan pemain Shutterstock memilih metode tersebut sebagai cara pencairan saldonya. 

Untuk pembayaran via Paypal ini sendiri hampir sama dengan metode Payoneer dan Skrill. Kesamaan dari ketiganya yakni dari segi minimal PayOut atau PO, di mana uang bisa ditransfer jika sudah melebihi jumlah $35 atau sekitar Rp 500 ribuan. Sementara untuk metode Check, uang hanya bisa diambil jika sudah melebihi nilai minimal $500. 

Pilihan Metode Pembayaran dari Shutterstock


Metode Pembayaran dari Shutterstock
Metode Pembayaran dari Shutterstock
Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasan mengenai metode pembayaran dari Shutterstock tersebut, yakni:

1. Metode Check


Dari beberapa pengalaman, metode pembayaran Shutterstock via Check ini sangat jarang digunakan. Bagaimana tidak? Selain prosesnya yang agak rumit, juga butuh saldo besar agar bisa mencairkan dana dari Shutterstock. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, minimal PayOut jika menggunakan Check sebesar $500. Yakin bisa menghasilkan $500 per bulan di Shutterstock? 

Untuk pemain profesional mungkin angka tersebut cukup mudah untuk dicapai. Tetapi bagaimana untuk pemain baru? Saya sendiri belum bisa menyentuh angka tersebut untuk hitungan per bulan. Maklum masih newbie ☺

Memilih pembayaran Shutterstock via Check nantinya uang akan dikirimkan lewat POS. Sebenarnya tidak begitu bermasalah, hanya saja pasti butuh waktu lama agar dana sampai ke Indonesia. Kemungkinan akan membutuhkan waktu sekitar 1 minggu atau lebih agar uang sampai ke tanganmu. 

2. Metode Paypal


Tidak seperti metode Check, pembayaran via Paypal diklaim lebih cepat sampai ke tangan kita. Tidak membutuhkan waktu berhari-hari, uang sudah langsung masuk ke saldo Paypal. Syaratnya cuma satu, yakni kamu sudah harus punya akun Paypal sendiri. 

Banyak yang bilang jika menggunakan Paypal, maka akun Paypal sudah harus terverifikasi. Menurut saya itu tidak terlalu penting, karena akun Paypal yang belum atau tanpa verifikasi pun bisa digunakan untuk pencairan saldo dari Shutterstock. Hanya saja, untuk akun Paypal belum Verifikasi terdapat limit withdraw yakni sebesar $10.000 per bulan? Emangnya penghasilanmu di Shutterstock lebih dari angka tersebut? 

Menverifikasi akun Paypal memang banyak kelebihan yang bisa dinikmati oleh pengguna. Selain tidak diberi batas limit withdraw, akun juga bisa digunakan untuk transaksi. Seperti berbelanja di marketplace luar negeri, melakukan pembayaran dan lain sebagainya. Salah satu cara verifikasi Paypal yakni menggunakan VCC atau Virtual Credit Card. 

Butuh VCC untuk verifikasi akun Paypal dengan harga termurah? Hubungi saya via e-mail [email protected]. Tersedia VCC 2/3/4/5 tahun dengan harga yang bersaing pokoknya. Tidak perlu khawatir, VCC yang saya tawarkan dijamin aman dan sudah sangat terpercaya. 

3. Metode Payoneer


Sebenarnya metode pembayaran via Payoneer tidak jauh berbeda dengan Paypal. Menurut beberapa teman yang sudah pakai Payoneer, mereka mengaku metode pembayaran via payoneer mudah digunakan. Uang bisa langsung cair dan bisa ditarik ke rekening Bank Lokal dengan lebih cepat.

Tidak hanya itu saja, untuk menverifkasi akun Payoneer bisa dibilang lebih mudah, cepat dan gratis. Cara membuat akun Payoneer juga tidak sulit dan tidak membutuhkan syarat yang banyak. Tertarik menggunakan Payoneer untuk penarikan saldo Shutterstock?

4. Metode Skrill


Dan metode withdraw dari Shutterstock yang terakhir yakni via Skrill. Metode satu ini mengharuskan saldo sudah mencapai minimal $35 baru bisa ditarik. Untu metode Skrill saya sendiri kurang begitu faham, karena memang belum pernah menggunakannya. Mungkin untuk kalian yang ingin tahu lebih lanjut mengenai Skrill, bisa baca-baca langsung di Website resminya DISINI.

Langkah-Langkah Hubungkan Paypal ke Akun Contributor Shutterstock


Setelah mengetahui apa saja metode pembayaran yang disediakan di Shutterstock, sekarang lanjut ke pembahasan utama. Di sini akan saya ulas secara detail cara menyambungkan Shutterstock dengan Paypal, yakni:
  • Langkah yang pertama pastikan kamu sudah membuat akun Paypal pribadi
  • Paypal boleh tanpa verifikasi ataupun telah verifikasi. Agar lebih mudah, sebaiknya kamu hubungkan akun Paypal ke rekening Bank Lokal agar nantinya bisa ditarik ke rekening pribadi. 
  • Jika sudah, sekarang kamu login ke akun Contributor Shutterstock melalui browser. 
  • Selanjutnya kamu masuk ke menu Account Settings. Caranya dengan klik opsi Payout Detail yang ada di halaman dasboard akun (bisa dilakukan jika kamu belum pernah mengatur metode pembayaran). Atau bisa juga dengan mengarahkan kursor ke menu Profil yang ada di bagian kanan atas, kemudian klik pada opsi Account Settings

Hubungkan Paypal ke Akun Contributor Shutterstock

Hubungkan Paypal ke Akun Contributor Shutterstock
  • Pada halaman Account Settings, sekarang kamu fokus ke bagian Payout Information
  • Di sini kamu bisa memasukkan nama sesuai dengan nama di akun Paypal. Kemudian pada bagian Payout Method, kamu atur ke metode PayPal. Masukkan alamat email yang digunakan untuk akun PayPal ke bagian Payout Email. Dan terakhir pada bagian Minimum Payout kamu atur berapa minimal pembayarannya. Secara default minimal Payout PayPal sebesar $35.

Hubungkan Paypal ke Akun Contributor Shutterstock
  • Kalau sudah, sekarang simpan dengan cara klik tombol Save Settings
  • Selesai. 
Sebagai saran, sebaiknya kamu gunakan akun Paypal baru yang belum pernah dipakai di akun Shutterstock lain. Jika melanggar, maka tim Shutterstock akan mendeteksi dan kemungkinan besar akun Shutterstockmu akan diblokir atau banned.

Aturan Payout atau Pembayaran di Shutterstock Via PayPal


Aturan Payout di Shutterstock Via PayPal
Aturan Payout di Shutterstock Via PayPal
Penting untuk mengetahui apa saja peraturan yang sudah ditetapkan oleh Shutterstock perihal pembayaran via PayPal. Beberapa aturan dan ketentuan tersebut, antara lain: 

1. Perhitungan Payout


Jika menggunakan metode PayPal, proses pembayaran akan dilakukan sebulan sekali. Namun, dengan syarat setiap bulan akun Shutterstock sudah mencapai nilai minimal saldo. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, minimum saldo di Shutterstock agar bisa dicairkan ke PayPal sebesar $35. Kamu juga memungkinkan untuk mengatur nilai minimum payout tersebut sesuai keinginan. 

Mengenai siklus perhitungan payout ini sendiri tim Shutterstock akan menghitungnya secara otomatis. Jadi, tidak perlu memberitahu karena mereka akan langsung membayar jika saldo sudah melebihi jumlah minimum payout. 

2. Waktu Payout


Ketentuan dari Shutterstock bahwasannya pembayaran atau payout akan dilakukan antara tanggal 7 hingga 15. Dan pembayaran tersebut diberikan di bulan depan, terhitung setelah akun Shutterstock sudah mencapai nilai minimum payout. 

Jadi, misalnya pada tanggal 5 Juni kamu sudah mencapai nilai minimum payout. Maka pencairan uang ke PayPal akan dilakukan diantara tanggal 7-15 bulan Juli. Sudah jelas bukan? 

3. Proses Payout


Tidak perlu bingung soal proses Payout dari Shutterstock. Asalkan kamu sudah mendaftarkan akun PayPal, maka proses payout akan dilakukan secara otomatis. Jika pembayaran sudah berhasil, maka saldo di akun Shutterstock akan kembali direset menjadi Nol (0). 

Bagi kamu yang baru main Shutterstock, sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara menghubungkan Shutterstock dengan PayPal. Hal ini bertujuan untuk mempermudah proses pembayaran jika hasil karyamu laku keras di Shutterstock. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosialmu ya?
Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

2 komentar untuk "Cara Menghubungkan Shutterstock dengan Paypal Agar Bisa PO"

  1. Bang, kalau daftar PayPal harus menggunakan kartu kredit ya? Gk bisa pakai kartu debit?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sekedar daftar, gak paket kartu kredit pun bisa gan. Cuma statusnya nanti akun belum terverifikasi.

      Kalau mau full verifikasi bisa pake kartu kredit. Kartu debit juga bisa, tapi cuma berlaku untuk kartu debit BNI kayaknya. Lebih mudah verifikasinya paket Jenius aja gan

      Hapus