Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab dan Cara Fix Sinyal Hilang di Andromax E2 & E2 Plus

Cara Fix Sinyal Hilang di Andromax E2 & E2 Plus
Cara Fix Sinyal Hilang di Andromax E2 & E2 Plus

CahDeso.id - Sinyal Andromax E2 hilang ternyata cukup banyak dialami oleh pengguna. Sayangnya mereka tidak tahu cara mengatasi sinyal hilang di Andromax E2 dan E2 Plus tersebut. Alhasil, HP tidak bisa digunakan lagi untuk berkomunikasi seperti biasa. Kita tahu, sinyal menjadi hal paling penting pada sebuah HP agar bisa berfungsi maksimal. Terlebih lagi fungsi utama HP sebagai alat komunikasi.

Sinyal jaringan Andromax E2 dan E2+ yang hilang tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal. Baik karena ada komponen hardware yang rusak, sistem di HP bermasalah ataupun kesalahan fatal yang dilakukan oleh pengguna. Apapun penyebab sinyal Andromax E2 hilang tersebut, yang terpenting di sini adalah bagaimana cara untuk mengatasinya. Berikut ini cara mengatasi sinyal hilang pada Andromax E2 dan E2 Plus paling mudah yang bisa coba kamu terapkan.

Penyebab Sinyal Smartfren Andromax E2 dan E2 Plus Hilang

Sebelum lanjut ke cara fix sinyal hilang Smartfren Andromax E2 & E2 Plus, sebaiknya kamu ketahui dulu apa saja yang menjadi penyebabnya. Dengan demikian, kamu akan lebih mudah dalam melakukan perbaikan dan mencegah hal ini terulang kembali. Adapun hal-hal yang bisa menyebabkan sinyal Andromax E2 dan E2 Plus yang hilang selengkapnya, sebagai berikut:

1. Salah Melakukan Unlock GSM

Smartfren Andromax E2 dan Andromax E2 Plus dibekali dengan kartu khusus dari Smartfren. Kita tidak bisa menggunakan kartu provider lain selain Smartfren tersebut. Kecuali ada satu cara agar Andromax E2 dan E2 Plus bisa menggunakan kartu GSM, yakni dengan cara unlock GSM. Melakukan cara ini juga memungkinkan kamu bisa menikmati jaringan 4G LTE dari kartu GSM sehingga internetan terasa lebih cepat. 

Namun, jika salah melakukannya bisa-bisa membuat HP menjadi error. Salah satunya adalah sinyal jaringan di HP akan hilang dan kamu tidak bisa lagi mengakses internet, bahkan untuk sekedar nelpon dan SMS. Bisa saja file unlock GSM yang digunakan terdapat error atau bug.

2. Salah Melakukan Custom ROM

Melakukan custom ROM ditujukan untuk merasakan pengalaman lain saat menggunakan HP android. Cara ini bisa dilakukan di HP merek dan tipe apapun, termasuk di Andromax E2 dan E2 Plus. Dengan menggunakan custom ROM akan membuat tampilan HP akan berbeda dari biasanya, bahkan terlihat lebih unik.

Namun, menggunakan custom ROM abal-abal bisa meningkatkan risiko error pada sistem android. Hal ini juga bisa menjadi penyebab utama sinyal di HP Andromax E2 dan E2 Plus jadi bermasalah alias hilang.

3. Terjadi Error Sistem

Tidak ada produk HP yang sempurna, bahkan hingga sekarang ini. Terkadang ada masalah yang terjadi pada HP yang membuatnya tidak bisa berfungsi secara maksimal. Masalah error sistem android juga sering berimbas pada kondisi sinyal atau jaringan HP. Salah satunya membuat sinyal di HP hilang, termasuk di Andromax E2 dan Andromax E2 Plus.

4. Hardware HP Rusak

Selain dari sisi software, terkadang masalah error juga sering ditimbulkan oleh hardware HP yang rusak. Hardware yang berhubungan dengan sinyal misalnya, bisa saja rusak sehingga membuat HP tidak bisa menangkap sinyal jaringan yang ada.

Catatan: Masih ada beberapa penyebab lain yang bisa membuat sinyal di HP Andromax E2 dan E2 Plus hilang atau tidak muncul yang terkadang tidak bisa dijelaskan.

Cara Fix Sinyal Hilang di Andromax E2 dan Andromax E2 Plus

Cara Mengatasi Sinyal Andromax E2 & E2 Plus Hilang
Cara Mengatasi Sinyal Andromax E2 & E2 Plus Hilang

Setelah mengetahui beberapa penyebab sinyal tidak muncul di Andromax E2 dan E2 Plus di atas, sekarang kita lanjut ke cara untuk mengatasinya. Berikut ini cara fix sinyal hilag di Andromax E2 dan E2 Plus selengkapnya, yakni:

1. Restart HP Andromax E2 dan E2 Plus

Cara yang paling mudah untuk mengatasi HP Andromax E2 & E2 Plus sinyal tidak muncul yakni dengan melakukan restart. Meskipun mudah, cara satu ini biasanya cukup efektif untuk mengatasi masalah error di smartphone, termasuk sinyal hilang. 

Selain itu, restart HP juga akan membuat kinerjanya kembali normal dan responsif. Dikarenakan semua file cache dan sampah yang tersimpan di dalamnya akan dihapus.

2. Mengaktifkan Mode Pesawat

Selain melakukan restart HP android, cara lain untuk mengatasi sinyal error di Andromax E2 & E2 Plus yakni dengan mengaktifkan Airplane Mode. Caranya cukup swipe layar dari atas ke bawah untuk menampilkan status bar, kemudian klik pada icon Mode Pesawat atau AirPlane Mode. 

Tunggu beberapa saat, kemudian kamu matikan lagi Mode Pesawat tersebut. Biasanya dengan cara ini sinyal di HP akan muncul lagi. 

3. Mencari Lokasi Lain

Mungkin lokasi kamu saat ini memang tidak terjangkau sinyal dari Smartfren. Kalau begitu kamu bisa mencari lokasi lain yang sinyalnya lebih kuat sehingga HP bisa mendeteksinya dengan baik. 

Cobalah untuk mencari tempat yang agak tinggi atau lebih dekat dengan kota. Biasanya di lokasi seperti ini sinyal yang didapatkan HP akan lebih baik dan maksimal.

4. Mencari Jaringan Secara Manual

Jika ketiga cara di atas masih belum bisa mengembalikan sinyal Andromax E2 & E2 Plus yang hilang, maka cara satu ini bisa dijadikan alternatif. Kamu bisa melakukan pencarian jaringan seluler secara manual di HP. 

Untuk langkah-langkah mencari jaringan secara manual di Andromax E2 dan E2 Plus, sebagai berikut: 

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings di HP. 
  • Kemudian masuk ke opsi Koneksi atau Jaringan.
  • Pilih Jaringan Seluler, kemudian masuk ke opsi Operator Jaringan.
  • Selanjutnya bisa pilih opsi pencarian jaringan manual
  • Jika berhasil muncul, maka kamu bisa pilih jaringan tersebut dan sinyal akan kembali normal.

5. Setting APN di HP

Alternatif lain untuk mengembalikan sinyal Andromax E2 yang hilang yakni dengan melakukan setting APN secara manual. Ya, umumnya APN ini akan tersetting secara default oleh provider kartu seluler. Namun, terkadang ada masalah pada pengaturan default tersebut sehingga kamu perlu mengganti APN-nya tersebut.

Untuk langkah-langkah mengganti APN di Andromax E2 dan E2 Plus selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu masuk ke menu Pengaturan atau Settings.
  • Kemudian klik pada opsi Pengaturan Jaringan.
  • Selanjutnya kamu masuk ke menu Lainnya, kemudian klik pada opsi APN atau Nama Titik Akses.
  • Pilih opsi Buat APN Baru, dan isi bagian kolom yang tersedia seperti di bawah ini.

Nama: Smartfren

APN: smartfren

  • Jika sudah, kemudian kamu Simpan dan lakukan restart HP.

6. Lakukan Flash Andromax E2 & E2 Plus via TWRP

Cara fix sinyal Andromax E2 & E2 Plus yang hilang berikutnya yakni dengan melakukan flashing. Bukan melalui PC, melainkan flash HP Adromax E2 & E2 Plus menggunakan TWRP. Cara ini mungkin agak sedikit rumit, namun cukup efektif untuk mengatasi sinyal hilang di Andromax E2 yang hilang atau tidak muncul.

Sebelum melakukan flashing Andromax E2 & E2 Plus lewat TWRP, kamu perlu menyiapkan dulu beberapa bahannya, di antaranya:

Download File Modem 1&2 dan Non Hlos Ori Andromax E2 & E2 Plus

Pasang TWRP di Andromax

Jika kedua hal di atas sudah dipersiapkan, sekarang lanjut ke langkah flashingnya. Berikut ini langkah-langkahnya, yakni:

  • Pertama kamu matikan HP Andromax E2 atau E2 Plus seperti biasa. Pastikan baterainya masih tersisa banyak, minimal tersisa 60%.
  • Jika sudah, sekarang hidupkan lagi HP dengan menekan tombol Power + Volume Atas secara bersamaan selama beberapa detik. Jika sudah muncul logo Smartfren, kemudian kamu lepaskan tekanan pada tombol.
  • Nantinya kamu akan dibawa masuk ke menu Recovery TWRP dan siap melakukan flashing. Sekarang masuk ke opsi Wipe, kemudian pilih Factory Reset dan tunggu sampai prosesnya selesai.
  • Kalau sudah, sekarang masuk lagi ke menu utama TWRP. Pilih menu Install, kemudian cari dan pilih file yang sudah didownload di atas.
  • Tunggu sampai prosesnya selesai, kemudian lakukan Reboot System.
  • Selesai.

Dengan cara ini biasanya sinyal yang hilang di HP Andromax E2 dan E2 Plus akan muncul lagi dan kamu bisa menggunakannya seperti biasa.

7. Menggunakan Kode Rahasia

Sudah melakukan cara di atas tetapi tetap saja sinyal tidak mau muncul? Kalau begitu kamu bisa mencoba alternatif lanjutan satu ini, yakni menggunakan kode rahasia. Untuk cara melakukannya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu Panggilan atau Dial Up.
  • Kemudian ketik kode ini *#*#4636#*#*
  • Nantinya kamu akan dibawa ke tampilan baru di layar. Selanjutnya cek pada Radio/GSM. Cek apakah status Radio dalam keadaan On atau Off. Jika status Radio Off, maka kamu perlu menggantinya ke mode On. Biasanya dengan begini sinyal akan muncul lagi.
  • Jika Radio tidak bisa di ON atau Off, maka kamu perlu melakukan restore Qcn Andromax E2 atau E2 Plus. Kemudian coba lagi ubah Radio ke mode On.
  • Apabila masalahnya Radio/GSM sudah On, tapi sinyal tidak mau muncul, maka yang harus kamu lakukan adalah Searching Manual.

8. Ganti IC RF atau IC PA Andromax E2 & E2 Plus

Cara mendapatkan sinyal Smartfren yang hilang di Andromax E2 atau E2 Plus yang terakhir yakni dengan mengganti IC RF atau IC PA. Ya, penyebab lain dari hilangnya sinyal di Andromax E2 dan E2 Plus adalah karena IC FR atau IC PA-nya yang rusak. Bisa salah satu atau bahkan keduanya yang bermasalah, jadi kamu perlu mengganti.

Untuk mengetahui apakah masalah diakibatkan oleh IC RF atau IC PA, kamu bisa cek kekuatan sinyal menggunakan kode dial seperti di atas. Biasanya saat dicek akan muncul notif “0dbm 99asu”.

Untuk memasang IC PA atau IC RF Andromax E2 & E2 Plus ini bisa dibilang susah-susah gampang. Karena itulah, perlu kehati-hatian dalam pemasangannya. Jika memang tidak bisa, maka kamu bisa menyerahkannya ke tukang servis HP saja.

Itulah tadi beberapa cara fix sinyal hilang di Andromax E2 dan E2 Plus yang paling mudah dan efektif bisa kamu coba terapkan. Biar saya lebih semangat lagi, share artikel dari situs CahDeso.id ini ke akun media sosial pribadimu. Terima kasih dan Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk " Penyebab dan Cara Fix Sinyal Hilang di Andromax E2 & E2 Plus"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-