Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Transfer Kuota Telkomsel 5GB dan 10GB Gratis Tanpa Pulsa 2023

Cara Transfer Kuota Telkomsel 5GB dan 10GB Gratis
Cara Transfer Kuota Telkomsel 5GB dan 10GB Gratis

CahDeso.id - Banyak yang bertanya apakah ada cara transfer kuota Telkomsel ke sesama Telkomsel secara gratis tanpa biaya? Jawabannya tentu ada. Bahkan mengirim kuota Telkomsel tersebut bisa dilakukan dengan sangat mudah dan praktis. Kuota yang dikirim bervariasi, mulai dari 50MB, 500MB, 1GB, 3GB, 5GB, bahkan hingga 10GB. Cara ini bisa dipilih jika memang dalam keadaan darurat dan kamu butuh kuota untuk mengakses internet. 

Namun, untuk berbagi kuota Telkomsel ke sesama ini ada beebrapa syarat dan ketentuan yang harus kamu tahu dan penuhi. Jika tidak, tentunya transfer kuota kartu Telkomsel tidak akan bisa dilakukan. Bagi kamu yang masih belum tahu, berikut ini cara transfer kuota Telkomsel 5GB dan 10GB gratis tanpa pulsa terbaru 2023 bisa kamu terapkan. 

Tentang Layanan Transfer Kuota Internet Telkomsel

Layanan Transfer Kuota Internet Telkomsel
Layanan Transfer Kuota Internet Telkomsel

Telkomsel merupakan salah satu provider ternama yang ada di Indonesia, di mana ia memiliki banyak sekali pengguna setia. Salah satu alasannya adalah jaringan Telkomsel yang sangat luas, mampu menjangkau hingga ke pelosok desa. Bahkan beberapa daerah terpencil pun sekarang sudah bisa menikmati jaringan 4G tercepat dari Telkomsel. 

Alasan lainnya adalah layanan yang diberikan oleh Telkomsel sangat lengkap dan memanjakan pengguna. Salah satu layanannya adalah layanan transfer kuota internet, di mana sekarang ini menjadi yang paling banyak dinikmati. Dengan adanya layanan tersebut memungkinkan pengguna untuk mentransfer sejumlah kuota internet ke teman atau orang terdekat dengan sangat mudah.

Untuk sekarang ini, layanan transfer kuota Telkomsel hanya bisa dilakukan ke sesama kartu prabayar Telkomsel saja, seperti simPATI, Kartu AS, dan juga LOOP. Kuota yang bisa ditransfer minimal 50MB dan maksimal 500MB. Jadi, jika ingin mengirim kuota dengan jumlah yang lebih besar, maka perlu mengulanginya beberapa kali.

Bagaimana Cara Transfer Kuota Telkomsel Lebih dari 1GB bahkan 10GB?

Seperti yang dijelaskan di atas, berbagi kuota telkomsel bisa dilakukan dengan jumlah minimal 50MB dan maksimal 500MB untuk sekali kirim. Lantas, bagaimana jika ingin mentransfer kuota Telkomsel lebih dari 1GB? Misalnya saja kirim kuota hingga 5GB atau 10GB. 

Melansir dari halaman ketentuan layanan transfer kuota Telkomsel, di mana transfer kuota hanya bisa dilakukan sebanyak 6 kali dalam sehari. Itu artinya kuota yang bisa dikirimkan dari satu nomor Telkomsel maksimal hanya sampai 3GB dalam sehari. Jadi, jika kamu ingin mengirim kuota sebanyak 5GB, maka perlu dilakukan sebanyak 10 kali transfer dan ini bisa dilakukan selama 2 hari. 

Sementara untuk cara transfer kuota Telkomsel 10GB, maka butuh sebanyak 20 kali transfer. Dan untuk mencapai target transfer 10GB tersebut membutuhkan waktu hingga 4 hari, karena dalam sehari hanya dibatasi hanya 6 kali transfer kuota internet. 

Cara Transfer Kuota Telkomsel 5GB dan 10GB Tanpa Biaya

Setelah mengetahui ketentuan transfer data internet Telkomsel di atas, sekarang lanjut ke cara untuk transfernya. Sangat mudah kok, setidaknya ada 3 metode yang bisa kamu lakukan untuk bagi kuota Telkomsel ke sesama Telkomsel tersebut. Adapun cara transfer kuota Telkomsel tanpa biaya selengkapnya, sebagai berikut:

1. Kirim Kuota Internet Telkomsel Lewat Dial Up (USSD)

Metode yang pertama untuk transfer data Telkomsel yakni dengan melalui menu Diap Up ataupun UMB. Cara ini diklaim yang paling mudah dan praktis, kamu yang masih pemula pun bisa melakukannya. Ada dua cara yang bisa dilakukan dalam metode ini, di antaranya:

Cara 1 - Menggunakan Kode Dial *500*2#

  1. Langkah yang pertama kamu buka menu Dial Up atau Panggilan di smartphone.
  2. Kemudian ketik kode UMB *500*2# lalu tekan tombol Panggil.
  3. Nantinya akan muncul notifikasi pop up di layar, lanjutkan dengan pilih opsi 1. Ya.
  4. Kemudian kamu diminta untuk memasukkan nomor tujuan transfer kuota, kemudian klik Lanjut
  5. Sekarang kamu isi jumlah kuota yang ingin ditransfer. Minimal kuota yang ingin ditransfer sebesar 50MB dan maksimal 500MB, kemudian klik Lanjut.
  6. Konfirmasi transfer kuota internet Telkomsel dengan pilih opsi 1. Setuju.
  7. Nantinya akan ada SMS balasan dari pihak Telkomsel yang menyatakan kalau transfer kuota sudah berhasil dilakukan.

Seperti yang dijelaskan di atas, jika kamu ingin mengirim kuota lebih dari 500MB maka perlu mengulangi langkah transfer tersebut beberapa kali. Dan maksimal pengiriman kuota Telkomsel hanya 6 kali saja dalam satu hari.

Catatan:
cara transfer kuota lewat UMB di atas akan memotong pulsa sebesar Rp 5.000,- per transaksi. Sementara sisa pulsa setelah pengiriman harus ada minimal Rp 1.000,-. Dan juga masa aktif kuota minimal tersisa 4 hari agar bisa ditransfer.

Cara 2 - Menggunakan Kode Dial *363#

  1. Langkah yang pertama buka menu Dial Up atau Panggilan di smartphone.
  2. Kemudian ketik kode dial *363#, lalu tekan Panggil.
  3. Pada notifikasi pop up, kamu pilih opsi 5. Paket Lainnya lalu Kirim.
  4. Selanjutnya pilih opsi 7. Lainnya dan Kirim
  5. Kemudian kamu pilih opsi 4. Gift, lalu Kirim
  6. Sekarang kamu masukkan nomor Telkomsel tujuan yang ingin dikirim Hadiah Kuota Internet, kemudian Kirim.
  7. Selanjutnya kamu diminta untuk memilih jenis paket internet yang ingin dikirim ke nomor tadi sebagai hadiah atau gift. Konfirmasi pengiriman hadiah dan tunggu hingga kuota berhasil dikirim. 
  8. Nantinya akan ada SMS balasan dari Telkomsel yang menginformasikan kuota berhasil dikirim ke nomor tujuan.

Berbeda dengan cara yang pertama di atas, cara kedua ini sepenuhnya gratis tanpa ada potongan biaya atau pulsa. Kamu hanya perlu membayar sesuai harga paket data yang dikirim sebagai hadiah ke nomor tujuan tadi. 

Sementara masa aktif paket menyesuaikan jenis paket yang kamu pilih dan kirimkan. Jadi, kamu yang mencari cara transfer kuota Telkomsel gratis, maka bisa pilih cara kedua ini. 

Catatan:
Cara ini tidak membatasi jumlah kuota yang akan kamu kirimkan, melainkan menyesuaikan dengan jenis paket internet yang kamu beli dan kirim sebagai hadiah.

2. Kirim Kuota Internet Telkomsel Lewat Aplikasi MyTelkomsel

Metode yang kedua untuk mengirim kuota internet Telkomsel gratis tanpa biaya yakni dengan memanfaatkan aplikasi MyTelkomel. Langkah-langkahnya pun sama mudahnya, yang pasti cara ini tidak akan memotong pulsa alias gratis tanpa biaya transaksi.

  1. Langkah yang pertama kamu install aplikasi MyTelkomsel melalui Google Play Store. 
  2. Kemudian login ke akun MyTelkomsel dengan memasukkan nomor Telkomselmu.
  3. Pada halaman dasboard aplikasi, selanjutnya kamu klik pada menu Kirim Hadiah atau Send Gift.
  4. Selanjutnya masukkan nomor Telkomsel yang ingin dikirim kuota internet. Kemudian klik tombol Lanjutkan.
  5. Sampai di sini, kamu pilih paket data Telkomsel yang ingin dibeli dan dikirimkan ke nomor tujuan tadi. 
  6. Pada halaman berikutnya, kamu klik tombol Lanjutkan untuk mengonfirmasi pembelian paket internet. 
  7. Pilih metode pembayarannya, kemudian klik tombol Bayar.
  8. Nantinya akan ada notifikasi yang memberitahukan kalau kuota internet sudah berhasil dikirim sebagai hadiah.

Metode yang kedua ini membebaskan kamu ingin mengirim jumlah kuota berapa pun. Tidak seperti layanan transfer pulsa di metode pertama di atas, di mana hanya terbatas hingga 500MB saja dalam satu kali kirim kuota.

Untuk metode kirim kuota ini bisa menyesuaikan dengan paket internet yang tersedia, mulai dari 1GB, 2GB, 5GB, 10GB bahkan hingga 20GB ke atas. Harganya tentunya berbeda-beda dengan masa aktif full 30 hari atau sesuai ketentuan paket data. 

Selain melalui aplikasi MyTelkomsel, kamu juga menerapkan cara yang sama seperti di atas melalui situs MyTelkomsel. Langkah-langkahnya hampir sama, hanya saja kali ini dalam tampilan situs atau website.

3. Kirim Kuota Internet Telkomsel Lewat SMS

Untuk metode yang ketiga ini agak berbeda dengan beberapa di atas. Kali ini kamu bisa menggunakan layanan SMS untuk menstransfer kuota Telkomsel dengan mudah dan cepat. Sayangnya, cara tersebut hanya bisa dilakukan untuk mentransfer kuota internet Telkomsel Flash saja. 

  1. Pertama kamu buka menu Pesan di smartphone. 
  2. Pada kolom nomor tujuan, kamu isi dengan nomor 3636
  3. Sementara pada kolom isi SMS, kamu ketik dengan format TRF (spasi) jumlah kuota transfer (spasi) nomor tujuan transfer. Sebagai contohnya, TRF 100 08123456789
  4. Jika sudah, selanjutnya klik tombol Kirim.
  5. Nantinya akan ada SMS balasan yang menginformasikan pengiriman kuota berhasil dilakukan.

Catatan:
Jumlah kuota yang bisa dikirimkan terbatas hingga 500MB saja. Pastinya pulsamu cukup, karena akan ada biaya transaksi yang harus ditanggung.

Kesimpulan

Layanan transfer pulsa dari Telkomsel memungkinkan pengguna mengirim kuota mimal 50MB dan maksimal 500MB. Pengirimannya hanya terbatas hingga 6 kali transaksi dalam sehari alias maksimal hingga 3GB. Biaya transfer kuota sebesar Rp 5.000 /transaksi dengan sisa pulsa minimal Rp 1.000,- 

Jika kamu ingin dipotong pulsa atau biaya transaksi, maka bisa memilih metode ke-2 atau UMB *363# di atas. Pasalnya ini bukanlah layanan transfer kuota, melainkan layanan kirim hadiah, di mana pengguna tidak akan dikenai biaya admin atau transaksi. Hanya perlu membayar sesuai harga paket yang ingin dikirim sebagai hadiah. Terima kasih dan salam dari anak desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk " Cara Transfer Kuota Telkomsel 5GB dan 10GB Gratis Tanpa Pulsa 2023"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-