Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Akun LinkedIn Premium Gratis Terbaru 2023

Cara Membuat Akun LinkedIn Premium Gratis Terbaru
Cara Membuat Akun LinkedIn Premium Gratis Terbaru

CahDeso.id - Meskipun terbilang mudah, namun ternyata masih banyak yang belum tahu cara membuat akun LinkedIn gratis. Daftar akun LinkedIn bisa dengan mudah dilakukan di berbagai jenis perangkat, baik itu PC/laptop maupun smartphone. Langkah-langkahnya terbilang mudah, hanya butuh waktu 5 menit akun LinkedIn sudah berhasil kamu buat. 

Seperti yang kita tahu, akun LinkedIn terdiri dari 2 jenis, yakni Akun Basic dan Akun Premium. Untuk yang basic memungkinkan untuk dimiliki oleh semua orang secara gratis. Sementara yang versi premium sifatnya langganan dan pengguna harus membayar biaya langganan tersebut. Meskipun berbayar, namun akan ada banyak manfaat dan fitur keren yang bisa kamu nikmati di akun LinkedIn berbayar atau premium tersebut.

Banyak yang bertanya kepada saya, apakah bisa akun LinkedIn Basic diubah menjadi akun LinkedIn Premium tanpa harus membayar? Jawabannya tentu bisa. Kamu bisa menikmati semua fitur di akun LinkedIn Premium tanpa harus berlangganan alias gratis. Bagaimana caranya? Berikut ini cara membuat akun LinkedIn Premium gratis terbaru yang bisa coba kamu terapkan.

Perbedaan Akun LinkedIn Basic dan Langganan Premium LinkedIn

Sebelum lanjut ke cara bikin akun LinkedIn jadi premium gratis, sebaiknya kamu ketahui dulu apa perbedaan dari kedua versi akun tersebut. Dengan mengetahuinya, nanti kamu bisa menentukan apakah lebih baik menggunakan akun basic atau upgrade ke akun premium. Adapun perbedaan akun LinkedIn gratis dan premium selengkapnya, bisa dilihat di bawah ini.

Akun Basic LinkedIn

Akun basic atau gratis merupakan versi dasar akun LinkedIn yang bisa dinikmati oleh semua orang tanpa harus membayar. Mereka bisa membuat profil pribadi dan meningkatkan eksistensi profesional secara online di LinkedIn. Ada beberapa keuntungan yang bisa didapat oleh pemilik akun basic LinkedIn, di antaranya:

  1. Bisa membangun identitas pribadi secara profesional di website.
  2. Bisa terhubung dengan rekan kerja atau teman sekolah secara online.
  3. Bisa membangun dan memelihara jaringan profesional dalam skala besar dan terpercaya.
  4. Bisa memberikan sekaligus meminta rekomendasi terhadap sesuatu. 
  5. Menemukan dan melihat profil pengguna LinkedIn lain dengan mudah dan cepat.
  6. Bisa menerima pesan InMail secara unlimited. 
  7. Menyimpan pencarian hingga 3 search, kemudian mendapatkan laporan mingguan tentangnya. 

Akun Langganan Premium LinkedIn

Berbeda dengan akun basic, untuk bisa menikmati akun premium kamu harus membayar dengan sejumlah dana yang ditentukan. Pengguna akun premium akan mendapatkan manfaat yang lebih besar dibandingkan akun basic.

Fitur-fiturnya juga lebih lengkap, mulai dari fitur pencarian kerja, pencarian bakat, penjualan prodesional, premium career, sales navigator, recruite lite, premium business, dan juga LinkedIn learning. Sangat lengkap bukan?

Cara Membuat Akun LinkedIn Gratis Terbaru 2023

Sangat mudah sebenarnya untuk membuat akun LinkedIn gratis, khususnya melalui perangkat PC atau laptop. Sebelum beralih ke akun premium LinkedIn, kamu perlu membuat dulu akun basic. Setelah jadi, nantinya kamu bisa mengubah akun Linkedin jadi premium dengan mengikuti beberapa instruksinya. 

Adapun langkah-langkah daftar akun LinkedIn gratis terbaru selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu kunjungi situs LinkedIn melalui LINK INI.
  • Pada halaman utama situs LinkedIn, selanjutnya kamu klik menu Bergabung Sekarang yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan. 
Cara Membuat Akun LinkedIn Gratis
Gambar 1 Cara Membuat Akun LinkedIn Gratis
  • Pastikan kamu sudah punya akun e-mail jika ingin mendaftar akun LinkedIn. Bisa juga menggunakan akun Gmail yang sudah dimiliki sebelumnya. 
  • Pada halaman ini, kamu isi alamat e-mail dan juga password untuk akun LinkedIn-nya. Jika sudah, selanjutnya klik tombol Setuju & Bergabung.
Cara Membuat Akun LinkedIn Gratis
Gambar 2 Cara Membuat Akun LinkedIn Gratis
  • Selanjutnya kamu diminta untuk mengisi Nama depan dan Nama Belakang. Isi sesuai keinginan, kemudian klik Lanjutkan.
  • Setelah itu, kamu tentukan Negara dan Kota tempat tinggal-mu. Kemudian klik tombol Berikutnya.
Cara Membuat Akun LinkedIn Gratis
Gambar 3 Cara Membuat Akun LinkedIn Gratis
  • Pada halaman berikutnya ini kamu diminta untuk memasukkan informasi tentang pekerjaanmu. Mulai dari posisi pekerjaan, jenis pekerjaan, nama perusahaan, hingga jenis industri. Jika kamu seorang Mahasiswa atau Pelajar, maka bisa klik opsi Saya Mahasiswa. Klik Lanjutkan jika sudah.
Cara Membuat Akun LinkedIn Gratis
Gambar 4 Cara Membuat Akun LinkedIn Gratis
  • Sekarang kamu cek Kotak Masuk di e-mail yang digunakan untuk mendaftar akun linkedIn tadi. Buka pesan yang masuk dari LinkedIn dan masukkan kodenya di halaman Konfirmasi email. Jika sudah, kamu klik tombol Setuju & Konfirmasi.
Cara Membuat Akun LinkedIn Gratis
Gambar 5 Cara Membuat Akun LinkedIn Gratis
  • Kamu akan ditawari untuk mencari pekerjaan baru. Jika tidak, maka bisa klik Tidak Sekarang
  • Pada halaman ini kamu bisa mengimpor kontak dari e-mail yang terhubung ke LinkedIn. Jika tidak menambahkan kontak emial, maka klik Lewati.
Cara Membuat Akun LinkedIn Gratis
Gambar 6 Cara Membuat Akun LinkedIn Gratis
  • Kamu juga bisa mengikuti atau Follow orang-orang yang terhubung di LinkedIn sesuai rekomendasi dari pihak LinkedIn. Klik Lewati jika tidak ingin mengikuti siapa pun. 
  • Sekarang kamu diminta untuk menambahkan Foto Profil akun LinkedIn. Klik Tambah Foto kemudian cari dan pilih foto yang diinginkan, kemudian jadikan foto profil. Klik Lanjutkan jika sudah.
Cara Membuat Akun LinkedIn Gratis
Gambar 7 Cara Membuat Akun LinkedIn Gratis
  • Di sini kamu juga bisa menambahkan nomor HP ke akun LinkedIn. Untuk lebih cepat, klik saja tombol Lewati.
  • Pada halaman ini kamu diberi rekomendasi akun LinkedIn untuk diikuti. Klik tombol Selesai, maka akun LinkedIn gratis sudah berhasil dibuat.

Catatan:
Akun LinkedIn yang dibuat tersebut merupakan versi Basic alias Gratis. Butuh beberapa proses lagi jika kamu ingin mengupgrade akun LinkedIn ke versi Premium. 

Cara Mendaftar Akun LinkedIn Premium Gratis Terbaru

Mungkin kalian sudah sangat penasaran bagaimana cara mudah menjadikan akun LinkedIn premium gratis alias tanpa bayar. Setidaknya ada 2 metode yang bisa kamu lakukan untuk cara ini. Tidak perlu khawatir, karena cara untuk membuat akun premium gratis LinkedIn tesebut sangat mudah. 

1. Paket Uji Coba LinkedIn Premium Gratis 1 Bulan

Pihak LinkedIn sangat mengerti kebutuhan dari para pengguna setianya. Mereka menghadirkan fitur uji coba akun premium LinkedIn secara gratis selama 30 hari penuh. Paket ini dihadirkan dengan tujuan meyakinkan pengguna akan banyaknya manfaat dan fitur dari versi akun premium tersebut.

Jika dalam masa percobaan kamu tertarik untuk terus menggunakan akun LinkedIn premium, maka bisa lanjut membayar di bulan berikutnya sesuai paket yang dipilih. Untuk langkah-langkah menikmati akun LinkedIn premium gratis selama 1 bulan tersebut, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu kunjungi situs LinkedIn dan login ke akun yang sudah dibuat tadi. 
Paket Uji Coba LinkedIn Premium Gratis 1 Bulan
Gambar 8 Paket Uji Coba LinkedIn Premium Gratis 1 Bulan
  • Pada halaman Feed LinkedIn, kamu klik menu Saya yang ada foto profil di atasnya. 
  • Kemudian pilih opsi Pengaturan & Privasi
  • Pada bilah kiri tampilan, kamu klik pada opsi Preferensi Akun. Kemudian klik Langganan dan Pembayaran yang ada di bawah opsi tersebut. 
  • Pada bilah kanan, kamu klik tombol Ubah yang ada di sebelah kanan opsi Upgrade Gratis.
Paket Uji Coba LinkedIn Premium Gratis 1 Bulan
Gambar 9 Paket Uji Coba LinkedIn Premium Gratis 1 Bulan
  • Selanjutnya kamu pilih paket yang sesuai dengan keinginanmu. Ikuti petunjuk yang ditampilan di layar hingga akun LinkedIn Premium gratis 1 bulan berhasil diaktifkan.

Catatan:
Apabila kamu tidak ingin lanjut berlangganan saat sudah lewat 1 bulan, maka lakukan pembatalan uji coba akun premium setidaknya 1 hari sebelum masa percobaan berakhir. Jika tidak, maka nantinya kamu akan dikenai biaya tagihan langganan.

Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui dan perhatikan jika ingin menikmati paket uji coba akun LinkedIn premium, di antaranya:

  1. Pengguna wajib memasukkan nomor kartu kredit pribadi.
  2. Masa uji coba akun premium selama 1 bulan penuh, terhitung setelah paket tersebut diaktifkan. Jika sudah masa uji coba berakhir, secara otomatis pengguna akan dikenai biaya tagihan ke kartu kredit terdaftar. 
  3. Jika tidak ingin dikenai biaya tagihan, kamu harus membatalkan uji coba akun premium setidaknya 1 hari sebelum masa berlakunya habis. Konfirmasi tanggal tagihannya melalui halaman Pengaturan Premium.
  4. Penghitungan waktu uji coba berdasarkan zona waktu Universal Time Coordinated atau UTC. 
  5. Biaya tagihan disesuaikan dengan aktivasi paket langganan yang dipilih saat mencoba paket premium.
  6. Jika sudah pernah mengaktifkan paket uji coba gratis, maka kamu tidak akan bisa lagi menikmati uji coba gratis lagi selama waktu 12 bulan.
  7. Kalau sudah melewati waktu 1 tahun, baru kamu bisa menggunakan uji coba langganan premium gratis lagi.

2. Cara Membuat Akun LinkedIn Jadi Premium Gratis

Kalau cara di atas memberikan kamu masa penggunaan akun LinkedIn premium gratis selama 1 bulan, beda lagi dengan cara yang kedua ini. Kamu akan diberikan masa penggunaan fitur premium LinkedIn secara gratis selama 3 bulan penuh. Untuk langkah-langkah mengaktifkannya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu kunjungi situs Visual Studio melalui LINK INI.
Cara Membuat Akun LinkedIn Jadi Premium Gratis
Gambar 10 Cara Membuat Akun LinkedIn Jadi Premium Gratis
  • Pada halaman utama situs, kamu klik tombol Sign In (logo orang) yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan.
  • Login menggunakan akun Microsoft pribadi. Jika masih belum punya, maka kamu perlu mendaftar akun Microsoft terlebih dahulu. Tenang saja, gratis kok. 
Cara Membuat Akun LinkedIn Jadi Premium Gratis
Gambar 11 Cara Membuat Akun LinkedIn Jadi Premium Gratis
  • Diasumsikan kamu sudah berhasil masuk, sekarang kamu klik pada opsi Use Your Benefit yang ada di bawah informasi akun.
  • Pada halaman ini kamu klik opsi Join Visual Studio Dev Essential Program. Kemudian klik tombol Confirm untuk melakukan konfirmasi. 
Cara Membuat Akun LinkedIn Jadi Premium Gratis
Gambar 12 Cara Membuat Akun LinkedIn Jadi Premium Gratis
  • Di sana akan ditampilkan beberapa produk premium gratis dari Visual Studio. Karena tujuannya untuk mendapatkan premium LinkedIn, kamu klik tombol Activate yang ada di bagian bawah produk LinkedIn Learning
  • Selanjutnya kamu akan dibawa ke situs LinkedIn, pastikan kamu sudah login sebelumnya. Kemudian aktifkan kode LinkedIn Learning gratis dengan klik Activate your Offer
  • Sebagai pelengkap, kamu akan diminta untuk mengisi beberapa informasi
  • Jika berhasil, nantinya di halaman akun LinkedIn-mu akan terdapat fitur Learning dan juga tulis Premium di atas nama akun LinkedIn.

Itulah tadi cara membuat akun LinkedIn gratis beserta cara mendaftar akun LinkedIn premium gratis. Dukung terus situs CahDeso.id supaya lebih berkembang dengan cara share artikelnya ke akun media sosial pribadimu. Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk " Cara Membuat Akun LinkedIn Premium Gratis Terbaru 2023"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-