Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengubah Default Browser di HP Android (OPPO, Samsung, VIVO, dll)

Cara Mengubah Default Browser di HP
Cara Mengubah Default Browser di HP

CahDeso.id - Sedang mencari cara mengubah default browser di HP android? Sebenarnya sangat mudah melakukannya, baik itu di HP OPPO, Samsung, Vivo, Huawei, Asus, Advan, Lenovo, Xiaomi, Realme, Redmi dan merek HP lainnya. Hanya saja, memang belum semua pengguna tahu cara untuk mengganti default browser di smartphone android tersebut. 

Tidak perlu bingung, karena pada artikel kali ini saya akan membahasnya untuk kalian semua. Di sini akan saya jelaskan secara lebih terperinci sehingga mudah untuk dipahami dan diterapkan. Kamu bebas menentukan browser mana yang ingin dijadikan browser default di HP android. Baik itu browser Google Chrome, UC Browser, UC Mini, Opera, Samsung Internet atau yang lain sebagainya. 

Langkah-langkahnya sangat mudah, bahkan kamu yang masih awam pun bisa melakukannya tanpa kendala. Selain default browser, kamu juga memungkinkan untuk mengubah aplikasi default lain di HP dengan fungsinya masing-masing. Daripada semakin penasaran, berikut ini cara mengganti default browser di HP android yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan.

Tujuan Mengatur Default Browser di HP Android

Sebelum lanjut ke cara mengubah defualt browser di android, sebaiknya kamu ketahui dulu apa saja tujuan untuk melakukan hal tersebut. Tentunya ada banyak alasan yang mendasari pengguna mengatur browser bawaan di HP android tersebut, di antaranya:

  1. Untuk memudahkan pengguna menggunakan browser tertentu. Misalnya menggunakan browser Google Chrome atau yang lainnya tanpa harus melakukan pemilihan secara manual terlebih dahulu.
  2. Mengakses internet dengan lebih cepat. Kita tahu masing-masing browser punya keunggulan tersendiri, termasuk dalam hal kecepatan akses. Dengan mengatur sebuah browser sebagai browser default, kamu akan lebih nyaman saat mengakses internet lewat sebuah link tautan. Di mana link tersebut akan langsung dibuka lewat browser yang dijadikan sebagai default.
  3. Praktis dan hemat waktu. Seperti yang disinggung di atas, dengan menjadikan aplikasi sebagai browser default, kamu tidak perlu memilih lagi browser secara manual. Mengakses sesuatu lewat link tautan akan langsung mengarah ke browser default yang dipilih. 

Cara Mengubah Default Browser di HP Android Semua Merek dan Tipe

Masing-masing brand menyematkan pengaturan yang berbeda-beda untuk produk smartphonenya, termasuk untuk urusan mengatur browser default. Misalnya saja cara mengatur default browser di HP OPPO akan berbeda dengan cara pengaturan di HP Samsung dan yang lainnya. 

Namun kalian tidak perlu khawatir, karean di bawah ini akan saya bahas satu per satu untuk masing-masing merek HP android. Adapun cara ganti default browser di HP android semua tipe selengkapnya, sebagai berikut:

1. Cara Mengganti Default Browser di HP OPPO

Cara yang pertama ini bisa kamu terapkan di HP brand OPPO untuk semua tipe. Langkah-langkahnya sangat mudah, kamu bisa melakukannya melalui menu Settings atau Setelan yang ada di dalamnya. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

Cara Mengganti Default Browser di HP OPPO
Cara Mengganti Default Browser di HP OPPO
  • Langkah yang pertama kamu masuk ke menu Settings atau Setelan
  • Kemudian klik pada opsi Manajemen Aplikasi
  • Selanjutnya kamu pilih opsi Aplikasi Bawaan atau Apli Bawaan
  • Di sana akan ada beberapa pilihan untuk mengatur Aplikasi Default Sistem. Karena tujuan kita di sini adalah mengatur default browser, maka kamu klik pada opsi Browser
  • Kemudian kamu pilih browser yang ingin dijadikan sebagai browser default sistem. Misalnya pilih Google Chrome atau jenis browser lain yang kamu install di smartphone OPPO. 
  • Kalau sudah, selanjutnya kamu klik Ganti Browser. Secara otomatis browser default sudah bisa kamu ubah sesuai keinginan. 

Cara di atas bisa kamu terapkan di semua tipe HP OPPO, mulai dari OPPO A71, OPPO A83, OPPO A3s, OPPO A5s, Oppo A7s, dan tipe HP OPPO lainnya. 

2. Cara Mengganti Default Browser di HP Samsung

Hampir sama dengan cara pengaturan di HP OPPO di atas, kamu bisa mengatur browser default di HP Samsung lewat menu Pengaturan atau Settings. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

Cara Mengganti Default Browser di HP Samsung
Cara Mengganti Default Browser di HP Samsung
  • Langkah yang pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings di HP Samsung. 
  • Kemudian scroll ke bawah dan pilih opsi Aplikasi
  • Klik pada ikon tiga titik yang ada di pojok kanan atas tampilan, kemudian klik pada opsi Aplikasi Default.
  • Selanjutnya kamu pilih opsi Aplikasi Browser.
  • Sekarang tentukan aplikasi browser mana yang ingin kamu jadikan sebagai browser default di HP Samsung. Misalnya saja memilih Google Chrome atau aplikasi browser yang terinstall lainnya. 
  • Secara otomatis aplikasi browser yang dipilih tadi akan digunakan sebagai browser default. 

Cara di atas saya terapkan di HP Samsung Galaxy M11 dengan OS Android 10 terbaru. Sementara di HP Samsung tipe lain kemungkinkan tidak berbeda jauh dengan cara di atas. Baik itu di HP Samsung Galaxy A Series, Samsung Galaxy J Series, Samsung Galaxy M Series, Samsung Galaxy S Series dan seri HP Samsung lainnya. 

3. Cara Mengganti Default Browser di HP Xiaomi

HP Xiaomi umumnya menggunakan MIUI sebagai antarmukanya, di mana ada banyak fitur keren yang bisa kamu temukan. Di HP Xiaomi tersebut kamu juga memungkinkan untuk mengatur App Default di dalamnya, termasuk untuk browser yang digunakan. Mengenai langkah-langkah ganti browser bawaan Xiaomi selengkapnya, yakni:

Cara Mengganti Default Browser di HP Xiaomi
Cara Mengganti Default Browser di HP Xiaomi
  • Langkah yang pertama kamu buka menu Settings atau Setelan di HP Xiaomi. 
  • Selanjutnya masuk ke opsi Apps, lalu pilih opsi Manage Apps
  • Pada halaman manajemen aplikasi tersebut, kamu klik ikon tiga titik yang ada di pojok kanan atas tampilan. Kemudian kamu pilih opsi Default Apps
  • Sekarang kamu berada di halaman untuk mengatur aplikasi default. Untuk mengatur default browser, kamu klik pada opsi Browser
  • Selanjutnya kamu pilih salah satu browser yang terinstall di HP Xiaomi dan ingin kamu gunakan sebagai default browser. 

Dengan cara di atas, browser bawaan Xiaomi akan berhasil diubah ke browser lain yang kamu install sebelumnya. Cara ini bisa kamu terapkan di semua tipe HP Xiaomi dan Redmi dengan dukungan MIUI 12, MIUI 11, MIUI 10, MIUI 9, MIUI 8, MIUI 7 atau yang lebih baru. 

4. Cara Mengganti Default Browser di HP VIVO

Agak berbeda dengan tipe HP android dari brand di atas, kali ini akan saya jelaskan cara mengubah browser bawaan pada HP VIVO semua tipe. Langkah-langkahnya pun terbilang sangat mudah dan simpel, yakni:

Cara Mengganti Default Browser di HP VIVO
Cara Mengganti Default Browser di HP VIVO

  • Langkah yang pertama kamu buka menu Pengaturan atau Setting di HP VIVO.
  • Kemudian masuk ke opsi Pengelola Izin.
  • Selanjutnya kamu klik pada opsi Aplikasi Default
  • Ada beberapa opsi untuk mengatur aplikasi default di sana, kamu piliha saja opsi Browser
  • Selanjutnya kamu pilih browser yang ingin kamu jadikan sebagai browser default.

Sangat mudah dan sederhana, kamu tidak akan mengalami kesulitan untuk mengubah browser default di HP VIVO ini. 

5. Cara Mengganti Default Browser di HP Realme

Realme bisa dibolang sebagai pendatang baru di dunia smartphone. Meski demikian, Realme berhasil bersaing dengan brand-brand smartphone besar lain dengan mendapatkan nilai penjualan yang cukup tinggi untuk produk smartphone androidnya. Kali ini akan dijelaskan cara untuk mengubah browser bawaan di HP Realme yang mudah dan praktis. Berikut ini langkah-langkahnya, yakni:

Cara Mengganti Default Browser di HP Realme
Cara Mengganti Default Browser di HP Realme

  • Langkah yang pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings di HP Realme.
  • Kemudian masuk ke opsi App Management.
  • Pada halaman tersebut, kamu pilih opsi Default App
  • Untuk mengatur browser yang akan digunakan sebagai default, kamu pilih opsi Browser App.
  • Sekarang kamu pilih browser yang ingin dijadikan sebagai default.

Cara di atas bisa kamu terapkan di HP Realme semua tipe, baik itu, Realme C2, Realme C3, Realme C5, Realme 5 & 5i, Realme 7 & 7i, Realme 8 & 8 Pro dan tipe Realme lainnya.

Trik Cepat Mengganti Browser Default di HP Android Semua Tipe

Agak berbeda dengan cara di atas, kali ini akan saya jelaskan cara singkat mengatur browser default di HP android semua tipe. Cara ini berlaku untuk semua tipe HP android dari semua brand. 

Namun, untuk melakukan alternatif satu ini syaratnya kamu sudah menetapkan browser tertentu untuk dijadikan browser bawaan atau default. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

Trik Cepat Mengganti Browser Default di HP Android
Trik Cepat Mengganti Browser Default di HP Android

  • Langkah yang pertama kamu tekan dan tahan pada icon aplikasi browser yang sudah dijadikan browser default sebelumnya. Misalnya saja Google Chrome atau yang lainnya.
  • Setelan ditekan dan tahan agak lama, nantinya akan muncul beberapa opsi di atasnya. Kamu pilih saja opsi Info Aplikasi
  • Scroll ke bawah, kemudian klik pada opsi Aplikasi Browser.
  • Selanjutnya kamu pilih browser lain yang ingin kamu jadikan browser default. 
  • Selesai.

Langkah di atas juga bisa kamu jadikan cara menjadi Google Chrome sebagai browser default di HP android. Atau bisa juga jenis browser lain yang sudah kamu install lewat Google Play Store sebelumnya. 

Itulah tadi cara mengubah default browser di HP android semua merek dan tipe yang paling mudah dan praktis bisa kamu terapkan. Agar saya lebih semangat lagi membuat kontak artikel menarik, share artikel di situs CahDeso.id ini ke akun media sosial pribadi kalian. Terima kasih dan Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk " 5 Cara Mengubah Default Browser di HP Android (OPPO, Samsung, VIVO, dll)"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-