Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Titik-titik di Daftar Isi pada Ms. Word Supaya Lurus

Cara Membuat Titik-titik di Daftar Isi pada Ms. Word
Cara Membuat Titik-titik di Daftar Isi pada Ms. Word

CahDeso.id - Membuat daftar isi yang rapi merupakan hal paling penting dalam penyusunan makalah, laporan prakerin, skripsi atau dokumen serupa lainnya. Biasanya di dalam daftar isi terdapat titik-titik yang di ujung kanannya terdapat nomor halaman dari pembahasan tersebut. Titik-titik di daftar isi haruslah lurus di ujung kanannya agar terlihat lebih rapi dan tidak mengganggu tampilan. Untuk skripsi atau laporan prakerin, hal ini tidak boleh diabaikan karena bisa menentukan lolos tidaknya dokumen tersebut. 

Sayangnya, masih belum banyak yang tahu trik untuk membuat titik-titik di daftar isi Word supaya lurus dan rapi. Tidak perlu khawatir, karena pada artikel kali ini saya akan memberikan cara mudah untuk membuat titik daftar isi yang lurus di Ms. Word tersebut. Sangat sederhana, bahkan kamu yang masih pemula pun bisa melakukannya. Berikut ini cara membuat titik daftar isi pada Ms Word agar rapi dan lurus selengkapnya. 

Cara Membuat Titik-titik di Daftar Isi Word Supaya Lurus

Sebenarnya sangat mudah untuk bikin titik-titik pada daftar isi yang rapi dan lurus, baik di Microsoft Word 2007, Word 2010, Word 2013 ataupun Word 2016. Namun, pada pembahasan kali ini akan saya jelaskan cara membuat titik-titik pada daftar isi Word 2010. Untuk versi Ms. Word lainnya hampir sama, mungkin peletakan menunya saja yang berbeda. 

Adapun langkah-langkah untuk membuat titik-titik di daftar isi pada Microsoft Word 2010 selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu buka Microsoft Word 2010 seperti biasa. Atau bisa langsung membuat dokumen laporan prakerin atau skripsi yang ingin dibuat daftar isinya. 
  • Pada halaman daftar isi, pastikan kamu sudah menyusun daftarnya sesuai halaman pada dokumen. 
  • Jika sudah, sekarang blok semua teks yang ada di dalam daftar isi tersebut, kecuali judul daftar isi.
Cara Membuat Titik-titik di Daftar Isi Word 2010
Gambar 1 Cara Membuat Titik-titik di Daftar Isi Word 2010
  • Selanjut kamu klik dan tahan pada ruler atau penggaris yang ada di bagian atas dokumen yang terdapat anga dari 1 dan seterusnya. Pastikan di sana sudah muncul batas untuk Tab dan kamu atur posisinya sesuai keinginan.
  • Batas Tab tadi merupakan batas untuk titik-titik daftar isinya nanti. Di sini saya contohkan batasnya ada di nomor 15 pada ruler atau penggaris.
Cara Membuat Titik-titik di Daftar Isi Word 2010
Gambar 2 Cara Membuat Titik-titik di Daftar Isi Word 2010
  • Jika sudah, selanjutnya kamu klik 2 kali pada batas Tab tersebut, maka akan muncul jendela baru di layar.
  • Pada jendela tersebut kamu bisa melakukan pengaturan. Pada bagian Aligment kamu atur ke opsi Left (jika penomorannya nanti ingin dibuat rata kiri). Sementara untuk bagian Leader, pastikan Anda memilih opsi nomor 2 (titik-titik)
  • Kalau sudah, selanjutnya kamu klik tombol Set dan klik tombol OK.
Cara Membuat Titik-titik di Daftar Isi Word 2010
Gambar 3 Cara Membuat Titik-titik di Daftar Isi Word 2010
  • Sekarang letakkan kursor pada salah satu daftar isi, lalu Tekan tombol Tab pada keyboard. Secara otomatis titik-titik akan muncul sampai di batas yang ditentukan tadi. Lakukan hal yang sama pada semua list yang ada di daftar isi tersebut. 
  • Dan terakhir kamu tinggal menambahkan nomor halaman sesuai yang terlampir di dalam dokumen. 
Cara Membuat Titik-titik di Daftar Isi Word 2010
Gambar 4 Cara Membuat Titik-titik di Daftar Isi Word 2010
  • Selesai.

Mudah sekali bukan cara membuat titik-titik di daftar isi pada Ms Word di atas? Kamu sekarang tidak perlu lagi membuat titik-titik secara manual yang hasil belum tentu lurus dan rapi.

Catatan:
Cara di atas saya terapkan di Microsoft Word versi 2010. Saat saya coba terapkan di Microsoft Word 2007 ternyata sama saja caranya. Sama juga di versi Word yang lebih tinggi, yakni Ms. Word 2013 dan 2016.

Itulah tadi cara membuat titik-titik daftar isi lurus di Microsoft Word yang paling mudah dan praktis. Dukung situs CahDeso.id agar semakin berkembang dengan share artikel ini ke akun media sosial pribadimu. Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk " Cara Membuat Titik-titik di Daftar Isi pada Ms. Word Supaya Lurus"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-