Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti Email Blog di Blogger Versi Baru (Blogspot)

Cara Mengganti Email Blog
Cara Mengganti Email Blog

CahDeso.id - Mungkin karena alasan tertentu sehingga kamu ingin mengganti email blog lama ke email baru. Cara mengganti email blog di blogger ini sebenarnya sangat mudah, bahkan kamu yang masih pemula pun bisa melakukannya tanpa kendala. Sayangnya, memang belum semua pengguna tahu tentang penggantian email di blogspot ini. Khususnya mereka yang masih baru berkecimpung di dunia blogger, mereka bahkan tidak tahu kalau email blogger bisa diganti. 

Saya membuat artikel ini karena cukup banyak yang menghubungi saya dan bertanya soal cara tersebut. Akhirnya berinisiatif lebih baik dibuat artikel saja supaya lebih jelas dan semua bisa membacanya dengan lebih mudah. Mengenai cara memindahkan blog ke akun email baru di blogger selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini. 

Tentang Akun Blogger, Subdomain Blogspot dan Custom Domain

Sebelum lanjut ke cara mengganti email blog di blogger versi baru, sebaiknya kamu ketahui dulu apa itu akun blogger, subdomain blogspot dan juga custom domain. Hal ini bertujuan agar kamu lebih paham soal seluk beluk blogger. Dan yang paling utama agar lebig mudah memahami cara penggantian akun blogger di sebuah blog.

Informasi Seputar Akun Blogger

Blogger merupakan salah satu layanan dari Google yang dikhususkan untuk para pembuat website atau blog. Blogger memungkinkan untuk diakses secara gratis oleh semua orang. Syaratnya mereka hanya harus punya akun email atau akun Google, di mana akun ini bisa dibuat secara gratis pula.

Saya rasa semua orang sudah tahu cara membuat email baru di Gmail atau Google. Terlebih sekarang ini akun email atau akun Google tersebut menjadi hal wajib yang harus dimiliki jika kamu pengguna smartphone android. Diasumsikan kamu sudah punya akun email untuk mengakses blogger tersebut.

Untuk mengakses Blogger kamu bisa melalui alamat www.blogger.com di browser, baik Google Chrome, Mozilla Firefox atau yang lainnya. Di dalam satu akun Blogger tersebut, pengguna bebas membuat blog berapapun jumlahnya dan semuanya gratis.

Hanya saja, nama blog yang kamu buat nantinya akan ada imbuhan blogspot.com atau blogspot.co.id di bagian belakangnya. Kenapa demikian? Ini ini merupakan subdomain gratis yang disediakan Google. Misalnya saja namanya congwafi.blogspot.com, di mana imbuhan blogspot.com tersebut akan tertera secara otomatis.

Informasi Seputar Subdomain Blogspot di Blogger

Di atas sudah disinggung soal subdomain blogspot, mungkin kamu sudah agak paham sedikit tentang itu. Ya, subdomain blogspot merupakan blog turunan gratis di blogger yang bisa digunakan oleh semua orang. Jadi, kamu tidak perlu membeli domain berbayar hanya untuk sekedar membuat blog pribadi. Hanya saja, nama blog yang dibuat nantinya akan ada imbuhan kata blogspot.com di bagian belakangnya. 

Subdomain blogspot ini sendiri bisa kamu buat secara gratis, berapapun jumlahnya. Dan menariknya, kamu hanya butuh satu akun blogger saja untuk menampung banyak blogspot tersebut. Saya sendiri pernah membuat 100 blogspot di satu akun blogger dan masih aman-aman saja.

Informasi Seputar Custom Domain

Berbeda dengan subdomain blogspot, untuk custom domain ini kamu perlu mengeluarkan sedikit biaya. Kamu perlu membeli domain berbayar dari situs penyedia layanan domain khusus untuk nantinya dicustom di blogger. Lebih gampangnya kamu hanya menyewa ekstensi domain dan hostingnya masih menggunakan layanan gratis blogger. 

Untuk custom domain ini sendiri, kamu bisa menentukan sendiri nama serta ekstensi yang ingin digunakan. Baik itu menggunakan ekstensi .com, .net, .id, .info, .xyz, .me atau yang lain sebagainya. Dengan demikian, embel-embel blogspot.com bisa kamu hilangkan dan diganti ekstensi sesuai pilihanmu tersebut. 

Masih berlaku sama seperti subdomain blogspot, kamu memungkinkan untuk menaruh banyak blog custom domain di satu akun blogger saja. Hanya saja, untuk sewa domain mengharuskanmu untuk membayar tahunan. Ada banyak sekali penyedia domain yang bisa kamu pilih, mulai dari Google Domain, RumahWeb, Niagahoster, JagoanHosting, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara Mengganti Email Blog di Blogger Versi Terbaru 2022

Setelah mengetahui sedikit ulasan di atas, sekarang kita lanjut ke pembahasan utama yakni cara untuk ganti email blog di blogger tampilan baru. Pada tahun lalu Google memang merubah tampilan Blogger secara total sehingga sangat berbeda dengan versi lama. Hal ini membuat beberapa pengguna cukup kebingungan mengenali fitur-fitur barunya. 

Tenang saja, karena kali ini akan saya bahas secara detail cara mengganti akun blogger di sebuah blog tersebut. Cara ini berlaku untuk blog subdomain blogger maupun blog custom domain. Adapun cara mengganti alamat email blog di Blogger versi baru selengkapnya, sebagai berikut:

Langkah 1 - Invite Email Baru

  • Langkah yang pertama kamu kunjungi halaman Blogger di broser. 
  • Kemudian login menggunakan akun blogger atau email lama yang berisi blog yang ingin diganti emailnya. 
  • Diasumsikan kamu sudah berhasil login ke akun blogger. Sekarang buka blog yang ingin kamu ubah akun emailnya ke akun email lain. 
Invite Email Baru
Gambar 1 Invite Email Baru
  • Selanjutnya masuk ke menu Setelan atau Settings yang ada di bilah kiri tampilan.
  • Scroll ke bawah di bilah kanan tampilan hingga menemukan opsi Izin. Kamu klik pada bagian Undang Lebih Banyak Penulis yang ada di bawah opsi tersebut. 
Invite Email Baru
Gambar 2 Invite Email Baru
  • Kemudian ketik alamat email baru atau akun blogger baru yang ingin digunakan. Jika sudah, selanjutnya kamu klik tombol Kirim.

Langkah 2 - Terima Invite Blog di Email Baru

Terima Invite Blog di Email Baru
Gambar 3 Terima Invite Blog di Email Baru

  • Sekarang kamu buka akun email baru yang dikirimi undangan akses blog tadi. Cek pada bagian kotak masuk, kemudian klik pada undangan blog yang diterima. Pada isi email tersebut, kamu klik tombol Terima Undangan.
Terima Invite Blog di Email Baru
Gambar 4 Terima Invite Blog di Email Baru
  • Nantinya kamu akan dibawa ke halaman Blogger untuk mulai menerima undangan. Pada halaman tersebut kamu klik tombol MASUK jika memang masih belum login Blogger.
  • Kemudian klik lagi tombol Terima Undangan, maka secara otomatis blog tadi sudah bisa kamu akses di email baru.

Langkah 3 - Mengubah Email Baru Sebagai Admin Blog

  • Belum selesai sampai di situ, kamu perlu mengubah akun email baru menjadi admin blog. Pasalnya saat ini akun email baru statusnya masih sebagai penulis blog. 
  • Kamu masuk lagi ke akun Blogger lama dan buka blog yang akan dipindahkan ke email baru tadi.
Mengubah Email Baru Sebagai Admin Blog
Gambar 5 Mengubah Email Baru Sebagai Admin Blog
  • Masuk lagi ke menu Setelan atau Settings yang ada di bilah kiri tampilan. 
Mengubah Email Baru Sebagai Admin Blog
Gambar 6 Mengubah Email Baru Sebagai Admin Blog
  • Scroll di bilah kanan hingga menemukan opsi Izin. Klik pada opsi Admin dan Penulis Blog.
  • Pada notifikasi pop up, kamu klik tombol dropdown dengan tulisan Pengarang di bagian kanan email baru tadi. Kemudian ubah statusnya menjadi Admin.
Mengubah Email Baru Sebagai Admin Blog
Gambar 6 Mengubah Email Baru Sebagai Admin Blog
  • Jika sudah, selanjutnya kamu klik tombol X yang ada di sebelah kanan email lama. Cara ini untuk menghapus kontribusinya di blog tadi dan sekarang admin sepenuhnya dipegang oleh akun email baru.
  • Klik tombol Simpan untuk menyimpan pengaturan admin tersebut.

Dengan cara ini kamu sudah berhasil memindahkan blog ke akun blogger lain atau akun email lain. Email lama tadi tidak akan bisa lagi mengakses blog yang sudah dipindahkan ke akun Blogger baru tersebut.

Buat Blog Wordpres Mudah untuk Pemula (bisa untuk blog pribadi, toko online, company profile dan lain sebagainya). Cek Di Sini

Catatan:
Cara ini berlaku untuk semua jenis blog di Blogger, baik itu blog subdomain blogspot ataupun blog custom domain (domain berekstensi berbayar).

Bagaimana Cara Memindahkan Blog di Akun Email yang Lupa Password?

Kasus ini menjadi pertanyaan banyak orang dan sebagian dari mereka gagal untuk mendapatkan kembali blog yang ada di akun blogger yang lupa kata sandi tersebut. Tidak hanya password email, mereka juga lupa dengan alamat email yang digunakan untuk blog tersebut, baik itu Gmail maupun Yahoo Mail. 

FYI, dulu Blogger juga bisa diakses menggunakan akun Yahoo Mail. Akan tetapi untuk sekarang ini seperti sudah tidak berlaku lagi, karena saya pun juga punya akun Blogger dengan email dari Yahoo dan tidak bisa diakses lagi. 

Untuk permasalahan memindahkan blog yang ada di Blogger yang lupa email dan password, sepertinya tidak ada cara lain selain harus login dulu ke akun email tersebut. Jika kamu masih mengingat alamat email-nya, maka bisa mencoba melakukan Forgot Password. Gunakan beberapa alternatif bantuan yang disediakan sampai kamu bisa login ke dalamnya. 

Jika sudah berhasil login, selanjutnya kamu lakukan cara seperti di atas untuk memindahkan blog tersebut ke akun email baru. Sangat mudah bukan?

Itulah tadi cara mengganti email blog di Blogger versi baru yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan. Agar saya lebih semangat lagi menulis di blog ini, bantu untuk share artikel di situs CahDeso.id ke akun media sosial pribadimu. Terima kasih dan Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

13 komentar untuk "Cara Mengganti Email Blog di Blogger Versi Baru (Blogspot)"

  1. Saya sudah menggantinya, tetapi baru saja saya coba alihkan kembali kenapa tidak bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya favicon akan berubah setidaknya 1x24 jam, tunggu aja gan

      Hapus
  2. terimakasih untuk informasinya. sangat membantu saya. saya sangat berterimakasih. Tuhan memberkati

    BalasHapus
  3. Email yang saya gunakan untuk mendaftar blog adalah email A1, kemudian saya menambahkan author baru dengan email B2. Setelah itu email B2 saya jadikan sebagai Admin, kemudian email A1 saya hapus, dan setelah itu saya tidak bisa mengakses blog saya lagi. Mohon bantuannya. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya jelas gak bisa akses lagi gan,, kan kepemilikan blog sudah diambil alih oleh email B2.
      mengakses blog tersebut hanya bisa melalui email B2 saja.

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sudah coba undang, saya kirim undangan ke email a, dan masuk undangan ke email a, tapi masuk undangan di email a, yg di undang jd email b...mohon solusi

      Hapus
    2. mungkin masnya login ke akun masing-masing di browser utama Google Chrome.
      Coba kirim undangan lagi ke email a, lalu login ke email a via incognito atau browser lain

      Hapus
  5. Akhirnya...bisa juga. Sangat bermanfaat. Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah berkunjung, senang bisa membantu gan

      Hapus
Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-