Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambahkan Website ke Google Webmaster Tools Baru

CahDeso.id -  Sebagai blogger kalian harus paham bagaimana cara mendaftarkan website ke Google Webmasters atau Google Search Console. Cara ini dilakukan agar situs kita bisa muncul dengan cepat di Search Engine Google khususnya. Sayangnya, tidak banyak yang tahu cara menambahkan website ke Google Webmaster Tools ini. Akhirnya, situs atau website sangat susah untuk bersaing di pencarian Google. Dan yang terjadi situs sepi dari yang namanya pengunjung. 

Cara Menambahkan Website ke Google Webmaster
Cara Menambahkan Website ke Google Webmaster

Seperti yang kita tahu, Google Search Console punya tampilan baru sehingga fitur-fiturnya pun mengalami perubahan. Termasuk untuk fitur penambahan website, di mana langkah-langkahnya agak berbeda dibandingkan versi sebelumnya. Di tampilan baru Google Webmaster Tools atau Search Console ini banyak blogger yang masih belum tahu cara menambahkan website atau situs tersebut. Tidak perlu khawatir, karena pada artikel kali ini saya sudah membahasnya tata caranya untuk kalian semua. Berikut cara menambahkan website ke Google Webmasters selengkapnya.

Cara Menambahkan Website ke Google Webmaster Tools Terbaru 2020

Di tampilan baru Google Search Console ini memang memberikan banyak sekali perubahan pada sistem penggunaannya. Kalau dulu, menambahkan website ke Google Search Console bisa dengan menempelkan HTML Tag ke template situs. Selain itu, bisa juga dengan menunggah file khusus ke hosting agar situs bisa diverifikasi oleh Google. 

Namun, pada tampilan Google Webmasters baru ini agak berbeda untuk penambahan situs dan cara verifikasinya. Yang saya maksud di sini penambahan situs custom TLD atau yang memiliki ekstensi, seperti .com, .net, .id dan lain sebagainya. Kalau untuk blog yang memakai sub domain blogspot, tidak perlu verifikasi yang ribet. Tinggal tambahkan, maka blog akan langsung terdaftar tanpa harus verifikasi lagi. 

Kalau hanya menambahkan saja mungkin semua blogger sudah tahu. Tapi bagaimana cara untuk verifikasi website di Google Search Console tersebut? Mudah kok. Berikut ini cara menambahkan website ke Google Search Console beserta cara verifikasinya, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu kunjungi situs Google Webmaster melalui alamat ini >> google.com/webmaster
  • Selanjutnya klik tombol SIGN IN yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan.
  • Pastikan kamu login menggunakan akun Google pribadimu. 
  • Kalau sudah berhasil masuk ke halaman Google Search Console, sekarang tinggal menambahkan website-nya. Caranya klik tombol Dropdown yang ada di pojok kanan atas, kemudian klik opsi Add Property
  • Akan muncul jendela pop up baru. Masukkan alamat website yang ingin ditambahkan pada bagian Domain (New). Alamat domain tidak boleh disertai www, apalagi http. Cukup tulis biasa, misalnya saja “idresep.com”. 
  • Kalau sudah, selanjutnya klik tombol Continue.
Cara Menambahkan Website ke Google Seach Console
Gambar 1 Cara Menambahkan Website ke Google Seach Console
  • Nantinya akan muncul lagi jendela pop up untuk melakukan verifikasi kepemilikan domain yang didaftarkan tadi. Di sini kamu bisa memilih opsi verifikasi Any DNS provider. Artinya kamu bisa menverifikasi situs melalui DNS record pada domain. Biarkan tampilannya seperti ini dulu dan beralih ke situs penyedia domain. 
Gambar 2 Cara Verifikasi Website ke Google Seach Console via DNS Record
Gambar 2 Cara Verifikasi Website ke Google Seach Console via DNS Record
  • Di sini kamu perlu mengunjungi situs penyedia domain tempat kamu membeli domain yang didaftarkan tadi. Misalnya saja di sini saya membeli domain di Niagahoster
  • Login ke akun Niagahoster kemudian masuk ke menu Pengaturan Domain yang ingin ditambahkan ke Google Search Console tadi. Selanjutnya masuk ke opsi DNS Management
Cara Verifikasi Website ke Google Seach Console via DNS Record
Gambar 3 Cara Verifikasi Website ke Google Seach Console via DNS Record
  • Selanjutnya klik Add Record, maka muncul jendela pop up untuk menambahkan record baru. Sebelumnya pastikan kamu sudah meng-copy TXT Record melalui halaman Google Search Console tadi.
  • Pada halaman Add Record tersebut, kolom Record Type kamu ubah ke opsi TXT Record. Kemudian Paste TXT Record dari Google Search Console tadi pada bagian Text Data. Selanjutnya klik Save Record.
Cara Verifikasi Website ke Google Seach Console via DNS Record
Gambar 4 Cara Verifikasi Website ke Google Seach Console via DNS Record
  • Kembali lagi ke halaman Google Search Console, kemudian kamu klik tombol Verify. Jika berhasil, nantinya akan muncul jendela pop up berwarna hijau yang menyatakan verifikasi kepemilikan domain berhasil dilakukan. 
Cara Verifikasi Website ke Google Seach Console via DNS Record
Gambar 5 Cara Verifikasi Website ke Google Seach Console via DNS Record
Sudah menambahkan TXT Record di DNS management domain tapi domain tidak bisa diverifikasi? Jangan langsung bingung karena hal ini memang sudah biasa terjadi. Google butuh waktu untuk mencari data dari TXT Record yang kamu tambahkan di DNS domain tersebut.

Jadi, solusinya jika memang tidak bisa diverifikasi, kamu klik dulu tombol VERIFY LATER. Dan lakukan verifikasi ulang di lain waktu, paling tidak 1x24 jam. Untuk cara verifikasinya sangat mudah, yakni dengan masuk ke Google Search Console >> klik tombol Dropdown di pojok kiri atas >> klik alamat domain yang ingin diverifikasi. Secara otomatis Google akan menverifikasi domain tersebut. 

Catatan
Di atas adalah cara verifikasi domain melalui DNS Record. Selain itu, ada beberapa cara verifikasi lain yang disediakan di sana. Sayangnya,  opsi yang disediakan tetap sama, yakni verifikasinya hanya menggunakan TXT record. 

Manfaat Google Search Console Bagi Blogger

Sebagai tambahannya, di sini saya akan menjelaskan secara singkat apa saja manfaat dari Google Webmasters atau Google Seach Console bagi blogger. Manfaat yang didapat tidak hanya untuk situs, melainkan juga untuk hal lain. Adapun manfaat atau kegunaan Google Search Console tersebut, antara lain:

1. Menemukan Kata Kunci Populer

Di Google Search Console terdapat fitur untuk mengetahui keyword terpopuler untuk situs-mu. Di sini akan ditampilkan keyword atau kata kunci apa saja yang paling banyak digunakan oleh pengunjung untuk menuju ke website-mu. 

Tidak hanya kata kunci saja, tetapi juga jumlah klik dari kata kunci yang menuju ke website-mu tersebut. Dari sini bisa mengetahui mana saja kata kunci yang paling efektif untuk SEO website-mu. 

2. Analisis Halaman Situs

Di Google Search Console juga memungkinkan kamu mengetahui mana saja halaman yang paling populer dan banyak dikunjungi. Dengan demikian, halaman tersebut bisa kamu kembangkan kata kunci turunannya agar semakin banyak pengunjung yang datang ke situs-mu. 

3. Analisis Perangkat dan Lokasi Datangnya Pengunjung

Kegunaan lain dari Google Search Console yakni untuk mengetahui jenis perangkat yang digunakan oleh pengunjung. Mungkin itu perangkat mobile,desktop atau tablet. Di sana juga akan tertera berapa persentase untuk pengguna masing-masing perangkat tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa mengetahui dari mana saja pengunjung yang datang ke website-mu. Di sana sudah tertera jelas dari mana saja pengunjung yang datang. 

4. Untuk Mengecek Kompatibilitas Situs di Perangkat Mobile

Di Google Search Console terdapat fitur yang diberi nama Mobile Usability. Fitur ini memungkinkan digunakan untuk mengetahuia kompatibilitas website saat diakses melalui perangkat mobile. 

Fitur ini tentu sangat penting di era modern seperti sekarang ini. Karena sebagian besar pengunjung lebih sering menggunakan perangkat mobile dibandingkan desktop. 

5. Mengetahui Situs Perujuk

Backlink merupakan salah satu opsi penting untuk sebuah situs. Di mana backlink tersebut bisa berpengaruh besar terhadap sebuah situs. Ada dua jenis dampak yang bisa diberikan oleh sebuah backlink, yakni meningkatkan kualitas website di mata Google dan bisa juga sebaliknya. 

Dengan Google Search Console kamu bisa melakukan analisis terhadap backlink yang menuju website-mu tersebut. Nantinya kamu bisa mengontrol backlink mana saja yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan menuju website-mu. 

6. Mengecek Broken Link di Website

Menyertakan link ke luar memang sangat penting untuk meningkatkan kualitas halaman website. Tetapi, terkadang ada saja link yang mati atau dikenal dengan broken link. Jika dibiarkan tentunya ini akan memberikan dampak buruk terhadap website. 

Karena itulah sebaiknya segera lakukan perbaikan pada link yang rusak website tersebut. Agar lebih mudah, kamu bisa melakukan pemeriksaan broken link melalui Google Search Console ini. 

7. Identifikasi Keamanan Website

Persaingan di dunia blogger sudah pasti ada, karena itulah kamu harus lebih sigap dalam menanggapi hal ini. Kabar baiknya Google Search Console sudah menyediakan fitur untuk mengidentifikasi masalah keamanan pada website. 

Temukan masalah keamanan yang terjadi di website-mu, kemudian lakukan perbaikan dengan segera. Tidak perlu ribet mencari, karena jika memang ada masalah keamanan, Google akan memberi peringatan melalui Google Search Console ini.

8. Melakukan Submit Sitemap

Submit sitemap bisa dibilang sangat penting bagi sebuah website. Melalui sitemap ini nantinya akan membantu Google untuk melakukan crawling pada sebuah website. Dengan demikian, proses identifikasi pada website akan berlangsung lebih cepat dan halaman website bisa tayang di Google Search Engine lebih cepat pula. 

Mudah bukan cara menambahkan website ke Google Webmaster Tools di atas? Ini merupakan cara terbaru yang bisa kamu lakukan agar domain dapat diverfikasi di Google Serach Console. Jangan lupa share informasi dari CahDeso.id ini ke akun media sosial pribadimu. Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk " Cara Menambahkan Website ke Google Webmaster Tools Baru"