Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Hapus Game Instan di Game Launcher Samsung

Cara Hapus Game Instan di Game Launcher Samsung
Cara Hapus Game Instan di Game Launcher Samsung

CahDeso.id - Cara Hapus Game Instan di Game Launcher Samsung. Game Launcher merupakan aplikasi bawaan Samsung yang difungsikan untuk mengelola pemainan atau game di smartphone. Di Game Launcher tersebut kamu tidak hanya bisa menemukan game yang diinstall dari Google Play Store saja. Di sini juga ada yang namanya fitur Instant Plays yang akan menampilkan game-game seru yang bisa langsung dimainkan tanpa install. Game yang sudah dimainkan biasanya akan muncul di halaman depan aplikasi.

Terkadang hal ini dianggap cukup mengganggu oleh beberapa pengguna Samsung. Ingin menghapus game Instan Plays tersebut dari halaman dasboard, akan tetapi tidak tahu caranya. Tidak perlu bingung, karena pada artikel kali ini saya akan membahasnya secara lengkap. Berikut ini cara menghapus pemainan instan di Game Launcher Samsung selengkapnya. 

Apa Itu Game Instant Plays?

Sebelum lanjut ke cara hapus game instan yang ditambah di layar depan Game Launcher, sebaiknya kamu ketahui dulu apa itu Game Instant Play. Instant Plays merupakan fitur baru dari Samsung yang disematkan di dalam Game Launcher. Instant Plays saat ini masih dalam tahap Beta, dikarenakan memang masih belum lama ini dihadirkan.

Fungsi dari Instant Plays yakni untuk menampung game-game seru yang nantinya bisa pengguna mainkan secara instan. Maksudnya, kamu tidak perlu menginstal game tersebut secara manual. Game akan secara otomatis bisa kamu mainkan secara langsung dari dalam Game Launcher Samsung tersebut.

Game yang disediakan di Instant Plays ini cukup beragam dan terdiri dari berbagai genre. Kamu bebas ingin memainkan game mana pun dari daftar yang sudah disediakan, pastinya ini semua gratis tanpa harus membayar. Samsung akan terus menambahkan game-game seru di Instant Plays tersebut. 

Ini tentunya bisa dijadikan pilihan bagi kamu yang mencari cara main game tanpa install di HP Samsung. Yang perlu diketahui, main game di Instant Plays Game Launcher ini mengharuskan kamu terhubung ke jaringan internet. Pasalnya, semua game yang disediakan tersebut berbasis online.

Cara Hapus Game Instan di Game Launcher HP Samsung

Saat kamu memainkan salah satu game di Instant Plays di dalam Game Launcher, secara otomatis game tersebut akan muncul di layar depan aplikasi. Game ini akan berdampingan dalam satu list dengan game yang kamu install melalui Google Play Store. Hanya saja, untuk Game Instan ini terdapat tanda khusus seperti ikon petir berwarna kuning. 

Tampilnya Game Instan di layar utama Game Launcher ini terkadang membuat kita agak terganggu. Ingin menghapusnya, tetapi tidak tahu bagaimana cara melakukan hal tersebut. Terlebih lagi, game tersebut juga membuat kapasitas Game Launcher menjadi semakin besar. Memori internal HP yang kecil pasti akan keberatan dengan hal ini. 

Solusi untuk menimimalkan lagi ukuran dari Game Launcher Samsung yakni dengan menghapus Game Instan yang pernah dimainkan tersebut. Kita tahu game instan yang dimainkan akan meninggalkan data dan itu dibutuhkan jika kamu ingin memainkannya lagi di lain waktu. Sayangnya ini bisa membuat memori HP cepat penuh dan membuatnya lemot.

Setidaknya ada 2 cara untuk menonaktifkan Game Instan di Game Launcher yang muncul setelah dimainkan. Kedua cara tersebut sama mudahnya dilakukan, bahkan bagi kamu yang masih awam. Untuk langkah-langkah selengkapnya, sebagai berikut: 

1. Menyembunyikan Game Instan dari Layar Depan

Cara yang pertama ini bukan untuk menghapus data game instan yang pernah dimainkan dan muncul di layar depan Game Launcher. Jadi, hal ini tidak akan berpengaruh terhadap kapasitas dari Game Launcher yang semakin membesar tersebut. 

Berikut ini cara sembunyikan game instan dari layar depan Game Launcher selengkapnya, yakni:

Menyembunyikan Game Instan dari Layar Depan
Gambar 1 Menyembunyikan Game Instan dari Layar Depan

  • Langkah yang pertama kamu buka Game Launcher di HP Samsung seperti biasa. 
  • Di layar depan kamu akan menemukan list game yang dimasukkan ke Game Launcher dan game instan yang pernah dimainkan. 
  • Selanjutnya klik pada bagian opsi Terkini untuk melihat lebih rinci list game yang ada di Game Launcher. 
  • Untuk menyembunyikan game instan, kamu geser tombol slider ke arah kiri pada bagian Tampilkan Permainan Instan.
  • Secara otomatis game instan yang sebelumnya tampil di Game Launcher, sekarang sudah disembunyikan atau dihilangkan.
  • Selesai.

Catatan:
Game Instan tersebut hanya akan disembunyikan, sama sekali tidak akan menghapus data dari game yang tersimpan di Game Launcher. 

2. Menghapus Data Game Instan Lewat Pengaturan

Kalau yang kamu inginkan menghapus semua data game instan yang tersimpan di Game Launcher, alternatif kedua ini bisa diterapkan. Cara ini akan menghapus semua data dari game tersebut sehingga kapasitas Game Launcher akan kembali seperti semua. Untuk menghapusnya kamu bisa melalui menu Pengaturan atau Settings. 

Adapun langkah-langkah menghapus data game instan dan menghilangkan dari layar depan Game Launcher di Samsung selengkapnya, yakni:

Menghapus Data Game Instan Lewat Pengaturan
Gambar 1 Menghapus Data Game Instan Lewat Pengaturan

  • Langkah yang pertama kamu buka menu Pengaturan di HP Samsung. 
  • Kemudian masuk opsi Aplikasi
  • Selanjutnya cari dan klik pada aplikasi Game Launcher.
  • Kemudian masuk ke opsi Penyimpanan
  • Dan Terakhir klik Hapus Memori dan Hapus Data
  • Sekarang kamu cek dengan membuka Game Launcher. Game instan yang sebelumnya muncul di layar depan aplikasi sekarang sudah hilang atau terhapus.
  • Selesai.

Cara Menonaktifkan Game Launcher di HP Samsung

Seperti yang dijelaskan di atas, Game Launcher merupakan aplikasi bloatware di HP Samsung yang fungsinya untuk mengoptimalkan game. Di sini kamu bisa mengelola data game dengan lebih mudah, mempercepat game, hingga mengetahui waktu bermain dari sebuah game.

Namun, beberapa pengguna kurang suka dengan yang namanya Game Launcher tersebut. Sehingga mereka ingin menghapus Game Launcher dari perangkat Samsung miliknya. Lantas, bagaimana cara hapus Game Launcher di HP Samsung tersebut? Ada dua cara untuk menghapus Game Launcher dari layar menu dan layar depan Samsung, yakni:

Cara 1 - Langsung dari Layar Menu

Cara Menonaktifkan Game Launcher di HP Samsung
Gambar 1 Cara Menonaktifkan Game Launcher di HP Samsung
  1. Langkah yang pertama kamu masuk ke layar menu HP dan di sana kamu melihat berbagai menu aplikasi yang terinstall di HP Samsung.
  2. Tekan dan tahan pada aplikasi Game Launcher yang ada di layar menu tersebut. 
  3. Kemudian pilih opsi Nonaktifkan.
  4. Konfirmasi penonaktifan aplikasi Game Launcher dengan tekan OK.

Cara 2 - Lewat Menu Pengaturan

Cara Menonaktifkan Game Launcher di HP Samsung
Gambar 2 Cara Menonaktifkan Game Launcher di HP Samsung
  1. Langkah yang pertama Anda buka menu Pengaturan di HP Samsung.
  2. Kemudian masuk ke opsi Aplikasi
  3. Cari dan pilih aplikasi Game Launcher.
  4. Kemudian klik pada tombol Nonaktifkan
  5. Konfirmasi pilihan dengan klik tombol OK

Dengan kedua cara di atas aplikasi Game Launcher tidak akan lagi muncul di layar depan maupun layar menu utama HP Samsung. Namun, Game Launcher akan tetap ada dan masih memakan ruang memori HP. Untuk menghapusnya secara permanen, kamu bisa melakukan root HP Samsung dan gunakan aplikasi Bloatware Remover. 

Itulah tadi cara hapusgame instan di Game Launcher Samsung yang paling mudah dan efektif bisa kamu terapkan. Dukung terus situs CahDeso.id agar semakin berkembang dengan cara share artikel ini ke akun media sosial pribadimu. Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk " Cara Hapus Game Instan di Game Launcher Samsung"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-