Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat GIF di HP Tanpa Aplikasi Tambahan

CahDeso.id - Kalian mungkin belum tahu, hanya berbekal HP kita sudah bisa membuat foto bergerak atau GIF bahkan tanpa aplikasi tambahan. Di Google Play Store atau Apps Store memang sudah disediakan aplikasi untuk membuat GIF dan bisa diinstall secara gratis. Namun, cara tersebut dianggap cukup ribet dan bisa memakan ruang di memori internal. Khususnya HP yang berspesifikasi standar, pasti cara ini bisa membuat performanya melambat alias lemot.

Cara Membuat GIF di HP Tanpa Aplikasi
Cara Membuat GIF di HP Tanpa Aplikasi

Sekarang kamu tidak perlu lagi menginstall aplikasi edit GIF atau foto bergerak. Cukup dengan memanfaatkan fitur yang disediakan di smartphone, cara membuat GIF dari foto tersebut sudah bisa dilakukan dengan mudah.

Cara ini yang akan saya jelaskan di bawah ini bisa diterapkan di HP android ataupun iPhone. Dan kamu yang masih awam pun tidak perlu khawatir tidak bisa, karena cara ini terbilang mudah dan simpel. Adapun cara membuat GIF di HP android dan iPhone selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini. 

Cara Membuat GIF di HP Tanpa Aplikasi Tambahan

Untuk cara membuat foto jadi GIF di android dan iPhone tidaklah sulit, bahkan tidak membutuhkan waktu lama. Kamu bahkan juga memungkinkan untuk menggabungkan foto dan GIF dengan cara ini. Yang lebih menarik lagi, kamu juga bisa membuat GIF dengan wajah sendiri yang pastinya sangat unik.

Setelah GIF atau gambar bergerak berhasil dibuat, nantinya bisa langsung kamu share atau bagikan di WhatsApp, Instagram, Facebook, atau platform media sosial lainnya. Setidaknya ada 3 metode untuk cara membuat GIF dari foto di android dan iOS ini. Informasi selengkapnya, sebagai berikut:

1. Membuat GIF di HP Android Lewat Galeri

Cara yang paling mudah untuk menggabungkan beberapa foto jadi GIF di HP android yakni dengan memanfaatkan menu Galeri. Sejatinya menu Galeri ini menjadi tempat bagi pengguna untuk mengakses foto atau video yang tersimpan di memori. Di dalamnya disediakan beragam fitur keren, salah satunya fitur untuk membuat GIF secara instan. 

Sayangnya, cara ini hanya bisa diterapkan di smartphone android saja, tidak untuk perangkat iPhone. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni: 

  • Langkah yang pertama kamu buka menu Galeri di HP android.
  • Pada halaman utama menu Galeri, kamu masuk ke opsi Gambar yang ada di pojok kiri bawah tampilan. 
  • Sekarang kamu klik ikon tiga titik vertikal yang ada di bagian pojok kanan atas, maka akan muncul beberapa opsi di sana. Kamu pilih saja opsi Buat GIF
  • Selanjutnya kamu pilih foto mana saja yang ingin dijadikan gambar GIF atau gambar bergerak. Pilih beberapa foto dengan memberinya tanda Centang. Kamu bisa memilih hingga 50 foto sekaligus untuk dijadikan file GIF.
  • Jika dirasa sudah selesai memilih, selanjutnya kamu klik tombol Buat GIF yang ada di bagian bawah tampilan.  
Membuat GIF di HP Android Lewat Galeri
Gambar 1 Membuat GIF di HP Android Lewat Galeri
  • Tunggu sebentar sampai proses penggabungan foto selesai dan kamu dibawa ke halaman untun mengedit GIF. 
  • Pada halaman edit GIF ini, kamu bisa mengatur GIF agar sesuai dengan keinginan. Mulai dari mengatur rasio foto (1:1, 4:3, 3:4, 16:9, 9:16), kecepatan transisi foto, arah penggantian foto, hingga mengedit tampilan foto satu per satu (menambah stiker, teks, atur tone warna).  
  • Jika semuanya dirasa sudah pas, langkah terakhir yakni menyimpannya dengan cara klik tombol Simpan yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan.
Membuat GIF di HP Android Lewat Galeri
Gambar 2 Membuat GIF di HP Android Lewat Galeri
  • Di sini kamu juga bisa langsung membagikan hasil karya GIF yang kamu buat tersebut dengan cara klik tombol Berbagi yang ada di pojok kanan atas tampilan. Membagikannya bisa ke WA, FB, IG, Gmail, GDrive, Bluetooth atau platform yang lainnya.
  • Selesai.

Foto GIF sudah berhasil kamu buat dan file akan langsung tersimpan secara otomatis di Galeri, tepatnya di folder GIF. Sangat mudah dan sederhana, kamu tidak perlu lagi menginstall aplikasi tambahan untuk sekedar GIF maker atau membuat foto GIF dari kumpulan foto. 

Catatan:
Cara di atas saya lakukan di HP Samsung dengan OS Android 10. Saya coba di Samsung dengan OS Android v9.0 Pie ternyata juga bisa. Untuk HP android dari brand lain kemungkinan juga bisa, kalian coba saja. Baik itu HP VIVO, OPPO, Lenovo, Xiaomi, Realme, Asus, dan merek lainnya. 

2. Membuat GIF di HP Android Lewat Google Foto

Kamu yang mencari cara untuk membuat GIF di Google, cara ini bisa dipilih dan terapkan. Di sini kamu bisa memanfaatkan layanan Google Photo yang disediakan secara gratis untuk semua pengguna android. Tidak perlu menginstall, pasalnya Google Foto sudah tersedia secara default di semua perangkat android. 

Kalau cara sebelumnya kemungkinan hanya bisa dilakukan di HP Samsung, untuk cara ini tentu tidak. Semua merek HP android bisa menerapkannya, mulai dari HP Xiaomi, VIVO, OPPO, Lenovo, Asus, Realme, Huawei, Redmi, Advan, dan merek HP android lainnya. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni: 

  • Langkah yang pertama kamu buka Google Foto yang ada di HP android. 
  • Pada halaman utama Google Foto, kamu masuk ke menu Galeri yang ada di pojok kanan bawah tampilan. 
  • Kemudian klik pada opsi Utilitas, maka akan ditampilkan beberapa opsi di sana. 
  • Selanjutnya kamu klik pada opsi Animasi.
Membuat GIF di HP Android Lewat Google Foto
Gambar 1 Membuat GIF di HP Android Lewat Google Foto
  • Nantinya kamu akan dibawa lagi ke halaman yang berisi list foto yang tersimpan di HP androidmu. Sekarang kamu pilih foto mana saja yang ingin dimasukkan ke dalam gambar slide GIF. Pilih foto dengan cara memberi tanda Centang, maksimal memilih hingga 50 foto sekaligus. 
  • Jika sudah selesai memilih, selanjutnya klik tombol Buat. Maka proses pembuatan GIF akan berlangsung dan hasilnya akan langsung ditampilkan.
Membuat GIF di HP Android Lewat Google Foto
Gambar 2 Membuat GIF di HP Android Lewat Google Foto
  • Secara otomatis file GIF tadi akan disimpan di menu Galeri. Di sini kamu bisa langsung membagikannya ke teman dengan cara klik tombol Berbagi, atau bisa juga klik tombol Tong Sampah jika ingin menghapusnya. 
  • Selesai.

Foto GIF yang dibuat tadi jika ingin langsung dibagikan, maka kamu perlu mengaktifkan data seluler atau menyambungkan HP ke Wifi. Selain mudah dan praktis, trik juga bisa kamu jadikan cara membuat GIF tidak pecah alias tampilannya HD. 

3. Cara Membuat GIF Online di iPhone dan Android

Jika kamu mencari cara membuat GIF di iPhone, trik satu ini bisa kamu pilih. Untuk menerap cara ini kamu perlu menghubungkan smartphone ke jaringan internet. Pasalnya, cara ini hanya bisa dilakukan secara online dengan mengakses situs khusus untuk membuat gambar GIF.  

Ada banyak situs yang menyediakan layanan GIF maker online. Namun, hanya satu situs saja yang dianggap paling bagus dan seri saya gunakan, namanya EZGIF. Situs ini juga menjadi pilihan banyak orang yang ingin membuat foto menjadi GIF di android ataupun iOS. Untuk langkah-langkah membuatnya sendiri, yakni: 

  • Langkah yang pertama kamu buka browser di perangkat smartphone. Bebas ingin menggunakan browser apa pun, baik itu Google Chrome, Mozilla Firefox, UC Browser, Opera, atau yang lain sebagainya. 
  • Kemudian kamu kunjungi situs EZGIF dengan klik LINK INI.
  • Pada halaman utama situs, kamu klik tombol Pilih File. Sekarang kamu pilih foto mana saja yang ingin dijadikan GIF. Foto yang dipilih ukurannya tidak boleh lebih dari 6MB dan total foto keseluruhan maksimal hanya boleh sampai 100MB.
  • Jika sudah memilih foto, selanjutnya kamu klik tombol Upload and make a GIF!. Nanti kamu akan dibawa ke halaman untuk mengatur file GIF yang akan dibuat. 
Cara Membuat GIF Online di iPhone dan Android
Gambar 1 Cara Membuat GIF Online di iPhone dan Android
  • Di halaman ini kamu bisa me-resize foto jika mau. Selain itu, kamu juga perlu mengatur GIF yang akan dibuat, mulai dari Delay time, Gravity, Loop count, dan juga effect untuk GIF-nya. 
  • Jika sudah selesai semuanya, selanjutnya kamu klik tombol Make a GIF!
  • Tunggu beberapa saat, maka hasil GIF akan ditampilkan di sana. Untuk menyimpan hasil edit GIF tersebut, kamu tinggal klik tombol Save
Cara Membuat GIF Online di iPhone dan Android
Gambar 2 Cara Membuat GIF Online di iPhone dan Android
  • Selesai.

Jika memang masih kurang puas, kamu bisa kok mengedit lagi hasil GIF tadi melalui halaman yang sama. Mulai dari merotasi GIF, optimasi GIF, reserve, menambah effect, menambah teks, memberi sensor pada bagian tertentu, mengatur split, memotong gambar, menambah foto, dan juga mengatur frame. 

Cara membuat foto menjadi GIF di android di atas memungkinkan untuk kamu menggabungkan hingga 2000 foto sekaligus. Selain itu, cara ini tidak hanya bisa dilakukan di HP, melainkan juga di PC atau laptop. Jadi, kamu yang mencari cara membuat GIF di PC atau laptop tanpa software tambahan, cara ini bisa dijadikan pilihan. 

Lihat Video Cara Membuat Foto Bergerak di HP Android


Itu tadi beberapa trik membuat GIF tanpa aplikasi di HP android yang paling mudah dan praktis. Bantu situs CahDeso.id agar lebih cepat berkembang dengan cara share artikel ini ke akun media sosialmu. Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk " Cara Membuat GIF di HP Tanpa Aplikasi Tambahan"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-