Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Ranu Klakah Lumajang, Hadirnya Spot Instagramable Baru

Wisata Ranu Klakah Lumajang
Wisata Ranu Klakah Lumajang

CahDeso.id - Lumajang sangat terkenal dengan keindahan alamnya yang sangat mempesona, khususnya untuk danau atau ranunya. Ranu Klakah merupakan satu dari beberapa danau indah yang ada di Lumajang. Ranu Klakah atau Danau Klakah ini sendiri berdampingan dengan dua danau lain yang juga sangat mempesona, yakni Ranu Bedali dan Ranu Pakis. Akan tetapi, dari ketiga danau tersebut Ranu Klakah menjadi yang paling menarik untuk dikunjungi. 

Sudah menjadi pilihan tempat berlibur seru bagi masyarakat Lumajang dan sekitarnya, Ranu Klakah mempunyai daya tarik tersendiri. Khususnya saat akhir pekan atau weekend, banyak pengunjung bahkan dari luar Kota Lumajang yang datang ke tempat wisata alam Lumajang tersebut. Tertarik ingin berkunjung ke Danau Ranu Klakah? Berikut ini informasi mengenai pesona Ranu Klakah, rute, hingga harga tiket masuk ke wisata tersebut.

Pesona Wisata Ranu Klakah, Primadona dari Danau Segitiga Emas Lumajang

Pesona Wisata Ranu Klakah by IG @cong_wafi
Pesona Wisata Ranu Klakah by IG @cong_wafi
Tepat berada di bawah kaki Gunung Lemongan, terdapat 3 ranu menakjubkan yang saling berdampingan. Ketiga ranu indah di bawah kaki Gunung Lemongan tersebut yakni Ranu Pakis, Ranu Klakah dan juga Ranu Bedali. Sebagai Informasi, Ranu merupakan sebutan lain dari kata Danau, di mana kata tersebut berasal dari Bahasa Kawi. Ranu juga bisa diartikan sebagai kolam dalam istilah lainnya. 

Kembali ke topik utama, Ranu Klakah bisa dibilang sebagai primadonanya diantara ketiga danau cantik tersebut. Kenapa dibilang demikian? Karena Ranu Klakah memiliki semuanya, mulai dari keindahan alam, spot foto, hingga spot kuliner yang menggugah selera. Kamu bisa menikmati kuliner ikan bakar yang diambil langsung dari danau tersebut sembari menikmati keindahan alam di sana. 

Rasanya tidak ada alasan lain untuk mengurungkan niat berkunjung ke Ranu Klakah. Pasalnya, semua pesona yang ditawarkannya tersebut sangat sulit untuk tidak dinikmati. Paling pas lagi mengunjungi wisata Danau atau Ranu Klakah bersama pasangan. Kalian berdua bisa menikmati keindahan danau dengan latar belakang Gunung Lemongan serta angin sepoi-sepoi khas danau. Suasana seperti ini dijamin akan membangkitkan kesan romantis diantara kalian berdua. 

Hadirnya Spot Foto Kekinian yang Instagramable Banget

Khusus untuk kalian yang suka mengoleksi foto yang instagramable, wajib banget berkunjung ke Wisata Ranu Klakah. Pasalnya, di Ranu Klakah sudah tersedia beragam spot foto menarik yang pastinya sayang untuk dilewatkan. Satu spot foto baru juga sudah dihadirkan, yang pasti cukup menarik minat pengunjung. 

Spot foto yang dimaksud tersebut yakni spot foto Love atau bentuk Hati dengan latar belakang pemandangan danau, hijaunya pepohonan dan juga Gunung Lemongan yang megah. Untuk kalian yang lagi romantis-romantisnya sama pasangan, bisa nih mencoba mengabadikan foto di spot tersebut. Kesan romantis akan semakin tumbuh karena latar berbentuk LOVE di belakang, berpadu dengan pemandangan yang menakjubkan. Menariknya, spot ini bukan berada di pinggir danau, melainkan mengapung di atas air danaunya langsung.

Spot Foto Selfie Love Ranu Klakah
Photo by IG @yha_qie

Spot foto lain yang juga tidak kalah menarik yakni spot taman kecil penuh bunga. Spot satu ini berada tepat didepan pintu masuk ke danau. Di taman kecil tersebut terdapat hiasan bunga-bunga yang cantik dengan beragam warna. Disediakan pula tempat duduk tepat dibawah pohon ceri yang teduh pastinya.

Spot Foto Kekinian Ranu Klakah
Spot Foto Kekinian Ranu Klakah

Sebenarnya ada 2 taman di wisata Ranu Klakah ini, hanya saja satu taman lagi sudah tidak terawat. Posisi taman satunya ini berada di bagian atas, sebelah kanan pintu masuk ke danau tersebut. Dulunya ini menjadi taman utama, karena melalui spot ini pengunjung bisa menikmati keindahan danau berlatar Gunung Lemonga secara lebih jelas. Tempatnya juga teduh karena banyaknya pohon besar yang menaunginya. Meski begitu, tidak jarang pengunung yang lebih memilih untuk bersantai di taman atas ini. 

Masih kurang? Ada satu lagi spot foto unik yang tentunya jarang ditemukan di tempat lain, yakni spot akar pohon. Spot akar pohon ini sudah ada sejak dulu dan hingga sekarang ini masih menjadi pilihan favorit. Spot foto akar pohon tersebtu bukannya dibuat-buat, melainkan terbentuk dengan sendirinya. Berfoto dengan latar belakang akar pohon di sini akan menghasilkan foto yang arsthetic banget.

Photo by IG @nitayupi_
Photo by IG @nitayupi_

Spot Foto Instagenic di Ranu Klakah
Photo by IG @nova_dyokta

Spot Foto Kekinian Ranu Klakah
Photo by IG @ichamayang24

Naik Perahu Sambil Menikmati Keindahan Ranu Klakah

Layaknya di tempat wisata danau lain, di Ranu Klakah juga menyediakan perahu untuk para pengunjung. Ada 2 jenis perahu yang disediakan di sini, yakni Perahu Bebek (kayuh manual) dan Perahu Mesin atau Perahu Motor. Kamu yang ingin menciptakan suasana romantis bersama pasangan, bisa mencoba memilih menaiki perahu bebek. Menayuh perahu bebek berdua bersama pasangan akan menciptakan suasana romantis yang gak bakal pernah terlupakan. 

Sembari mengayuh perahu bersama, kamu juga bisa menikmati pemandangan danau yang mempesona dari tengah-tengahnya. Gunung Lemongan akan terlihat semakin megah dengan hiasan pepohonan hijau yang menambah keindahannya. Dari atas perahu kamu juga bisa mengabadikan momen dalam bentuk foto ataupun video. 

Fasilitas Perahu di Ranu Klakah
Photo by IG @adityawidar

Sementara untuk kamu yang datangnya bersama keluarga atau teman, bisa memilih Perahu Mesin atau Perahu Motor. Perahu tersebut bisa menampung 2 hingga 8 penumpang dalam sekali jalan. Menyewa perahu tersebut kamu akan dibawa mengelilingi danau indah banget. Ini pastinya akan menjadi momen yang sangat berharga dan tidak akan pernah terlupakan. 

Lantas, berapa harga tiket naik perahu di Ranu Klakah tersebut? Murah kok. Untuk Perahu Bebek dengan kapasitas 2 orang hanya perlu membayar sebesar Rp 10.000,-. Sementara untuk perahu mesin akan dikenai tarif sebesar Rp 20.000,- per orang untuk 1 kali putaran.

Kuliner Asyik di Atas Warung Terapung Ranu Klakah

Warung Makan Terapung Ranu Klakah
Warung Makan Terapung Ranu Klakah
Mungkin sudah biasa mencicipi kuliner di warung atau cafe biasa. Beda lagi jika kamu menikmati kuliner di Ranu Klakah. Pasalnya, warung makan yang ada di sana semuanya mengapung alias berada di atas air danau. Jadi, jangan heran terkadang sering oyak saat ada pengunjung yang jalan atau berdiri dari tempat duduknya. Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir soal keamanan. Warung apung di Ranu Klakah ini sudah terjamin keamanannya.

Warung makan terapung di sini konsepnya semi outdoor, artinya kamu masih bisa melihat pemandangan di sekeliling danau. Hanya saja warung sudah diberi atap sehingga tidak akan kepanasangan. Untuk pinggiran warung tersebut diberi jaring-jaring serta tirai sebagai antisipasi keamanan dan saat hujan turun. 

Untuk kamu yang masih merasa kurang dengan spot selfie di Ranu Klakah, bisa juga nih mengabadikan foto di atas warung apung tersebut. Pemandangan danau, pepohonan hijau serta gagahnya Gunung Lemongan masih bisa kamu jadikan latar belakang foto. Lengkap banget bukan? 

Lalu, bagaimana untuk menu kuliner yang disediakan di sana? Lengkap dan murah, geng. Menu utama yang disediakan di Warung Makan Terapung Ranu Klakah yakni ikan bakar. Setidaknya ada 4 jenis ikan bakar yang disediakan, yakni ikan nila, mujair, patin dan juga ikan mas. Kamu bisa memesan sendiri sesuai dengan selera. 

Memesan ikan bakar di sini akan berbeda dengan di tempat lain, karena ikannya diambil langsung dari danau tersebut. Para pemilik warung punya tempat penampungan ikan tepat di sebelah warungnya. Jadi, saat ada pengunjung yang memesan maka ikannya diambil langsung dari penampungan tersebut. Ikannya besar-besar, geng. Rasanya juga sangat mantap, sudah lengkap dengan nasi, sambal, sayur dan juga kerupuk. Minumannya juga bervariasi, tapi sayangnya belum menyediakan jus. 

Dan untuk harga kuliner di warung terapung tersebut terbilang murah. Untuk dua orang harga satu paket lengkap hanya sekitar Rp 50 ribuan. Murah banget, bukan? Oh iya, di sini ada 3 warung terapung, namun yang paling menarik yakni warung paling ujung yang didekatnya spot foto akar pohon.

Fasilitas Lain di Wisata Ranu Klakah Lumajang

Di atas sudah disebutkan beberapa fasilitas yang ada di wisata Danau Klakah atau Ranu Klakah. Mulai dari taman, spot foto, perahu motor, perahu bebek, hingga warung makan terapung. 

Selain beberapa fasilitas tersebut, ada fasilitas tambahan lain yang disediakan di Ranu Klakah. Fasilitas yang dimaksud tersebut yakni kamar mandi dan musholla. Fasilitas satu ini memang cukup penting peranannya di tempat sebuah wisata. Untuk kamar mandi dan musholla ini bisa kamu temukan di ujung kanan danau atau ke kanan pintu masuk danau. Tempatnya bersebelahan dengan spot akar pohon alami. 

Selain itu, ada pula tempat parkir baik untuk sepeda motor ataupun mobil. Tempat parkit mobil dan motor berbeda lokasinya. Untuk parkir mobil ada di sebelah kiri jalan, tepatnya setelah masuk pintu pembayaran karcis atau tiket masuk. Sementara untuk parkit motor ada tepat di bawah tempat parkir mobil. Untuk parkir motor akan dikenai tarif Rp 3.000,- dan mobil bisa 2 kali lipatnya. 

Satu lagi fasilitas menarik di Ranu Klakah, yakni spot memancing. Ada cukup banyak GIMAN (Sebutan bagi Gila Mancing) yang datang ke Ranu Klakah untuk memancing ikan. Ikan yang ada di Ranu Klakah umumnya ikan nila dan mujair. Ukurannya bervariasi, mulai dari yang kecil hingga besar. Terkadang ada pula pemancing yang dapat ikan Tombro di tempat ini. 

Harga Tiket Masuk Wisata Ranu Klakah Lumajang

Dari semua fasilitas menarik yang disediakan di Ranu Klakah, lantas berapa harga tiket masuk ke wisata tersebut. Sangat murah kok, geng. Satu orang hanya akan dikenai tarif sebesar Rp 4.000,- per orang. Harga yang sangat murah, kamu sudah bisa menikmati semua fasilitas yang disediakan di tempat ini.

Lokasi dan Rute menuju Wisata Ranu Klakah Lumajang

Ranu Klakah Berlatar Gunung Lemongan
Ranu Klakah Berlatar Gunung Lemongan

Wisata Ranu Klakau atau Danau Klakah ini sendiri berlokasi di Dusun Jatian, Tegal Randu, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Lokasinya tersebut tepat berada di bawah Gunung Lemongan. Ranu Klakah ini juga bersebelahan dengan 2 danau lain, sehingga ketiganya dijuluki sebagai Danau Segitga di Lumajang.

Sementara untuk rutenya sendiri tidak sulit untuk dijangkau, bahkan medannya sudah beraspal dan aman pastinya. Jika kamu datang dari arah Probolinggo, maka bisa masuk ke arah kiri di pasar Klakah atau tepatnya sebelum Rel Kereta Api. Ikuti jalan tersebut hingga sampai di pertigaan dan ada penarikan amal. 

Dari pertigaan tersebut Anda bisa mengambil arah ke kiri, dan ikuti saja jalan tersebut. Di sana juga sudah tersedia plakat yang menunjukkan arah ke wisata 3 danau cantik di Lumajang tersebut, termasuk Ranu Klakah. 

Sudah membaca ulasan mengenai wisata Ranu Klakah di atas, apakah kamu tertarik untuk mengunjunginya? Kalau begitu langsung saja agendakan rencan liburanmu ke Ranu Klakah tersebut. Puas di Ranu Klakah bisa mampir ke dua danau lain yakni Ranu Pakis dan juga Ranu Bedali. Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk " Wisata Ranu Klakah Lumajang, Hadirnya Spot Instagramable Baru"