Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Ranu Pakis Lumajang, Surganya Pecinta Mancing

Wisata Ranu Pakis Lumajang
Wisata Ranu Pakis Lumajang

CahDeso.id - Wisata Ranu Pakis merupakan salah satu danau cantik di Lumajang yang berada di bawah kaki Gunung Lemongan. Menjadi bagian dari Danau Segitiga Emas Lumajang (Julukan untuk Ranu Klakah, Ranu Pakis dan Ranu Bedali), danau cantik satu ini sangat disukai oleh para pecinta mancing. Di Ranu Pakis tersebut menjadi habitat dari beberapa jenis ikan, namun lebih dominan ikan nila dan ikan mujair. Bahkan ada pula beberapa pemancing yang dapat ikan tombro di danau cantik ini. 

Melihat potensi ini, beberapa warga sekitar mencoba memanfaatkannya agar bisa menarik minat banyak orang datang ke sana. Salah satunya yakni dengan menghadirkan spot pemancingan yang nyaman. Lantas, berapa harga tiket masuk dan tiket spot pemancingan di Wisata Ranu Pakis tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini. 

Pesona Wisata Ranu Pakis Lumajang, Surga Tersembunyi di Lumajang

Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas wisata Ranu Klakah Lumajang yang menjadi primadona bagi para wisatawan. Kali ini ada satu lagi wisata ranu di Lumajang yang lokasinya cukup berdekatan dengan Ranu Klakah, yakni Ranu Pakis atau Danau Pakis. Wisata satu ini tidak hanya menjadi spot terbaik untuk memancing, tetapi juga cocok dikunjungi bagi kalian yang ingin melepas penat. 

Wisata Ranu Pakis Lumajang punya pemandangan danau nan indah dan asri. Di sekitar danau dihiasi dengan pepohonan rindang dan hajiu, semakin melengkapi keindahan alam dari wisata danau tersebut. Air danau sangat jernih dan berwarna agak kehijauan, sangat mempesona saat dilihat dari ketinggian. Pemandangan danau yang indah ini sangat pas untuk dijadikan background foto yang instagramable. 

Foto Ranu Pakis Berlatar Gunung Lemongan
Foto Ranu Pakis Berlatar Gunung Lemongan by IG @pesonaid_travel

Sayangnya, masih ada saja pengunjung bahkan warga sekitar yang kurang sadar akan kebersihan. Di pinggiran danau masih terdapat berbagai jenis sampah yang dibiarkan berserakan, terkhusus sampah plastik yang sulit sekali terurai. Parahnya lagi, beberapa sampah plastik juga menghiasi air danau yang membuat pemandangan indah danau menjadi terganggu. 

Meskipun demikian, namun hal tersebut tidak membuat para pengunjung mengurungkan niatnya untuk menikmati keindahan dari Ranu Pakis tersebut. Pengunjung banyak yang datang dari beberapa kecamatan di Lumajang. Selain itu, ada pula pengunjung dari luar Kabupaten Lumajang yang menyempatkan diri untuk sekedar menikmati keindahan alam luar biasa dari salah satu Segitiga Ranu Lumajang ini. 

Spot Pemancingan yang Nyaman, Bisa Strike Terus-menerus

Daya tarik utama dari danau indah di Lumajang ini yakni kekayaan ikannya. Di Ranu Pakis terdapat berbagai jenis ikan yang menjadi penghuni danau tersebut, mulai dari ikan mujair, ikan nila, ikan tombro dan beberapa jenis ikan kecil lainnya. Untuk ukuran ikannya sendiri cukup bervariasi, mulai dari ukuran 2-3 jari bahkan ada yang sampai ukuran 5 jari ke atas. Tergantung keberuntungan dan skill si pemancing saat menjulurkan pancingnya ke ranu. 

Setidaknya ada 2 spot pemancingan yang disediakan di Ranu Pakis ini. Spot pemancingan tersebut berupa gubuk panjang yang mengambang di atas drum-drum besi besar. Tidak perlu khawatir tenggelam, karena drum besi tersebut sudah diikat sangat kuat sehingga gubuk pemancingan akan tetap aman mengapung di atas danau. 

Spot Mancing di Ranu Pakis
Spot Mancing di Ranu Pakis by IG @cong_wafi

Namun, untuk bisa mencoba merasakan serunya memancing ikan di atas spot tersebut, kamu diharuskan membayar karcis terlebih dahulu. Untuk satu orang pemacing akan dikenai tarif sebesar Rp 5.000,-  saja. Ingin mancing gratis di Ranu Pakis? Bisa, yakni dengan memancing di pinggiran danau tanpa adanya gubuk atau atap sama sekali. Kalau pagi hari mungkin masih nyaman, tetapi beda lagi kalau sudah agak siang di mana cahaya matahari cukup terik. 

Bagaimana dengan umpan memancing yang cocok di Ranu Pakis? Paling banyak para pemancing menggunakan umpan lumut hidup. Beberapa ada pula yang menggunakan umpan udang hidup, pelet dan juga rangas. Apa pun jenis umpan yang digunakan sebenarnya sama saja. Ikan-ikan di sini cukup rakus dan memakan hampir semua jenis umpan mancing. Kalau tidak bisa membawa dari rumah, kamu bisa langsung membeli umpan tersebut di tempat ini. 

Di Ranu Pakis, tepatnya di sepanjang jalan masuk danau terdapat toko yang menjual berbagai peralatan memancing. Mulai dari joran, kail, senar, kambangan pancing, pemberat pancing, hingga keramba jaring ikan. Selain itu, menjual pula beberapa jenis umpan mancing, seperti lumut, pelet, udang hidup dan lain sebagainya. Namun, untuk umpan udang hidup biasanya cepat habis, karena jenis umpan inilah yang paling banyak digunakan di sini.

Spot Foto Selfie yang Bagus di Ranu Pakis

Dari sisi pengelolaan memang wisata Ranu Pakis masih terbilang belum cukup maksimal. Bagaimana tidak? Untuk spot foto selfie yang layak belum disiapkan di sini hingga sekarang ini. Meskipun demikian, kamu bisa kok mencari sendiri spot yang bagus untuk dijadikan background foto. 

Spot Foto Instagramable Ranu Pakis
Spot Foto Instagramable Ranu Pakis by IG @gembelana_

Misalnya saja di bagian paling ujung Barat, tepatnya di ujung jalan ketika ingin masuk ke Ranu Pakis. Spot ini posisinya agak tinggi, sehingga kamu bisa mendapatkan pemandangan danau yang lebih luas. Selain itu, dari spot ini kamu juga memungkinkan untuk mendapatkan background Gunung Lemongan yang megah. Dengan demikian, semakin lengkap lanskap dari Ranu Pakis untuk dijadikan background foto kekinian. 

Sunrise Ranu Pakis
Sunrise Ranu Pakis by IG @lumajangtourism20

Selain di ujung Barat, kamu juga bisa mencoba spot foto yang ada di ujung Timur danau. Lebih tepatkan di bagian jalan paling atas dari Ranu Pakis. Untuk mencoba spot tersebut kamu terlebih dahulu menyusuri jalanan berbatu ke arah Timur atau sisi kanan dari danau tersebut. Di sini kamu bisa mendapatkan pemandangan Ranu Klakah yang luas dari ketinggian. Sayangnya, memang belum ada fasilitas memadai untuk spot foto, jadi kamu juga perlu berhati-hati saat mengambil foto. 

Spot Foto Ranu Pakis
Spot Foto Ranu Pakis by IG @pesonaid_travel

Lokasi dan Rute Menuju Wisata Ranu Pakis Lumajang

Untuk lokasi wisata Ranu Pakis ini sendiri masih bersebelahan dengan Ranu Klakah yang fenomenal. Lebih tepatnya berada di Dusun Krajan I, Desa Tegal Randu, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Cukup mudah untuk mengakses tempat wisata Ranu Pakis ini. Pasalnya, jalan menuju ke sana sudah beraspal dan aman pastinya. 

Sementara untuk rute wisata Ranu Pakis juga tidak terlalu sulit. Jika kamu dari arah Surabaya atau Probolinggo, nantinya bisa belok kanan di pertigaan Pasar Klakah atau Stasiun Klakah. Nantinya kamu akan bertemu lagi dengan pertigaan, di sini kamu ambil arah ke kanan (berbeda arah dengan jalan menuju Ranu Klakah). Tinggal ikuti saja jalan tersebut sampai nanti kamu sampai di lokasi. Tidak perlu khawatir karena di jalan sudah tersedia plakat atau petunjuk ke wisata Ranu Pakis tersebut. 

Harga Tiket Masuk Wisata Ranu Pakis Lumajang

Mengenai harga tiket masuk di Ranu Pakis Lumajang masih belum diberlakukan, alias gratis. Hanya saja, jika kamu ingin memancing di spot pemancingan baru akan dikenai tiket masuk. Sementara jika kamu hanya ingin duduk santai sambil menikmati keindahan alam Ranu Pakis Lumajang, maka tidak perlu mambayar. 

Akan tetapi, sebaiknya kamu jangan terlalu jauh dari kendaraan khususnya jika kamu membawa sepeda motor. Fasilitas keamanan di wisata ini masih bisa dibilang kurang memadai, sehingga pengunjung diharuskan untuk waspada dan memberi penjagaan secara mandiri terhadap kendaraan dan barang bawaannya. 

Fasilitas di Wisata Ranu Pakis Lumajang

Sekarang lanjut ke fasilitas yang disediakan di tempat wisata Ranu Pakis Lumajang. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kurangnya kesadaran pemerintah desa dan warga dalam mengelola potensi wisata di Ranu Pakis masih menjadi PR besar. Karena itulah, di tempat ini fasilitas yang dihadirkan masih kurang memadai. 

Adapun fasilitas yang paling terjamin di wisata Ranu Pakis yakni spot pemancingan dan toko penyedia peralatan memancing. Selain itu, terdapat pula tempat parkir khusus sepeda motor yang merupakan inisiatif dari salah satu warga di sana. Meskipun sudah tersedia lahan parkir, tetapi kamu masih perlu waspada, salah satunya dengan mengunci stang motor.

Fasilitas lainnya yakni warung penjual makanan dan minuman yang berada di sekitar wisata Ranu Pakis ini. Hanya saja, penjual makanan dan minuman di sini masih sangat minim. Mungkin karena daya tarik pengunjung yang masih kurang untuk mengunjungi tempat ini.

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai wisata Ranu Pakis Lumajang, salah satu dari Danau Segitiga yang menjadi spot terbaik untuk memancing. Jika berkenan, share informasi ini ke akun media sosial pribadimu, seperti Facebook, Twitter, Instagram ataupun yang lainnya. Satu share dari kalian akan menjadi dorongan semangat bagi saya untuk terus memberikan informasi menarik di situs CahDeso.id. Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk " Wisata Ranu Pakis Lumajang, Surganya Pecinta Mancing"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-