Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Android Blank Putih dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Android Blank Putih
Cara Mengatasi Android Blank Putih

CahDeso.id - Tidak banyak yang tahu bagaimana cara mengatasi android blank putih atau layar HP putih tapi menyala. Mungkin kamu juga salah satunya, mengingat kondisi seperti ini bisa saja dialami oleh semua pengguna smartphone. Kondisi blank screen ini sendiri sering terjadi di HP buatan China. Meskipun demikian, tidak jarang juga HP dari brand selain China juga mengalaminya, seperti Samsung dan Nokia misalnya. 

LCD HP blank putih tapi hidup seperti ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Beberapa faktor tersebut bisa dari kelalaian pengguna, kerusakan komponen hardware ataupun permasalahan pada bagian software HP android. Jika HP androidmu mengalami kondisi semacam ini, sebaiknya jangan buru-buru datang ke tempat service HP. Kamu bisa mencoba memperbaiki layar HP buram putih atau blank screen tersebut. Berikut ini cara mengatasi android blank putih beserta penyebabnya yang bisa kamu simak. 

Apa Itu Layar HP Android Blank Putih?

Layar atau LCD HP blank putih merupakan kondisi di mana HP tiba-tiba tidak bisa menampilkan apa pun. Pada layar tidak muncul gambar ataupun tulisan, hanya warna putih yang mendominasi seluruh bagian layar HP. 

Kondisi seperti ini membuatmu tidak bisa lagi mengoperasikan HP android seperti biasa. Berbeda dengan kondisi layar HP putih bergaris, di mana pada kondisi tersebut HP masih bisa dioperasikan. Dan hal tersebut bisa dipastikan penyebab utamanya adalah komponen layar yang sudah rusak. 

Untuk layar HP blank putih seperti ini perlu tindakan khusus untuk mengembalikannya agar normal lagi. Langkah-langkah untuk memperbaiki masalah screen HP tersebut terbilang mudah, bahkan kamu yang masih awam pun bisa melakukannya tanpa kendala apapun.

Penyebab Layar HP Android Blank Putih atau Blank Screen

Layar HP yang mengalami blank putih seperti ini bisa diakibatkan oleh banyak hal. Mengetahui apa saja yang bisa menyebabkannya, maka kamu bisa melakukan pencegahan agar hal serupa tidak dialami lagi di perangkat HP androidmu. Adapun beberapa penyebab layar HP tiba-tiba putih blank tersebut, antara lain:

1. Terlalu Banyak Aplikasi yang Berjalan

Kamu pasti pernah menjalankan beberapa aplikasi di android dalam waktu yang bersamaan. Aktivitas ini tentunya tidak akan terasa pengaruhnya jika kamu melakukannya di HP berspesifikasi tinggi. Namun, bagaimana jika aktivitas tersebut diterapkan di HP dengan spek standar atau bahkan spek rendah?  

Kondisi awal mungkin akan membuat HP hang dan layar berhenti sementara. Meskipun kamu sudah melakukan beberapa kali sentuhan pada layar, namun tidak ada respon berarti di sana. Dan kondisi terparahnya, layar bisa saja mengalami blank putih sehingga smartphone tidak bisa digunakan sama sekali. 

2. Mengoperasikan HP Tanpa Henti

Tidak hanya penggunaan banyak aplikasi dalam satu waktu yang bisa menyebabkan layar HP mengalami blank putih. Mengoperasikan HP sepanjang waktu juga bisa menjadi salah satu penyebab kondisi menyebalkan tersebut. 

HP yang dioperasikan secara terus-menerus tanpa henti bisa membuat komponennya panas, bahkan overheat. Semakin diperparah lagi jika kamu menggunakannya untuk bermain game berat. Dan saat bersamaan kamu juga sambil mengecas HP, tentunya ini membuat HP semakin panas. Sehingga pada akhirnya layar HP akan tiba-tiba blank putih dan mati.

3. Kegagalan Loading Sistem

Penyebab HP android blank putih berikutnya yakni karena kegagalan sistem saat melakukan loading. Ini bisa terjadi saat kamu pertama kali menyalakan HP android. Mungkin saja ada salah satu proses pemuatan yang terlewat dan membuatnya kurang lengkap. Karena masalah tersebut akhirnya membuat layar HP menjadi blank berwarna putih.

Selain itu, bisa juga terjadi ketika kamu menginstall aplikasi dari luar Google Play Store. Entah itu karena file aplikasi yang corrupt atau kapasitasnya terlalu besar, hal tersebut bisa saja menyebabkan layar HP mengalami blank putih. 

4. Terjadi Crash pada Sistem Android

Kondisi crash pada sistem android juga bisa menjadi salah satu penyebab layar HP mengalami blank putih. Chash pada sistem android ini sendiri bisa diakibatkan oleh beberapa faktor. Bisa karena kesalahan saat flashing HP, gagal memasang aplikasi tertentu, HP terserang malware dan lain sebagainya. 

5. Sistem Operasi Android yang Tidak Kompatibel

Sebenarnya untuk update Sistem Operasi Android ini bisa dilakukan secara otomatis dengan menunggu update dari masing-masing brand HP. Namun, mungkin karena waktunya yang lama membuat beberapa pengguna merasa tidak sabar. Alhasil mereka langsung melakukan update OS Android sendiri secara manual.

Sayangnya, terkadang aktivitas ini tidak sepenuhnya berjalan dengan mulus. HP bisa saja mengalami error dikarenakan OS Android yang digunakan tidak kompatibel dengan spesifikasi HP androidmu. Untuk masalah error tersebut salah satunya LCD HP yang tiba-tiba blank putih.

6. Kerusakan pada Komponen Layar HP

Penyebab layar HP jadi putih selanjutnya yakni dikarenakan adanya kerusakan pada komponen LCD. Mungkin saja kabel fleksibel LCD HP yang patah atau rusak, sehingga tidak bisa menampilkan gambar di layar dengan sempurna. 

Atau bisa juga pemasangan kabel LCD tersebut ke soket yang longgar, hal ini juga bisa menjadi penyebab layar menampilkan warna putih. Soket bahkan juga bisa saja rusak, mungkin jarumnya yang bengkok atau kondisi rusak lainnya. 

7. Baterai HP Rusak

Memangnya ada hubungannya baterai dengan masalah layar HP blank putih? Tentu ada. Baterai yang sudah rusak biasanya kurang stabil dalam mengalirkan listrik ke seluruh komponen dalam HP. Kondisi seperti ini bisa saja membua HP tidak mampu menampilkan gambar di layar secara sempurna. 

Selain menyebabkan blank putih, kondisi kerusakan baterai yang sudah semakin parah bisa juga menyebabkan layar HP blank hitam dan mesin tidak menyala sama sekali. Masalah seperti bisa dialami oleh jenis baterai apa saja, baik itu baterai lepas (removable) ataupun baterai tanam (non-removable / permanen).

Cara Mengatasi Android Blank Putih Paling Ampuh

Penyebab Layar Android Blank Putih
Penyebab Layar Android Blank Putih

Setelah mengetahui apa saja penyebab layar HP jadi blank putih, sekarang lanjut ke cara bagaimana untuk mengatasinya. Tidak sulit kok untuk mengatasi HP android dengan masalah tersebut. Bahkan kamu yang masih pemula pun bisa melakukannya dengan tanpa kendala.

1. Matikan HP Android dan Diamkan

Cara yang pertama untuk mengatasi masalah HP blank screen putih yakni dengan mematikan HP. Untuk HP yang dibekali dengan jenis baterai bisa dilepas, tinggal kamu lepas baterainya tersebut. Selain itu, lepas juga SIM card dan memori card-nya dari perangkat tersebut. kemudian kamu diamkan dulu sekitar 30 menit hingga 1 jam. Kalau sudah, pasang kembali baterainya dan hidupkan HP. Biasanya layar HP akan normal kembali. 

Namun, bagaimana cara mengatasi layar HP blank putih dengan baterai tanam? Kamu tinggal matikan HP dengan cara menekan tombol Power agak lama sampai layarnya mati. Kemudian lepas SIM card dan microSD, kemudian diamkan hingga beberapa menit. Kalau sudah, pasang lagi dan hidupkan HP.

2. Melakukan Penghapusan Cache Sistem

Alternatif lain untuk mengatasi permasalahan LCD putih blank yakni dengan menghapus cache sistem. Menghapus file cache dari sistem android tidak sama seperti saat kamu menghapus cache aplikasi. Di sini kamu bisa melakukannya melalui menu Recovery Mode. Untuk langkah-langkah clear cache sistem android selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama pastikan HP sudah dalam keadaan mati. Kalau belum, kamu tekan tombol Power sampai HP mati. 
  • Sekarang hidupkan lagi HP dengan cara menekan kombinasi tombol Power + Volume Up + Home selama beberapa detik. Lepaskan tekanan pada ketiga tombol jika HP sudah bergetar atau muncul tampilan di layar.
  • Nantinya kamu akan dibawa ke menu Recovery Mode
  • Pada jendela tersebut kamu pilih opsi Wipe Cache / Clear Cache. Gunakan tombol Volume untuk navigasi dan tombol Power untuk eksekusi pilihan.
  • Konfirmasi penghapusan cache dengan memilih Yes.
  • Kalau sudah, sekarang kamu klik tombol Reboot System Now
  • HP akan melakukan restart dan layar sudah bisa tampil normal kembali.
  • Selesia.

Catatan:
Untuk masuk ke menu Recovery Mode mungkin agak berbeda di setiap tipe atau brand HP. Jika cara di atas tidak bisa, kamu bisa coba kombinasi tombol Power + Volume Down + Home

3. Melakukan Factory Reset HP Android

Melakukan clear cache sistem, namun masalah layar HP blank putih masih belum teratasi? Kalau begitu kamu bisa melakukan factory reset. Cara ini diklaim sangat ampuh untuk mengatasi masalah error berat pada HP, termasuk HP blank screen. 

Factory reset berarti HP akan dikembalikan lagi ke pengaturan awal pabrik. Jadi, semua data yang tersimpan di memori internal HP akan dihapus sepenuhnya. Untuk langkah-langkah factory reset HP android, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu matikan HP secara penuh.
  • Sekarang tekan 3 tombol secara bersamaan, yakni tombol Power + Volume Up + tombol Home selama beberapa detik. Lepaskan tekanan pada tombol jika muncul tampilan di layar disertai HP bergetar.
  • Nantinya akan ditampilkan menu Recovery Mode. Di sini kamu bisa pilih menu Wipe Data / Factory Reset. Gunakan tombol Volume untuk menavigasi pilihan dan tombol Power untuk eksekusi.
  • Selanjutnya konformasi penghapusan data dengan pilih Yes, Wipe All Data
  • Kalau sudah, sekarang klik pada opsi Reboot System now.
  • HP akan merestart dan tunggu sampai menyala kembali.

Biasanya HP butuh beberapa waktu untuk bisa menyala kembali, di mana tampilannya hanya stuck di logo robot android. Durasinya sendiri bervariasi, ada yang hanya 5 menit hingga 10 menit. 

4. Melakukan Flashing Ulang HP Android

Masih belum bisa memperbaiki layar HP yang terus menampilkan layar putih? Cobalah untuk melakukan flash ulang HP android. Flashing ulang HP berarti mengganti stock ROM dengan yang baru. Biasanya cara ini memang ampuh mengatasi masalah error berat pada HP, termasuk HP layar putih. 

Adapun langkah-langkah untuk flash ulang HP android selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama siapkan bahan dan alatnya, seperti tools flash (Odin), driver sesuai tipe HP, firmware / stock ROM, kabel data, dan PC atau laptop.
  • Sekarang kamu install aplikasi Odin dan driver sesuai tipe HP di perangkat PC atau laptop.
  • Kemudian jalankan aplikasi Odin tersebut. 
  • Pada HP android, matikan dulu kemudian masuk ke mode Downlaod. Untuk cara masuk ke mode Download di HP android yakni dengan menekan tombol Power + Volume Bawah + Home secara bersamaan. 
  • Sekarang sambungkan HP tersebut ke perangkat PC/laptop dengan kabel data. 
  • Pada aplikasi Odin, kamu klik tombol PDA. Kemudian masukkan firmware yang sudah disiapkan tadi. 
  • Selanjutnya klik tombol Start untuk memulai proses flashing. 
  • Tunggu sampai selesai, kemudian lepaskan kabel data dari HP. Sekarang coba kamu hidupkan HP seperti biasa. 
  • Selesai. 

Catatan:
Cara di atas saya terapkan di HP Samsung. Untuk HP dari merek lain kamu bisa menggunakan tools flash lain, seperti SP Flash Tools.

5. Cek Kabel Flaksibel LCD HP

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, penyebab lain HP layar putih yakni karena kabel fleksibelnya yang bermasalah. Kamu bisa membongkar HP dan cek kabel fleksibelnya tersebut. 

Mula-mula kamu bersihkan socket kabel flaksibel dan coba pasang kembali kabel LCD-nya dengan benar. Jika masih tidak bisa, berarti memang kabel fleksibelnya yang sudah rusak. Kamu bisa mencoba mengganti kabelnya tersebut dengan yang baru. 

Catatan:
Cara satu ini juga bisa kamu terapkan untuk mengatasi layar HP blank hitam tapi hidup atau menyala. 

6. Mengganti Baterai HP

Dan cara yang terakhir untuk mengatasi layar putih pada LCD HP yakni dengan mengganti baterainya. Sebaiknya kamu beli baterai ORI sesuai tipe perangkat. Membeli baterai abal-abal bisa saja menimbulkan kerusakan lebih parah pada HP android. 

Itulah tadi beberapa cara mengatasi android blank putih atau blank screen yang paling ampuh beserta penyebabnya. Share informasi di atas untuk mendukung situs CahDeso.id agar terus berkembang. Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

1 komentar untuk " Cara Mengatasi Android Blank Putih dan Penyebabnya"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-