Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshot HP Samsung J2 dan J Series Lainnya

Cara Screenshot HP Samsung J2
Cara Screenshot HP Samsung J2

Cara Screenshot HP Samsung J2 - Ingin melakukan tangkapan layar di HP Samsung J2, tetapi tidak tahu bagaimana melakukannya? Tidak perlu khawatir, karena pada artikel kali ini saya akan memberitahukan langkah-langkahnya untuk kalian semua. Tidak hanya bisa diterapkan di HP Samsung J2 saja, tetapi juga bisa untuk tipe HP Samsung Galaxy J Series lainnya. Mulai dari Samsung Galaxy J1 Ace, Samsung Galaxy J2 Prime, Samsung Galaxy J3 Pro, Samsung Galaxy J5 Prime, Samsung Galaxy J5 Pro,  Samsung Galaxy J7 Prime, Samsung Galaxy J7 Pro, hingga Samsung Galaxy J8.

Tidak jauh berbeda seperti pada tipe HP Samsung lainnya, cara screen capture di HP Samsung Galaxy J2 juga bisa dilakukan dengan beberapa metode. Kamu bisa memilih salah satu metode screenshot tersebut yang dianggap paling mudah. Daripada semakin penasaran, berikut ini cara screenshot HP Samsung J2 paling mudah selengkapnya.

Cara Screenshot HP Samsung J2 dan J Series Lainnya


Tidak jarang pengguna HP android, khususnya Samsung Galaxy J2 yang ingin melakukan tangkapan layar atau screenshot. Screenshot ini sendiri biasanya dilakukan untuk berbagai tujuan. Mungkin untuk menyimpan informasi penting, membuat artikel tutorial, dan lain sebagainya. 

Yang pasti, cara melakukan screenshot di smartphone Samsung J2 sangatlah mudah. Seperti yang dijelaskan di atas, ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk screenshot Samsung J2. Adapun langkah-langkah tangkapan layar di HP Samsung J2 dan J Series lainnya, sebagai berikut: 

Screenshot HP Samsung J2 Tanpa Aplikasi Tambahan
Screenshot HP Samsung J2 Tanpa Aplikasi Tambahan


1. Screenshot HP Samsung J2 Tanpa Aplikasi Tambahan


Cara yang pertama ini memungkinkan kamu melakukan screenshot tanpa harus menginstall aplikasi tambahan. Di sini kamu bisa menggunakan kombinasi tombol untuk keperluan pengambilan gambar layar tersebut. Inilah cara screenshot HP Samsung J2 yang paling simpel dan mudah untuk dilakukan.
Mengenai langkah-langkah screenshot HP Samsung Galaxy J2 dengan kombinasi tombol selengkapnya, yakni: 

  • Langkah yang pertama kamu tentukan tampilan layar yang ingin discreenshot. 
  • Sekarang kamu tekan dan tahan tombol Power + tombol Home secara bersamaan. 
  • Lepaskan tekanan pada kedua tombol tersebut hingga terdengar suara shutter (seperti saat memotret) dan layar berkedip
  • Biasanya hasil screenshot akan menampilkan preview di bagian Notifikasi bar. Kamu bisa mengeceknya langsung di sana. 
  • Dan umumnya juga hasil screenshot akan langsung tersimpan di menu Galeri HP.
  • Selesai. 

Selain cara di atas, masih ada metode lain untuk melakukan screenshot di HP Samsung J2 dengan menekan kombinasi tombol. Cara ini bisa diterapkan jika memang tombol Home di HP-mu tidak berfungsi atau memang tidak tersedia. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut: 

  • Langkah yang pertama tentukan halaman layar yang ingin discreenshot. 
  • Setelah itu kamu tekan dan tahan tombol Power + Volume Down secara bersamaan. 
  • Lepaskan tekanan pada kedua tombol tersebut jika sudah terdengar suara shutter (seperti saat memotret) dan layar berkedip
  • Secara otomatis hasil screenshot akan langsung tersimpan di menu Galeri HP. 
  • Selesai.

2. Screenshot HP Samsung J2 Tanpa Menyentuh Tombol Power dan Home/Volume


Cara berikutnya ini bisa kamu jadikan alternatif lain jika ternyata tombol fisik HP sudah tidak berfungsi maksimal. Atau bisa juga dijadikan pilihan untuk meminimalisir kerusakan tombol fisik HP karena terlalu sering ditekan. Di sini kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mendukung aktivitas tersebut. 

Ada banyak sekali pilihan aplikasi screenshot di android yang bisa kamu gunakan. Masing-masing aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kamu bisa memilih salah satunya sesuai keinginan. Namun, agar tidak bingung dalam memilih aplikasinya, berikut ini ada daftar aplikasi tangkapan layar untuk HP Samsung J2 terbaik yang bisa digunakan. 


Cara Screenshot Panjang Halaman Website di Samsung J2


Cara Screenshot Panjang Halaman Website di Samsung J2
Cara Screenshot Panjang Halaman Website di Samsung J2

Apakah kamu ingin melakukan tangkapan layar pada sebuah halaman website secara memanjang? Tentu saja bisa dilakukan dengan mudah di HP Samsung J2 dan Galaxy J Series lainnya. Di sini kamu juga perlu menginstall aplikasi pihak ketiga yang sudah dibekali dengan fitur screenshot panjang tersebut. 

Karena di sini kamu ingin melakukan tangkapan layar pada satu halaman website, maka bisa menggunakan aplikasi Firefox Lite. Fungsi utamanya memang untuk browsing internet. Tetapi, ternyata juga ada fitur untuk melakukan screenshot panjang pada satu halaman web. Cara menggunakannya juga sangat mudah, yakni: 

  • Langkah pertama kamu install aplikasi Firefox Lite di HP Samsung J2. 
  • Jika sudah, langsung jalankan aplikasi tersebut. 
  • Pada kolom pencarian, sekarang kamu cari halaman website yang ingin discreenshot secara memanjang. 
  • Jika sudah ditentukan, selanjutnya kamu klik ikon gunting dan kotak yang ada di bagian bawah tampilan. 
  • Tunggu sampai proses capturing screenshot selesai dilakukan. 
  • Secara otomatis hasil screenshot akan langsung tersimpan di menu Galeri HP. 
  • Selesai. 

Cara Screenshot Panjang Isi Chat WhatsApp di Samsung J2


Cara Screenshot Panjang Isi Chat WhatsApp di Samsung J2
Cara Screenshot Panjang Isi Chat WhatsApp di Samsung J2

Cara satu ini sebenarnya hampir sama dengan cara sebelumnya. Tetapi, bedanya di sini kita akan melakukan screenshot panjang pada isi chat WhatsApp. Mungkin saja isi chat di WhatsApp terbilang penting sehingga harus disimpan dalam bentuk screenshot. 

Akan merepotkan tentunya jika harus melakukan screenshot berulang-ulang pada satu tampilan layar chat. Karena itulah, screenshot chat WhatsApp secara memanjang bisa menjadi pilihan yang tepat. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu install aplikasi bernama Longshot.
  • Jika sudah, selanjutnya jalankan aplikasi tersebut. 
  • Pada halaman utama aplikasi, kamu pilih opsi Capture Screenshot yang di posisi teratas. 
  • Jika sudah muncul tombol screenshot di layar, sekarang kamu buka aplikasi WhatsApp dan pilih obrolan yang ingin discreenshot secara memanjang. 
  • Tentukan halaman awal yang ingin discreenshot, kemudian klik tombol Start
  • Gulir ke bawah sampai batas tampilan chat yang ingin discreenshot. Selanjutnya klik tombol Done
  • Secara otomatis hasil screenshot akan tersimpan di menu Galeri HP. 
  • Selesai. 

Itulah tadi beberapa cara screenshot HP Samsung J2 dan keluarga Galaxy J Series lainnya yang bisa kamu terapkan. Jangan lupa share artikel ini ke akun media sosial pribadimu ya?
Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk "Cara Screenshot HP Samsung J2 dan J Series Lainnya"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-