LintasGames.com

Cara Screenshot HP Samsung yang Paling Mudah

Cara Screenshot HP Samsung
Cara Screenshot HP Samsung

Cara Screenshot HP Samsung - Bagaimana cara melakukan tangkapan layar di HP Samsung semua tipe? Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh para pengguna baru Samsung, khususnya bagi mereka yang masih awam. Namun, terkadang ada pula pengguna lama yang memang belum mengerti bagaimana cara mengambil tangkapan layar di Samsung. Sama seperti pada HP android umumnya, screenshot smartphone Samsung bisa dilakukan dengan beberapa metode. Semua metode tersebut hasilnya sama, hanya saja langkah-langkahnya yang mungkin berbeda. 

Meskipun sama-sama HP keluaran Samsung, namun tidak semua tipe HP sama cara pengambilan screenshotnya. Beberapa tipe HP Samsung keluaran terbaru mungkin sudah dibekali fitur khusus untuk mempermudah tangkapan layarnya tersebut. Adapun cara screenshot HP Samsung paling mudah selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini. 

Cara Screenshot HP Samsung Semua Tipe

Cara Screen Capture HP Samsung

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, melakukan screenshot di HP Samsung bisa menggunakan beberapa metode. Setidaknya ada 4 metode screenshot HP Samsung yang bisa dilakukan sekarang ini, di antaranya screenshot dengan kombinasi tombol, dengan swiping layar,  menggunakan aplikasi tambahan, dan menggunakan S Pen. 

Di sini saya akan memberikan penjelasan secara detail mengenai beberapa metode untuk screenshot di HP Samsung semua tipe tersebut. Berikut ini ulasan selengkapnya, yakni: 

1. Screenshot HP Samsung dengan Kombinasi Tombol


Cara screenshot di HP Samsung semua tipe yang pertama yakni dengan menggunakan kombinasi tombol fisik HP. Inilah cara termudah dan sederhana yang sudah ada sejak jaman dulu. Ya, fitur screenshot memang sudah dihadirkan pada HP Samsung keluaran lama dan cara pengambilannya menggunakan kombinasi tombol ini. 

Meskipun mudah, namun cara ini juga punya kelemhan. Salah satunya yakni bisa membuat tombol fisik HP cepat rusak, dikarenakan penekanan yang dilakukan dengan terlalu sering. Tetapi tentunya cara inilah yang paling sering digunakan oleh para pengguna Samsung. Untuk melakukannya sangat mudah, yaitu:

  • Pertama kamu tentukan halaman layar HP yang ingin dijadikan gambar screenshot.
  • Jika sudah, sekarang kamu tekan dan tahan tombol Power + tombol Home secara bersamaan. 
  • Lepaskan tekanan pada layar jika sudah terdengar suara “cekrek” atau layar berkedip. Atau juga saat HP bergetar. 
  • Nantinya gambar screenshot ada ditampilkan di Status bar. Sebelum menyimpan kamu masih memungkinkan untuk mengedit atau menghapusnya jika memang tidak cocok. 
  • Selesai. 

Cara screenshot Android Samsung di atas bisa kamu terapkan pada semua tipe HP Samsung. Mulai dari keluarga Galaxy J Series, Galaxy A Series (2017 ke bawah), dan HP Samsung lama yang masih dibekali tombol Home fisik. 

Lalu, bagaimana jika HP Samsung ternyata tidak dibekali dengan tombol Home fisik? Apakah masih bisa melakukan tangkapan layar dengan kombinasi tombol? Jawabannya tentu bisa. Berikut ini cara melakukan tangkapan layar di HP Samsung tanpa tombol Home fisik, yaitu:

  • Pertama kamu tentukan halaman layar yang ingin discreenshot. 
  • Jika sudah, sekarang tekan dan tahan tombol Power + tombol Volume (Up/Down)
  • Lepaskan tekanan pada kedua tombol jika layar sudah berkedip atau bunyi suara “cekrek” dan terdapat getaran. 
  • Hasil screenshot akan ditampilkan di bagian Status bar. Dan secara otomatis juga hasil screenshot tersimpan di menu Galeri HP. 
  • Selesai. 

Cara di atas berlaku untuk semua tipe HP Samsung, baik yang dibekali tombol Home Fisik atau yang tidak. Mulai dari keluarga Galaxy A Series, Galaxy J Series, Galaxy S Series dan lain sebagainya. 

2. Screenshot HP Samsung dengan Swiping Layar


Cara lain untuk meng-capture layar HP Samsung yakni dengan melakukan swiping layar. Teknik satu ini juga terbilang mudah dan cepat, sehingga wajib untuk coba kamu lakukan. Namun sayangnya, cara screen capture dengan swiping layar ini hanya bisa dilakukan pada beberapa tipe HP Samsung saja. Adapun tipe HP Samsung yang bisa menerapkan screenshot dengan swiping layar, di antaranya Samsung Galaxy S4 ke atas, Samsung Galaxy Note 3 ke atas dan HP Samsung keluaran terbaru lainnya.

Mengenai langkah-langkah mengambil screenshot di HP Samsung dengan swiping layar, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu aktifkan terlebih dahulu fitur screen capture dengan swiping layar bernama Palm Swipe
  • Caranya dengan masuk ke menu Pengaturan >> pilih opsi Fitur Lanjutan >> pilih opsi Gerakan dan Gestur >> kemudian centang pada opsi Palm Swipe
  • Setelah fitur Palm Swipe diaktifkan, sekarang waktunya mengambil screen capture.
  • Tentukan halaman layar yang ingin diambil screenshotnya. Kemudian posisikan telapak tangan di sisi kanan layar. Lalu sapu atau gerakkan telapak tangan ke sisi kiri layar. 
  • Nantinya akan terdengar bunyi “cekrek” seperti suara shutter kamera. 
  • Screenshot sudah berhasil diambil dan gambar tersimpan di menu Galeri HP. 
  • Selesai. 

3. Screenshot HP Samsung dengan Aplikasi Tambahan


Jika memang salah satu tombol di HP Samsung-mu rusak dan tidak dibekali fitur Palm Swipe, maka cara satu ini bisa dijadikan alternatif lain mengambil screenshot. Di sini kamu bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang menyediakan fitur tangkapan layar. Aplikasi semacam ini ada banyak sekali jenisnya dan bisa kamu install secara gratis melalui Google Play Store. 

Beberapa aplikasi screen capture di android punya keunggulan dan kelemahan masing-masing. Fitur yang disediakan juga beragam, mulai dari screenshot cepat, screenshot panjang, screenshot dengan goyangkan HP, screenshot dengan tombol melayang dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi screenshot HP Samsung terbaik yang bisa kamu install, yakni: 

Screenshot Capture (Tri Core)
Screenshot Touch (Daejeong Kim)
Screenshot Capture (App Doodle)
Tangkapan Layar Mudah (Ice Cold App)

4. Screenshot HP Samsung Menggunakan S Pen


Bagi kamu para pengguna HP Samsung dari keluar Note, cara satu ini bisa diterapkan untuk pengambilan screenshot. Selain itu, pengguna Samsung Tab juga memungkinkan untuk melakukan teknik screen capture ini. Ya, alat yang digunakan untuk pengambilan screenshot yakni S Pen. 

Untuk cara melakukan screenshot dengan S Pen di HP Samsung selengkapnya, sebagai berikut: 

  • Pertama kamu aktifkan menu Air Command. Menu ini akan secara otomatis tampil saat S Pen ditarik. Atau bisa juga dengan cara menekan tombol yang ada di S Pen untuk menampilkannya.
  • Jika sudah tampil, selanjutnya kamu pilih opsi Screen Write untuk mulai melakukan screenshot. 
  • Gambar screenshot yang berhasil ditangkap masih bisa kamu edit dengan menambahkan catatan atau ornamen lainnya. 
  • Klik tombol Save atau Share jika sudah selesai.

Cara Screenshot Panjang di HP Samsung Semua Tipe


Selain bisa melakukan screenshot biasa pada satu layar, di HP Samsung kamu juga memungkinkan untuk melakukan screenshot panjang. Dalam hal ini kamu masih membutuhkan aplikasi tambahan yang memang menyediakan fitur tersebut. Salah satu aplikasi screenshot panjang atau long shot terbaik yakni LongShot (Leav Jenn). 

Mengenai cara Screenshot Panjang dengan LongShot di HP Samsung selengkapnya, yakni: 

  • Langkah yang pertama kamu install aplikasi LongShot di HP Androidmu. 
  • Jika sudah, sekarang jalankan aplikasi tersebut. 
  • Sekarang kamu buka dan mengambil halaman yang ingin discreenshot secara memanjang. Kemudian pindahkan ke dalam aplikasi LongShot. 
  • Secara otomatis aplikasi akan mengambil screenshot halaman tadi secara menyeluruh alias memanjang. 
  • Selesai. 

Cukup mudah bukan cara screenshot HP Samsung untuk semua tipe di atas? Pilih salah satu cara di atas untuk mengambil screen capture di HP Samsungmu. Jangan lupa share artikel ini ke akun media sosialmu. 

Belum ada Komentar untuk "Cara Screenshot HP Samsung yang Paling Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel