Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti Favicon di Blogger Versi Baru (Blogspot)

Cara Mengubah Favicon di Blogspot Baru - Google telah meluncurkan tampilan terbaru untuk platform blogger di tahun 2022 ini. Dan menurut informasi antarmuka blogger baru tersebut akan diterapkan secara otomatis untuk semua akun Blogger. Meskipun demikian, kalian yang cukup asing dan kurang nyaman dengan tampilan Blogger yang baru, maka bisa mengembalikannya ke versi lama atau klasik. Caranya cukup dengan masuk ke akun Blogger, kemudian klik tombol “Kembalikan ke Blogger Lama” yang ada di bagian paling bawah sisi kiri layar. 

Cara Mengubah Favicon di Blogger Versi Baru
Cara Mengubah Favicon di Blogger Versi Baru
Di antarmuka Blogger versi baru ini ada banyak sekali perubahan. Salah satunya yakni pada bagian menu Tata Letak, yang berfungsi untuk mengatur layout template. Perubahan yang mencolok yakni untuk opsi mengubah favicon blog. Kalau dulu opsi untuk mengganti favicon tersebut berada di menu Tata Letak atau Layout. Tetapi di tampilan Blogger baru fitur tersebut sudah dihilangkan dari menu Tata Letak tersebut. 

Lantas, bagaimana caranya agar bisa mengganti favicon default Blogger menjadi favicon buatan sendiri? Tenang saja, fitur untuk mengubah favicon di blogspot tersebut tetap ada, hanya letaknya saja yang dipindah. Penasaran dengan cara mengganti favicon di Blogger versi baru tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini. 

Cara Mengganti Favicon di Blogger Versi Baru 2022


Sebenarnya cukup mudah untuk mengganti favicon di Blogger tampilan baru. Hanya saja beberapa pengguna agak kebingungan karena memang letaknya tidak sama seperti Blogger versi klasik atau lama. Karena masalah inilah saya mencoba membahasnya pada artikel kali ini. 

Namun, sebelum lanjut ke cara ganti favicon blog di Blogger baru, sebaiknya ketahui dulu apa saja syarat dan ketentuan yang perlu diperhatikan, yakni:

  • Favicon harus dalam format PNG, JPG, ICO, ataupun GIF. 
  • Ukuran favicon tidak boleh lebih dari 100kb.
  • Bentuk favicon harus persegi (square) dengan rasio yang sama. Sebagai contoh, ukuran default 16x16 pixel. 
  • Agar favicon backgroundnya transparan, maka disarankan untuk menggunakan format PNG atau GIF (favicon bergerak).

Kalau beberapa syarat dan ketentuan di atas sudah dipahami, sekarang lanjut ke langkah-langkah untuk mengganti favicon di blog pribadi. Untuk langkah-langkah selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kunjungi situ Blogger dan login dengan menggunakan akun pribadimu. 
  • Pada blog yang ingin diubah faviconnya, selanjutnya kamu klik pada menu Setelan atau Settings yang ada di sisi kiri tampilan. 
  • Di bagian bawah opsi untuk menambahkan ID Properti Google Analytics, di sana ada opsi Favicon

Cara Mengganti Favicon di Blogger Versi Baru
Cara Mengganti Favicon di Blogger Versi Baru
  • Klik pada opsi Favicon tersebut, maka kamu akan dibawa ke halaman baru untuk menambahkan favicon blog. 
  • Selanjutnya klik tombol Pilih File, kemudian cari file favicon yang sebelumnya sudah dipersiapkan. Jika sudah ketemu, lanjut dengan klik Open
  • Langsung terapkan favicon tersebut di blog dengan cara klik tombol Simpan
  • Selesai. 

Catatan: Favicon tidak akan langsung berubah, melainkan harus menunggu beberapa waktu. Waktu tersebut bervariasi, bisa 1x24 jam, 2 hari, atau bahkan ada yang sampai 5 hari. Ini karena Google perlu waktu untuk mengganti favicon default Blogger ke favicon baru yang kamu unggah tersebut. 

Ingin Punya Blog Platform Wordpress Sendiri? Lihat caranya DI SINI.

Cara Membuat Favicon yang Mudah untuk Pemula


Membuat Favicon sama mudahnya seperti membuat logo untuk blog. Di sini kamu bisa memanfaatkan software khusus untuk editing logo agar lebih mudah untuk membuatnya. Kebetulan di sini saya menggunakan software Adobe Illustrator untuk pembuatan logo dan favicon blog tersebut. 

Mungkin agak susah untuk membauat logo dan favicon blog dengan software Adobe Illustrator. Apalagi kapasitas software tersebut yang cukup besar, sehingga butuh perangkat PC atau laptop yang mengusung spesifikasi tinggi. Alternatifnya di sini kamu bisa menggunakan software Adobe Photoshop CS. Berikut ini langkah-langkah membuat logo dan favicon blog dengan Adobe Photoshop CS selengkapnya. 

  • Langkah yang pertama pastikan kamu sudah menginstall software Adobe Photoshop CS di PC atau laptop. Kalau belum punya softwarenya, maka bisa download dulu melalui LINK INI
  • Opsional saja, di sini kamu juga bisa mengunduh jenis font unik yang bisa dijadikan untuk logo dan favicon nanti. Untuk mencari font unik tersebut bisa mengunjungi situs 1001 Font
  • Kalau sudah sekarang buka Adobe Photoshop yang sudah diinstall tadi. Saya asumsikan kalian sudah tahu cara menginstall Adobe Photoshop dan menambahkan font baru di Windows. 
  • Pada halaman utama software, kamu buat lembar baru dengan cara klik tombol Ctrl + N.
  • Atur ukuran lembar kertas 100 x 100 dengan format pixels. Kamu bisa menyesuaikan ukuran lembar kertas tersebut sesuai keinginan. Kalau sudah, selanjutnya klik tombol OK.
  • Agar lebih mudah, saya akan membuat logo dan favicon menggunakan font unik saja. Jadi tidak perlu skill khusus untuk membuatnya. Pertama klik Horizontal Type Tool atau dengan ikon T, lalu klik pada lembar kertas. Kamu juga bisa menambahkan objek lain agar favicon lebih menarik. Misalnya saja menambahkan objek lingkaran sebagai background dari favicon. 

Cara Membuat Favicon
Gambar 1 Cara Membuat Favicon
  • Misalnya saja di sini saya akan membuat favicon dengan inisial GG, maka hasilnya seperti di bawah ini. 
  • Kalau sudah, sekarang simpan favicon tersebut dengan cara klik Ctrl + S
  • Jangan lupa ubah format file menjadi PNG agar background favicon jadi transparan. Beri pula nama favicon sesuai keinginan. Kalau sudah, klik tombol Save atau Simpan. 

Cara Membuat Favicon
Gambar 2 Cara Membuat Favicon

Sekarang kita sudah berhasil membuat favicon blog menggunakan Adobe Photoshop CS. Kamu bisa langsung menggunakannya untuk blog pribadi. Cara mengubahnya seperti yang sudah dijelaskan di atas. 

Itulah tadi cara mengganti favicon di Blogger versi baru yang bisa coba kamu terapkan sendiri. Jangan lupa untuk share informasi ini ke akun media sosial pribadi, supaya CahDeso bisa terus memberikan informasi menarik untuk kalian semua. Salam dari Anak Desa!
Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

15 komentar untuk "Cara Mengganti Favicon di Blogger Versi Baru (Blogspot)"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-