Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Laporan Magang SMK Jurusan Teknik Jaringan dan Komputer

Contoh Laporan Prekerin SMK Jurusan TKJ - Membuat laporan magang atau prakerin merupakan tugas wajib bagi pelajar SMK. Tidak hanya untuk siswa jurusan TKJ saja, murid SMK dari jurusan lain juga wajib membuat laporan hasil magangnya tersebut. Just info saja, magang atau prakerin merupakan suatu kegiatan wajib dari SMK yang mengharuskan siswanya terjun langsung ke dunia kerja sesuai jurusan yang dipilih. Misalnya saja jurusan TKJ, maka terjunnya bisa ke tempat service PC atau laptop, penyedia jaringan, atau yang lainnya.

Contoh Laporan Magang SMK Jurusan TKJ
SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan sendiri merupakan salah satu jenjang sekolah yang cukup diminati di jaman sekarang ini. Derajatnya sama dengan tingkat SMA atau MA. Namun, SMK lebih menekan muridnya untuk menguasai  sebuah jurusan yang dipilihnya. Selain jurusan TKJ, masih ada banyak jurusan di SMK lain yang bisa dipilih. Mulai dari jurusan peternakan, otomotif, multimedia, pemasaran, tata boga, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Kembali lagi ke pembahasan awal, banyak siswa yang mengeluh ketika harus membuat laporan hasil prakerin yang sudah dijalaninya. Kegiatan prakerin atau magang ini sendiri durasinya cukup bervariasi untuk tiap sekolah. Ada yang hanya 3 bulan atau bahkan 1 semester alias 6 bulan. Bagi kalian yang belum tahu bagaimana cara membuat laporan magang, di bawah ini sudah saya berikan contohnya. Ini merupakan contoh laporan magang SMK jurusan TKJ atau Teknik Komputer dan Jaringan. Yuk simak ulasan selengkapnya!

Contoh Laporan Magang SMK Jurusan TKJ Terbaru


Dalam membuat sebuah laporan prakerin, ada beberapa kaidah penyusunan yang perlu diperhatikan. Jadi, membuatnya tidak boleh sembarangan dan harus sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan dari sekolah. Mulai dari yang paling dasar soal ukuran kertas dan batas margin, ukuran dan jenis font, hingga urutan dalam isi laporan. 

Bagi orang awam mungkin cukup kesulitan untuk membuat laporan untuk hasil magang atau prakerin tersebut. Karena itulah, di sini saya berikan contoh laporan magang SMK yang sudah jadi dan dijamin lulus. Di sini langsung saya berikan dalam bentuk file word atau dokumen. Jadi, kamu bisa langsung mengunduh dan mengeditnya sesuai keinginan. Untuk link download laporan prakerin SMK jurusan TKJ dalam bentuk word tersebut bisa klik di bawah ini. 

Download Contoh Laporan Magang SMK Jurusan TKJ (file Ms.Word)





Download Contoh Cover Laporan Magang



Dalam file laporan PKL (Praktik Kerja Lapangan) atau prakerin tersebut membahas tentang Modif Printer Canon IP2770. Di sana sudah dibahas lengkap bagaimana step-step beserta gambar untuk melakukan modif printer Canon tipe IP2770 tersebut. Karena sudah dilengkapi dengan gambar, jadi akan bisa dipahami dengan lebih mudah. 

File dalam bentuk Ms. Word yang tentunya cukup mudah untuk diedit ulang isi-isinya. Tidak hanya isi laporan saja, dilengkapi pula dengan contoh cover untuk laporan prakerin tersebut. Kamu bisa langsung menyontoh sesuai urutan dan aturan penyusunan laporan yang sudah ditentukan.

Catatan: File tersedia dalam format Microsoft Word dan bisa diedit dengan mudah. Jika link mati, bisa informasikan ke admin melalui halaman KONTAK.

Peluang Usaha untuk Lulusan SMK Jurusan TKJ


Berbicara mengenai peluang bisnis untuk siswa jurusan TKJ, dunia komputer dan jaringan sudah pasti merupakan peluang yang paling memungkinkan. Karena sangat tidak mungkin lulusan SMK jurusan TKJ tersebut tidak bisa mengoperasikan komputer dan mengutak-atik jaringan. 

Tetapi nyatanya, setelah lulus dari SMK banyak mantan murid yang bingung untuk mencari pekerjaan. Padahal, ada banyak sekali peluang yang bisa dipilih jika merupakan lulusan dari SMK tersebut. Adapun peluang usaha untuk lulusan SMK, khususnya jurusan TKJ, antara lain:

1. Menjadi Tukang Service PC atau Komputer


Saat sekolah dulu pasti kalian sudah diajarkan tentang bagaimana cara merakit sebuah PC atau komputer. Tidak seperti sekolah jenjang lain, di SMK murid tidak hanya diajarkan soal teori, melainkan sekaligus prakternya juga. 

Jika kamu memang ahli dalam hal mengutak-atik jeroan PC atau komputer, bisa mencoba untuk menjadi tukang service. Kalau masih dalam tahap pengembangan, sebaiknya kamu melamar pekerjaan di tempat-tempat service PC atau komputer di sekitar lokasimu. Kalau dirasa sudah mahir, maka bisa mencoba membuka tempat service sendiri. 

2. Sebagai Penyedia Jaringan Wifi


Selain soal komputer, siswa TKJ juga diajarkan soal jaringan pada komputer. Pelajaran tersebut pasti juga tidak terlalu jauh dengan yang namanya jaringan Wifi. Di sini kamu bisa mencoba membuka peluang usaha di dunia jaringan Wifi tersebut. Apalagi, di era yang semakin modern seperti sekarang ini hampir semua orang membutuhkan internet. 

Pada awalnya kamu bisa memasang Wifi di rumah dan memberikan akses Wifi berbayar bagi tetangga. Lebih lanjut, bisa juga mencoba membangun jaringan RT/RW Net yang cakupannya semakin luas. Banyak lho yang sukses dengan hanya mengandalkan bisnis RT RW Net tersebut. 

3. Menjual Perangkat Elektronik


Peluang bisnis satu ini dikhususkan untuk kalian yang punya banyak dana untuk membangun usaha. Kamu bisa mencoba membuka toko yang menjual seputar perangkat komputer dan aksesorisnya. Mulai dari PC rakitan, laptop, komponen hardware, aksesoris komputer dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Lengkapi pula tokomu tersebut dengan menerima service PC atau laptop rusak. Peluang bisnis satu ini masih minim, jadi peluangnya masih cukup besar. 

4. Membuka Warnet


Meskipun sudah semakin ditinggalkan, namun warnet masih menjadi pilihan terbaik bagi beberapa orang. Khususnya untuk kalian yang tinggal di pedesaan, di mana akses internet masih minim untuk didapatkan. 

Kebanyakan dari mereka akan memilih datang ke warnet daripada harus membeli perangkat PC atau laptop sendiri.

5. Menjadi Seorang Blogger


Sedikit banyaknya pasti kamu sudah paham dengan yang namanya dunia internet. Pasalnya, lulusan TKJ kesehariannya tidak terlepas dari pengoperasian PC atau laptop. Untuk menjadi seorang blogger, modalnya kamu hanya perlu mahir menyusun kata dan pastinya mengetik.

Buat blog di Blogger atau platform lain, di sana kamu bisa membahas seputar dunia teknologi yang terus berkembang. Berikan ulasan secara jelas sehingga membuat pengunjung terus mengunjungi blog-mu. Dari sini kamu bisa mendaftarkan situs ke Google Adsense atau penayang iklan lain agar bisa menghasilkan pundi-pundi uang. 

Masih ada banyak peluang usaha untuk siswa lulusan SMK jurusan TKJ khususnya. Tergantung keterampilan dan minat masing-masing orang sehingga menemukan bisnis yang cocok untuk dijalankannya. 

Itulah tadi contoh laporan magang untuk siswa SMK jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan). Download dan share informasi dari CahDeso ini ke akun media sosial pribadimu. Salam dari Anak Desa!
Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk "Contoh Laporan Magang SMK Jurusan Teknik Jaringan dan Komputer"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-