Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mengetahui Chat WA Sudah Dibaca Meski Centang Biru Dinonaktifkan

Cara Mengetahui Chat WA Sudah Dibaca Meski Centang Biru Dinonaktifkan
Cara Mengetahui Chat WA Sudah Dibaca Meski Centang Biru Dinonaktifkan
CahDeso.id - Pernah gak sih ngirim chat ke WhatsApp teman, tapi dia lama balesnya? Bikin kesel emang, apalagi saat teman tersebu benar-benar sangat dibutuhkan. Pada chat yang dikirimkan tersebut sudah tertera 2 centang, tetapi masih berwarna abu-abu. Seperti yang kita tahu, tanda centang 2 berwarna abu-abu menandakan kalau chat atau pesan tersebut belum dibaca oleh si penerima. Jika memang sudah dibaca, biasanya centang 2 tersebut akan berubah warna menjadi biru. 

Tetapi ternyata, tidak selamanya centang 2 abu-abu pada chat WhatsApp menandakan pesan tersebut belum dibaca. Karena di WhatsApp sudah ada fitur yang memungkinkan penggunanya mematikan centang biru. Itu artinya, ketika chat dari teman sudah ia baca maka centang tersebut tetap berwarna abu-abu. Lantas, bagaimana cara mengatahui chat WhatsApp sudah dibaca meski centang biru dimatikan? Tidak perlu bingung, karena di sini saya punya trik rahasianya yang bisa kamu terapkan. Dengan mudah kamu bisa tahu apakah pesan kamu belum dibaca atau memang diabaikan oleh teman. Simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

3 Cara Mengetahui Chat WA Sudah Dibaca Meski Centang Biru Dinonaktifkan

Belum banyak yang tahu cara mengetahui pesan WhatsApp sudah dibaca walau centang biru dinonaktifkan. Padahal, untuk mengetahuinya sangat mudah loh, bahkan tanpa aplikasi tambahan. Setidaknya ada 3 trik yang bisa kamu terapkan untuk membongkar rahasia dari teman WhatsApp ini. 
Adapun trik mengetahui chat sudah dibaca meski centang biru dimatikan di WhatsApp, di antaranya:

1. Kirim voice note atau pesan suara ke WhatsApp teman


Gambar 1 Cara Mengetahui Chat WA Dibaca
Gambar 1 Cara Mengetahui Chat WA Dibaca
Cara yang pertama untuk ketahui pesan sudah dibaca atau belum adalah dengan memanfaatkan fitur voice note atau pesan suara. Seperti yang kita tahu, selain bisa mengirim pesan teks kamu juga bisa mengirim pesan suara atau voice note di WhatsApp. Tidak seperti pesan teks atau chat, pesan suara yang dikirimkan tidak terpengaruh oleh fitur centang biru yang dinonaktifkan. 

Ketika teman mematikan fitur centang biru di WhatsAppnya, tanda centang biru pada voice note atau pesan suara akan tetap muncul. Dengan begitu, kamu bisa tahu apakah teman belum membaca chat kamu atau memang benar-benar mengabaikannya. Lebih jelasnya, lihat langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi WhatsApp, kemudian masuk ke menu Obrolan atau Chat.
  • Klik chat teman yang ingin kamu ketahui pesan dibacanya, kemudian langsung kirimkan pesan suara (tekan dan tahan tombol microfone, lepaskan untuk mengirim voice note).
  • Jika memang teman kamu sudah membaca atau mendengarkan voice note yang kamu kirim tadi, maka centang biru akan muncul di bawahnya. 

2. Kirim chat di grup WhatsApp yang ada teman kamu di dalamnya


Gambar 2 Cara Mengetahui Chat WA Dibaca
Gambar 2 Cara Mengetahui Chat WA Dibaca
Cara mengetahui chat WhatsApp sudah dibaca meski fitur Read Receipts dinonaktifkan selanjutnya adalah dengan memanfaatkan percakapan kelompok alias group chat. Perlu kamu tahu, fitur Laporan Dibaca atau Read-Receipts hanya berlaku untuk chat pribadi saja dan tidak untuk grup WhatsApp. Dengan begitu, kamu tetap bisa mengetahui siapa saja yang sudah membaca chat yang kamu kirimkan di grup chat. Tak terkecuali juga teman yang mematikan fitur centang biru di WhatsApp mereka. 

Adapun langkah-langkah untuk mengetahui pesan telah dibaca melalui grup WhatsApp, sebagai barikut:

  • Pertama buka aplikasi WhatsApp, kemudian masuk ke grup yang di dalamnya ada kontak teman yang mengabaikan chat-mu tadi. 
  • Sekarang kirimkan pesan di grup tersebut, baik itu pesan teks, voice note atau yang lainnya. 
  • Pada pesan yang dikirimkan tadi, kamu tekan dan tahan hingga muncul beberapa opsi di layar atasnya. 
  • Selanjutnya klik ikon tiga titik vertikal di bagian paling pojok kanan atas, lalu klik opsi Info
  • Di sini kamu bisa melihat siapa saja yang sudah menerima pesan dan yang sudah membaca pesan yang dikirim tersebut. 

3. Melihat info chat yang dikirim ke teman


Gambar 3 Cara Mengetahui Chat WA Dibaca
Gambar 3 Cara Mengetahui Chat WA Dibaca
Cara mengetahui pesan dibaca atau belum yang terakhir adalah dengan melihat di opsi Info chat. Di sini kamu bisa mengetahui kapan chat tersebut diterima oleh teman dan kapan waktu dibaca olehnya. Caranya sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama kamu buka aplikasi WhatsApp, kemudian masuk menu Obrolan atau Chat
  • Buka chattingan kamu dengan teman yang mematikan fitur centang biru di WhatsAppnya. 
  • Pada chat yang kamu kirim, tekan dan tahan hingga muncul beberapa opsi di atas layar. 
  • Selanjutnya klik ikon tiga titik vertikal yang ada di pojok kanan atas, kemudian pilih opsi Info
  • Di sini kamu akan melihat kapan waktu chat diterima dan dibaca oleh teman kamu. 

Untuk cara yang ketiga ini mungkin tidak berjalan dengan seperti yang diharapkan. Karena bagian iformasi pesan dibaca tidak tampil kapan waktunya. Sehingga masih cukup menyulitkan untuk mengetahui pesan tersebut benar-benar sudah dibaca atau belum.

Cara Menghilangkan Centang Biru di WhatsApp


Mungkin sebagian dari kalian masih belum tahu bagaimana cara mematikan fitur centang biru atau laporan dibaca/read receipts di WhatsApp. Tidak perlu khawatir, karena di sini saya juga akan memberi tahu bagaimana cara melakukannya. Simak trik menghilangkan centang biru di WA berikut ini: 

  • Buka Apliksi WhatsApp di HP androidmu. 
  • Klik ikon tiga titik vertikal yang ada di bagian pojok kanan atas, kemudian pilih opsi Setelan
  • Selanjutnya klik opsi Akun, lalu pilih Privasi
  • Scroll ke bawah, kemudian kamu slide ke kiri pada tombol yang ada di opsi Laporan dibaca

Selain cara tersebut, masih ada cara lain untuk menghilangkan tanda centang biru di WhatsApp yakni dengan memanfaatkan aplikasi GBWhatsApp. GBWhatsApp merupakan aplikasi Mod WhatsApp yang punya banyak sekali fitur di dalamnya, termasuk fitur untuk menonaktifkan centang biru.

Selain fitur tersebut masih ada banyak fitur lain seperti, mengganti tema WhatsApp, menghilangkan informasi penggunaan, mengganti jenis font dan masih banyak lagi yang lainnya.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai cara mengetahui chat WA sudah dibaca meski centang biru dinonaktifkan oleh teman. Jangan lupa kunjungi terus situs CahDeso.id agar kamu semakin banyak tahu. 
Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

11 komentar untuk "3 Cara Mengetahui Chat WA Sudah Dibaca Meski Centang Biru Dinonaktifkan"

  1. Thanks for the detailed information about this. I would love to see more such awesome blog posts from you. Keep up the Good Work!
    Gbwhatsapp and Fmwhatsapp apk which is best one?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Right now I feel like GBWhatsApp is the best!

      Hapus
    2. Looks like I forgot the links here they are- https://clashbrawl.com/ and https://gbmod.net/ are the best.

      Hapus
  2. Excellent blog, thanks for sharing such an interesting content. I appreciate your work. Also checkout Nulls Clash ( https://clashmod.net/nulls-clash-apk/ ).

    BalasHapus
  3. Thanks guys for sharing this amazing post with us. I love using this app.

    BalasHapus
  4. Nice...i didn't know about these ways to check if the messages has been read. Thanks for sharing it with us. It's a great help. Would like to see a post on Kinemaster MOD APK

    BalasHapus
  5. It is a very detailed information is given by the blogger, i hope you will make more like this , and thanks for sharing this information. Download FMWhatsApp APK

    BalasHapus
  6. Terima kasih telah berbagi ini. Itu membantu. Terus berbagi hal-hal seperti itu.
    Periksa juga COC MOD Apk.

    BalasHapus
  7. I loved it. Very easy to use. Time effective. PCVAST

    BalasHapus
  8. I am very benefited by your post. It's wonderful and amazing. I appreciate you sharing this important information. You did an excellent job. I'd want to know more about Yo WhatsApp. Continue to update and share. Please share more articles with us. Many thanks.

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-