Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Force Close di e-Football PES 2021 Mobile [UPDATE]

Cara Mengatasi Force Close di e-Football PES 2021 Mobile
Cara Mengatasi Force Close di e-Football PES 2021 Mobile
CahDeso.id - Game force close atau keluar sendiri/berhenti tiba-tiba merupakan masalah yang sering sekali dialami saat main game di android. Tidak hanya berlaku untuk game berat saja, bahkan game ringan pun bisa saja mengalami force close tanpa diketahui penyebabnya. Hal yang sama juga sering dialami gamer saat main game e-Football PES 2021. Ya, force close di game e-Football PES 2021 Mobile ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, baik itu dari file sistem game, sistem android, atau juga karena kapasitas HP yang tidak memadai. 

Apapun penyebab e-Football PES 2021 keluar sendiri atau mengalami force close, yang terpenting adalah bagaimana cara untuk mengatasinya. Cara mengatasi force close di game e-fooball PES 2021 Mobile android cukup mudah. Bahkan kamu yang masih pemula pun bisa melakukannya tanpa belajar lama. Berikut tips mengatasi game e-Football PES 2021 Mobile force close selengkapnya!

Penyebab dan Cara Mengatasi Force Close di e-Football PES 2021 Mobile


Game e-Football PES 2020 Mobile sendiri sudah bisa diunduh melalui Google Play Store sejak tanggal 18 Oktober 2019 kemarin. Hanya saja fitur-fiturnya yang ada di dalamnya, seperti mode permainan, event dan lainnya belum tersedia. Dijadwalkan semua fitur di e-Football PES 2021 Mobile bisa diakses penuh pada hari Kamis, tanggal 24 Oktober 2019 mendatang. 

Meski begitu, sudah banyak yang mulai memainkan game sepak bola garapan KONAMI ini. Akan tetapi, banyak dari mereka yang mengeluhkan jika cukup susah untuk masuk ke dalam game. Selain itu, beberapa pengguna juga punya masalah game yang sering berhenti atau keluar sendiri. Sebelum lanjut ke cara mengatasi force close di e-Football PES 2021 Mobile, ketahui terlebih dahulu apa penyebab game PES 2021 Mobile keluar sendiri atau force close tersebut. 

Adapun penyebab e-Football PES 2021 Mobile force close atau keluar sendiri, antara lain:

  • Terjadi corrupt pada file game e-Football PES 2021 Mobile. 
  • Ruang RAM terlalu penuh sehingga tidak bisa menjalankan e-Football PES 2021 Mobile.
  • File Cache atau file sampah yang tersimpan di RAM. 
  • Terjadinya kesalahan sistem saat menjalankan game e-Football PES 2021 Mobile.
  • Spesifikasi HP yang memang kurang memadai untuk memainkan game e-Football PES 2021 Mobile. 
  • Pengaturan di HP android yang salah, sehingga menyebabkan game e-Football PES 2021 Mobile tidak bisa dibuka atau dijalankan.

Dengan mengetahui beberapa penyebab di atas, tentu kita bisa lebih mudah mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah force close di e-Football PES 2021 Mobile ini. 

Sebelum lanjut ke cara mengatasi masalah force close di game e-Football PES 2021 Mobile, kertahui terlebih dahulu spesifikasi minimum HP untuk main game tersebut. Karena pada umumnya, masalah ini disebabkan oleh spesifikasi perangkat HP android yang tidak memenuhi syarat untuk memainkanya. Adapun syarat spesifikasi minimum HP untuk main game e-Football PES 2021 Mobile, yakni:

  • Prosesor: Quad Core ke atas
  • RAM: 2GB
  • Versi Android: OS Android 5.0 Lollipop
  • Memori Internal: Tersedia ruang kosong minimal 2GB

Informasi di atas hanyalah syarat minimum HP saja, lebih disarankan untuk menggunakan HP yang spesifikasinya lebih tinggi dari yang di atas. Dengan begitu, aktivitas memainkan game e-Football PES 2021 Mobile akan lebih lancar dan seru tanpa adanya masalah. Sementara untuk cara mengatasi e-Football PES 2021 Mobile tidak bisa dibuka atau force close, sebagai berikut: 

1. Melakukan Restart HP


Cara Mengatasi Force Close e-Football PES 2020 Mobile
Restart HP Android
Cara yang pertama yakni dengan melakukan restart HP android. Cara ini merupakan yang paling mudah untuk dilakukan. Melalukan restart nantinya akan menghapus file cache atau sampah yang tersimpan di dalam RAM, sehingga ruang di RAM menjadi kosong kembali. 

Selain itu, melakuka restart HP juga bisa mengatasi berbagai masalah kesalahan sistem, termasuk kesalahan saat menjalankan game e-Football PES 2021 Mobile. Jika sudah direstart, coba jalankan kembali game e-Football PES 2021 Mobile. 

2. Menghapus File Cache Game


Cara Mengatasi Force Close e-Football PES 2020 Mobile
Hapus File Cache Game
Jika merestart HP belum bisa mengatasi masalah game e-Football PES 2021 Mobile force close, cobalah cara satu ini. File Cache sebenarnya sangat dibutuhkan untuk mempercepat waktu loading game di momen ke 2 dan seterusnya. Tetapi terkadang file cache yang terlalu lama disimpan, bisa menjadi penyebab e-Football PES 2021 Mobile error. Salah satunya adalah game e-Football Pro Evolution Soccer 2021 Mobile yang keluar secara tiba-tiba seperti ini. 
Untuk menghapus file cache game e-Football PES 2021 Mobile sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk ke menu Pengaturan
  • Scroll ke bawah, lalu pilih opsi Aplikasi
  • Cari dan pilih game e-Football PES 2021 Mobile. 
  • Klik pada opsi Penyimpanan
  • Klik pada tombol Hapus Cache/Hapus Memori
Catatan: Di gambar saya contohkan penghapusan file cache PES 2020 Mobile. Tetapi menghapus file cache di PES 2021 sama saja.

3. Menghapus File Data Game

Cara Mengatasi Force Close e-Football PES 2020 Mobile
Hapus File Data Game
Sudah melakukan hapus cache namun game e-Football PES 2021 Mobile tetap mengalami error atau force close? Cobalah cara satu ini yakni dengan menghapus semua data yang ada di dalam game. Menghapus data game akan mampu mengatasi masalah file sistem game yang rusak atau corrupt. 

Perlu diingat, menghapus data game akan membuat semua data di dalamnya akan hilang. Termasuk data login, pengaturan, dan lain sebagainya. Jadi, sebaiknya kamu lakukan penautan game e-Football PES 2021 Mobile ke ID KONAMI atau Google Play Game agar data game tetap aman. Untuk langkah-langkah menghapus data game, sebagai berikut:

  • Masuk ke menu Pengaturan
  • Scroll ke bawah, lalu pilih opsi Aplikasi
  • Cari dan pilih game e-Football PES 2021 Mobile. 
  • Klik pada opsi Penyimpanan
  • Klik pada tombol Hapus Data

Setelah itu, cobalah buka kembali game e-Football PES 2021 Mobile. Jika sudah bisa, silahkan kamu lakukan restore akun e-Football PES 2021 Mobile melalui akun ID KONAMI atau Google Play Game yang kamu tautkan tadi. Jika cara ini belum berhasil, cobalah cara berikutnya di bawah ini.

4. Uninstall dan Install Ulang Game

Cara Mengatasi Force Close e-Football PES 2020 Mobile
Uninstall dan Install Ulang Game
Cara mengatasi e-Football PES 2021 Mobile berhenti sendiri selanjutnya yakni dengan melakukan uninstall game e-Football PES 2021 Mobile. Cara ini biasanya sangat ampuh mengatasi berbagai masalah dalam game, termasuk juga masalah force close atau keluar sendiri. 

Jika sudah diuninstall, sebelum menginstallnya kembali sebaiknya kamu lakukan hapus cache android. Agar lebih maksimal lakukan restart HP terlebih dahulu, kemudian cobalah install ulang game e-Football PES 2021 Mobile. Sama seperti sebelumnya, sebaiknya kamu tautkan terlebih dahulu akun e-Football PES 2021 Mobile ke ID KONAMI atau Google Play Game. 

5. Melakukan Pengaturan via Developer Option


Cara satu ini bisa dibilang cukup ampuh mengatasi force close dan crash issue di game e-Football 2021 Mobile. Karena kita diharuskan untuk melakukan beberapa pengaturan via developer option, maka harus mengaktifkan terlebih dahulu fitur developer option tersebut. Untuk pengaturan di beberapa merek atau tipe HP mungkin berbeda-beda. Saya sendiri melakukan cara ini di HP Xiaomi. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:


  • Masuk ke menu Settings atau Setelan
  • Kemudian masuk ke opsi About Phone
  • Selanjutnya pada opsi MIUI version kamu tap beberapa kali hingga mode developer option bisa diaktifkan. 
  • Kembali ke menu Settings, lalu scroll ke bawah dan klik opsi Additional Settings
  • Scroll lagi ke bawah, kemudian masuk ke opsi Developer Options.
  • Kemudian slide tombol ke kanan pada opsi Force 4x MSAA dan Disable HW Overley.

Jika sudah melakukan pengaturan di atas, selanjutnya kamu coba buka kembali game e-Football 2021 Mobile. Dijamin game tidak akan mengalami force close atau crash lagi.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi force close di e-Football 2021 Mobile paling mudah dan ampuh. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi situs CahDeso.id agar kamu semakin banyak tahu!
Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Force Close di e-Football PES 2021 Mobile [UPDATE]"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-