Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root
Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root
CahDeso.id - Pada Sistem Operasi Android biasanya memang dilengkapi dengan aplikasi bawaan atau yang disebut juga dengan bloatware. Bloatware sendiri merupakan sekumpulan aplikasi sistem yang diinstall langsung oleh suatu pabrik pembuat HP android. Setiap brand memasang aplikasi bloatware dengan tujuan untuk memaksimalkan kinerja HP dan juga untuk memanjakan para penggunanya. Meski begitu, tidak jarang pula ada aplikasi bawaan android yang bukannya memberikan manfaat, tetapi justru merugikan penggunanya.

Lebih parahnya lagi, aplikasi bloatware android ini juga menjadi celah para hacker untuk melakukan peretasan. Dengan alasan inilah banyak pengguna yang ingin melakukan uninstall aplikasi bawaan android atau bloatware tersebut. Sebagian dari kalian mungkin masih belum tahu bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan android atau bloatware. Caranya sangat mudah, tetapi umumnya untuk melakukan uninstall bloatware android membutuhkan akses root.

Apakah ada cara uninstall aplikasi bawaan android tanpa root? Jawabannya tentu ada, cara uninstall bloatware android tersebut bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Penasaran ingin tahu triknya? Lanjutkan membaca ulasan di bawah ini, guys!

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Akses Root


Untuk melakukan cara hapus aplikasi bawaan android tanpa rooting HP, kamu bisa menggunakan aplikasi bernama CCleaner. Sejatinya aplikasi buatan Piriform ini memang berfungsi sebagai pembersih RAM dan peningkat performa HP android. Tetapi, di dalamnya juga terdapat fitur yang memungkinkan kamu meng-uninstall aplikasi bawaan android atau bloatware.

Menggunakan aplikasi CCleaner ini kamu juga tidak memerlukan akses root. Tampilan antarmuka aplikasi yang sederhana membuatmu mudah memahami fitur-fiturnya. Adapun langkah-langkah menghapus bloatware android dengan CCleaner, sebagai berikut:

1. Install & pilih versi aplikasi


Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root
  • Langkah pertama kamu install aplikasi CCleaner melalui Google Play Store. 
  • Jika sudah, langsung buka aplikasi tersebut. Pada tampilan awal, kamu klik tombol Mulai.
  • Pihak aplikasi akan memberikan penawaran, apakah kamu ingin menggunakan versi berbayar atau gratis. Versi berbayar pastinya dilengkapi dengan fitur lengkap, sementara versi gratis fitur di dalamnya sangat terbatas. Jika memilih versi gratis, kamu klik tombol VERSI DASAR.
  • Pada halaman Catatan privasi, lanjut dengan klik LANJUTKAN SECARA GRATIS.

2. Memberi izin akses aplikasi dan pemindaian


Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root
  • Selanjutnya kamu perlu memberi izin akses aplikasi jika ingin menggunakan aplikasi tersebut. Klik opsi Buka set fitur lengkap, kemudian pilih CCleaner dan slide pada tombol di sebelah kanan tulisan Izinka pelacakan penggunaan
  • Selain itu, aktifkan CCleaner pada opsi paling bawah.
  • Selanjutnya klik opsi Lakukan pemindaian untuk memulai membersihkan RAM android.

3. Melakukan uninstall aplikasi bawaan android


  • Untuk menghapus aplikasi bawaan android, kamu klik 3 garis horizontal yang ada di bagian pojok kiri atas.
  • Kemudian pilih menu Pengelola Aplikasi.
  • Di halaman Pengelola Aplikasi akan muncul list aplikasi terinstall, aplikasi sistem dan juga data aplikasi. Untuk mulai uninstall aplikasi sistem, kamu klik menu SISTEM. Maka akan muncul list aplikasi bloatware.
Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root
  • Kamu beri Centang aplikasi sistem yang ingin diuninstall.
  • Jika sudah, klik lingkaran biru dengan 3 titik vertikal yang ada di bagian pojok kiri bawah tampilan.
  • Selanjutnya klik Hapus Instalasi pembaruan, kemudian konfirmasi uninstall dengan klik TERUSKAN.
  • Tunggu proses uninstall aplikasi hingga selesai.

Cara Menghilangkan Aplikasi Bawaan dari Layar Menu


Selain cara di atas, kamu juga bisa menghilangkan aplikasi bawaan atau bloatware dengan cara menonaktifkannya. Ini menjadi salah satu cara alternatif menghapus aplikasi bawaan android tanpa harus rooting HP. Dengan menonaktifkan aplikasi bawaan android tersebut, nantinya aplikasi tidak akan lagi digunakan atau bahkan berjalan di latar belakang.

Cara menonaktifkan aplikasi bawaan android sendiri juga cukup mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

Cara Menghilangkan Aplikasi Bawaan dari Layar Menu
  • Pertama kamu buka menu Pengaturan di HP android.
  • Scroll ke bawah, lalu klik pada opsi Aplikasi.
  • Cari dan klik salah satu aplikasi bawaan yang ingin dihilangkan dari layar menu utama.
  • Dan terakhir klik Nonaktifkan atau Disable.
  • Secara otomatis aplikasi tersebut akan langsung hilang dari layar menu utama HP. Lakukan langkah yang sama pada aplikasi bawaan lain yang ingin kamu nonaktifkan.

Itulah tadi cara menghapus aplikasi bawaan android tanpa root yang paling mudah bisa coba kamu terapkan. Perlu diingat, menghapus aplikasi bawaan bisa saja berisiko terhadap memburuknya kinerja HP. Jadi, sebaiknya kamu hapus aplikasi bawaan yang sekiranya tidak cukup penting saja. 

Jangan lupa kunjungi situs CahDeso.id untuk menambah wawasan pengetahuanmu. CahDeso.id selalu berusaha memberikan informasi terbaru dan terupdate, pastinya sesuai dengan pengalaman pribadi saya sendiri.
Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk "Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-