Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hutan Pinus Mangunan Jogja : Info Lokasi, Harga Tiket dan Spot Foto

Hutan Pinus Mangunan Jogja
Hutan Pinus Mangunan Jogja – Kalau Yukers datang ke Bantul, atau lebih tepatnya di Desa Mangunan-Dlingo, coba deh datang ke wisata alam satu ini. Wisata Hutan Pinus Mangunan namanya memang sedang naik daun beberapa tahun terakhir ini. Wisatawan tidak hanya datang dari dalam kota saja, melainkan juga dari daerah lain. Tidak heran karena salah satu wisata hutan pinus di Jogja ini menyuguhkan penorama alam yang menakjubkan.


Disana sudah tersedia fasilitas yang lengkap untuk mempermudah pengunjung. Selain itu, ada pula banyak sekali spot foto selfie kekinian dan anti-mainstream yang pastinya sedang menjadi tren sekarang ini. Jadi, Yukers bisa sekalian liburan sekaligus juga memperbanyak koleksi foto unik dan kekinian untuk diuploud di media sosial pribadi. Wah, seru banget deh ya?

Sejarah Hutan Pinus Mangunan Jogja yang Jarang Orang Tahu


Semua hal yang di bumi ini pasti memiliki sejarahnya masing-masing, termasuk juga wisata Hutan Pinus Mangunan Jogja ini. Dinamakan Hutan Pinus Mangunan karena letaknya yang berada di Desa Mangunan. Hutan pinus ini juga masih ada dalam satu bagian dari Resort Pengelolaan Hutan Mangunan atau yang disingkat RPH Mangunan.

Selain nama Hutan Pinus Mangunan, wisata ini juga memiliki sebutan lain yakni Hutan Pinus Nganjir. Meskipun memang nama Hutan Pinus Mangunan lebih banyak dikenal oleh wisatawan. Wisata Hutan Pinus Imogiri juga menjadi sebutan lain dari hutan pinus Jogja satu ini. Entah apa alasannya, mungkin karena akses jalan menuju lokasi tersebut sama dengan arah menuju makam raja-raja Imogiri.

Perlu Yukers tahu, dulunya lokasi ini merupakan tanah tandus yang jauh dari yang namanya area hijau. Kondisi yang memprihatinkan tersebut akhirnya pemerintah bersama masyarakat melakukan yang namanya reboisasi atau penghijauan. Mereka menanam pohon pinus secara rapi dan jadilah Hutan Pinus Mangunan yang seperti kita kenal sekarang ini.

Akhirnya berkat usaha keras tersebut membuat lokasi tersebut menjadi hijau karena banyaknya tanaman yang tumbuh. Tidak heran berada di lokasi ini pengunjung akan merasakan kesejukan dan kesegaran berkat udaranya yang masih asri.

Rute Menuju Lokasi Hutan Pinus Mangunan Jogja


Secara administratif, Hutan Pinus Mangunan ini berlokasi Dusun Sukorame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bantul sendiri memang terkenal dengan wisata alamnya yang sangat menakjubkan. Salah satu yang populer adalah wisata Hutan Pinus Mangunan ini. Akses jalan menuju lokasi wisata juga sangat aman dan nyaman, jadi Yukers tidak perlu khawatir atau takut untuk berkunjung kesana.

Untuk rutenya sendiri cukup mudah, Yukers hanya perlu melewati Jalan Imogiri Timur. Lebih mudah lagi dengan mengikuti jalan yang menuju arah Makam Raja-Raja Imogiri yang sudah sangat terkenal. Sebelum sampai di makam, nanti Yukers akan menemukan pertigaan. Ambil jalan yang menuju ke arah Desa Mangunan. 

Selanjutnya ikuti jalan sampai nanti Yukers menemukan jalan dua arah, yang satu arah menuju Kebun Buah Mangunan dan yang satunya menuju Hutan Pinus Mangunan. Tenang saja, disana sudah ada petunjuk arah yang akan menuntun pengunjug agar sampai ditujuan. Lokasinya memang tidak terlalu jauh dari Kebun Buah Mangunan, jadi Yukers bisa sekalian kesana pulangnya nanti.

Harga Tiket Masuk Wisata Hutan Pinus Mangunan Jogja


Selain lokasi dan rutenya, informasi mengenai harga tiket masuk juga perlu Yukers ketahui saat akan mengunjungi tempat wisata. Untuk tiket masuk ke Hutan Pinus Mangunan ini sendiri terbilang sangat murah. Yukers hanya perlu membayar tiker masuk sebesar Rp 2.500 saja. Ini berlaku untuk satu orang lho ya?

Selain itu, Yukers juga perlu membayar biaya parkir jika membawa kendaraan sendiri. Tidak mahal-mahal amat kok, parkir motor hanya sebesar Rp 3.000,- dan mobil sebesar Rp 10.000,-. Murah banget kan?

Tapi jika Yukers datang kesini untuk keperluan lain, seperti pengambilan foto prewedding, syuting film atau video klip, atau juga tujuan keramaian lainnya maka perlu minta ijib dulu. Mintalah ijin kepada pihak pengelola atau aparat agar tidak terjadi kesalahpahaman nantinya. Mungkin nanti ada biaya khusus untuk keperluan tersebut, tapi tenang pasti tidak akan mahal kok. Untuk biaya prewedding di Hutan Pinus Mangunan ini sebesar Rp 50.000,- Rp 75.000,- saja.

Jam Operasional Wisata Hutan Pinus Mangunan Jogja


Kalau Yukers mencari tempat wisata 24 jam di Jogja, Hutan Pinus Mangunan bukanlah pilihan yang tepat. Wisata Hutan Pinus Mangunan hanya buka mulai pukul 08:30 hingga pukul 17:30 WIB. Jadi, sebaiknya pikirkan lagi kalau Yukers ingin berkunjung kesana saat sore hari. Bisa jadi Yukers bakalan kurang puas datang kesana karena terlalu sore. Terlebih lagi spot foto di tempat ini cukup banyak dan akan menghabiskan banyak waktu.

Fasilitas yang Ada di Hutan Pinus Mangunan Jogja


Semakin populernya wisata Hutan Pinus Mangunan juga diimbangi dengan semakin lengkapnya fasilitas yang disediakan disana. Tempat parkirnya cukup luas, bisa menampung berbagai jenis kendaraan. Mulai dari sepeda, motor, mobil hingga bus pariwisata. Jadi, Hutan Pinus Imogiri atau Mangunan bisa dijadikan rekreasi terbaik di musim liburan nanti.

Selain tempat parkir, tersedia pula toilet umum untuk para pengunjung. Tidak lupa juga adanya musholla kecil untuk pengunjung muslim yang ingin menunaikan ibadah sholat di sana.

Mungkin Yukers juga sedang berencana untuk camping di Hutan Pinus Mangunan. Tapi sayangnya pihak pengelola belum menetapkan secara resmi fasilitas ini. Mungkin di kemudian hari nanti fasilitas camping bisa disediakan bagi pengunjung.

Spot Foto di Wisata Hutan Pinus Mangunan Jogja


Yang menjadi daya tarik dari wisata hutan pinus Jogja satu ini adalah spot-spot fotonya yang unik dan kekinian. Pengunjung bisa berfoto ria dengan pilihan spot foto menarik untuk memperbanyak koleksi foto pribadi. Pengabadian momen memang menjadi hal utama bagi banyak orang saat berkunjung ke suatu tempat. Rasanya wajib banget langsung mempostingnya di media sosial, biar selalu kelihatan eksis pastinya dong ya?

Beberapa pilihan spot foto menarik di Hutan Pinus Mangunan antara lain, panggung pertunjukan berseta bangku-bangku penonton, rumah pohon, gardu pandang, taman bunga dan lain sebagainya. Untuk foto-totonya bisa Yukers lihat di bawah ini.
Spot Foto di Wisata Hutan Pinus Mangunan Jogja

Lokasi Wisata Hutan Pinus Mangunan Jogja

Harga Tiket Wisata Hutan Pinus Mangunan Jogja

Harga Tiket Hutan Pinus Mangunan Jogja

Fasilitas di Hutan Pinus Mangunan Jogja

Hutan Pinus Mangunan Jogja

Lokasi Hutan Pinus Mangunan Bantul

Wisata Hutan Pinus Mangunan Bantul
Setelah melihat hasil jepretan unik dan kekinian di atas, apakah Yukers tertarik untuk datang ke Hutan Pinus Mangunan Jogja? Atur segera jadwal liburan dan kunjungi wisata populer di Jogja ini bersama keluarga, pasangan atau sahabat Yukers semua.
Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

2 komentar untuk "Hutan Pinus Mangunan Jogja : Info Lokasi, Harga Tiket dan Spot Foto"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-