Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Otoritas Domain dan Mengapa Penting?

Bisnis dari semua cakupan melakukan upaya untuk membawa pekerjaan mereka secara online dan mengumpulkan audiens digital. Jika kamu terbiasa dengan beberapa istilah pemasaran digital, kamu mungkin pernah mendengar kata-kata seperti SEO dan Otoritas Domain.

Istilah-istilah statistik tersebut sangat penting untuk dipahami untuk mempromosikan bisnis secara online. Fokus kita dalam artikel ini adalah Otoritas Domain. Mari kita lihat lebih jauh tentang arti dan pentingnya istilah ini.

Apa itu Otoritas Domain dan Mengapa Penting?

Apa itu Otoritas Domain dan Otoritas Halaman?

Otoritas Domain dan Otoritas Halaman pada dasarnya adalah istilah yang serupa. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa otoritas domain adalah untuk seluruh situs web atau domain, sedangkan otoritas halaman hanya untuk halaman web tertentu.

Otoritas Domain

Sebuah agensi SEO, Moz, menemukan metrik ini. Mereka memprediksi kualitas situs dalam hal peringkat dengan sangat akurat.

Keduanya adalah skor yang menjelaskan seberapa baik kinerja situsmu di SERP. Ini adalah skor yang berkisar antara 1-100. Semakin tinggi skor otoritas domain, semakin baik kinerja mesin pencari situs milikmu.

Mengapa Otoritas Domain Penting

Otoritas domain adalah ekspektasi seberapa baik kamu telah mengoptimalkan situs web yang kamu miliki. Pengoptimalan ini harus sesuai dengan mesin pencari dan audiens-mu. Informasi yang diberikan oleh skor ini dapat digunakan untuk memperbaiki kekurangan dalam SEO atau strategi pemasaranmu. 

Mengapa Otoritas Domain Penting

Dengan kata lain, otoritas domain memberi kamu dorongan terus menerus untuk menjaga konten atau situs web dalam kondisi terbaik. Penelitian menunjukkan bahwa 42% perusahaan membutuhkan waktu lebih dari tiga bulan untuk melihat peningkatan yang nyata dalam skor DA mereka.

Skor otoritas domain yang lebih tinggi berarti kamu berhasil menyediakan konten yang berharga bagi audiensmu. Hasilnya, mesin pencari akan memberi kamu peringkat tinggi di SERP. Ini adalah situasi yang saling menguntungkan. 

Singkatnya, otoritas domain penting karena membuat kamu mengetahui apakah strategi pemasaran bisnis onlinemu perlu dimodifikasi atau tidak. Skor DA yang lebih rendah berarti kamu melakukan sesuatu yang salah dan perlu memperbaikinya. Untuk menunjukkan kesalahan yang tepat, kamu dapat menggunakan alat SEO online seperti,

  • SEM Rush
  • Hub Spot
  • Google Search Console

Bagaimana Cara Menghitung DA Website atau Blog?

Otoritas Domain bergantung pada sejumlah faktor yang berbeda, seperti:

  • Tautan balik
  • Keramahan terhadap ponsel
  • Kualitas konten

Dan masih banyak lagi. Memperkirakan skor otoritas domain sendiri dengan mengevaluasi semua faktor ini adalah cara yang sangat tidak efisien. Itulah mengapa ada alat yang tersedia untuk memeriksa skor ini. Karena Moz adalah platform yang menghasilkan metrik ini, maka ia juga menyediakan pemeriksa DA. 

Berikut adalah bagaimana alat ini menunjukkan laporan otoritas domain:

Laporan Otoritas Domain

Jika kita menggulir ke bawah sedikit pada laporan ini, berbagai aspek lain juga dijelaskan.

Selain pemeriksa resmi, ada juga pemeriksa otoritas domain dan otoritas halaman pihak ketiga yang tersedia. Ini memiliki beberapa fitur unik lainnya. Sebagai contoh, kamu dapat cek DA PA beberapa situs web atau halaman web sekaligus. Berikut ini adalah contoh caranya:

Tips untuk Meningkatkan Otoritas Domain

Jika kamu menjadikan peningkatan otoritas domain situs sebagai salah satu prioritas utama, maka bisnis onlinemu akan semakin sukses. Tapi bagaimana kamu bisa melakukannya? Di sini kami telah membuat daftar singkat hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan skor DA dan lalu lintas organik pada situs.

  1. Membuat Konten yang Relevan dan Berkualitas: Konten adalah salah satu faktor utama yang mengendalikan kredibilitas domain. Jika kamu menawarkan konten berharga yang sesuai dengan pertanyaan audiens target, maka kamu akan mendapatkan waktu kunjungan yang lebih tinggi. Hal ini akan meningkatkan skor SEO dan DA.
  2. Dapatkan Backlink Berkualitas: Di situs resmi Moz, dinyatakan dengan jelas bahwa salah satu faktor evaluasi dalam hal menghitung otoritas domain adalah menautkan root domain. Jika sumber-sumber yang kredibel menautkan ke situsmu, maka skor DA akan naik secara otomatis.
  3. Meningkatkan Pengalaman Pengguna: Kamu harus melakukan segala cara untuk memudahkan pengunjung situs milikmu. Salah satu hal yang bisa dilakukan dalam hal ini adalah membuat situs web yang fungsional dan responsif. Pastikan pengalaman pengguna situsmu di semua jenis perangkat lancar dan tidak terganggu.
  4. Fokus pada SEO: Hal-hal yang memengaruhi SEO juga memengaruhi otoritas domain. Misalnya, menggunakan kata kunci terbaik untuk sebuah konten akan meningkatkan kemungkinan untuk meningkatkan tingkat lalu lintas organik. Hal ini akan meningkatkan SEO dan DA situs. Jadi, dengan kata lain, kedua istilah tersebut saling terkait, dan kamu harus fokus pada keduanya.

Ini hanyalah beberapa hal yang akan berguna untuk meningkatkan domain dan otoritas halaman situs. Jika kamu ingin detail lebih lanjut tentang hal ini, klik di sini.

Otoritas domain adalah ukuran kekuatan situs web milikmu. Jika kamu ingin karya onlinemu mendapatkan lebih banyak pengakuan digital, otoritas domain adalah hal yang harus difokuskan. Jika kamu menampilkan upaya SEO yang hebat, skor DA situs akan meningkat secara otomatis. 

Teruslah menggunakan pemeriksa otoritas domain online, sehingga kamu terus mengetahui posisi situs. Sebagai hasilnya, kamu akan dapat terus membuat perubahan yang tepat pada strategimu untuk hasil yang lebih baik.

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk "Apa itu Otoritas Domain dan Mengapa Penting?"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-