Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Kuota Indosat Tidak Bisa Dipakai? Ini Cara Mengatasinya

Kenapa Kuota Indosat Tidak Bisa Dipakai
Kenapa Kuota Indosat Tidak Bisa Dipakai

CahDeso.id - Banyak yang bertanya-tanya kenapa paketan Indosat tidak bisa digunakan padahal kuota Indosat masih ada? Mereka tidak tahu cara mengatasi masalah error pada kartu Indosatnya tersebut, khususnya pengguna kartu IM3 Ooredoo. Alhasil kuota Indosat Ooredoo yang dimilikinya terbuang begitu saja dan tidak dapat dinikmati untuk mengakses internet. 

Sebenarnya permasalahan seperti ini tidak dialami oleh satu orang saja, melainkan banyak pengguna. Umumnya kuota Indosat yang tidak dapat digunakan tersebut terjadi ketika pengguna membeli paket Freedom Internet Indosat. Meskipun beberapa pengguna lain juga mengalami hal yang sama pada jenis paket Indosat berbeda yang mereka beli. Lantas, bagaimana cara mengatasi kuota internet Indosat Ooredoo tidak bisa digunakan tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawha ini!

Penyebab Paket Internet Indosat Tidak Dapat Dipakai Internetan

Penyebab Paket Internet Indosat Tidak Dapat Digunakan
Penyebab Paket Internet Indosat Tidak Dapat Digunakan

Sebelum lanjut untuk mengatasi paket internetan Indosat tidak bisa digunakan, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja faktor yang menjadi penyebabnya. Mengetahui hal ini akan mempermudah kita dalam melakukan perbaikan, sekaligus bisa melakukan pencegahan agar masalah yang sama tidak terulang lagi.

Adapun beberapa penyebab paket kuota internet Indosat tidak bisa dipakai selengkapnya, sebagai berikut:

1. Kartu SIM Belum Diregistrasi

Penyebab utama yang membuat kuota lokal ataupun kuota Indosat Ooredoo lainnya tidak dapat dipakai yakni karena kartu belum diregistrasi. Pemerintah memang mewajibkan semua kartu provider untuk didaftarkan terlebih dahulu dengan mengirim NIK dan Nomor KK. 

Setelah berhasil dikonfirmasi bahwa data NIK dan Nomor KK sudah benar, maka kartu Indosat sudah bisa kamu gunakan.

2. Kesalahan dalam Setting APN Indosat

Secara default APN Indosat Ooredoo sudah tersetting secara otomatis oleh provider. Namun, terkadang settingan APN tersebut tidak berfungsi dengan baik saat digunakan pada smartphone. Bisa juga karena pengguna mengubah settingan APN default Indosat sehingga membuat kartu tersebut error. 

Hal ini tentu akan membuat kartu Indosat tidak bisa terhubung ke jaringan apa pun, baik itu jaringan 2G, 3G ataupun 4G. 

3. Kartu SIM Tidak Terbaca

Faktor lainnya yang membuat kuota utama Indosat tidak bisa digunakan yakni karena kartu SIM Indosat yang tidak terbaca atau terdeteksi oleh HP. Hal ini bisa dikarenakan banyak hal, baik itu umur kartu SIM, bagian kuningan kartu SIM yang tergores atau bahkan rusak, dan lain sebagainya. 

SIM card yang tidak terbaca oleh perangkat HP sudah pasti tidak bisa digunakan kuota internet yang ada di dalamnya.

4. Sedang Terjadi Gangguan pada Server Indosat

Provider Indosat Ooredoo selalu mengutamakan kenyamanan pelanggannya dalam mengakses jaringan Indosat. Karena itulah mereka rutin melakukan maintenance server guna untuk melakukan perbaikan dan penambahan fitur. 

Pada saat pemeliharaan server sedang berlangsung, jaringan Indosat akan dimatikan dan pengguna tentu tidak bisa mengakses jaringan sementara waktu. Namun, terkadang beberapa pengguna mengira hal ini karena adanya kerusakan atau error pada HP ataupun SIM card Indosat yang mereka gunakan.

5. Ada Paket Internet Lain yang Aktif

Untuk penyebab satu ini khusus untuk kalian yang memiliki lebih dari satu jenis paket internet aktif di kartu Indosat. Misalnya saja paket Freedom Internet Indosat yang tidak bisa digunakan. Hal ini bisa disebabkan karena masih ada paket internet lainnya yang aktif di kartu Indosat Ooredoo tersebut.

Selain paket Freedom Indosat, bisa juga paket Kuota Utama, Kuota Lokal, atau juta Kuota Unlimited yang tidak dapat digunakan karena adanya paket lain yang aktif.

6. Mode Jaringan yang Tidak Sesuai

Pada HP android memungkinkan kita untuk mengatur Mode Jaringan yang ada di dalamnya. Kita bisa mengatur jaringan HP tersebut ke mode 2G saja, 2G dan 3G saja, 4G LTE saja, ataupun mengaktifkan semua mode jaringan tersebut. 

Bisa jadi saat ini kamu mengatur mode jaringan di HP ke 2G atau 3G, sementara kuota Indosat yang kamu miliki hanya berlaku untuk jaringan 4G. Tentu saja hal ini membuat kuota 4G Indosat Ooredoo tersebut tidak dapat digunakan.

7. Terjadi Error atau Bug pada Sistem Android

Pada sistem android bisa saja terjadi error atau bug yang membuat perangkat smartphone tidak berfungsi secara normal. Hal ini juga bisa berdampak pada sistem jaringannya yang membuat HP tidak dapat mengakses internet, padahal saat ini kuota internet yang dimiliki masih ada banyak.

8. Kuota Lokal Hanya Berlaku untuk Wilayah Tertentu

Beberapa provider, khususnya Indosat memberlakukan kebijakan kuota lokal yang hanya bisa diakses di kota tertentu. Misalnya saja Anda membeli kuota lokal dan mengaktifkannya di kota A, tentunya kuota tersebut tidak akan bisa digunakan jika kamu mengakses jaringan internet di kota B atau kota lainnya.

Cara Mengatasi Kuota Internet Indosat Tidak Bisa Dipakai

Sekarang lanjut ke cara untuk mengatasi paket internet Indosat Ooredoo yang tidak bisa digunakan, padahal kuota masih ada. Sangat mudah sebenarnya, bahkan kamu yang masih awam pun bisa melakukannya tanpa kendala apa pun. Adapun cara ampuh mengatasi paket internet Indosat tidak bisa digunakan selengkapnya, sebagai berikut:

1. Registrasi Kartu SIM Indosat

Cara yang pertama perlu kamu lakukan yakni dengan melakukan registrasi kartu Indosat Ooredoo. Seperti yang dijelaskan di atas, kartu Indosat yang belum diregistrasi dengan NIK dan Nomor KK maka kartu tersebut tidak akan bisa digunakan. 

Untuk cara melakukan registrasi kartu Indosat, yakni:

  • Buka menu Pesan di HP.
  • Klik ikon Tambah untuk mengirim pesan baru. 
  • Pada kolom nomor tujuan SMS, kamu isi dengan nomor 4444.
  • Lalu pada kolom isi SMS, kamu isi dengan format REG(spasi)NIK#NomorKK#
  • Kemudian tekan tombol Kirim.

Catatan:
Pastikan NIK yang kamu gunakan belum mencapai batas penggunaannya untuk registrasi kartu SIM. Satu NIK hanya bisa digunakan maksimal 3 kali untuk registrasi kartu SIM.

2. Restart atau Mulai Ulang HP

Bisa jari internet yang macet disebabkan karena adanya error pada sistem android. Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu melakukan Restart atau Mulai Ulang HP android. Cara ini diklaim sangat ampuh untuk mengatasi berbagai masalah error ringan di HP, termasuk masalah jaringannya.

Cukup dengan menekan dan tahan tombol Power / Daya hingga muncul beberapa opsi di layar. Kemudian kamu ketuk atau pilih Restart HP, maka HP akan melakukan restart dengan sendirinya.

3. Setting APN Indosat ke Default

Beberapa orang percaya dengan mengatur ulang APN Indosat dapat membuat jaringan internet yang dihasilkan akan lebih cepat dan stabil untuk aktivitas tertentu. Namun, tidak jaringan mengganti settingan APN default akan membuat jaringan Indosat menjadi error, bahkan tidak bisa digunakan untuk mengakses internet sama sekali. 

Untuk itu, kamu perlu mengatur settingan APN Indosat tersebut ke mode default, caranya:

  • Buka menu Pengaturan di HP.
  • Masuk ke opsi Koneksi dan pilih Jaringan Seluler.
  • Selanjutnya klik pada opsi Nama Poin Akses atau Access Point Name
  • Lalu pilih SIM1 atau SIM2, sesuai letak kartu Indosat yang kamu gunakan dan ingin diubah settingan APN-nya.
  • Pilih opsi Indosatgprs atau klik Tambah untuk membuat APN baru. Kemudian sesuaikan settingan APN Indosat Default seperti di bawah ini:

Nama: indosatgprs

APN: internet

Proksi: Kosongkan

Port : Kosongkan

Nama Pengguna: Kosongkan

Kata Sandi: Kosongkan

Server: Kosongkan

MMSC: Kosongkan

Proksi MMS: Kosongkan

Port MMS: Kosongkan

MCC: 501

MNC: 01

Tipe Otentikasi: PAP

Tipe APN: default,supl

Protokol APN: IPv4

Protokol Jelajah APN: IPv4

  • Jika sudah, kamu klik ikon Tiga Titik di pojok kanan atas, lalu pilih Simpan.

4. Cek Kartu SIM Indosat

Kartu Indosat yang tidak bisa digunakan untuk mengakses internet juga bisa disebabkan karena ada masalah pada kartu SIM. Baik itu kartu SIM rusak, dalam masa tenggang, atau yang lainnya. 

Cobalah untuk mengeluarkan kartu SIM, lalu bersihkan bagian kuningannya menggunakan karet penghapus pensil. Pastikan tidak ada kotoran atau goresan pada bagian tersebut. Jika kondisi kartu SIM sudah tidak memungkinkan untuk digunakan, maka kamu bisa melakukan penggantian kartu SIM melalui gerai Indosat.

Sementara jika kartu SIM ternyata dalam masa tenggang, sudah pasti kuota internet yang ada di dalamnya tidak bisa digunakan. Kamu perlu melakukan perpanjangan masa aktif kartu Indosat terlebih dahulu agar kuota internetnya tersebut bisa dipakai.

5. Nonaktifkan Paket Internet Lain di Kartu Indosat

Banyak yang bertanya kenapa paket Freedom internet Indosat tidak bisa digunakan? Jawaban paling tepat adalah karena masih ada paket intenret lainnya yang aktif di kartu Indosatmu. Bukan hanya paket Freedom Internet saja, ini juga berlaku untuk kuota lokal, kuota utama, kuota apps, ataupun kuota unlimited yang tidak bisa digunakan.

Kamu perlu menonaktifkan terlebih dahulu paket lain atau menghabiskan kuotanya. Dengan begitu kuota dari paket lain nantinya akan langsung digunakan untuk mengakses internet.

6. Atur Mode Jaringan di HP

Masalah lainnya yang membuat kartu Indosat tidak bisa dibuat internetan yakni karena kesalahan dalam mengatur mode jaringan. Misalnya saja kuota internet Indosat yang dimiliki hanya berlaku untuk jaringan 4G LTE, sementara mode jaringan di HP diatur ke 2G atau 3G saja. Atau bisa juga sebaliknya, di mana kuota Indosat berlaku untuk jaringan 3G dan di HP disetting ke mode jaringan 4G Only.

Sebaiknya kamu sesuaikan pengaturan mode jaringan di HP tersebut dengan jenis kuota Indosat yang dimiliki. Untuk lebih mudahnya kamu bisa mengatur mode jaringan di HP ke mode otomatis, caranya:

  • Buka menu Pengaturan di HP.
  • Masuk ke opsi Koneksi dan pilih opsi Jaringan Seluler
  • Klik pada opsi Mode Jaringan SIM 1 atau Mode Jaringan SIM 2, bisa kamu sesuaikan sendiri dengan letak kartu SIM Indosat yang digunakan.
  • Kemudian ubah jaringannya ke mode LTE/3G/2G (Sambung Otomatis).
  • Simpan.

Dengan mengatur ke mode jaringan otomatis seperti ini, sistem HP akan mendeteksi dan menyesuaikan mode jaringan ke sinyal yang paling kuat saat ini.

7. Hubungi Customer Service Indosat

Jika semua cara di atas masih belum bisa mengatasi kuota internet Indosat tidak bisa terpakai, maka solusi terakhir yakni menghubungi CS Indosat. Kamu bisa menghubunginya via nomor call center atau datang langsung ke Gerai Indosat terdekat. 

Jika ingin menghubunginy via call center, maka bisa melalui:

  • Nomor call center Indosat = Hubungi 185 atau 021 3000 3000
  • Official WhatsApp = Chat ke nomor 0855 1000 185
  • Email Support = Kirim pesan ke cs@indosatooredoo.com
  • Twitter = @IndosatCare

Itulah tadi beberapa cara mengatasi kuota Indosat tidak bisa dipakai untuk internetan dan penyebabnya yang harus kamu tahu. Agar saya lebih semangat lagi membuat konten menarik, share informasi di situs CahDeso.id ini ke akun media sosial pribadimu. Salam dari Anak Desa!

Cong Wafi
Cong Wafi Cuma seorang anak DESA yang punya cita-cita tinggi. Suka membaca dan menulis di Blog. Yang pasti pengen naik HAJI :D

Posting Komentar untuk "Kenapa Kuota Indosat Tidak Bisa Dipakai? Ini Cara Mengatasinya"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-